AAJI Daily News - 10 Agustus 2020


Tanggal terbit (10 / 08 / 2020)

Senin, 10 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. 8 Keuntungan Asuransi yang Jarang Diketahui
  2. Mengatur Portofolio Investasi Asuransi agar Nasabah Tak Merugi
  3. Industri Asuransi Bertahan di Tengah Dinamika Investasi yang Fluktuatif
  4. Portofolio Diatur agar Tak Melantur
  5. Nasabah Wanaartha Menyurati Presiden Jokowi
  6. [Foto] Pemeriksaan Tersangka Kasus Jiwasraya
  7. Nasabah Wanartha Minta Perlindungan Presiden
  8. Nasabah Bumiputera Menanti Janji Surga
  9. Instruksi Penyesuaian Portofolio Dipertanyakan
  10. Chubb Life Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna
  11. Pendapatan Jiwasraya Naik
  12. Belanja Bumiputera Disoal
  13. Chubb Life Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna untuk Perlindungan Hari Tua
  14. Nasabah WanaArtha Geruduk PN Jakpus, Ada Apa?
  15. Chubb Life Indonesia meluncurkan asuransi Dwiguna untuk perlindungan hari tua
  16. Kala Asuransi Jiwa PT AJAW Mengancam Nyawa
  17. Chubb Life Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna Buat Hari Tua
  18. Merasa Dirugikan Ratusan Nasabah Gruduk Kantor Kresna Life
  19. BPA Asuransi Bumiputera 1912 Gugat PP Usaha Bersama, Siapa yang Tanggung Biayanya?
  20. Jiwasraya Terbitkan Laporan Keuangan 2019, Begini Kondisi Perusahaan
  21. Chubb Life Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna untuk Perlindungan Hari Tua
  22. Nasabah Asuransi Bumiputera Menanti Janji Pembayaran Klaim
  23. Mengatur Portofolio Investasi Asuransi agar Nasabah Tak Merugi
  24. Investasi menyusut, aset Jiwasraya turun jadi Rp 18,15 triliun di 2019
  25. Direksi Jiwasraya Tak Pernah Intervensi Manajer Investasi
  26. Hak Jawab PT Asuransi Jiwasraya (Persero)
  27. Direksi Bantah Mengintervensi Penyesuaian Portofolio Saham Jiwasraya
  28. Nasabah Wana Artha Life Gelar Aksi di PN Pusat
  29. Direksi Bantah Mengintervensi Penyesuaian Portofolio Saham Jiwasraya

TENTANG AAJI

8 Keuntungan Asuransi yang Jarang Diketahui

Seperti dikutip dari buku "Succesful Financial Planner" oleh Prof. Dr. Adler H. Manurung, R.F.C., Lutfi T. Rizky, S.E., M.M., R.F.A., Jakarta, Sabtu (8/8), berikut merupakan manfaat menjadi peserta asuransi: Memberikan rasa aman dan perlindungan, Pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil, Memberi kepastian, Sarana menabung, Instrumen pengalihan dan penyebaran risiko, Membantu meningkatkan kegiatan usaha tertanggung, Menjadikan hidup lebih tenang dan Jaminan kredit.

Okezone.com / 08-08-2020

Mengatur Portofolio Investasi Asuransi agar Nasabah Tak Merugi

Beberapa peristiwa gagal bayar asuransi berbalut investasi harus ditanggapi dengan serius. Sederet gagal bayar asuransi, dari AJB Bumiputera, Bakrie Life, dan puncaknya Jiwasraya, membuat OJK bangkit untuk menata kembali aturan penempatan investasi yang dilakukan oleh industri asuransi. Tujuannya adalah melindungi konsumen maupun industri. Salah satunya dengan aturan yang sedang disusun regulator terkait isi portofolio investasi yang ditempatkan di reksadana.

Today.line.me / 09-08-2020

Industri Asuransi Bertahan di Tengah Dinamika Investasi yang Fluktuatif

Industri asuransi nasional berusaha bertahan di tengah dinamika kondisi investasi yang berfluktuasi seperti saat ini sekaligus berupaya melindungi nasabahnya. Ke arah sana diperlukan mitigasi risiko terhadap produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi. Maka itu, OJK tengah menggodok aturan baru di bidang perasuransian, khususnya produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI). Kali ini OJK akan mengatur pengelolaan portofolio investasi industri asuransi.

Sindonews.com / 10-08-2020

Portofolio Diatur agar Tak Melantur

Beberapa peristiwa gagal bayar asuransi berbalut investasi harus ditanggapi dengan serius. Sederet gagal bayar asuransi, dari AJB Bumiputera, Bakrie Life, dan puncaknya Jiwasraya, membuat OJK bangkit untuk menata kembali aturan penempatan investasi yang dilakukan oleh industri asuransi. Tujuannya adalah melindungi konsumen maupun industri. Salah satunya dengan aturan yang sedang disusun regulator terkait isi portofolio investasi yang ditempatkan di reksadana.

Tabloid Kontan / 10-16 Agustus 2020 Hal. 8-9

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Wanaartha Menyurati Presiden Jokowi

Merasa terkatung-katung nasibnya, perwakilan nasabah Asuransi Jiwa Adisaarana Wanaartha akan berkirim surat dan mengadukan masalah ini ke Presiden Joko Widodo. Salah satu nasabah Wanaartha, Desy Widyantari mengatakan jika surat tersebut merupakan salah satu upaya ari pemegang polis meminta perlindungan hukum atas hak-hak ekonomi mereka.

Kontan / 08-08-2020 Hal. 6

[Foto] Pemeriksaan Tersangka Kasus Jiwasraya

Tersangka Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat bersiap menaiki mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. Heru Hidayat yang merupakan tahanan Kejaksaan Agung menjalani pemeriksaan lanjutan di KPK dalam kasus digaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya.

Media Indonesia / 08-08-2020 Hal. 4

Nasabah Wanartha Minta Perlindungan Presiden

Perwakilan pemegang polis (PP) atau nasabah Asuransi Wanaartha Life menyampaikan surat keberatan kepada ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat serta majelis hakim perkara tindak pidana korupsi kasus PT Jiwasraya (Persero). Keberatan itu atas penyitaan subrekening efek PT Asuransi Jiwa Adisaarana Wanaartha (PT AJAW). Selain itu, mereka berencana menyampaikan surat permohonan perlindungan hukum kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Media Indonesia / 08-08-2020 Hal. 4

Nasabah Bumiputera Menanti Janji Surga

Tati Tarmini kesal. Niatnya untuk mencairkan klaim polis asuransi Pendidikan dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 belum terwujud. Padahal, polis ini diandalkan untuk membayar biaya Pendidikan anaknya yang masuk sekolah SMP tahun ini. Nasib serupa juga dialami oleh ribuan nasabah Bumiputera lainnya. Sampai saat ini tercatat ada 365.000 nasabah AJB Bumiputera yang sedang menunggu pembayaran klaim dengan total nilai Rp5,3 triliun. Manajemen baru perusahaan pun berjanji akan mecicil pembayaran klaim terssebut mulai September 2020.

Tabloid Kontan / 10-16 Agustus 2020 Hal. 10-11

Instruksi Penyesuaian Portofolio Dipertanyakan

Kuasa Hukum mantan Kepala Divisi Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan mempertanyakan langkah direksi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang mengarahkan penyesuaian portofolio saham dalam reksa dana yang dikelola manajer investasi pada 2018. Pertanyaan itu disampaikan Dion kepada Direktur Pengelolaan Investasi Departemen Pengawasan Pasar Modal 2A, OJK, Sujanto yang dihadirkan sebagai saksi. Selain itu, Dion juga mempertanyakan pengawasan OJK yang tidak memberikan arahan dan sanksi terhadap langkah direksi tersebut.

Suara Pembaruan / 08-09 Agustus 2020 Hal. 4

Chubb Life Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna

PT Chubb Life Insurance Indonesia meluncurkan produk asuransi jiwa tradisional dwiguna (long term endowment insurance) yang dirancang untuk memberikan masa pertanggungan hingga 20 tahun. Produk asuransi itu sekaligus menawarkan persiapan tabungan jangka Panjang dengan manfaat tunai sampai 250%, saat masa pertanggungan berakhir. Di samping itu, nasabah dapat memilih pembayaran manfaat tunai bertahap atau sekaligus sesuai dengan kebutuhan.

Investor Daily / 10-08-2020 Hal. 23

Pendapatan Jiwasraya Naik

Meski tengah dirundung masalah, Asuransi Jiwasraya masih mengantongi pendapatan sebesar Rp2,15 triliun pada tahun lalu. Nilai itu naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya minus Rp5,82 triliun. Mengutip laporan keuangan Jiwasraya tahun 2019 yang dirilis akhir Juli 2020 ini menyebut, pendapatan tersebut berasal dari premi sebesar Rp3,08triliun, premi reasuransi Rp87,67 triliun, imbal jasa Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Rp14,99 miliar dan pendapatan lain sekitar Rp23,82 miliar.

Kontan / 10-08-2020 Hal. 10

Belanja Bumiputera Disoal

Di tengah tunggakan klaim yang diperkirakan mencapai Rp9,6 triliun ada 2020, AJB Bumiputera 1912 justru menambah pos belanja untuk beberapa keperluan yang dianggap tak esensial. Potret tersebut menjadi kontras dengan upaya penyehatan perusahaan. Pengamat asuransi dan mantan Komisaris Bumiputera Irvan Rahardjo menilai bahwa sejumlah pengeluaran bukan sesuatu yang salah, melainkan take tis. Dia menilai bahwa dalam kondisi keuangan yang kritis, Bumiputera justru mencatatkan banyak pengeluaran yang tidak perlu.

Kontan / 10-08-2020 Hal. 15

Chubb Life Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna untuk Perlindungan Hari Tua

PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia), asuransi jiwa bagian dari Chubb Group, meluncurkan produk asuransi jiwa tradisional dwiguna atau long term endowment insurance. Produk terbaru dari Chubb Life Indonesia ini dirancang khusus untuk membantu nasabah mempersiapkan tabungan jangka panjang di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, dan menghadirkan perlindungan hingga 20 tahun.

Bisnis.com / 07-08-2020

Nasabah WanaArtha Geruduk PN Jakpus, Ada Apa?

Nasabah asuransi jiwa WanaArtha Life melakukan aksi damai di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes dibekukannya Sub Rekening Efek (SRE) atas nama PT. Asuransi Jiwa Adisaarana Wanaartha (PT. AJAW) terkait dengan kasus skandal Jiwasraya yang menimbulkan gagal bayar. Para nasabah juga akan melakukan penyampaian Surat Keberatan mengenai penyitaan SRE PT AJAW. Pasalnya, di dalamnya berisi dana premi dan kelolaan milik nasabah atau pemegang polis.

Detik.com / 07-08-2020

Chubb Life Indonesia meluncurkan asuransi Dwiguna untuk perlindungan hari tua

PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia), asuransi jiwa bagian dari Chubb Group, hari ini resmi meluncurkan Produk Asuransi Jiwa Tradisional Dwiguna atau Long Term Endowment Insurance. Produk terbaru dari Chubb Life Indonesia ini dirancang khusus untuk membantu nasabah mempersiapkan tabungan jangka panjang di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, dan menghadirkan perlindungan hingga 20 tahun.

Kontan.co.id / 07-08-2020

Kala Asuransi Jiwa PT AJAW Mengancam Nyawa

Ratusan Perwakilan Pemegang Polis (PP) atau nasabah Asuransi WanaArtha Life seluruh Indonesia melakukan aksi damai sekaligus penyampaian Surat Keberatan Penyitaan Sub Rekening Efek (SRE) atas nama PT Asuransi Jiwa Adisaarana Wanaartha (PT AJAW). Perwakilan pemegang polis juga akan menyampaikan Surat Permohonan Perlindungan Hukum dan Penegakan Hukum yang Berkeadilan dan Beradab kepada Bapak Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. itu merupakan salah satu upaya dari pemegang polis untuk meminta perlindungan hukum atas hak-hak ekonomi kami yang telah dirampas.

Rri.co.id / 07-08-2020

Chubb Life Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna Buat Hari Tua

PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia), asuransi jiwa bagian dari Chubb Group, resmi meluncurkan Asuransi Jiwa Tradisional Dwiguna atau Long Term Endowment Insurance. Produk ini dirancang khusus untuk membantu nasabah mempersiapkan tabungan jangka panjang di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, dan menghadirkan perlindungan hingga 20 tahun.

Wartaekonomi.co.id / 07-08-2020

Merasa Dirugikan Ratusan Nasabah Gruduk Kantor Kresna Life

PT Asuransi Jiwa Kresna menyampaikan rencana skema penyelesaian pembayaran polis kepada Pemegang Polis Asuransi Jiwa Kresna. Menanggapi skema tersebut, nasabah merasa dirugikan karena skema tidak menyertakan manfaatnya atau bunga, hanya dana pokok yang dibayarkan hingga paling lama tahun 2026. Santy Susanto salah satu nasabah pemegang polis Kresna life mengatakan karena kesabaran para nasabah sudah habis, pada Jumat siang (07/08) kembali melakukan aksi demo di depan kantor kresna life.

Nusantarapos.co.id / 08-08-2020

BPA Asuransi Bumiputera 1912 Gugat PP Usaha Bersama, Siapa yang Tanggung Biayanya?

Badan Perwakilan Anggota Asuransi Jiwa Bersama (BPA AJB) Bumiputera 1912 mengajukan remunerasi dan biaya uji materiil peraturan mengenai asuransi mutual. Dalam salinan surat yang diperoleh Bisnis, anggota BPA meminta remunerasi anggota BPA tetap dibayarkan sesuai dengan anggaran dasar AJB Bumiputera 1912 karena Peraturan Pemerintah (PP) No. 87/2019 yang membubarkan BPA dan membentuk RUA masih dalam proses judicial review di Mahkamah Konstitusi.

Bisnis.com / 09-08-2020

Jiwasraya Terbitkan Laporan Keuangan 2019, Begini Kondisi Perusahaan

Berdasarkan laporan keuangan 2019 audited, Jiwasraya membukukan kerugian setelah pajak hingga Rp4,11 triliun, menurun 79,16 persen yoy dibandingkan kerugian 2018 Rp19,73 triliun. Berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan Minggu (9/8), pada tahun lalu, perseroan mencatatkan premi Rp3,08 triliun atau turun hingga 70,74 persen (yoy). Pada periode 2018, premi perusahaan senilai Rp10,5 triliun. Pada 2019 mencatatkan kerugian hasil investasi hingga Rp869,1 miliar. Jumlah tersebut turun hingga 94,74 persen (yoy) dari posisi 2018 dengan kerugian investasi Rp16,51 triliun.

Bisnis.com / 09-08-2020

Chubb Life Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna untuk Perlindungan Hari Tua

PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia), asuransi jiwa bagian dari Chubb Group, hari ini resmi meluncurkan Produk Asuransi Jiwa Tradisional Dwiguna atau Long Term Endowment Insurance. Produk terbaru dari Chubb Life Indonesia ini dirancang khusus untuk membantu nasabah mempersiapkan tabungan jangka panjang di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, dan menghadirkan perlindungan hingga 20 tahun.

Jakrev.com / 09-08-2020

Nasabah Asuransi Bumiputera Menanti Janji Pembayaran Klaim

Tati Tarmini kesal. Niatnya untuk mencairkan klaim polis asuransi pendidikan dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912, belum terwujud. Padahal, polis ini diandalkan untuk membayar biaya pendidikan anaknya yang masuk ke sekolah menengah pertama (SMP) tahun ini. Apalagi, polis asuransi pendidikan AJB Bumiputera yang dibeli Tati itu sudah jatuh tempo tahap pertama pada Juni 2020 lalu.

Kontan.co.id / 09-08-2020

Mengatur Portofolio Investasi Asuransi agar Nasabah Tak Merugi

Beberapa peristiwa gagal bayar asuransi berbalut investasi harus ditanggapi dengan serius. Sederet gagal bayar asuransi, dari AJB Bumiputera, Bakrie Life, dan puncaknya Jiwasraya, membuat OJK bangkit untuk menata kembali aturan penempatan investasi yang dilakukan oleh industri asuransi. Tujuannya adalah melindungi konsumen maupun industri. Salah satunya dengan aturan yang sedang disusun regulator terkait isi portofolio investasi yang ditempatkan di reksadana.

Kontan.co.id / 09-08-2020

Investasi menyusut, aset Jiwasraya turun jadi Rp 18,15 triliun di 2019

PT Asuransi Jiwasraya (persero) terus mengalami penurunan aset setiap tahun. Mengutip laporan keuangan perusahaan tahun 2019, Minggu (9/8), aset Jiwasraya tercatat Rp 18,15 triliun tahun 2019. Nilai aset itu turun 21,22% dibandingkan tahun 2018 sebesar Rp 23,04 triliun. Dari realisasi 2019, jumlah aset investasi mencapai Rp 14,99 triliun, sedangkan aset bukan investasi Rp 3,15 triliun. Jika dirinci, investasi terbesar Jiwasraya pada tanah dan hak bangunan dengan hak strata Rp 5,73 triliun atau 38,22% dari total investasi.

Kontan.co.id / 09-08-2020

Direksi Jiwasraya Tak Pernah Intervensi Manajer Investasi

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memberikan klarifikasi terkait kabar yang menyatakan bahwa direksi mengarahkan penyesuaian (rebalancing) portofolio saham dan reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi (MI) pada 2018. Dalam klarifikasinya tersebut, disampaikan bahwa manajemen baru termasuk Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko tidak pernah mengintervensi dan mengarahkan MI untuk melakukan rebalancing aset atau penyesuaian investasi milik Jiwasraya pada produk reksadana yang dikelola oleh PT Corfina Capital.

Medcom.id / 09-08-2020

Hak Jawab PT Asuransi Jiwasraya (Persero)

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memberikan hak jawab atas pemberitaan telusur.co.id pada Jumat (8/8/20). Surat tersebut disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan Kompyang Wibisana. Bersamaan dengan surat ini, izinkan Kami meluruskan informasi yang terdapat dalam berita dengan judul, “Langkah Direksi Jiwasraya Arahkan Penyesuaian Potofolio Saham Dipertanyakan”.

Telusur.co.id / 09-08-2020

Direksi Bantah Mengintervensi Penyesuaian Portofolio Saham Jiwasraya

Direksi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) membantah mengintervensi dan mengarahkan manajer investasi untuk melakukan rebalancing asset atau penyesuaian investasi milik Jiwasraya pada produk reksa dana yang dikelola PT Corfina Capital. Rebalancing asset disebut atas inisiatif manajemen Corfina. Sekretaris PT Asuransi Jiwasraya, Kompyang Wibisana mengatakan, mengacu pada notulensi rapat pada 28 Februari 2019, manajemen Corfina-lah yang memiliki inisiatif untuk melakukan rebalancing asset.

Lampost.co / 09-08-2020

Nasabah Wana Artha Life Gelar Aksi di PN Pusat

Ratusan Nasabah Asuransi WanaArtha Life melakukan aksi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (7/8). Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes dibekukannya Sub Rekening Efek (SRE) atas nama PT. Asuransi Jiwa Adisaarana Wanaartha (PT. AJAW) terkait dengan kasus skandal Jiwasraya yang menimbulkan gagal bayar.

Inilah.com / 09-08-2020

Direksi Bantah Mengintervensi Penyesuaian Portofolio Saham Jiwasraya

Direksi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) membantah mengintervensi dan mengarahkan manajer investasi untuk melakukan rebalancing asset atau penyesuaian investasi milik Jiwasraya pada produk reksa dana yang dikelola PT Corfina Capital. Rebalancing asset disebut atas inisiatif manajemen Corfina. Sekretaris PT Asuransi Jiwasraya, Kompyang Wibisana mengatakan, mengacu pada notulensi rapat pada 28 Februari 2019, manajemen Corfina-lah yang memiliki inisiatif untuk melakukan rebalancing asset.

Medcom.id / 09-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.625

IHSG (per 7 Agustus 2020)

   5.143,89

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Kontan, Investor Daily, Media Indonesia, Tabloid Kontan, Suara Pembaruan, Bisnis.com, Detik.com, Inilah.com, Jakrev.com, Kontan.co.id, Lampost.co.id, Medcom.id, Nusantarapos.co.id, Okezone.com, Rri.co.id, Sindonews.com, Today.line.me, Telusur.co.id, Wartaekonomi.co.id.

 

DOWNLOAD PDF