AAJi Daily News - 19 Agustus 2020


Tanggal terbit (19 / 08 / 2020)

Rabu, 19 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Bagaimana Asuransi di Saat Pandemi
  2. Ungkapan Nyata Bagi Orang Tercinta
  3. Carut-Marut! Daftar Perusahaan Asuransi RI yang Alami Gagal Bayar
  4. Gandeng BTN, Sinarmas MSIG Life Perkenalkan Asuransi Tambahan SMEX pada Smart Platinum Link
  5. Pefindo memantau keterlibatan Bahana dalam penyelamatan Jiwasraya
  6. Gandeng K-Link, Sun Life Financial pasarkan produk asuransi syariah secara digital
  7. Cara Erick Thohir Rampingkan Perusahaan BUMN
  8. Beri Edukasi Para Pelaku Usaha, FWD Life Hadirkan Webinar #BebasBerbagi
  9. Carut-Marut! Daftar Perusahaan Asuransi RI yang Alami Gagal Bayar
  10. Miliki Polis Rp 3,25 Miliar, Ini Curhat Nasabah Kresna Life
  11. Nasabah Kresna Life, Tim Penyelesaian Polis yang Dibentuk Perusahaan Tak Punya Otoritas Kuat

TENTANG AAJI

Bagaimana Asuransi di Saat Pandemi

Tidak semua perusahaan bernasib buruk selama pandemi COVID 19, contohnya seperti perusahaan asuransi. Akibat COVID 19 ini perusahaan asuransi bisa di bilang mengalami kenaikan. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Jumlah tertanggung asuransi jiwa pada kuartal I/2020 mencapai 63,97 juta orang, jumlah tersebut meningkat hingga 20,3 persen dibandingkan dengan kuartal I/2019 sebanyak 53,17 juta orang. Ketua dewan Pengurus AAJI, Budi tampubolon menjelaskan bahwa pertumbuhan jumlah tertanggu sangat di pengaruhi oleh adanya pandemi COVID 19. Menurutnya, hal tersebut membuat masyarakat semakin sadar terhadap perlindungan asuransi, dan akibat wabah ini, banyak perusahaan asuransi mengeluarkan produk baru menyangkut wabah ini, dimana produk ini di keluarkan khusus untung mengcover resiko dari COVID 19 ini.

Kompasiana.com / 18-08-2020

Ungkapan Nyata Bagi Orang Tercinta

Meski Indonesia sudah lama memiliki perusahaan asuransi jiwa, tingkat kepemilikan produk tersebut di negeri ini ternyata sangat rendah. Tahun lalu, data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 1,2% dibandingkan total Produk Domestik Bruto (PDB). Sedangkan untuk polis syariah, berdasar data AAJI pada kuartal tiga 2019, hanya ada 1,3 juta pemilik polis dari 17,8 juta peserta asuransi jiwa individu. Artinya, masih ada potensi besar untuk menggarap sekaligus mengembangkan industri asuransi syariah ini.

Tirto.id / 18-08-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Carut-Marut! Daftar Perusahaan Asuransi RI yang Alami Gagal Bayar

Industri asuransi Indonesia kembali tercoreng oleh kasus gagal bayar yang melibatkan sejumlah perusahaan asuransi besar di Tanah Air. Seakan tak cukup berhenti di PT Asuransi Jiwasraya, publik kini disuguhkan oleh kabar gagal bayar yang terjadi di PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life). Selain dua kasus tersebut, ada sejumlah perusahaan asuransi di Indonesia yang juga bernasib serupa, yakni; PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life), PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Jiwa Bakrie Life, PT Bumi Asih Jaya, dan PT Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera.

Investing.com / 18-08-2020

Gandeng BTN, Sinarmas MSIG Life Perkenalkan Asuransi Tambahan SMEX pada Smart Platinum Link

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life) bersama PT Bank Tabungan Negara (BTN) memperkenalkan asuransi tambahan SMiLe Medical Extra (SMEX), untuk melengkapi produk perlindungan dan investasi Smart Platinum Link pada 13 Agustus 2020.  Asuransi ini untuk memenuhi preferensi kalangan affluent Indonesia, yang ingin memperoleh penanganan kesehatan di rumah sakit terpercaya, yang cenderung memilih berobat ke luar negeri, dokter dan staf medis yang berpengalaman serta fasilitas dan teknologi medis yang canggih.

Jpnn.com / 18-08-2020

Pefindo memantau keterlibatan Bahana dalam penyelamatan Jiwasraya

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) akan terus memantau keterlibatan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI dalam penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya. Bahana ditunjuk sebagai induk holding asuransi dan penjaminan BUMN. Adapun anggota holding yang ikut terlibat seperti Askrindo, Jasindo, Jasa Raharja dan Jamkrindo. Profil kredit keempatnya terus dipantau oleh Pefindo.

Kontan.co.id / 18-08-2020

Gandeng K-Link, Sun Life Financial pasarkan produk asuransi syariah secara digital

PT Sun Life Financial Indonesia menjalin kemitraan jangka panjang dengan K-Link. Kolaborasi ini akan berjalan selama sepuluh tahun ke depan guna penjualan produk Syariah. Sekaligus memperkuat jaringan jalur distribusi keagenan Sun Life. Sebagai langkah awal, para mitra K-Link yang telah berlisensi akan memasarkan produk Syariah Sun Life yakni Asuransi Brilliance Hasanah Sejahtera. Para mitra K-Link yang telah tersertifikasi Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) oleh Sun Life, akan resmi bergabung menjadi Tenaga Pemasar Sun Life Syariah.

Kontan.co.id / 18-08-2020

Cara Erick Thohir Rampingkan Perusahaan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir segera merampingkan jumlah perusahaan pelat merah dari total 142 menjadi 40 perusahaan saja. Perusahaan-perusahaan tersebut akan direstrukturisasi melalui PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PPA. Erick menjelaskan target perampingan perusahaan BUMN tersebut dapat tercapai jika memiliki tim yang kompak. Nantinya 40 perusahaan itu akan berada dalam 12 klaster yang diurus oleh dua Wakil Menteri BUMN.

Medcom.id / 18-08-2020

Beri Edukasi Para Pelaku Usaha, FWD Life Hadirkan Webinar #BebasBerbagi

FWD Life menyelenggarakan program CSR Bebas Berbagi untuk mendukung OJK dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Bekerjasama dengan Okezone, FWD Life menyediakan edukasi manajemen keuangan untuk mengembangkan bisnis yang bekelanjutan bagi para para pelaku bisni UMKM dan komunitas dengan topik “Bebas Khawatir, Bisnis Lancar Jaya di Masa Pandemi” melalui aplikasi Zoom.

Okezone.com / 18-08-2020

Carut-Marut! Daftar Perusahaan Asuransi RI yang Alami Gagal Bayar

Industri asuransi Indonesia kembali tercoreng oleh kasus gagal bayar yang melibatkan sejumlah perusahaan asuransi besar di Tanah Air. Seakan tak cukup berhenti di PT Asuransi Jiwasraya, publik kini disuguhkan oleh kabar gagal bayar yang terjadi di PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life). Selain dua kasus tersebut, ada sejumlah perusahaan asuransi di Indonesia yang juga bernasib serupa, yakni; PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life), PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Jiwa Bakrie Life, PT Bumi Asih Jaya, dan PT Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera.

Wartaekonomi.co.id / 18-08-2020

Miliki Polis Rp 3,25 Miliar, Ini Curhat Nasabah Kresna Life

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) kepada PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life karena dianggap telah melanggar ketentuan mengenai pelaksanaan rekomendasi atas hasil pemeriksaan sebelumnya terkait kasus gagal bayar manfaat polis asuransi.

Cnbcindonesia.com / 19-08-2020

Nasabah Kresna Life, Tim Penyelesaian Polis yang Dibentuk Perusahaan Tak Punya Otoritas Kuat

Manajemen PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) sudah membentuk Tim Penyelesaian Polis PIK & K-LITA. Hanya saja menurut nasabah, tim ini tak memiliki otoritas kuat untuk menyelesaikan masalah pembayaran polis mereka. Manajemen Kresna Life pertama kali memperkenalkan Tim Penyelesaian Polis ini kepada nasabah saat pertemuan pada 11 Agustus lalu.

Theiconomics.com / 18-08-2020

 

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.845

IHSG (per 18 Agustus 2020)

   5.295,17

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Warta Kota, Cnbcindonesia.com, Investing.com, Jpnn.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Okezone.com, Validnews.id, Wartaekonomi.co.id., Theiconomics.com, Tirto.id

 

DOWNLOAD PDF