AAJI Daily News - 11 Juni 2020


Tanggal terbit (11 / 06 / 2020)

Kamis, 11 Juni 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Industri Didorong Alihkan Portofolio
  2. Aset industri asuransi jiwa menurun
  3. Sequis Life Berikan Perlindungan 1.000 Tenaga Kesehatan Covid19
  4. [Foto] Allianz eAZy Cover
  5. Kasus Jiwasraya Bukan Pidana Korupsi
  6. [Foto] Komisaris
  7. Benny Tjokro Tolak Dakwaan
  8. Benny Berkelit soal Kasus Jiwasraya
  9. Allianz Luncurkan Allianz eAZy Cover
  10. Prudential Indonesia, Catat Pendapatan Kontribusi Bruto Rp 3,7 Triliun
  11. [Foto] Layanan Online
  12. Allianz Sediakan Platform Online, Beli Unitlink Pakai KTP dan Video Call
  13. Terdakwa Jiwasraya Sebut Ada Kesalahan Pemblokiran Aset
  14. Allianz eAZy Cover, Bikin Kita Lebih Mudah dan Aman Beli Produk Asuransi
  15. Allianz Luncurkan Layanan Asuransi eAZy Cover
  16. Dalam Eksepsi, Terdakwa Korupsi Jiwasraya Minta Dibebaskan
  17. Allianz Indonesia Luncurkan Allianz Eazy Cover untuk Memberikan Proteksi Asuransi dari Rumah Saja
  18. Allianz Life genjot penjualan unitlink lewat eAZY Cover
  19. Prudential Indonesia Sesuaikan Teknis Penjualan PAYDI
  20. Benny Tjokro: Jiwasraya Sudah Rugi Sejak 2006, Saya Korban Ketidakadilan
  21. Allianz eAZy Cover untuk Proteksi Asuransi Dari Rumah Saja
  22. Terdakwa Kasus Jiwasraya Nilai Tuduhan JPU tak Konsisten
  23. Astra Life Optimalkan Digitalisasi di Tengah Pandemi Covid-19
  24. Trafik Asuransi Astra Life Meningkat 3 Kali Lipat
  25. Terdakwa Kasus Jiwasraya Benny Tjokro Ngaku Tak Paham Isi Dakwaan
  26. Allianz Indonesia Luncurkan Allianz eAZy Cover
  27. Pengunjung Asuransi Online Astra Life Naik 3 Kali Lipat Selama Pandemi
  28. Beli hingga Klaim Asuransi dari Rumah dengan Allianz eAZy Cover
  29. Aset-asetnya Disita Jaksa, Terdakwa Kasus Jiwasraya Marah Besar di Pengadilan
  30. [Foto] Aset Asuransi Jiwa Turun
  31. [Foto] Aset Turun
  32. [Foto] Aset Industri Asuransi Jiwa Menurun
  33. [Foto] Aset Asuransi Jiwa Turun
  34. [Foto] Aset Industri Asuransi Jiwa Menurun

TENTANG AAJI

Industri Didorong Alihkan Portofolio

Pengamat Asuransi yang juga arbiter di Badan Mediasi & Arbitrase Asuransi Indonesia (BMAI) dan Pendiri Komunitas Penulis Asuransi Indonesia (KUPASI) Irvan Raharjo menilai, industri asuransi jiwa perlu melakukan switching investasi untuk bisa menjaga kinerjanya, terlebih di tengah kondisi perekonomian yang tidak pasti. Langkah itupun perlu disertai dengan upaya restrukturasi.

Bisnis Indonesia / 11-06-2020 Hal. 15

Aset industri asuransi jiwa menurun

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2020 industri asuransi mencatatkan total aset sebesar Rp529,2 triliun pada kuartal pertama tahun ini, atau menurun 10,4 persen (year-to-date/ytd) dibandingkan dengan posisi akhir pada Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun serta menurun 7,2 persen yoy jika dibandingkan dengan Maret 2019 senilai Rp570,6 triliun.

Antaranews.com / 10-06-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Sequis Life Berikan Perlindungan 1.000 Tenaga Kesehatan Covid19

PT Asuransi Jiwa Sequis Life kembali mengadakan kegiatan kemanusiaan saat pandemic dengan memberikan dana santunan senilai total Rp 3 miliar untuk 1.000 tenaga kesehatan yang didiagnosa positif Covid-19 melalui program Sequis Peduli. Progam ini bekerja sama dengan 3 RS rujukan pemerintah di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUP Persahabatan, RS Pelni, dan RSUD Cengkareng.

HE Neraca / 11-06-2020 Hal. 5

[Foto] Allianz eAZy Cover

Allianz eAZy Cover memungkinkan nasabah membeli perlindungan asuransi dengan tatap muka digital. Melalui Allianz eAZy Cover, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Investor Daily / 11-06-2020 Hal. 23

Kasus Jiwasraya Bukan Pidana Korupsi

Para kuasa hukum terdakwa korupsi pengelolaan investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menilai, dakwaan jaksa dalam kasus tersebut tidak tepat. Sebab, kasus Jiwasraya sejatinya bukan tindak pidana korupsi, melainkan perkara di bidang perasuransian dan pasar modal. Uang senilai Rp 16,807 triliun yang diklaim jaksa sebagai kerugian negara,menurut para penasehat hukum itu, juga dinilai tak tepat.

Kompas / 11-06-2020 Hal. 3

[Foto] Komisaris

Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro meninggalkan ruang sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta seusai membacakan eksepsi atau nota keberatan dalam sidang kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya Rabu (10/6). Dalam eksepsinya, Benny meminta hakim menolak dakwaan jaksa dan membebaskannya dari tahanan.

Kompas / 11-06-2020 Hal. 3

Benny Tjokro Tolak Dakwaan

Terdakwa kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro menolak dakwaan jaksa penuntut umum (JPU). Bos PT Hanson International Tbk ini mempertanyakan kenapa Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tidak membuka transaksi investasi Jiwasraya secara menyeluruh.

Kontan / 11-06-2020 Hal. 10

Benny Berkelit soal Kasus Jiwasraya

Terdakwa kasus dugaan korupsi dana investasi Benny Tjokrosaputro mengajukan eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Benny memohon kepada Majelis Hakim untuk membatalkan dakwaan lantaran memiliki bukti tidak melakukan tindak pidana korupsi. Salah satu bukti yang diajukan Benny ialah tidak memiliki nama samaran seperti yang disampaikan JPU dalam sidang pembacaan dakwaan minggu lalu.

Media Indonesia / 11-06-2020 Hal. 4

Allianz Luncurkan Allianz eAZy Cover

Dengan dukungan OJK melalui kebijakan terkait penyesuaian Teknik pemasaran penjualan produk asuransi yang terkait investasi (PAYDI), Allianz meluncurkan inovasi baru bernama Allianz eAZy Cover yang memungkinkan nasabah membeli perlindungan asuransi dengan tatap muka digital. Dengan inovasi ini, Allianz juga dapat menawarkan dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Media Indonesia / 11-06-2020 Hal. 10

Prudential Indonesia, Catat Pendapatan Kontribusi Bruto Rp 3,7 Triliun

PT Prudential Life Assurance melaporkan kinerja unit Syariah yang sehat di sepanjang 2019, sekaligus menegaskan kepemimpinannya di industri asuransi jiwa Syariah melalui pendapatan kontribusi bruto sebesar Rp 3,7 triliun, tertinggi di industri. Unit Syariah juga mampu mempertahankan total aset yang stabil sebesar Rp 9,1 triliun.

Rakyat Merdeka / 11-06-2020 Hal. 10

[Foto] Layanan Online

Dengan digital sales tools Allianz membantu nasabah mengisi surat pengajuan asuransi jiwa dengan digital sales tools di iPad. Allianz Eazy Cover ini memudahkan nasabah mendapatkan proteksi.

Warta Kota / 11-06-2020 Hal. 5

Allianz Sediakan Platform Online, Beli Unitlink Pakai KTP dan Video Call

PT Asuransi Allianz Life Indonesia telah meluncurkan Allianz eAZy Cover, yang memberikan kemudahan proses pembelian produk asuransi untuk nasabah dan tenaga pemasar Allianz, melalui voice call maupun video call. Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia menjelaskan Allianz akan menggunakan digital sales tools untuk membantu nasabah menentukan perlindungan sesuai dengan kebutuhan.

Bisnis.com / 10-06-2020

Terdakwa Jiwasraya Sebut Ada Kesalahan Pemblokiran Aset

Direktur Utama PT Hanson International Tbk. Benny Tjokrosaputro menyebut ada kesalahan pemblokiran aset oleh Kejaksaan Agung dalam menangani perkara dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang merugikan keuangan negara sebesar Rp16,81 triliun.

Bisnis.com / 10-06-2020

Allianz eAZy Cover, Bikin Kita Lebih Mudah dan Aman Beli Produk Asuransi

Terus berkomitmen menghadirkan produk asuransi yang tepat dan dibutuhkan, PT Asuransi Allianz Life Indonesia meluncurkan cara baru untuk membeli produk tersebut. Allianz eAZy Cover, adalah cara yang ditawarkan oleh Allianz Life, yang sebetulnya sama dengan produk unit link asuransi yang sebelumnya ditawarkan. Namun perbedaannya, adalah prosedur pembelian asuransi ini dilakukan secara digital.

Grid.id / 10-06-2020

Allianz Luncurkan Layanan Asuransi eAZy Cover

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) baru saja meluncurkan produk asuransi terbarunya, Asuransi eAZy Cover yang dipasarlan secara digital. "Layanan eAZy Cover, memungkinkan nasabah bisa mendapatkannya secara online. Semua prosesnya sama, dimana tenaga pemasar melakukan informasi, mencari kebutuhan nasabah, menjelaskan manfaat dan risiko. Tapi semua dilakukan secara online.

Kompas.com / 10-06-2020

Dalam Eksepsi, Terdakwa Korupsi Jiwasraya Minta Dibebaskan

Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro meminta majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi untuk dibebaskan. Selain itu, Benny juga meminta majelis hakim membatalkan surat dakwaan atau memerintahkan jaksa penuntut umum (JPU) memperbaikinya. Benny menilai, Kejaksaan Agung melakukan kesalahan terkait penyitaan dan pemblokiran rekening, khususnya rekening miliknya.

Kompas.com / 10-06-2020

Allianz Indonesia Luncurkan Allianz Eazy Cover untuk Memberikan Proteksi Asuransi dari Rumah Saja

Allianz semakin berkomitmen untuk memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya dengan meluncurkan sebuah inovasi baru bernama, Allianz eAZy Cover. Allianz eAZy Cover memungkinkan Nasabah membeli perlindungan asuransi dengan tatap muka digital. Melalui Allianz eAZy Cover, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Kontan.co.id / 10-06-2020

Allianz Life genjot penjualan unitlink lewat eAZY Cover

Pandemi covid-19 yang masih mewabah tak membuat PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) berhenti melakukan inovasi. Pasalnya, di tengah pandemi Coid-19, perusahaan ini mengeluarkan eAZy cover yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sekaligus memasarkan produk asuransi secara digital. Nantinya, agen maupun nasabah dapat membeli produk tanpa diharuskan tatap muka.

Kontan.co.id / 10-06-2020

Prudential Indonesia Sesuaikan Teknis Penjualan PAYDI

President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch, mengatakan, sebagai pemimpin pasar dengan total aset perusahaan tertinggi di industri1, Prudential Indonesia menyambut baik kebijakan OJK terkait penyesuaian pelaksanaan teknis pemasaran PAYDI. Sebagai wujud kesiapan infrastruktur digital perusahaan, sejak 1 April 2020 Prudential Indonesia menjalankan penjualan secara tatap muka virtual untuk dua produk asuransi jiwa tradisionalnya yaitu PRUCinta dan PRUCritical Benefit 88.

Koran-jakarta.com / 10-06-2020

Benny Tjokro: Jiwasraya Sudah Rugi Sejak 2006, Saya Korban Ketidakadilan

Direktur Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro mengatakan PT Asuransi Jiwasraya sudah merugi sejak 2006. Menurut dia, tak adil bila kerugian yang timbul tersebut dilimpahkan kepadanya. Masih dalam eksepsinya, Benny mengutip pemberitaan media massa mengenai pernyataan Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan Agung Budi Sampurna perihal kebobrokan PT Asuransi Jiwasraya dari rentang waktu 2006-2019. Benny berkukuh bahwa dalam kasus ini Ia adalah korban.

Kumparan.com / 10-06-2020

Allianz eAZy Cover untuk Proteksi Asuransi Dari Rumah Saja

Dengan dukungan OJK melalui kebijakan terkait penyesuaian teknik pemasaran penjualan produk asuransi yang terkait investasi (PAYDI), Allianz memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya melalui Allianz eAZy Cover. Dengan Allianz eAZy Cover, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Marketing.co.id / 10-06-2020

Terdakwa Kasus Jiwasraya Nilai Tuduhan JPU tak Konsisten

Para terdakwa dugaan korupsi dan pencucian uang (TPPU) PT Asuransi Jiwasraya meminta Majelis Hakim membatalkan dakwaan jaksa penuntut umum. Terdakwa Benny Tjokrosaputro dalam eksepsinya menyatakan, tuduhan jaksa terhadapnya, tak konsisten. Inkonsistensi dalam dakwaan tersebut, yang membuat Benny meminta Majelis Hakim yang diketuai Hakim Rusmina, menyatakan tuduhan jaksa tak benar. Benny pun meminta Majelis Hakim membebaskannya dari semua tuduhan.

Republika.co.id / 10-06-2020

Astra Life Optimalkan Digitalisasi di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi yang melanda saat ini, membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan melalui pemilihan produk asuransi jiwa dan kesehatan secara online. Kebutuhan akan produk asuransi jiwa dan kesehatan online dijawab Astra Life dengan semakin gencar melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life yang cukup dikenal masyarakat dengan produk unggulan Flexi Life dan Flexi Critical Illness.

Sindonews.com / 10-06-2020

Trafik Asuransi Astra Life Meningkat 3 Kali Lipat

Asuransi Online Astra Life mencatatkan kenaikan pengunjung ke laman asuransi hampir 3 kali lipat sejak masa pandemi dan mencapai 7 kali lipat sejak pertama diluncurkan pada April 2019. Direktur Astra Life, Sri Agung Handayani, mengatakan, pemberlakuan physical distancing memberikan pengaruh besar terhadap perilaku konsumen. Sehingga perusahaannya pun melakukan inovasi terutama memantapkan digitalisasi.

Swa.co.id / 10-06-2020

Terdakwa Kasus Jiwasraya Benny Tjokro Ngaku Tak Paham Isi Dakwaan

Terdakwa Direktur PT Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro mengaku bingung dan tak mengerti dengan surat dakwaan yang ia terima dari Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Agung. Ketidakpahaman akan isi surat dakwaan diakui Benny karena ia tidak pernah belajar tentang hukum. Sebelumnya, Kejaksaan Agung mendakwa Direktur Utama PT Hanson International itu telah merugikan negara Rp 16,8 triliun dalam kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

Tempo.co / 10-06-2020

Allianz Indonesia Luncurkan Allianz eAZy Cover

Allianz semakin berkomitmen untuk memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya dengan meluncurkan sebuah inovasi baru bernama, Allianz eAZy Cover. Allianz eAZy Cover memungkinkan nasabah membeli perlindungan asuransi dengan tatap muka digital. Melalui Allianz eAZy Cover, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Today.line.me / 10-06-2020

Pengunjung Asuransi Online Astra Life Naik 3 Kali Lipat Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini, membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan yang dapat dijangkau secara online. Meningkatnya minat masyarakat pada produk asuransi jiwa online dapat dilihat dari kenaikan kunjungan di laman ilovelife.co.id yang naik hampir 3 kali lipat sejak masa pandemi dan mencapai 7 kali lipat sejak dibukanya laman ini pada April 2019.

Tribunnews.com / 10-06-2020

Beli hingga Klaim Asuransi dari Rumah dengan Allianz eAZy Cover

Allianz Life Indonesia semakin berkomitmen untuk memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya dengan meluncurkan inovasi baru bernama Allianz eAZy Cover. Allianz eAZy Cover memungkinkan nasabah membeli perlindungan asuransi dengan tatap muka digital. Lewat inovasi ini, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Wartaekonomi.co.id / 10-06-2020

Aset-asetnya Disita Jaksa, Terdakwa Kasus Jiwasraya Marah Besar di Pengadilan

Terdakwa korupsi PT Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro, mengaku tidak terima atas penyitaan yang dilakukan tim Jaksa Agung terhadap aset-asetnya. Komisaris PT Hanson International itu menyebut, penyitaan oleh tim Jaksa Agung merupakan sebuah kesalahan. Benny lebih jauh mengklaim, penyitaan aset pihak ketiga oleh tim Kejagung tak dilakukan secara hati-hati. Hal itu, dalih Benny, diperkuat dengan adanya gugatan praperadilan yang diajukan PT Wanna Artha Life melawan Kejaksaan Agung.

Wartaekonomi.co.id / 10-06-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

[Foto] Aset Asuransi Jiwa Turun

Berdasarkan data OJK pada Maret 2020 nilai aset asuransi jiwa mengalami penurunan secara tahun berjalan maupun secara tahunan dengan catatan total aset Rp529,2 triliun atau menurun 10,4% (ytd) dari Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun..

Bisnis Indonesia / 11-06-2020 Hal. 15

[Foto] Aset Turun

Berdasarkan data OJK pada Maret 2020 industri asuransi mencatatkan total aset sebesar Rp529,2 triliun pada kuartal pertama tahun ini, total aset industri asuransi jiwa tersebut menurun 10,4% (ytd) dibandingkan posisi akhir pada Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun serta menurun 7,2% yoy dibandingan dengan Maret 2019 senilai Rp570,6 triliun.

Koran Jakarta / 11-06-2020 Hal. 5

[Foto] Aset Industri Asuransi Jiwa Menurun

Berdasarkan data OJK pada Maret 2020 industri asuransi mencatatkan total aset sebesar Rp529,2 triliun pada kuartal pertama tahun ini, total aset industri asuransi jiwa tersebut menurun 10,4% (ytd) dibandingkan posisi akhir pada Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun serta menurun 7,2% yoy dibandingan dengan Maret 2019 senilai Rp570,6 triliun.

Koran Sindo / 11-06-2020 Hal. 6

[Foto] Aset Asuransi Jiwa Turun

Berdasarkan data OJK pada Maret 2020, industri asuransi mencatatkan total aset sebesar Rp529,2 triliun. Angka itu menurun 10,4 persen dibandingkan posisi akhir Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun.

Republika / 11-06-2020 Hal. 10

[Foto] Aset Industri Asuransi Jiwa Menurun

Berdasarkan data OJK pada Maret 2020 industri asuransi mencatatkan total aset sebesar Rp529,2 triliun pada kuartal pertama tahun ini, total aset industri asuransi jiwa tersebut menurun 10,4% (ytd) dibandingkan posisi akhir pada Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun serta menurun 7,2% yoy dibandingan dengan Maret 2019 senilai Rp570,6 triliun.

Suara Pembaruan / 11-06-2020 Hal. 8

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.980

IHSG (per 10 Juni 2020)

  4.920,68

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Kompas, Kontan, Koran Jakarta, Koran Sindo, Investor Daily, Media Indonesia, Rakyat Merdeka, Suara Pembaruan, Warta Kota, Bisnis.com, Grid.id, Kompas.com, Kontan.co.id, Koran-jakarta.com, Kumparan.com, Marketing.com, Republik.co.id, Sindonews.com,Swa.co.id, Tempo.co, Today.line.me, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF