AAJI Daily News - 10 Februari 2020


Tanggal terbit (10 / 02 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Senin, 10 Februari 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Pasar Polis membidik konsumen yang tidak mau ribet urus asuransi
  2. Dukung Hidup Sehat, AIA Kembali Gelar Kompetisi Sepakbola Skala Global
  3. Wujudkan Komitmen, AIA Championship 2020 Kembali Digelar
  4. Kembangkan Bakat Sepakbola, AIA Championship 2020 Siap Mengukir Sejarah Anak Negeri
  5. Bumiputera, Kapan Klaim Saya Dibayar
  6. Megakorupsi Menggila Rakyat Marah dan Kecewa, Usut Tuntas
  7. 13 Saksi Kasus Jiwasraya Diperiksa
  8. Sumber Dana Jiwasraya Tunggu Restu Panja DPR
  9. Joko Otak Putar Saham Jiwasraya
  10. BPK Periksa Entitas Terkait Jiwasraya
  11. Menceramti Skandal Jiwasraya
  12. Holding BUMN Asuransi Tunggu PP
  13. Trauma Asuransi
  14. Induk Asuransi BUMN Tinggal Menanti PP
  15. Sespri Benny Tjokro Bolak-Balik Diperiksa
  16. DPR Turun Tangan
  17. Usulan Angket Ditahan Bamus DPR
  18. Pembayaran Saving Plan Tunggu DPR
  19. Holding BUMN Asuransi Tingkatkan Daya Saing
  20. Mimpi Angket Jiwasraya
  21. Usut TPPU, Kejaksaan Sita Perusahaan Tambang
  22. Dua Tersangka Jiwasraya Dikenakan Pasal TPPU
  23. Govt parties scuttle plan to form Jiwasraya inquiry committee
  24. Parpol Di DPR Mulai Genit
  25. Mencermati Skandal Jiwasraya
  26. Penegakan Hukum Kembalikan Kepercayaan
  27. Kasus Jiwasraya Tanda Tanya di Wisma Mulia
  28. Tersangka Jadi 6 Kejagung Ungkap Persekongkolan di Jiwasraya
  29. Kasus Dugaan Korupsi Jiwasraya Kejagung Cekal Tiga Orang Lagi
  30. Terkait Jiwasraya Kejagung Lokasi Ini Digeledah Kejagung
  31. Pemegang Polis Jiwasraya Harap Bersabar Pembayaran Klaim Tunggu Restu DPR
  32. Kejagung Bidik Tersangka Jiwasraya Dengan Pasal TPPU
  33. Dua Tersangka Jiwasraya Juga Diancam Pasal TPPU
  34. Joko Tirto Tersangka Baru Kasus Jiwasraya Berperan Goreng Saham Hingga Tutup Muka Pakai Map
  35. Joko Harto Tirto Jadi Orang Keenam Yang Jadi Tersangka Kasus Jiwasraya
  36.  [Foto] Kompetisi Sepak Bola AIA Championship
  37. [Foto] Kompetisi Sepakbola AIA

TENTANG AAJI

Pasar Polis membidik konsumen yang tidak mau ribet urus asuransi

Pasar produk asuransi masih potensial di Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), baru 6,6% penduduk Indonesia yang punya polis asuransi. Masih sedikitnya masyarakat yang punya polis asuransi karena merasa masih tidak butuh, biaya polis yang mahal, dan klaim yang sering kali rumit. Cleosent Randing, Chief Executive Officer Pasar Polis mengatakan, hambatan inilah yang coba dipecahkan oleh Pasar Polis dengan memanfaatkan teknologi digital.

Kontan.co.id / 8-02-2020

Dukung Hidup Sehat, AIA Kembali Gelar Kompetisi Sepakbola Skala Global

PT AIA Financial (AIA) perusahaan asuransi jiwa untuk kelima kalinya kembali menggelar kompetisi sepak bola AIA Championship 2020 di Lapangan Panahan, Senayan, Jakarta. Selain mencari banyak bibit muda, AIA Championship 2020 merupakan wujud perusahaan mendukung gaya hidup sehat.

Wujudkan Komitmen, AIA Championship 2020 Kembali Digelar

PT AIA Financial (AIA) perusahaan asuransi jiwa untuk kelima kalinya kembali menggelar kompetisi sepak bola AIA Championship 2020 di Lapangan Panahan, Senayan, Jakarta. Selain mencari banyak bibit muda, AIA Championship 2020 merupakan wujud perusahaan mendukung gaya hidup sehat. Chief Marketing Officer AIA Lim Chet Ming mengatakan, AIA ingin membantu dan mendorong jutaan keluarga Indonesia, hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik. Program AIA bagi gaya hidup sehat, juga membantu pengembangan bakat-bakat sepakbola untuk mendapatkan manfaat terbaik di dalam maupun di luar lapangan.

Breakingnews.co.id / 8-02-2020

Kembangkan Bakat Sepakbola, AIA Championship 2020 Siap Mengukir Sejarah Anak Negeri

PT AIA Financial (AIA) perusahaan asuransi jiwa untuk kelima kalinya kembali menggelar kompetisi sepak bola AIA Championship 2020 di Lapangan Panahan, Senayan, Jakarta. Selain mencari banyak bibit muda, AIA Championship 2020 merupakan wujud perusahaan mendukung gaya hidup sehat. Chief Marketing Officer AIA Lim Chet Ming mengatakan, AIA ingin membantu dan mendorong jutaan keluarga Indonesia, hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik. Program AIA bagi gaya hidup sehat, juga membantu pengembangan bakat-bakat sepakbola untuk mendapatkan manfaat terbaik di dalam maupun di luar lapangan.

Grid.id / 8-02-2020

Bumiputera, Kapan Klaim Saya Dibayar

Saya nasabah AJB Bumiputera 1912 dengan nomor polis 2121011171957. Saya mengajukan klaim pemutusan pada 16 Juli 2018. Pada 9 April 2019, saya bertemu Ibu Dewi dan saya harus “mendepositokan” Rp15 juta dari nilai klaim saya dengan alasan agar lebih cepat diproses tetapi sampai 5 Februari 2020 ternyata belum ada kejelasan.

Jawa Pos / 10-02-2020 Hal. 4                        

TENTANG INDUSTRI

Megakorupsi Menggila Rakyat Marah dan Kecewa, Usut Tuntas

Puluhan ribu massa dari Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan menggelar aksi untuk merespon sejumlah kasus megakorupsi yang merajalela di Tanah Air di depan Gedung DRP RI. Salah satu yang menjadi perhatian mereka adalah kasus korupsi yang melibatkan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Harun Masiku dan kasus yang menjerat Honggo selaku Direktur PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dengan kerugian negara Rp 35 triliun, kasus PT Jiwasraya yang merugikan Rp 13 triliun dan kasus PT Asabri dengan kerugian Rp 10 triliun.

Harian Terbit / 7-02-2020 Hal. 1&7

13 Saksi Kasus Jiwasraya Diperiksa

Tim jaksa penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa saksi terkait dengan penyidikan dugaan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya sebagai saksi yang diperiksa merasa keberatan dengan pemblokiran rekening mereka. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono menyebut para saksi tersebut adalah Mahesh Gagandas Lalmalani, Bachtiar Effendi, Lingga Herlina selaku Komisaris PT Angkasa Bumi Mas dan Felix Christian selaku Direktur Utama PT Angkasa Bumi Mas, Yongki Teja, Kurniadi Pramita Abad, Decy Sofjan, Roni Subagio, Katherine Widjaja, Janni, Favithar Harjani dan Wilianto Poaler. Saksi lainnya yakni Irfan Melayu selaku mantan konsultan hukum PT Asuransi Jiwasraya.

Koran Jakarta / 8-9 Februari 2020 Hal. 2

Sumber Dana Jiwasraya Tunggu Restu Panja DPR

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan sumber dana pembayaran terhadap klaim dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya pada akhir Maret 2020 sedang dalam proses diskusi dengan pihak-pihak terkait. Masih perlu ke Panja terlebih dahulu serta harus melalui persetujuan dengan Komisi VI dan Komisi XI DPR sebagai pihak yang berwenang mengawasi jalannya penyelamatan Jiwasraya.

Harian Terbit / 8-02-2020 Hal. 11

Joko Otak Putar Saham Jiwasraya

Kejaksaan Agung menilai Joko Hartono Tirto berperan penting dalam kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Joko ditetapkan sebagai tersangka keenam skandal yang menyebabkan gagal bayar Jiwasraya. Direktur Penyidik di Direktorat Pidana Khusus (Dirdik Pidsus) Kejagung Febri Adriyansyah mengatakan, Joko salah satu otak di balik aksi putar-memutar saham yang menyeret Jiwasraya menuju kebangkrutan dan defisit pencadangan keuangan.

Republika / 8-02-2020 Hal. 2

BPK Periksa Entitas Terkait Jiwasraya

Audit investigasi yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kerugian yang dialami PT Asuransi Jiwasraya bergulir. Selain memeriksa dugaan kerugian negara, BPK juga memeriksa keterlibatan lembaga lain. Ketua BPK Agung Firman Sampurna menjelaskan, pihaknya telah mengantongi 60% data yang terindikasi fraud pada kasus Jiwasraya. Namun investigasi masih akan berlangsung panjang.

Kontan / 8-02-2020 Hal. 7

Menceramti Skandal Jiwasraya

Skandal gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya membenarkan tuduhan banyak pihak bahwa usaha BUMN ini menjalankan bisnis tak becus. Ada dua kesalahan fatal dalam manajemen Jiwasraya: menjual produk dengan bunga menggiurkan; dan kesalahan menempatkan portofolio investasi. Dua opsi penyelamatan Jiwasraya diajukan: 1) restrukturisasi; dan 2) holding. Profit dari skema ini akan digunakan untuk membayar polis jatuh tempo sebesar Rp16,13 triliun sampai 2020.

Kontan / 8-02-2020 Hal. 11

Holding BUMN Asuransi Tunggu PP

Pembentukan holding asuransi tinggal selangkah lagi. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan induk usaha tersebut terbentuk bulan ini. Nantinya aspek hukum akan berbentuk peraturan pemerintah (PP). Dengan begitu maka kehadiran holding asuransi akan menjadi salah satu opsi untuk menyehatkan asuransi Jiwasraya.

Bisnis Indonesia / 9-02-2020 Hal. 4

Trauma Asuransi

Jiwasraya yang merupakan badan usaha milik negara (BUMN) telah melukai nasabah. Akibatnya, kepercayaan nasabah memudar. Tak hanya pada Jiwasraya, tetapi juga kepada industri asuransi nasional. Hornandy salah satunya. Dia mengambil polis JS Saving Plan sejak 2018 dan jatuh tempo polis tersebut pada Januari 2019. Namun hingga kini, ia belum mendapatkan pembayaran dari Jiwasraya. Hal serupa juga dialami oleh Vin yang mengambil produk JS Saving sejak awal 2017, namun saat jatuh tempo pada awal 2019, dia mendapatkan pesan teks dari Jiwasraya terkait penundaan pembayaran.

Kompas / 9-02-2020 Hal. D

Induk Asuransi BUMN Tinggal Menanti PP

Pembentukan holding asuransi tinggal selangkah lagi. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan induk usaha tersebut terbentuk bulan ini. Nantinya aspek hukum akan berbentuk peraturan pemerintah (PP). Dengan begitu maka kehadiran holding asuransi akan menjadi salah satu opsi untuk menyehatkan asuransi Jiwasraya.

Kontan / 9-02-2020 Hal. 20

Sespri Benny Tjokro Bolak-Balik Diperiksa

Penyidik mengorek Rina Mariatna mengenai transaksi yang pernah dilakukan Benny Tjokro. Langkah ini untuk mengendus keberadaan aset-aset bos PT Hanson International itu. Upaya tersebut membuahkan hasil. Tim mengendus Benny Tjokro memiliki puluhan unit di apartemen South Hills, Kuningan, Jakarta Selatan. Tim kejaksaan mencurigai Benny Tjokro membeli lahan apartemen tersebut menggunakan dana PT Asuransi Jiwasraya.

Rakyat Merdeka / 9-02-2020 Hal. 3

DPR Turun Tangan

DPR memberi sinyal akan memanggil para tersangka dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya. Parlemen bakal menggali informasi langsung dari para tersangka tersebut. Kejaksaan Agung telah menetapkan enam orang tersangka yakni Benny Tjokrosaputro, Heru Hidayat, Hary Prasetyo, Hendrisman Rahim, Syahmirwan, dan Joko Hartono Tirto. Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono, ketiga tersangka bersekongkol menjual semua saham yang dibeli oleh Asuransi Jiwasraya kepada Maxima Integra Group.

Bisnis Indonesia / 10-02-2020 Hal. 8

Usulan Angket Ditahan Bamus DPR

Usulan Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi Keadilan Sejahtera agar DPR menggunakan hak angket dalam kasus Jiwasraya masih terganjal. Bamus DPR belum membahasnya dan mengagendakan usulan tersebut dibawa ke paripurna DPR. Usulan hak angket kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Dewan Perwakilan Rakyat berpotensi kandas sebelum digulirkan. Muncul opsi dari fraksi-fraksi koalisi partai pendukung pemerintah untuk menahan usulan itu di tahap rapat badan musyawarah agar tidak berlanjut.

Kompas / 10-02-2020 Hal. 2

Pembayaran Saving Plan Tunggu DPR

Pembayaran klaim polis JS Saving Plan Jiwasraya semakin tidak pasti. Di saat ada rencana pembayaran klaim pada akhir Maret ini ternyata belum disetujui DPR. Kementerian BUMN akan membayarkan klaim dari nasabah Jiwasraya setelah mendapat restu dari DPR. Meski demikian, Kementerian BUMN telah berdiskusi dengan Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan terkait skema pembayaran klaim serta kebutuhan sumber pendanaan ke depan.

Kontan / 10-02-2020 Hal. 20

Holding BUMN Asuransi Tingkatkan Daya Saing

Tujuan pembentukan induk usaha (holding) BUMN bidang asuransi untuk meningkatkan daya saing sehingga bisa bersaing dengan pemain global yang sudah beroperasi di Indonesia. Pengamat BUMN, Toto Pranoto mengatakan, untuk meningkatkan pendapatan holding dengan cara segementasi produk sehingga tidak ada perang harga atau peningkatan ekuitas dalam rangka peningkatan coverage sales.

Koran Jakarta / 10-02-2020 Hal. 6

Mimpi Angket Jiwasraya

Jika menyemai kembali fungsi pengawasan politik parlemen, hak angket merupakan konsekuensi logis untuk menormalkan keterpisahan relasi eksekutif-legislatif dalam sistem presidensial. Namun, ironisnya hak angket DPR merupakan sesuatu yang sifatnya mimpi. Peran DPR dalam melaksanakan fungsi pengawasan telah terdistorsi sejak awal. Budaya kepartaian yang buruk menyebabkan partai politik di parlemen diikat bukan atas kesamaan preferensi kebijaka, melainkan melalui ikatan pragmatisme.

Koran Tempo / 10-02-2020 Hal. 10

Usut TPPU, Kejaksaan Sita Perusahaan Tambang

Kejaksaan Agung mengusut dugaan tindak pidanan pencucian uang (TPPU) dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya. Tersangka Heru Hidayat, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (TRAM) diketahui menguasai saham PT Gunung Bara Utama (GBU). Perusahaan itupun disita Kejaksaan Agung. Jika Heru nanti terbukti bersalah di persidangan, aset ini untuk menutupi kerugian negara yang ditaksir mencapai Rp 16 triliun.

Rakyat Merdeka / 10-02-2020 Hal. 3

Dua Tersangka Jiwasraya Dikenakan Pasal TPPU

Kejaksaan Agung mengenakan sangkaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terhadap dua tersangka kasus PT Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung, Hari Setiyono mengataka, tim penyidik punya alat bukti cukup untuk menjerat kedua tersangka dengan tuduhan berlapis, selain sangkaan utama tindak pidana korupsi.

Republika / 10-02-2020 Hal. 2

Govt parties scuttle plan to form Jiwasraya inquiry committee

A proposal to launch an inquiry into the financial troubles faced by state-owned insurance company Asuransi Jiwasraya appears to be stillborn after political parties in the government coalition rejected the idea. Four of the six progovernment parties had initially expressed the urgency of establishing a special committee, or Pansus, to inquire into the case at the House of Representatives. However, they backtracked following disapproval from the government and reportedly a request not to allow such a probe to be set in motion.

The Jakarta Post / 10-02-2020 Hal. 4

Parpol Di DPR Mulai Genit

Skandal megakorupsi PT Asuransi Jiwasraya menjadi bahan cari panggung bagi partai politik di senayan. Sikat genit parpol terbelah terkait panitia khusus (pansus) dan panitia kerja (panja).

Rakyat Merdeka / 10-02-2020 Hal. 5

Mencermati Skandal Jiwasraya

Skandal gagal bayar dana nasabah Jiwasraya membenarkan tuduhan banyak pihak, bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjalankan bisnis tidak becus.

Kontan / 10-02-2020 Hal. 11

Penegakan Hukum Kembalikan Kepercayaan

Aspek law enforcement (penegakan hukum) kasus PT Asuransi Jiwasraya diharapkan bisa mengembalikan kepercayaan publik pada kinerja pemerintah dan BUMN.

Jawa Pos / 10-02-2020 Hal. 6

Kasus Jiwasraya Tanda Tanya di Wisma Mulia

Sekitar 50 orang pemegang polis JS Plan PT Asuransi Jiwa Jiwasraya mendatangi kantor OJK di Wisma Mulia 2, Jakarta pada Kamis (6/2). Kedatangan ini untuk mencari kejelasan pengembalian uang mereka. Itu merupakan kunjungan kedua para pemegang polis, setelah yang pertama berlangsung pada 17 Desember 2019. Pada kunjungan kedua, para nasabah berhasil bertemu dengan Deputi Direktur Pengawasan Asuransi OJK I Wayan Wijana, Deputi Direktur Hubungan Kelembagaan OJK Nurita, dan seorang staf bidang edukasi perlindungan konsumen. Pertemuan selama tiga jam berlangsung di lantai 12 Wisma Mulia 2.

Bisnis.com / 9-02-2020

Tersangka Jadi 6 Kejagung Ungkap Persekongkolan di Jiwasraya

Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi menambah satu orang di daftar tersangka dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dia adalah Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Jampidsus Kejagung) Febrie Adriansyah menjelaskan pada dasarnya Joko Hartono adalah anak buah dari Heru Hidayat, Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) yang juga sudah bersatus tersangka di kasus yang sama. Joko Hartono disangkakan melanggar Pasal 2 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Cnbcindonesia.com / 9-02-2020

Kasus Dugaan Korupsi Jiwasraya Kejagung Cekal Tiga Orang Lagi

Penetapan Joko Hartono Tirto sebagai tersangka kasus PT Asuransi Jiwasraya sempat dipertanyakan. Walau perannya sudah dijelaskan, Kejagung sebelumnya tidak mengungkap apakah Joko dalam daftar yang dicegah ke luar negeri. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Febrie Ardiansyah menerangkan bahwa ada tiga orang tambahan yang masuk daftar cekal ke luar negeri. Selain Joko, ada dua orang berinisial PR dan BM. Karena itu, saat ini total yang dicekal dan bukan tersangka sepuluh orang.

Jawapos.com / 9-02-2020

Terkait Jiwasraya Kejagung Lokasi Ini Digeledah Kejagung

Untuk mendapatkan barang bukti dari tersangka Benny Tjokro dan Joko Hartono Tirto pada Jumat 7 Februari 2020, Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali melakukan penggeledahan di tiga lokasi berbeda. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Febrie Adriansyah, mengatakan bahwa penggeledahan itu dilakukan di dua rumah wilayah Kembangan Jakarta Barat dan Sunter Jakarta Utara dan satu lokasi lagi berupa perkantoran di wilayah Senayan Jakarta Selatan. Sayangnya, detail ihwal kepemilikan dua rumah dan satu kantor tersebut tidak dijelaskan Febrie. Sebelumnya, Kejagung telah menahan enam orang tersangka yang diduga terlibat kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

Klikanggaran.com / 9-02-2020

Pemegang Polis Jiwasraya Harap Bersabar Pembayaran Klaim Tunggu Restu DPR

Pemegang polis Asuransi Jiwasraya harus lebih bersabar. Pasalnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membayarkan klaim dari nasabah Jiwasraya setelah mendapatkan restu dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). “Belum disetujui (DPR), jadi belum bisa bicara detilnya. Tapi Maret 2020 kami akan melakukan pencicilan secara bertahap ke polis asuransi tradisional,” kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Untuk tahap awal, Tiko mengisyaratkan pembayaran klaim tersebut melalui pembentukan Holding Asuransi BUMN yang akan direalisasikan bulan ini.

Kontan.co.id / 9-02-2020

Kejagung Bidik Tersangka Jiwasraya Dengan Pasal TPPU

Kejaksaan Agung tengah memburu bukti-bukti dari aset yang dimiliki enam tersangka kasus PT Asuransi Jiwasraya bila telah memenuhi ketentuan maka selanjutnya akan dikenakan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono, mengatakan bahwa penyidikan terus berjalan untuk pengumpulan bukti-bukti baru.

Lampost.co.id / 9-02-2020

Dua Tersangka Jiwasraya Juga Diancam Pasal TPPU

Kejaksaan Agung (Kejakgung) mengenakan sangkaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terhadap dua tersangka kasus PT Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro, dan Heru Hidayat. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kepuspenkum) Kejakgung Hari Setiyono mengatakan, tim penyidik, punya alat bukti cukup untuk menjerat kedua tersangka tersebut dengan tuduhan berlapis, selain sangkaan utama, tindak pidana korupsi.

Republika.co.id / 9-02-2020

Joko Tirto Tersangka Baru Kasus Jiwasraya Berperan Goreng Saham Hingga Tutup Muka Pakai Map

Kejaksaan Agung menetapkan Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto, menjadi tersangka kasus korupsi Jiwasraya. Joko Tirto diduga melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama Direktur Keuangan Jiwasraya, Hary Prasetyo dan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan. Diungkapkan Hari, Joko Tirto diketahui pernah menemui Hary Prasetyo dan Syahmirwan pada 2008 lalu.

Tribunnews.com / 9-02-2020

Joko Harto Tirto Jadi Orang Keenam Yang Jadi Tersangka Kasus Jiwasraya

Kejaksaan Agung menetapkan Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto, menjadi tersangka kasus korupsi Jiwasraya. Joko Tirto diduga melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama Direktur Keuangan Jiwasraya, Hary Prasetyo dan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan. Diungkapkan Hari, Joko Tirto diketahui pernah menemui Hary Prasetyo dan Syahmirwan pada 2008 lalu.

Tribunnews.com / 9-02-2020

[Foto] Kompetisi Sepak Bola AIA Championship

Winger Tim Nasional, Juara AIA Championship 2019, Zahra Muzdalifah bersama Head of Brand and Communication PT AIA Financial Madhi Suryanto, Chief Marketing Officer Lim Chet Ming, dan Global Development Coach Tottenham Hotspur Anton Blackwood saat peluncuran kompetisi sepakbola AIA Championship 2020, Sabtu (8/2).

Bisnis Indonesia / 10-02-2020 Hal. 18

[Foto] Kompetisi Sepakbola AIA

Chief Marketing Officer Lim Chet Ming, Head of Brand and Communication PT AIA Financial Madhi Suryanto, Global Development Coach Tottenham Hotspur Anton Blackwood, dan Winger Tim Nasional, Juara AIA Championship 2019, Zahra Muzdalifah saat peluncuran kompetisi sepakbola AIA Championship 2020 dengan tema Ciptakan Sejarahmu di Jakarta, Sabtu (8/2).

Kontan / 10-02-2020 Hal. 20

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.675

IHSG (per 7 Februari 2020)

   5.999,61

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Harian Terbit, Kontan, Kompas, Koran Jakarta, Koran Tempo, Jawa Pos, Republika, Rakyat Merdeka, The Jakarta Post, Bisnis.com, Beritasatu.com, Breakingnews.com, Cnbcindonesia.com, Grid.id, Kontan.co.id, Klikanggaran.com, Jawapos.com, Lampost.co, Republika.co.id, Tribunnews.com

DOWNLOAD PDF