AAJI Daily News - 25 Februari 2020


Tanggal terbit (25 / 02 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Selasa, 25 Februari 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Yield Obligasi Turun, Asuransi Jiwa Lirik SBN
  2. AAJI: Rata-Rata Kesalahan Asuransi Terletak Pada Investasi
  3. Reformasi IKNB, AAJI: Penting Perkuat Pengawasan Asuransi
  4. Benny Tjokro Cari Celah
  5. Kasus Jiwasraya Tak Pengaruhi Kinerja Industri Asuransi Jiwa
  6. Efek Jiwasraya ke Industri
  7. Kasus Jiwasraya Tinggal Menunggu Audit BPK
  8. Penonton Java Jazz 2020 Dilindungi Asuransi Jiwa
  9. Antisipasi Gagal Bayar Klaim Asuransi, OJK Pegang Komitmen Pemodal
  10. Buntut Kasus Jiwasraya, Perusahaan Asuransi Wajib Lapor Keuangan Tiap Bulan
  11. Kasus Jiwasraya: Nasabah Asuransi Tradisional Diminta Jadi Prioritas
  12. Akibat kasus Jiwasraya, OJK akan selisik investasi asuransi dan dapen di pasar modal
  13. Cegah Kasus Jiwasraya, OJK Wajibkan Perusahaan Asuransi Lapor Kinerja per Bulan
  14. OJK Bakal Wajibkan Perusahaan Asuransi Lapor Kinerja Tiap Bulan
  15. OJK Minta Pemilik Wanaartha Life Talangi Klaim Nasabah
  16. Aktivitas Investasi Ditinjau Ulang
  17. OJK Periksa Saham Koleksi Asuransi
  18. BPK Desak Pemulihan Aset Jiwasraya dan Asabri
  19. Kerugian Negara dalam KasusJiwasraya Bisa Bertambah Besar
  20. Kejaksaan Agung Buka Rekening yang Diblokir
  21. Korupsi Jiwasraya: Kejagung Panggil Bos BCA dan Bank Mandiri
  22. Kuasa Hukum Benny Tjokro laporkan Dirut Jiwasraya ke Polda Metro Jaya, ada apa?
  23. OJK akui kasus Jiwasraya dan AJB Bumiputera berdampak pada bisnis asuransi
  24. Kejaksaan Agung Bakal Buka Blokir Rekening Tak Terkait Jiwasraya

TENTANG AAJI

Yield Obligasi Turun Asuransi Jiwa Lirik SBN

AAJI menilai bahwa industri asuransi jiwa berpotensi meningkatkan investasi ke Surat Berharga Negara atau SBN di tengah penurunan imbal hasil obligasi. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menjelaskan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena kondisi pasar saham yang sedang tertekan. Meskipun sama-sama sedang menurun kinerjanya, SBN dinilai masih menjadi opsi yang lebih baik bagi asuransi jiwa

Bisnis.com / 24-02-2020

AAJI Rata-rata Kesalahan Asuransi Terletak Pada Investasi

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu menilai, bahwa permasalahan industri asuransi kebanyakan terletak pada investasi. Dimana perbaikan atas kesalahan ini sangat fatal, sehingga diperlukan penguatan pengawasan investasi serta sinergi antar otoritas terkait. Togar juga menyebutkan  bahwa penting untuk benar-benar memberdayakan komite investasi sehingga kesalahan yang selama ini terjadi tidak terulang lagi.

Cnbcindonesia.com / 24-02-2020

Reformasi IKNB AAJI Penting Perkuat Pengawasan Asuransi

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai aturan terkait industri asuransi sudah cukup, sehingga langkah pemerintah yang akan mereformasi industri asuransi harus memperhatikan kasus yang terakhir yaitu Jiwasraya serta memperbaiki iklim di bursa Domestik. Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu juga menyebutkan pentingnya penguatan pengawasan terkait industri keuangan non-bank (IKNB) yang meliputi pasar modal dan asuransi.

Cnbcindonesia.com / 24-02-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Benny Tjokro Cari Celah

Tim Kuasa Hukum Benny Tjokrosaputro dari  Kantor Hukum Muchtar Arifin & Partners melaporkan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko dan sekretaris perusahaan Jiwasraya ke Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya terkait dengan dugaan fitnah dan pencemaran nama baik. Menurut dia, Hexana memberikan keterangan bahwa kerugian Jiwasraya yang sebanyak Rp 13,7 triliun berasal dari investasi di saham PT Hanson International Tbk (MYRX).

Bisnis Indonesia / 25-02-2020 Hal. 8

Kasus Jiwasraya Tak Pengaruhi Kinerja Industri Asuransi Jiwa

Pelaku industri asuransi meyakini kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tak akan mempengaruhi kinerja industri asuransi jiwa. Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono mengatakan jika dampak kasus Jiwasraya hanya sementara. Dengan upaya yang sedang dan akan dilakukan oleh OJK, AAJI, dan masing-masing perusahaan asuransi jiwa, kondisi akan membaik dan tetap bisa tumbuh tahun ini.

Investor Daily / 25-02-2020 Hal. 23

Efek Jiwasraya ke Industri

OJK mengakui kasus Asuransi Jiwasraya dan AJB Bumiputera 1912 telah mempengaruhi bisnis asuransi. Hal ini terlihat dari penurunan premi asuransi jiwa dalam dua tahun terakhir. Untuk kasus Jiwasraya, banyak nasabah mulai khawatir untuk membeli produk saving plan.

Kontan / 25-02-2020 Hal. 20

Kasus Jiwasraya Tinggal Menunggu Audit BPK

Kejaksaan Agung menegaskan penanganan perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memasuki tahap final dan tinggal menunggu nilai kerugian negara lewat audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Media Indonesia / 25-02-2020 Hal. 5

Penonton Java Jazz 2020 dilindungin Asuransi Jiwa

Head of Corporate Marketing Communications PT Avrist Assurance, Ernest Febrianto, mengatakan, pemegang tiket konser Java Jazz Festival 2020 secara otomatis sudah terproteksi dengan produk asuransi kecelakaan Avrist Assurance yang memberikan perlindungan kepada pengunjung selama 3 hari dengan uang pertanggungan sebesar Rp 50 juta jika terjadi risiko kematian karena kecelakaan selama acara berlangsung.

Beritasatu.com / 24-02-2020

Antisipasi Gagal Bayar Klaim Asuransi OJK Pegang Komitmen Pemodal

Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan bahwa telah mendapatkan komitmen dari pemegang saham perusahaan asuransi yang rekening efeknya diblokir oleh Kejaksaan Agung terkait dengan kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Bisnis.com / 24-02-2020

Buntut Kasus Jiwasraya Perusahaan Wajib Lapor Keuangan Tiap Bulan

Otoritas Jasa Keuangan akan mewajibkan perusahaan asuransi untuk melaporkan kondisi keuangan dalam setiap bulan. Hal itu buntut dari sejumlah kasus gagal bayar perusahaan asuransi, salah satunya PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Eksekutif Bidang Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi menyampaikan untuk meningkatkan akurasi dan transparansi perusahaan asuransi maka pelaporan keuangan wajib dilakukan sebulan sekali.

Bisnis.com / 24-02-2020

Kasus Jiwasraya Nasabah Asuransi Tradisional Diminta Jadi Prioritas

Pemerintah dan manajemen PT Asuransi Jiwasraya diminta memprioritaskan pembayaran nasabah produk asuransi tradisional daripada JS Saving Plan. Ketua Program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Telisa Aulia Falianty menjelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan hasil produk dari asuransi tradisional Jiwasraya terhitung lebih rendah atau seperti layaknya return pada produk asuransi umum lainnya.

Bisnis.com / 24-02-2020

Akibat Kasus Jiwasraya OJK Akan Selisik Investasi Asuransi dan Dapen di Pasar Modal

Baru-baru ini OJK bersama pasar modal sedang mengintegrasikan sistem untuk mengetahui informasi investasi pemain asuransi dan dana pensiun. Dari sistem tersebut, OJK bisa mengetahui lebih cepat apa saja emiten saham dan reksadana yang dikoleksi lembaga jasa keuangan. Tentunya informasi tersebut didapat dari lembaga pengawas pasar modal.

Kontan.co.id / 24-02-2020

Cegah Kasus Jiwasraya OJK Wajibkan Perusahaan Asuransi Lapor Kinerja Perbulan

Beberapa upaya sedang dan akan dikeluarkan oleh OJK. Pertama, OJK pada semester II 2020 akan mewajibkan 148 perusahaan asuransi menyampaikan laporan lengkap mengenai laporan rugi laba hingga neraca keuangan. Perusahaan asuransi juga diminta menyampaikan proporsi atau ringkasan penempatan dana investasi seperti ke saham, surat utang, reksa dana, dan instrumen lainnya.

Kumparan.com / 24-02-2020

OJK Bakal Wajibkan Perusahaan Asuransi Lapor Kinerja Tiap Bulan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mewajibkan perusahaan asuransi untuk memberikan laporan lengkap kegiatan dan keuangan perusahaan setiap bulan. Hal ini dalam menjaga industri asuransi tetap sehat dan mencegah terjadinya kasus gagal bayar klaim seperti yang tengah dialami oleh Jiwasraya.

Liputan6.com / 24-02-2020

OJK Minta Pemilik Wanaartha Life Talangi Klaim Nasabah

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Ahmad Nasrullah mengingatkan pemegang saham perusahaan asuransi menyiapkan dana talangan selama rekening dibekukan aparat hukum. Peringatan ini termasuk ditujukan pemilik PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life. Ahmad menyebutkan talangan ini guna memastikan seluruh klaim yang masuk tetap dibayar seperti semula.

Tempo.co / 24-02-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Aktivitas Investasi Ditinjau Ulang

OJK akan meninjau ulang penempatan investasi oleh pelaku industri keuangan nonbank atau IKNB, khususnya perusahaan asuransi. Riswinandi, Kepala Eksekutif Industri Keuangan NonBank sekaligus anggota dewan komisioner OJK menuturkan, sebanyak 79,1% investasi IKNB saat ini ditempatkan pada aset terkait dengan pasar modal.

Bisnis Indonesia / 25-02-2020 Hal. 14

OJK Periksa Saham Koleksi Asuransi

Kasus Asuransi Jiwasraya mengharuskan OJK terus berbenah untuk memperbaiki pengawasan. OJK mengaku bersama otoritas pasar modal sedang mengintegrasikan sistem untuk menelisik informasi investasi asuransi dan dana pensiun. Dari sistem tersebut, OJK akan mengetahui lebih cepat saham dan reksadana yang menjadi koleksi lembaga jasa keuangan non bank.

Kontan / 25-02-2020 Hal. 20

BPK Desak Pemulihan Aset Jiwasraya dan Asabri

BPK mendesak pemulihan aset PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) akibat kerugian investasi pada emiten yang terafiliasi dengan Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro. Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengatakan jika penagihan harus dilakukan karena bagaimanapun uang negara harus kembali.

Koran Tempo / 25-02-2020 Hal. 21

Kerugian Negara dalam KasusJiwasraya Bisa Bertambah Besar

BPK akan mengumumkan hasil penghitungan kerugian negara akibat kasus kerugian investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Nilainya pun berpotensi bertambah dari perkiraan kerugian sebelumnya. Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengatakan, BPK mulai melakukan audit investasi untuk menemukan perhitungan kerugian negara dalam kasus Jiwasraya setelah menerima surat permintaan investigasi dari Kejagung.

Koran Tempo / 25-02-2020 Hal. 22

Kejaksaan Agung Buka Rekening Yang di Blokir

Kejaksaan Agung membuka blokir sejumlah rekening di beberapa bank yang diduga terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya dalam rangka penelusuran aset. Pembukaan rekening kemungkinan dilakukan awal pekan ini. Sebelum membuka blokir rekening, Kejagung berkoordinasi dengan lembaga lain, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Beritasatu.com / 24-02-2020

Korupsi Jiwasraya Kejagung Panggil Bos BCA dan Bank Mandiri

Kejaksaan Agung (Kejagung) memanggil pimpinan Bank Mandiri dan Bank Central Asia (BCA) terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Febrie Adriansyah mengatakan pimpinan BCA dan Bank Mandiri bakal diperiksa sebagai saksi untuk mengklarifikasi kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

Bisnis.com / 24-02-2020

Kuasa Hukum Benny Tjokro Laporkan dirut Jiwasraya ke Polda Metrojaya Ada Apa

Tim Kuasa Hukum Benny Tjokrosaputro dari  Kantor Hukum Muchtar Arifin & Partners melaporkan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko dan sekretaris perusahaan Jiwasraya ke Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya terkait dengan dugaan fitnah dan pencemaran nama baik. Menurut dia, Hexana memberikan keterangan bahwa kerugian Jiwasraya yang sebanyak Rp 13,7 triliun berasal dari investasi di saham PT Hanson International Tbk (MYRX). Padahal, menurut dia, portofolio Jiwasraya yang ditempatkan di MYRX hanya sebesar 2,13% dan berbentuk reksa dana yang dikelola oleh para manajer investasi.

Kontan.co.id / 24-02-2020

OJK Akui Kasus Jiwasraya dan AJB Bumiputera Berdampak Pada Bisnis Asuransi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakui kasus Asuransi Jiwasraya dan AJB Bumiputera 1912 telah mempengaruhi bisnis asuransi. Hal ini terlihat dalam penurunan premi asuransi jiwa dalam dua tahun terakhir. Untuk kasus Jiwasraya, banyak nasabah mulai khawatir untuk membeli produk saving plan. Bahkan OJK sudah melihat kecenderungan nasabah mengajukan klaim nilai tebus di beberapa bank.

Kontan.co.id / 24-02-2020

Kejaksaan Agung Bakal Buka Blokir Rekening Tak Terkait Jiwasraya

Penyidik Kejaksaan Agung mengagendakan pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan pada Senin, 24 Februari 2020. Pertemuan tersebut untuk memilah 800 rekening efek yang telah diblokir yang tidak terkait dengan kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

Tempo.co / 24-02-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.863

IHSG (per 24 Februari 2020)

   5.807,05

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Koran Tenpo, Media Indonesia, Bisnis.com, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Cnbcindonesia.com, Kontan.co.id, Kumparan.com, Liputan6.com, Tenpo.co.

DOWNLOAD PDF