AAJI Daily News - 23 November 2020


Tanggal terbit (23 / 11 / 2020)

Senin, 23 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Oktober, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Rp 139,35 Triliun
  2. Nasabah Kresna Life Kembali Ajukan Gugatan PKPU
  3. Kasus Jiwasraya, Kejagung sita tanah tersangka Piter Rasiman
  4. Pengamat: BPK-OJK buat audit khusus untuk atasi dana WanaArtha
  5. BPK dan OJK Didorong Selamatkan Industri Asuransi
  6. Pisahkan Dana WanaArtha, OJK & BPK Harus Gelar Audit Khusus
  7. Generali Indonesia Dukung Borobudur Marathon 2020
  8. Kejaksaan Periksa 4 Saksi kasus Korupsi Jiwasraya
  9. Agar Terdakwa Jiwasraya Tak Keluar Tahanan, Kejaksaan Pilih Banding
  10. Tingkatkan Penetrasi Asuransi Syariah, Manulife Indonesia Luncurkan Mission Syariah
  11. Jiwasraya Fokus Lakukan Transformasi Perusahaan untuk Penyelamatan Polis
  12. BPK Dan OJK Perlu Gelar Audit Khusus Cegah Korban Jiwasraya
  13. Bayar Klaim Nasabah Di Medan, Generali Prioritaskan Kesehatan Nasabah
  14. Perketat Pengawasan, OJK Jeli Awasi Produk Jasa Keuangan
  15. OJK menyetujui sembilan perusahaan asuransi jual paydi secara online

TENTANG AAJI

Oktober, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Rp 139,35 Triliun

Industri asuransi jiwa membukukan premi mencapai Rp139,35 triliun sampai Oktober 2020 atau terkontraksi -8,53% yoy. Sementara itu, sampai akhir tahun ini pelaku usaha meyakini kontraksi pendapatan premi bisa ditekan ke level satu digit dengan dukungan sejumlah faktor. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menyampaikan, perbaikan sekaligus pencapaian industry asuransi jiwa terkait pendapatan premi disukung sejumlah sentiment positif, salah satunya relaksasi yang diberikan OJK sehubungan dengan penjualan PAYDI.

Investor Daily / 23-11-2020 Hal. 23

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Kresna Life Kembali Ajukan Gugatan PKPU

Salah satu nasabah Kresna, Lukman Wibowo, mengajukan gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) kepada PT Asuransi Jiwa Kresna. Dalam gugatan tersebut, pemohon menggandeng Euis Widyanti sebagai kuasa hukum. Rencananya, sidang pertama perkara ini akan dilaksanakan pada Kamis, 26 November 2020. Ketua Tim Penyelesaian Polis Kresna Life, Supriyadi, menyebut, pihaknya akan patuh terhadap proses hukum.

Kontan / 21-11-2020 Hal.6

Kasus Jiwasraya, Kejagung sita tanah tersangka Piter Rasiman

Tim penelusuran aset Kejagung telah melakukan penyitaan sejumlah tanah milik tersangka dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Piter Rasiman. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung, Febrie Adriansyah menyatakan, sejumlah tanah berada di Semarang, Jawa Tengah. Menurut Febrie, sampai saat ini tim penelusuran aset juga terus mencari aset tersangka Piter Rasiman yang diduga disembunyikan di luar negeri. Akibat dari itu, Febrie mengungkapkan, tim penyidik belum merampungkan berkas perkara yang akan diserahkan ke JPU.

Alinea.id / 20-11-2020

Pengamat: BPK-OJK buat audit khusus untuk atasi dana WanaArtha

Pengamat Hukum Ekonomi Pusat Studi Hukum Kebijakan Indonesia (PSHK) Muhammad Faiz mengharapkan BPK bekerja sama dengan OJK untuk membuat audit khusus yang dapat mengatasi persoalan dana WanaArtha Life. Selain itu, ia juga mengingatkan perlunya peningkatan intensitas pengawasan khususnya yang terkait onsite supervision dan meninjau atau evaluasi metode atau cara pengawasan yang selama ini sudah dijalankan OJK.

Antaranews.com / 20-11-2020

BPK dan OJK Didorong Selamatkan Industri Asuransi

BPK didorong untuk melakukan audit khusus atau melaksanakan pemeriksaan dengan tujuan tertentu, terkait kasus Jiwasraya yang mempengaruhi nasib dana nasabah WanaArtha Life. Menurut Pengamat Hukum Ekonomi Pusat Studi Hukum Kebijakan Indonesia (PSHK) Muhammad Faiz, sebagai otoritas keuangan, OJK bisa saja meminta kepada BPK untuk mengaudit khusus kasus ini, agar dana nasabah bisa diselamatkan dan syariah keuangan punya reputasi yang bagus.

Ayobandung.com / 20-11-2020

Pisahkan Dana WanaArtha, OJK & BPK Harus Gelar Audit Khusus

Pengamat Hukum Ekonomi Pusat Studi Hukum Kebijakan Indonesia (PSHK), Muhammad Faiz, mendorong agar BPK dan OJK melakukan audit khusus atau melaksanakan pemeriksaan dengan tujuan tertentu, terkait kasus Jiwasraya yang memengaruhi nasib dana nasabah WanaArtha Life. Terlebih, OJK sebagai otoritas keuangan, bisa saja meminta kepada BPK untuk menggelar audit khusus terkait kasus ini. Dengan langkah ini, diharapkan dana nasabah bisa dipisahkan dengan dana lain dalam rekening efek Wanaartha yang benar-benar terkait kasus.

Gatra.com / 20-11-2020

Generali Indonesia Dukung Borobudur Marathon 2020

Terus mendukung nama Indonesia di rancah internasional, untuk ketiga kalinya, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) kembali mendukung Borobudur Marathon. Generali Indonesia kembali menjadi official insurance partner Borobudur Marathon 2020 yang memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan bagi para elite runner jika mengalami risiko meninggal dunia atau menjalani perawatan karena kecelakaan saat berlari. Selain itu, Generali juga memberikan perlindungan finansial tambahan atas risiko COVID-19.

Industry.co.id / 20-11-2020

Kejaksaan Periksa 4 Saksi kasus Korupsi Jiwasraya

Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI pada Kamis, (19/11), kembali melakukan pemeriksaan terhadap 4 orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (persero) yang dilakukan untuk tersangka korporasi maupun tersangka orang atau pribadi.

Investor.id / 20-11-2020

Agar Terdakwa Jiwasraya Tak Keluar Tahanan, Kejaksaan Pilih Banding

Kejaksaan Agung (Kejagung) menempuh upaya hukum banding terhadap enam terdakwa kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (persero). Memori banding telah diserahkan ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Ali Mukartono menyampaikan, upaya hukum banding ditempuh agar enam terdakwa korupsi Jiwasraya tidak keluar dari tahanan. Karena masa penahanan untuk enam terdakwa korupsi Jiwasraya masa waktunya akan habis.

Jawapos.com / 20-11-2020

Tingkatkan Penetrasi Asuransi Syariah, Manulife Indonesia Luncurkan Mission Syariah

Manulife Indonesia meluncurkan produk MiSmart Insurance Solution (MiSSION) Syariah baru-baru ini. MiSSION Syariah juga merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Manulife Indonesia untuk memprioritaskan karyawan, pelanggan, dan komunitas di tengah masa pandemi. MiSSION Syariah menyasar berbagai kalangan nasabah, terutama para milenial, yang membutuhkan produk inovatif untuk perlindungan jiwa, kesehatan, investasi optimal, serta manfaat akhir masa program yang sesuai dengan prinsip-prinsip yariah.

Kompas.com / 20-11-2020

Jiwasraya Fokus Lakukan Transformasi Perusahaan untuk Penyelamatan Polis

Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso mengatakan, ada dua poin yang bisa menyelamatkan permasalahan polis Jiwasraya, yaitu sumber pendanaan dan transformasi perusahaan. Ia menjelaskan, selain menyiapkan sumber pendanaan yang menjadi solusi atas masalah fundamental Jiwasraya, transformasi perusahaan ini juga menjadi poin penting di dalam program penyelamatan polis, hingga akhirnya seluruh polis Jiwasraya bisa diselamatkan dan dipindahkan ke IFG Life.

Kompas.com / 20-11-2020

BPK Dan OJK Perlu Gelar Audit Khusus Cegah Korban Jiwasraya

Kasus Jiwasraya dinilai membutuhkan penanganan khusus. BPK perlu melaksanakan audit khusus atau pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Karena kasus ini, juga mempengaruhi nasib dana nasabah WanaArtha Life. Terkait dengan pemisahan antara dana yang dicurigai terkait kejahatan pidana dengan dana nasabah WanaArtha Life, Pengamat Asuransi, Azuarini Diah menuturkan sepakat untuk secepatnya dilakukan. Hal ini penting agar tak makin membuat masyarakat dirugikan akibat dana investasinya tersandera.

Rmco.id / 20-11-2020

Bayar Klaim Nasabah Di Medan, Generali Prioritaskan Kesehatan Nasabah

Generali melakukan serah terima bingkisan sehat kepada nasabah Generali, Derrick Wijaya yang berlangsung di Generali Centre, Medan, Rabu (18/11). Serah terima ini sebagai bukti komitmen Generali dalam pembayaran klaim. Jutany Japit selaku Direktur dan Chief Operation Officer Generali mengungkapkan, perusahaanya selalu mengutamakan nasabah dalam berbagai aspek, termasuk memenuhi janji kami dalam hal klaim.

Sumutpos.co / 20-11-2020

Perketat Pengawasan, OJK Jeli Awasi Produk Jasa Keuangan

Industri keuangan Indonesia tengah diterpa beragam masalah. Mulai dari kasus gagal bayar Jiwasraya, Bumiputera, Wanaartha life, Kresna life, hingga hilangnya dana nasabah Maybank. Menanggapi hal itu, Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menilai permasalahan-permasalahan tersebut sejatinya dapat dicegah melalui pengawasan yang tepat, pembinaan yang tegas, dan keseriusan dari OJK. Dia pun berpendapat agar OJK dapat dapat lebih sensitif dan serius dalam mendengarkan laporan masyarakat atas produk asuransi yang berpotensi menimbulkan masalah.

Republika.co.id / 22-11-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

OJK menyetujui sembilan perusahaan asuransi jual paydi secara online

OJK telah memberikan izin usaha kepada sembilan perusahaan asuransi untuk melakukan penjualan produk terkait investasi (paydi) secara online. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Non Bank (IKNB) OJK Riswinandi berharap, melalui kerja sama tersebut akses masyarakat terhadap produk asuransi semakin terbuka lebar. Dengan demikian, akan mendorong peningkatan penetrasi asuransi di Indonesia. Di samping itu, OJK bersama asosiasi sedang mematangkan dan segera menerbitkan aturan mengenai minat berasuransi, khususnya terkait paydi.

Kontan.co.id / 22-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.165

IHSG (per 20 November 2020)

   5.571,66

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Kontan, Alinea.id, Antaranews.com, Ayobandung.com, Beritamonete.com, Gatra.com, Industry.co.id, Investor.id, Jawapos.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Rmco.id, Republika.co.id, Sumutpos.co, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF