AAJI Daily News - 26 Februari 2020


Tanggal terbit (26 / 02 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 26 Februari 2020  

HEADLINE NEWS

  1. AAJI: Minat Masih Tinggi, Premi Unit Link Tumbuh 13,46%
  2. Kepercayaan Masyarakat terhadap Unit Link Tetap Tinggi
  3. Soal pemblokiran Rekening Efek oleh Kejagung, Ini Kata AAJI
  4. Kesalahan Fatal Perusahaan Asuransi Terletak Pada Investasi
  5. Minat Masih Tinggi, Premi Unit Link Tumbuh 13,46%
  6. Aset Lari ke Luar Negeri
  7. Opsi Penyehatan Jiwasraya Dikaji
  8. [Foto] Pengenalan Pulse by Prudential
  9. Deja Vu BPPN di Skema Penyelamatan Jiwasraya
  10. Penyelamatan Jiwasraya, PMN Jadi Opsi Terakhir
  11. Kejagung Periksa Puluhan Manajemen Bank
  12. Prudential Perkenalkan Aplikasi Kesehatan
  13. Penerapan GCG dan Kualitas Tenaga Pemasar, Modal AIA untuk Jaga Kepercayaan Nasabah
  14. Klaim Polis Tradisional Jiwasraya Dibayar Lebih Awal? Belum Pasti
  15. Penyelamatan Jiwasraya, kok Tiba-tiba Ada Nusantara Life?
  16. Pemerintah Bantah Penyelamatan Jiwasraya Pakai PMN
  17. OJK Membuat Rating Industri Non Bank
  18. OJK Wajibkan Asuransi Lapor Kinerja Keuangan Tiap Bulan
  19. Industri Asuransi Diproyeksikan Tumbuh 5%

TENTANG AAJI

AAJI: Minat Masih Tinggi, Premi Unit Link Tumbuh 13,46%

(AAJI) menilai bahwa kepercayaan dan minat masyarakat terhadap produk unit link masih tinggi. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan premi unit link pada 2019 sebesar 13,46 persen secara year on year (yoy). Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perolehan premi 2019 dari produk unit link mencapai Rp 102,38 triliun, atau tumbuh 13,46 persen (yoy).

Beritasatu.com / 25-02-2020

Kepercayaan Masyarakat terhadap Unit Link Tetap Tinggi

(AAJI) Budi Tampubolon menyampaikan unit link saat ini telah menjadi produk yang dominan bagi industri asuransi jiwa di Indonesia. Deputi Direktur Pengawasan Asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kristianto Andi Handoko menyampaikan saat ini dari 53 perusahaan asuransi jiwa, ada 43 perusahaan yang telah menjual produk unit link. Pada 2019, total dana kelolaan dari unit link mencapai Rp 248 triliun, tumbuh sekitar 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

Beritasatu.com / 25-02-2020

Soal pemblokiran Rekening Efek oleh Kejagung, Ini Kata AAJI

Terkait pemblokiran sejumlah rekening efek oleh Kejagung sebagai imbas kasus Jiwasraya dinilai oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) cukup fair dengan memberikan kesempatan klarifikasi. Dimana saat ini AAJI menyebutkan bahwa Wanaartha Life telah melakukan konsultasi terkait pemblokiran rekening efeknya, sehingga AAJI menyarankan jika otoritas mencurigai Wanaartha Life maka cukup diblokir rekening efek equitasnya tetapi jangan dana nasabah.

Cnbcindonesia.com / 25-02-2020

Kesalahan Fatal Perusahaan Asuransi Terletak Pada Investasi

AAJI menilai salah satu kesalahan perusahaan asuransi dalam negeri terletak pada penempatan investasinya. Ini juga yang dinilai terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya yang mengakibatkan gagal bayar. Oleh karena itu, Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu berharap pengawasan akan lebih diperketat dengan tidak hanya melibatkan satu lembaga saja tapi lebih dari itu.

Cnbcindonesia.com / 25-02-2020

Minat Masih Tinggi, Premi Unit Link Tumbuh 13,46%

(AAJI) menilai bahwa kepercayaan dan minat masyarakat terhadap produk unit link masih tinggi. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan premi unit link pada 2019 sebesar 13,46% secara year on year (yoy). Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perolehan premi 2019 dari produk unit link mencapai Rp 102,38 triliun, atau tumbuh 13,46% (yoy). Nilai itu menyumbang 55,24% dari total premi industri asuransi jiwa.

Investor.id / 25-02-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Aset Lari ke Luar Negeri

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah menyatakan tim penyidik menemukan 10 negara tempat tersangka melarikan uang korupsinya ke luar negeri. Dia juga menjelaskan bahwa tim penyidik juga menemukan  pihak-pihak yang menerima aset milik seluruh tersangka di luar negeri.

Bisnis Indonesia / 26-02-2020 Hal. 8

Opsi Penyehatan Jiwasraya Dikaji

Kementerian BUMN diingatkan untuk mengkaji opsi serta memperhatikan aspek perhitungan kuantitatif dari setiap opsi penyelamatan pemegang polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero). DPR mengajukan sejumlah catatan kepada Kementerian BUMN terkait opsi penyehatan Jiwasraya.

Bisnis Indonesia / 26-02-2020 Hal. 14

[Foto] Pengenalan Pulse by Prudential

Pulse by Prudential menawarkan pengelolaan kesehatan holistik bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

Bisnis Indonesia / 26-02-2020 Hal. 14

Deja Vu BPPN di Skema Penyelamatan Jiwasraya

Kementerian BUMN masih memutar otak mencari jalan keluar pembayaran klaim PT Asuransi Jiwasraya. Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirjoatmodjo menyatakan, ada beberapa opsi penyelamatan Jiwasraya. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko juga enggan merinci skema penyelamatan Jiwasraya.

Kontan / 26-02-2020 Hal. 1

Penyelamatan Jiwasraya, PMN Jadi Opsi Terakhir

Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, sejumlah langkah penyelamatan masih opsional dan belum diputuskan dalam rapat dengan Panitia Kerja (Panja) di DPR. Terkait beredarnya kabar ada suntikan dana segar dari pemerintah sebesar Rp 15 triliun melalui PMN disebut salah satu opsi, namun belum ada kepastian karena masih terus berkoordinasi.

Investor Daily / 26-02-2020 Hal. 24

Kejagung Periksa Puluhan Manajemen Bank

Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa puluhan manajemen atau pengelola bank swasta dan BUMN terkait dugaan kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Pemeriksaan yang dilakukan sekaligus untuk memastikan adanya aliran dana Jiwasraya ke rekening yang telah diblokir.

Suara Pembaruan / 26-02-2020 Hal. 4

Prudential Perkenalkan Aplikasi Kesehatan

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperkenalkan Pulse by Prudential (Pulse), yaitu aplikasi mobile di bidang kesehatan yang didukung teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Technology.

Suara Pembaruan / 26-02-2020 Hal. 10

Penerapan GCG dan Kualitas Tenaga Pemasar, Modal AIA untuk Jaga Kepercayaan Nasabah

Sebagai salah satu pemain yang memimpin di industri, PT AIA FINANCIAL (AIA) memberikan perhatian serius pada tata kelola perusahaan yang baik dan kualitas agen penjual guna meningkatkan penetrasi dan inklusi asuransi jiwa di Tanah Air.

Bisnis.com / 25-02-2020

Klaim Polis Tradisional Jiwasraya Dibayar Lebih Awal? Belum Pasti

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan pihaknya belum dapat menentukan nasabah mana yang akan memperoleh pembayaran klaim lebih awal. Pasalnya keputusan diambil setelah memperhatikan hasil kesepakatan antara pemerintah dan DPR RI.

Bisnis.com / 25-02-2020

Penyelamatan Jiwasraya, kok Tiba-tiba Ada Nusantara Life?

Pemerintah melalui Kementerian BUMN menyampaikan tiga alternatif penyelesaian dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Selain itu, juga terungkap adanya satu perusahaan baru namanya PT Nusantara Life di bawah kendali holding BUMN asuransi PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Nusantara Life yang akan menjadi perusahaan yang akan menyediakan dana untuk pembayaran polis Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com / 25-02-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Pemerintah Bantah Penyelamatan Jiwasraya Pakai PMN

Kementerian BUMN membantah bahwa penyelamatan Asuransi Jiwasraya akan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN), bail out ataupun bail in tidaklah benar. Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyampaikan jika hal tersebut merupakan pilihan atau opsi paling terakhir karena masih ada beberapa skenario yang didalami.

HE Neraca / 26-02-2020 Hal. 5

OJK Membuat Rating Industri Non Bank

OJK berusaha mereformasi Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) demi meningkatkan standar pengaturan dan kualitas pengawasan di sektor ini. Salah satunya dengan memeringkat atau penilaian tingkat kesehatan di tiga sektor yakni, asuransi, lembaga pembiayaan dan dana pensiun.

Kontan / 26-02-2020 Hal. 20

OJK Wajibkan Asuransi Lapor Kinerja Keuangan Tiap Bulan

OJK mewajibkan perusahaan asuransi untuk melaporkan kinerja keuangannya secara lengkap setiap bulan. Kewajiban lapor demi menghindari gagal bayar karena kesalahan investasi manajemen seperti PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Riswinandi mengatakan laporan lengkap yang dimaksudkan mencakup 120 lembar informasi keuangan terkait investasi, laba rugi, klaim, dan lain sebagainya.

Cnnindonesia.com / 25-02-2020

Industri Asuransi Diproyeksikan Tumbuh 5%

Pertumbuhan industri asuransi tahun 2020 diperkirakan di angka 5 persen. Angka tersebut sudah menghitung efek dari kasus gagal bayar, PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ekonomi Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi, mengatakan secara umum industri asuransi masih bagus. Mengacu pada pertumbuhan aset telah tumbuh sekitar 5,91 persen dan industri asuransi tumbuh 8 persen

Koran-jakarta.com / 25-02-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.887

IHSG (per 24 Februari 2020)

   5.787,14

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Kontan, Investor Daily, Suara Pembaruan, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Investor.id, Bisnis.com. Cnnindonesia.com, Koran-jakarta.com.

DOWNLOAD PDF