AAJI Daily News - 16 November 2020


Tanggal terbit (16 / 11 / 2020)

Senin, 16 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. OJK Cabut Sanksi Pembekuan Kegiatan Usaha Kresna Life
  2. OJK Cabut Sanksi Kresna Life
  3. Sambangi Gedung KPK Dirut Jiwasraya Bahas Polis Pegawai
  4. Kontribusi Kanal Digital Asuransi Jiwa Naik Signifikan di Tengah Pandemi
  5. Lewat Pulse, Prudential Perluas Akses Layanan Kesehatan
  6. Dirut Jiwasraya sambangi KPK bahas penyelamatan polis pegawai KPK
  7. Sri Mulyani Buka-bukaan Soal Upaya Penyelamatan Jiwasraya
  8. Sri Mulyani Ungkap Rencana Penyelamatan Jiwasraya
  9. Viral Nasabah Ngamuk di Kantor Cabang, Prudential Buka Suara
  10. Tambah Fitur, Aplikasi Pulse by Prudential Makin Komplit
  11. Dugaan Keterlibatan Terdakwa Jiwasraya di Kasus ASABRI Diselisik
  12. Viral Nasabah Ngamuk, Ini Penjelasan Prudential
  13. Pulse Prudential Luncurkan Fitur Baru Pengelolaan Kesehatan
  14. Nasabah Prudential Ngamuk Gebrak Meja: Tukang Tipu Semua
  15. Nasabah Prudential Cabang Sukabumi Ngamuk karena Ditipu
  16. Prudential Indonesia Tanggapi Nasabah yang Marah-marah Lewat Video
  17. Nasabah Prudential Ngamuk Gebrak Meja: Tukang Tipu Semua
  18. Akhirnya, OJK Cabut Sanksi Kresna Life Usai Dibekukan 3 Bulan
  19. Nasabah Ngamuk di Kantor Cabang, Berikut Penjelasan Prudential Indonesia
  20. Lagi, Pemilik WanaArtha Dipolisikan Pemegang Polis
  21. Kasus Jiwasraya, Kejagung Sita Mobil dari Rumah Piter Rasiman
  22. Kejaksaan Agung Sita Mobil Tersangka Kasus Jiwasraya

INDUSTRI & ASURANSI

OJK Cabut Sanksi Pembekuan Kegiatan Usaha Kresna Life

OJK mengakhiri sanksi pembekuan kegiatan usaha (PKU) bagi PT Asuransi Jiwa Kresna. Keputusan itu diberikan OJK setelah perusahaan memenuhi dan melaksanakan rekomendasi pemeriksaan. Dengan diakhirinya sanksi PKU tersebut, Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK Moch Ihsanuddin mengatakan, Kresna Life dapat melakukan kegiatan penutupan pertanggungan baru untuk seluruh lini usaha bagi perusahaan asuransi sejak tanggal 4 November 2020. Perseroan juga senantiasa mengacu pada ketentuan perundangan yang berlaku.

Investor Daily / 16-11-2020 Hal. 23

OJK Cabut Sanksi Kresna Life

OJK mencabut sanksi pembatasan kegiatan usaha (PKU) kepada PT Asuransi Jiwa Kresna setelah dibekukan selama tiga bulan sejak 3 Agustus 2020. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK II Moch. Ihsanuddin menyebut, pencabutan sanksi pembatasan itu tertuang dalam surat nomor S458/NB.2/2020 tanggal 4 November 2020. Pengakhiran sanksi tersebut diberikan karena perusahaan telah mengatasi penyebab dikenakan sanksi dengan memenuhi ketentuan dengan melaksanakan rekomendasi pemeriksaan 2019.

Kontan / 16-11-2020 Hal. 10

Sambangi Gedung KPK Dirut Jiwasraya Bahas Polis Pegawai

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menyambangi Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/11). Kedatangan Hexana ini untuk membahas restrukturisasi polis milik pegawai KPK dengan nominal sekitar Rp20 miliar. Hexana mengatakan tak mengetahui berapa jumlah pegawai yang memiliki polis di Jiwasraya. Namun yang pasti, proses pembahasan restrukturisasi polis ini sudah nyaris rampung.

Suara Pembaruan / 16-11-2020 Hal. 4

Kontribusi Kanal Digital Asuransi Jiwa Naik Signifikan di Tengah Pandemi

Presiden Direktur & CEO PT Asuransi Cigna Indonesia Philip Reynolds mengakui hal itu. Menurutnya, diversifikasi itu akan memitigasi risiko atas wabah virus Corona. Di samping itu, strategi itu membuat saluran distribusi atau pemasaran saling menopang. Oleh karena itu, pihaknya terus mengembangkan saluran digital yang telah dibangun sejak tahun lalu. Diversifikasi saluran distribusi ini merupakan bagian dari misi Cigna untuk melayani konsumen dengan lebih baik lagi. Di antaranya memberikan perlindungan, meningkatkan kesejahteraan, dan memberikan ketenangan pikiran

Bisnis.com / 12-11-2020

Lewat Pulse, Prudential Perluas Akses Layanan Kesehatan

Setelah resmi diluncurkan pada Maret 2020, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mencatat hingga November ini sudah ada yang mengunduh Pulse by Prudential (Pulse) sebanyak 4,3 juta orang. Pulse merupakan aplikasi mobile di bidang kesehatan yang didukung teknologi kecerdasan buatan atau AI. Untuk mewujudkan komitmennya dalam berinovasi, Prudential memperkenalkan sejumlah fitur baru aplikasi Pulse by Prudential. Antara lain, dalam hal perlindungan, pengguna dapat membeli berbagai produk asuransi jiwa Prudential Indonesia.

Beritasatu.com / 12-11-2020

Dirut Jiwasraya sambangi KPK bahas penyelamatan polis pegawai KPK

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko menyambangi Gedung KPK, Jakarta, Jumat, membahas penyelamatan polis milik pegawai lembaga antirasuah tersebut. Sebelumnya, Hexana telah menjabarkan mekanisme penyelamatan polis nasabah Jiwasraya seiring dengan pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) oleh Pemerintah kepada PT BPUI senilai Rp22 triliun. Penyelamatan polis ada dua tahap. Pertama dilakukan di Jiwasraya, nanti akan diikuti dengan pemindahan atau pengalihan seluruh polis Jiwasraya menjadi polis IFG Life.

Antaranews.com / 13-11-2020

Sri Mulyani Buka-bukaan Soal Upaya Penyelamatan Jiwasraya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan Kementerian BUMN terkait dengan upaya penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sri Mulyani menjelaskan, dari sisi aspek hukum, saat ini sudah ada 6 terdakwa yang divonis maksimal penjara seumur hidup dan dikenakan denda mencapai Rp16 triliun. Sementara, dari sisi korporasi, Kemeterian BUMN masih terus melakukan inventarisasi dari kewajiban pemegang polisnya. Kemenkeu juga meminta kepada Kementerian BUMN untuk melakukan restrukturisasi.

Bisnis.com / 13-11-2020

Sri Mulyani Ungkap Rencana Penyelamatan Jiwasraya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan rencana pemerintah dalam menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sri Mulyani mengatakan, pihaknya bersama Kementerian BUMN akan menyelesaikan masalah Jiwasraya baik dari sisi hukum maupun pemegang polis. Sri Mulyani menuturkan, dari aspek hukum saat ini sudah ada 6 terdakwa yang divonis maksimal penjara seumur hidup dengan denda sekitar Rp 16 triliun. Selanjutnya, dari sisi korporasi saat ini Kementerian BUMN terus melakukan inventaris pemegang polis dan restrukturisasi.

Detik.com / 13-11-2020

Viral Nasabah Ngamuk di Kantor Cabang, Prudential Buka Suara

Prudential Indonesia buka suara terkait viralnya sebuah video yang menggambarkan seseorang yang mengaku nasabah marah-marah di sebuah kantor yang disinyalir cabang dari Prudential Indonesia. Chief Marketing and Communications Prudential Indonesia Luskito Hambali pun membuat pernyataan menanggapi viralnya video tersebut. Dia menegaskan bahwa Prudential Indonesia pusat telah menghubungi nasabah tersebut. Luskito menambahkan, Prudential Indonesia berharap semua pihak tetap mengutamakan ketertiban dalam menyampaikan aspirasinya.

Detik.com / 13-11-2020

Tambah Fitur, Aplikasi Pulse by Prudential Makin Komplit

Aplikasi Pulse by Prudential (Pulse) menambah beberapa fitur baru untuk memberi pengalaman bagi para penggunanya. PT Prudential Life Assurance memperkenalkan Pulse sebagai aplikasi kesehatan all in one dengan dukungan AI dan informasi real time, mendukung pengguna mengelola kesehatan secara proaktif kapan pun dan di mana pun. Fitur-fitur baru di Pulse yang dihadirkan antara lain, Pulse menghadirkan layanan baru berupa paket berlangganan yang dinamai Pulse Elite-Bugar Plan.

Investor.id / 13-11-2020

Dugaan Keterlibatan Terdakwa Jiwasraya di Kasus ASABRI Diselisik

Terdakwa korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diduga terlibat kasus rasuah PTAsuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI Persero). Polri menjamin dugaan itu didalami. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyebut dugaan-dugaan itu akan terjawab usai penetapan tersangka kasus ASABRI. Dia meminta masyarakat bersabar menunggu proses penyidikan. Awi mengatakan penyidik melacak aset sambil menunggu audit BPK terkait kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi ASABRI.

Medcom.id / 13-11-2020

Viral Nasabah Ngamuk, Ini Penjelasan Prudential

Prudential Indonesia angkat suara terkati video nasabahnya, Andreas Simanjorang yang marah di kantor Prudential. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia Luskito Hambali mengatakan bahwa pihak kantor pusat Prudential telah menghubungi Nasabah yang bersangkutan dan memberikan penjelasan skema produk dan skema asuransi jiwa secara menyeluruh. Dalam menyampaikan aspirasi, Prudential Indonesia berharap semua pihak tetap mengutamakan ketertiban dan kesehatan karena hal tersebut merupakan hal yang paling penting.

Okezone.com / 13-11-2020

Pulse Prudential Luncurkan Fitur Baru Pengelolaan Kesehatan

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperkenalkan sejumlah fitur baru aplikasi Pulse by Prudential (Pulse). Fitur baru ini diluncurkan untuk membantu pengguna mampu mengelola kesehatan dengan lebih mudah dan menyeluruh. Pulse yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada Februari 2020, merupakan aplikasi kesehatan all-in-one yang didukung oleh kecerdasan buatan AI dan informasi real-time, mendukung pengguna mengelola kesehatan secara proaktif kapan pun dan di mana pun.

Republika.co.id / 13-11-2020

Nasabah Prudential Ngamuk Gebrak Meja: Tukang Tipu Semua

Prudential Indonesia angkat suara terkait video nasabahnya, Andreas Simanjorang, yang marah di kantor Prudential. Nasabah tersebut menunjukkan ketidakpuasan terhadap polis asuransinya.  Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali, mengatakan bahwa pihak kantor pusat Prudential telah menghubungi nasabah yang bersangkutan dan memberikan penjelasan skema produk dan skema asuransi jiwa secara menyeluruh. Dalam menyampaikan aspirasi, Prudential Indonesia berharap semua pihak tetap mengutamakan ketertiban dan kesehatan.

Investing.com / 14-11-2020

Nasabah Prudential Cabang Sukabumi Ngamuk karena Ditipu

Sebuah video yang memperlihatkan nasabah asuransi Prudential Cabang Sukabumi mengamuk sedang viral di dunia maya. Dalam video tersebut tampak seorang pria meluapkan amarahnya sembari merekam situasi di kantor cabang Prudential. Dalam video itu nasabah tersebut mendokumentasikan kondisi kantor tersebut sambil mengarahkan video ke seorang pria. Nasabah itu juga merekam kondisi kantor yang sepi. Sambil berkata kasar dan teriak, nasabah itu mengaku dibohongi dan ditipu. Dia pun mengimbau nasabah Prudential lainnya untuk mengecek polis asuransinya.

Radarsukabumi.com / 14-11-2020

Prudential Indonesia Tanggapi Nasabah yang Marah-marah Lewat Video

Sebuah tayangan video cukup heboh menjadi perbincangan para nasabah asuransi. Dalam sebuah video itu, orang yang mengaku nasabah Prudential Indonesia tampak marah-marah tidak terkendali. Video ini mendapat tanggapan langsung dari Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali. Ia mengatakan bahwa pihak kantor pusat Prudential telah menghubungi nasabah yang bersangkutan dan memberikan penjelasan skema produk dan skema asuransi jiwa secara menyeluruh. Ia menjelaskan, nasabah dipersilakan menyampaikan aspirasi secara baik-baik.

Teropongsenayan.com / 14-11-2020

Nasabah Prudential Ngamuk Gebrak Meja: Tukang Tipu Semua

Prudential Indonesia angkat suara terkait video nasabahnya, Andreas Simanjorang, yang marah di kantor Prudential. Nasabah tersebut menunjukkan ketidakpuasan terhadap polis asuransinya. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali, mengatakan bahwa pihak kantor pusat Prudential telah menghubungi nasabah yang bersangkutan dan memberikan penjelasan skema produk dan skema asuransi jiwa secara menyeluruh. Dalam menyampaikan aspirasi, Prudential Indonesia berharap semua pihak tetap mengutamakan ketertiban dan kesehatan.

Wartaekonomi.co.id / 14-11-2020

Akhirnya, OJK Cabut Sanksi Kresna Life Usai Dibekukan 3 Bulan

OJK telah mengakhiri Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha kepada PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life melalui surat nomor S- 458/NB.2/2020 tanggal 4 November 2020. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan NonBank II OJK Moch. Ihsanuddin mengatakan pengakhiran Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha diberikan karena Kresna Life telah mengatasi penyebab dikenakannya sanksi dengan memenuhi ketentuan dengan melaksanakan rekomendasi pemeriksaan tahun 2019.

Cnbcindonesia.com / 15-11-2020

Nasabah Ngamuk di Kantor Cabang, Berikut Penjelasan Prudential Indonesia

Sebuah video viral menggambarkan seseorang yang mengaku nasabah marah-marah di sebuah kantor yang disinyalir cabang dari Prudential Indonesia. Dalam video itu nasabah tersebut mendokumentasikan kondisi kantor tersebut sambil mengarahkan video ke seorang pria. Nasabah itu juga merekam kondisi kantor yang sepi. Sambil berkata kasar dan teriak, nasabah itu kemudian mengaku dibohongi dan ditipu.

Pikiran-rakyat.com / 15-11-2020

Lagi, Pemilik WanaArtha Dipolisikan Pemegang Polis

Nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha melaporkan pemilik sekaligus Presiden Komisaris WanaArtha, Evelina Larasati Fadil Pietruschka ke Polda Metro Jaya. Kasus WanaArtha dilaporkan Priscilia Rosalinda tanggal 21 Oktober 2020. Selain Evelina, Priscilia juga melaporkan Direktur Utama WanaArtha, Yanes Yaneman Matulatuwa dan Direktur Keuangan dan Investasi WanaArtha, Daniel Halim. Ketiganya diduga melakukan TPPU. Perkara ini sedang ditangani Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Pihak kepolisian sudah memanggil beberapa saksi untuk dimintai keterangan.

Gatra.com / 15-11-2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Sita Mobil dari Rumah Piter Rasiman

Kejagung menyita satu unit mobil dan puluhan dokumen dari hasil penggeledahan di kediaman tersangka Direktur Utama PT Himalaya Energi Perkasa yaitu Piter Rasiman. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Febrie Adriansyah menyebut bahwa penyidik menyita mobil atas nama Piter Rasiman dalam rangka pengembalian kerugian negara dan menyita dokumen untuk mengumpulkan alat bukti agar perkara tindak pidana PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mendapatkan tersangka baru.

Bisnis.com / 15-11-2020

Kejaksaan Agung Sita Mobil Tersangka Kasus Jiwasraya

Kejagung menyita aset milik tersangka Piter Rasiman dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah menyebut, salah satu aset yang disita adalah mobil. Mobil tersebut disita dari rumah tersangka Piter Rasiman untuk mengembalikan kerugian negara. Menurut Febrie, penyidik hingga kini masih melakukan tracing aset lainnya milik Piter Rasiman hingga ke luar negeri. Selain itu, penyidik juga akan segera melimpahkan berkas perkara tersangka Piter Rasiman di kasus Jiwasraya ke JPU.

Tempo.co / 15-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

 

USD/IDR

14.170

IHSG (per 13 November  2020)

   5.461,06

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Investor Daily, Kontan, Suara Pembaruan, Bisnis.com, Cbncindonesia.com, Detik.com, Gatra.com, Investing.com, Investor.id, Kompas.com, Medcom.id, Okezone.com., Republika.co.id, Radarsukabumi.com, Pikiran-rakyat.com, Teropongsenayan.com, Tempo.co, Wartaekonomi.co.id.

 

 

DOWNLOAD PDF