AAJI Daily News - 23 September 2020


Tanggal terbit (23 / 09 / 2020)

Rabu, 23 September 2020  

 

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Menakar Dampak Covid-19 terhadap Industri Perasuransian
  2. Sun Life - Bank Muamalat Kolaborasi Luncurkan Produk Syariah
  3. Permudah Pembelian Produk Asuransi, FWD Gandeng Lifepal
  4. Generali Bayarkan Klaim Covid-19 Rp 10,9 M
  5. Sun Life dan Muamalat Luncurkan Produk Salam Hijrah Proteksi
  6. Sequis Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi Soal Kanker
  7. Wana Artha Diblokir, Nasabah Sengsara
  8. Minta Perlindungan
  9. 120 Korporasi Ikuti Restrukturisasi Polis
  10. 120 Korporasi Restui Restrukturisasi Jiwasraya, Ritel Gimana?
  11. Wow! Negara Merugi Rp 16,8 T Dari Kasus Jiwasraya
  12. Resmi Bermitra dengan Lifepal, FWD Life Berikan Kemudahan dalam Proses Pembelian Asuransi Kesehatan
  13. FWD Life bermitra dengan Lifepal guna memudahkan konsumen membeli asuransi online
  14. Pemerintah Didorong Segera Selesaikan Kasus Jiwasraya
  15. Pemulihan Aset Jadi Salah satu Opsi Jiwasraya
  16. Sun Life-Bank Muamalat Luncurkan Asuransi Khusus Covid-19
  17. Generali Indonesia Bayarkan Klaim Rp 10,9 M Nasabah Positif Covid-19
  18. Generali Bayarkan Klaim COVID-19 Rp 10,9 Milyar
  19. Pembayaran Klaim Covid-19 Generali Sebesar Rp10,9 Miliar
  20. Nasabah WanaArtha di Palembang Demo ke OJK Sumbagsel, Sempat Dihalangi Petugas Pengamanan
  21. Pegawai Wana Artha Datangi OJK Sumsel Minta Rekening Dibuka, Untung: Itu Bukan Kewenangan Kita
  22. Wana Artha Diblokir, Nasabah Sengsara
  23. Jangan Menutup Asuransi
  24. 24 Perusahaan Asuransi Raih Predikat Asuransi Terbaik 2020
  25. 24 Perusahaan Asuransi Raih Predikat Asuransi Terbaik 2020
  26. Resesi Menghantui, Minat Investor ke Asuransi Jiwa Masih Besar, Tapi...
  27. 24 Perusahaan Asuransi Raih Insurance Awards 2020
  28. DPR Godok Rencana Pembentukan Lembaga Pengawas OJK

TENTANG AAJI

Menakar Dampak Covid-19 terhadap Industri Perasuransian

Covid-19 telah mengakibatkan pertumbuhan ekonomi turun dan pendapatan turun, sehingga permintaan asuransi otomatis turun dan akhirnya industri asuransi bisa mengalami kerugian.  Industri asuransi nasional telah menghadapi penurunan premi sebagai dampak dari kebijakan social distancing atau PSBB, khususnya asuransi jiwa, mengingat penjualan polis banyak dilakukan tatap muka dengan calon nasabah. Statistik AAJI pada kuartal I-2020 mencatat penurunan premi sebesar 4,9% dan pada akhir kuartal II-2020 diperkirakan penurunannya akan lebih besar.

Investor.id / 22-09-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Sun Life – Bank Muamalat Kolaborasi Luncurkan Produk Syariah

PT Sun Life Financial Indonesia dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan produk kolaboratif berbasis Syariah yang kedua, Salam Hijrah Proteksi. Produk ini menjadi respon kedua perusahaan terhadap kebutuhan akan produk keuangan berbasis Syariah di Indonesia yang terus meningkat. Produk ini memiliki keunggulan termasuk perlindungan atas risiko yang disebabkan Covid-19, bonus loyalty 25% setiap tiga tahun sekali, serta proses pengajuan cepat dan mudah tanpa pemeriksaan Kesehatan.

HE Neraca / 23-09-2020 Hal. 5

Permudah Pembelian Produk Asuransi, FWD Gandeng Lifepal

PT FWD Life Indonesia secara resmi berkolaborasi dengan lifepal.co.id untuk semakin meningkatkan kemudahan dan kepercayaan masyarakat dalam pembelian asuransi secara online, produk FWD Life kini resmi dapat ditemukan di Lifepal yang menyediakan platform untuk membantu masyarakat membandingkan serta membeli produk asuransi jiwa dan Kesehatan sesuai dengan preferensi mereka. Sejalan dengan visi FWD Life, layanan Lifepal membantu masyarakat Indonesia dalam memilih solusi asuransi melalui rangkuman data yang rapi, praktis, transparan dan mudah dipahami.

HE Neraca / 23-09-2020 Hal. 5

Generali Bayarkan Klaim Covid-19 Rp 10,9 M

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia telah membayarkan klaim kepada nasabah yang terdeteksi Covid-19 hingga 31 Agustus 2020 mencapai Rp 10,9 miliar. Generali Indonesia secara proaktif mengamati perkembangan situasi terkini serta berupaya memastikan seluruh nasabahnya mendapatkan perlindungan dan pelayanan yang baik. Klaim tersebut telah dibayarkan kepada 120 orang nasabah baik individu maupun grup dengan rincian 114 klaim pengobatan dan 6 klaim kematian akibat Covid-19.

Investor Daily / 23-09-2020 Hal. 23

Sun Life dan Muamalat Luncurkan Produk Salam Hijrah Proteksi

PT Sun Life Financial Indonesia dan PT Bank Maumalat Indonesia Tbk menghadirkan produk kolaboratif berbasis Syariah yang kedua, Salam Hijrah Proteksi. Produk ini menjadi respon kedua perusahaan terhadap kebutuhan akan produk keuangan berbasis Syariah di Indonesia yang terus meningkat. Salam Hijrah Proteksi akan memberikan solusi kemudahan berasuransi dengan manfaat beragam dan sejumlah keunggulan termasuk perlindungan atas risiko Covid-19, bonus loyalitas 25% setiap tiga tahun sekali serta proses pengajuan yang cepat dan mudah tanpa pemeriksaan Kesehatan.

Investor Daily / 23-09-2020 Hal. 23

Sequis Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi Soal Kanker

Peringatan akan bahaya kanker telah menginspirasi PT Asuransi Jiwa Sequis Life untuk menyediakan produk asuransi yang dapat membantu masyarakat melakukan pengobatan karena jika memiliki asuransi Kesehatan, pastinya akan berguna untuk mengantisipasi biaya pengobatan. Sequis Life pun melakukan inovasi pada produk asuransi Kesehatan Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC) dengan menambahkan fasilitas X Booster agar pasien mendapat pengobatan secara komprehensif.

Koran Jakarta / 23-09-2020 Hal. 5

Wana Artha Diblokir, Nasabah Sengsara

Pilihan Agnes Trimudayanti untuk menyimpan dana di PT Asuransi Jiwa Adisarana Wana Artha, ternyata telah mengubah peruntungannya. Begitupun Sumartono yang memasukkan dana ganti rugi pembebasan lahan Bandara Internasional Yogyakarta yang ia terima ke Wana Artha Life. Kemarin, mereka dan 20-an nasabah Wana Artha menggelar aksi damai di kantor Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan surat permohonan perlindungan keadilan dan penegakan hukum yang berkeadilan atas kasus Wana Artha Life.

Media Indonesia / 23-09-2020 Hal. 8

Minta Perlindungan

Puluhan nasabah Asuransi Wna Artha menggelar aksi damai di Kejaksaan Tinggi Yogyakarta, di Yogyakarta, kemarin. Mereka menyampaikan surat permohonan perlindungan keadilan dan penegakan hukum menyusul rencana penyitaan rekening Wana Artha Life dalam perkara dugaan korupsi dan TPPU kasus Jiwasraya oleh jaksa penuntut umum.

Media Indonesia / 23-09-2020 Hal. 8

120 Korporasi Ikuti Restrukturisasi Polis

Sebanyak 120 korporasi meliputi BUMN, anak usaha BUMN, BUMND dan swasta ikut dalam program restrukturasi polis asuransi PT Jiwasraya (Persero) dalam upaya penyelamatan perusahaan asuransi. Sekretaris Perusahaan Jiwasraya, Kompyang Wibisana mengatakan, semakin banyaknya nasabah korporasi yang ikut dalam program penyelamatan polis didsarkan pada adanya pengertian dan pemahaman nasabah terhadap kondisi keuangan Jiwasraya saat ini.

Media Indonesia / 23-09-2020 Hal. 11

120 Korporasi Restui Restrukturisasi Jiwasraya, Ritel Gimana?

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyebutkan sudah terdapat 120 korporasi yang menyetujui rencana restrukturisasi polis perusahaan. Nilai polis yang direstrukturisasi ini mencapai ratusan miliar rupiah. Corporate Secretary Jiwasraya Kompyang Wibisana mengatakan proses restrukturisasi ini masih terus berjalan sehingga diharapkan jumlah korporasi yang bersedia direstrukturisasi bertambah jumlahnya.

Cnbcindonesia.com / 22-09-2020

Wow! Negara Merugi Rp 16,8 T Dari Kasus Jiwasraya

BPK menyebut potensi Kerugian Negara dalam Megaskandal Asuransi Jiwasraya mencapai Rp 16,8 Triliun, jumlah itu berasal dari penyidikan atas berkas selama 10 Tahun dari tahun 2008 hingga 2018. Perincian kerugiannya antara lain, rugi dari Investasi Saham Rp 4,65 Triliun dan kerugian Investasi Reksa dana Rp12,16 Triliun.

Cnbcindonesia.com / 22-09-2020

Resmi Bermitra dengan Lifepal, FWD Life Berikan Kemudahan dalam Proses Pembelian Asuransi Kesehatan

Bekerja sama untuk semakin meningkatkan kemudahan dan kepercayaan masyarakat dalam pembelian asuransi secara online, produk FWD Life kini telah resmi dapat ditemukan di Lifepal yang menyediakan platform untuk membantu masyarakat membandingkan serta membeli produk asuransi jiwa dan andemic sesuai dengan preferensi mereka. Sejalan dengan visi FWD Life, Layanan Lifepal membantu masyarakat Indonesia dalam memilih solusi asuransi melalui rangkuman data yang rapi, praktis, transparan dan mudah dipahami.

Kontan.co.id / 22-09-2020

FWD Life bermitra dengan Lifepal guna memudahkan konsumen membeli asuransi online

Bekerja sama untuk semakin meningkatkan kemudahan dan kepercayaan masyarakat dalam pembelian asuransi secara online, produk FWD Life kini telah resmi dapat ditemukan di Lifepal yang menyediakan platform untuk membantu masyarakat membandingkan serta membeli produk asuransi jiwa dan andemic sesuai dengan preferensi mereka. Sejalan dengan visi FWD Life, Layanan Lifepal membantu masyarakat Indonesia dalam memilih solusi asuransi melalui rangkuman data yang rapi, praktis, transparan dan mudah dipahami.

Kontan.co.id / 22-09-2020

Pemerintah Didorong Segera Selesaikan Kasus Jiwasraya

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan penyelesaian permasalahan Jiwasraya dalam hal kewajiban pembayaran polis harus segera dicarikan solusinya. Pemerintah selaku pemilik 100 persen saham Jiwasraya harus bisa mencarikan solusi terbaik dan tercepat dalam menyelesaikan kewajiban pembayaran polis. Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo mengatakan, pemulihan atau pengambilalihan aset sitaan memang menjadi salah satu opsi dalam penyelesaian kasus PT Jiwasraya. Hal bisa membantu Jiwasraya membayarkan dana nasabah.

Republika.co.id / 22-09-2020

Pemulihan Aset Jadi Salah satu Opsi Jiwasraya

Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo mengatakan, pemulihan atau pengambilalihan aset sitaan menjadi salah satu opsi dalam penyelesaian kasus PT Jiwasraya. Pengambilalihan aset sitaan ini bisa membantu Jiwasraya membayarkan dana nasabah. Kendati begitu, proses ini memerlukan sejumlah mekanisme lantaran aset sitaan akan masuk ke kas negara terlebih dahulu dan akan disalurkan ke Jiwasraya lewat penyertaan modal negara (PMN).

Republika.co.id / 22-09-2020

Sun Life-Bank Muamalat Luncurkan Asuransi Khusus Covid-19

PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Indonesia) dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan produk kolaboratif berbasis andemi yang kedua, Salam Hijrah Proteksi. Kehadiran produk ini juga menjadi wujud komitmen Sun Life Indonesia untuk terus menghadirkan produk yang menjawab kebutuhan dari mitra dan nasabah setianya. Salam Hijrah Proteksi merupakan produk asuransi jiwa tradisional yang memberikan solusi kemudahan berasuransi dengan manfaat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Republika.co.id / 22-09-2020

Generali Indonesia Bayarkan Klaim Rp 10,9 M Nasabah Positif Covid-19

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia telah membayarkan klaim kepada nasabah yang terdeteksi Covid-19 hingga 31 Agustus 2020 mencapai Rp 10,9 miliar. Generali Indonesia secara proaktif mengamati perkembangan situasi terkini serta berupaya memastikan seluruh nasabahnya mendapatkan perlindungan dan pelayanan yang baik. Klaim tersebut telah dibayarkan kepada 120 orang nasabah baik individu maupun grup dengan rincian 114 klaim pengobatan dan 6 klaim kematian akibat Covid-19.

Rmco.id / 22-09-2020

Generali Bayarkan Klaim COVID-19 Rp 10,9 Milyar

Hingga 31 Agustus 2020, pembayaran klaim COVID-19 yang dilakukan Generali Indonesia telah mencapai Rp10,9 Milyar. Klaim tersebut telah dibayarkan kepada 120 orang nasabah baik individu maupun grup dengan rincian 114 klaim pengobatan dan 6 klaim kematian akibat COVID-19. Hal ini merupakan wujud komitmen Generali untuk menjadi lifetime partner yang selalu mendampingi di setiap tahap kehidupan nasabah, khususnya di masa-masa sulit seperti sekarang ini.

Marketplus.co.id / 22-09-2020

Pembayaran Klaim Covid-19 Generali Sebesar Rp10,9 Miliar

Hingga 31 Agustus 2020, pembayaran klaim Covid-19 yang dilakukan Generali Indonesia telah mencapai Rp10,9 Miliar. Klaim tersebut telah dibayarkan kepada 120 orang nasabah baik individu maupun grup dengan rincian 114 klaim pengobatan dan 6 klaim kematian akibat Covid-19. Hal ini merupakan wujud komitmen Generali untuk menjadi lifetime partner yang selalu mendampingi di setiap tahap kehidupan nasabah, khususnya di masa-masa sulit seperti sekarang ini.

Marketing.co.id / 22-09-2020

Nasabah WanaArtha di Palembang Demo ke OJK Sumbagsel, Sempat Dihalangi Petugas Pengamanan

Sejumlah nasabah WanaArtha yang beralamat di Jalan Kolonel Atmo, Kecamatan Ilir Timur I Palembang, mengeglar demonstrasi damai di Kantor OJK Regional VII Sumbagsel di Jalan Residen Abdul Rozak Kecamatan Ilir Timur II Palembang, Selasa (22/9). Mereka para nasabah WanaArtha itu menyampaikan tuntutan kepada OJK agar rekening pusat Wana Artha yang berada di Jakarta segera dibuka. Namun aksi damai ini sempat dihalangi oleh petugas pengamanan atau sekuriti di Kantor OJK tersebut, termasuk beberapa jurnalis media juga dihalangi saat ingin meliput aksi ini. 

Tribunnews.com / 22-09-2020

Pegawai Wana Artha Datangi OJK Sumsel Minta Rekening Dibuka, Untung: Itu Bukan Kewenangan Kita

OJK Regional VII Sumbagsel didatangi sejumlah pegawai Wana Artha terkait rekening bank mereka yang diblokir karena terseret kasus Jiwasraya. Kepala OJK Regional 7 Sumatera Bagian Selatan, Untung Nugroho, andem dikonfirmasi terkait tuntutan tersebut mengatakan OJK tidak punya kewenangan untuk membuka blokir rekening Wana Artha karena yang memblokir itu pengadilan, bukan OJK. Ia menerima aspirasi mereka pegawai Wana Artha tapi hanya sebatas penyampaian saja dan akan diteruskan ke pusat karena OJK tidak memiliki kewenangan membuka blokir tersebut.

Tribunnews.com / 22-09-2020

Wana Artha Diblokir, Nasabah Sengsara

Pilihan Agnes Trimudayanti untuk menyimpan dana di PT Asuransi Jiwa Adisarana Wana Artha, ternyata telah mengubah peruntungannya. Begitupun Sumartono yang memasukkan dana ganti rugi pembebasan lahan Bandara Internasional Yogyakarta yang ia terima ke Wana Artha Life. Kemarin, mereka dan 20-an nasabah Wana Artha menggelar aksi damai di kantor Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan surat permohonan perlindungan keadilan dan penegakan hukum yang berkeadilan atas kasus Wana Artha Life.

Mediaindonesia.com / 23-09-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Jangan Menutup Asuransi

Di tengah masih berlangsungnya pandemi, return investasi memang turun di mana-mana termasuk unit linked. Meski kini polis asuransi unit linked imbal hasilnya turun, Anda justru makin rugi jika buru-buru menutup polis asuransi. Jika memang kinerja investasi pada unit linked buruk, Anda masih bisa memperbaiki dengan menukar portfolio investasi yang ada pada unit linked. Untuk memastikan nilai tunai Anda cukup untuk membara asuransi di masa mendatang, Anda bisa top up investasi.

Investor Daily / 23-09-2020 Hal. 5

24 Perusahaan Asuransi Raih Predikat Asuransi Terbaik 2020

Sebanyak 24 perusahaan asuransi nasional meraih predikat ‘Asuransi Terbaik 2020’ dalam acara penganugerahan Best Insurance Awards 2020 yang berlangsung virtual dan disiarkan live BeritaSatu TV, Selasa (22/9). Penghargaan untuk Asuransi Terbaik 2020 diberikan Majalah Investor untuk 12 asuransi jiwa, 9 asuransi umum, 3 reasuransi. Pada kelompok asuransi jiwa papan atas, dengan aset di atas Rp 25 triliun, tiga posisi terbaik diraih PT AIA Financial, PT AXA Mandiri Financial Services, dan PT Prudential Life Assurance.

Investor Daily / 23-09-2020 Hal. 24

24 Perusahaan Asuransi Raih Predikat Asuransi Terbaik 2020

Majalah Investor kembali memberikan penghargaan untuk Asuransi Terbaik. Tahun ini, penghargaan tersebut diberikan kepada 24 perusahaan asuransi nasional yang terdiri dari 12 asuransi jiwa, 9 asuransi umum, 3 reasuransi. Ketua Dewan Juri Asuransi Terbaik 2020 Firdaus Djaelani menyampaikan, perusahaan asuransi yang meraih predikat terbaik mampu membuktikan diri bisa survive menghadapi krisis keuangan, sekaligus kemampuan beradaptasi di tengah pandemi Covid-19.

Beritasatu.com / 22-09-2020

Resesi Menghantui, Minat Investor ke Asuransi Jiwa Masih Besar, Tapi...

Pengamat asuransi dan Mantan Komisaris Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Irvan Rahardjo menilai bahwa rendahnya penetrasi dan densitas asuransi di Indonesia menjadi potensi besar yang menarik minat investor untuk masuk, baik dari dalam maupun luar negeri. Menurutnya, kondisi tersebut membuat investor cukup melirik peluang industri asuransi jiwa di Indonesia. Irvan menilai bahwa ketertarikan investor untuk melakukan merger atau akuisisi di industri asuransi akan tetap terjaga meskipun resesi.

Bisnis.com / 22-09-2020

24 Perusahaan Asuransi Raih Insurance Awards 2020

Sebanyak 24 perusahaan asuransi nasional meraih predikat ‘Asuransi Terbaik 2020’ dalam acara penganugerahan Best Insurance Awards 2020 yang berlangsung virtual dan disiarkan live BeritaSatu TV, Selasa (22/9). Penghargaan untuk Asuransi Terbaik 2020 diberikan Majalah Investor untuk 12 asuransi jiwa, 9 asuransi umum, 3 reasuransi. Pada kelompok asuransi jiwa papan atas, dengan aset di atas Rp 25 triliun, tiga posisi terbaik diraih PT AIA Financial, PT AXA Mandiri Financial Services, dan PT Prudential Life Assurance.

Investor.id / 22-09-2020

DPR Godok Rencana Pembentukan Lembaga Pengawas OJK

DPR RI mengaku tengah mendiskusikan rencana pembentukan badan pengawasan untuk OJK. Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi mengatakan, badan pengawas OJK ini akan berfungsi seperti Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI), yang membantu DPR mengawasi BI untuk meningkatkan akuntabilitas. Fathan menuturkan, pengawasan diperlukan untuk mengontrol kinerja OJK. Sebab pemerintah merasa kesulitan untuk mencegah situasi yang tidak terkontrol di pasar finansial akibat lemahnya pengawasan.

Kompas.com / 22-09-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.785

IHSG (per 22 September  2020)

   4.934,09

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: HE Neraca, Investor Daily, Koran Jakarta, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Investor.id,  Kompas.com, Kontan.co.id, Marketplus.co.id, Marketing.co.id, Mediaindonesia.com, Republika.co.id, Rmco.id, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF