AAJI Daily News - 6 Juli 2020


Tanggal terbit (06 / 07 / 2020)

Senin, 6 Juli 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

  1. BNI Life Catat RBC 779,33 Persen di Mei 2020, Lampaui Batas Minimal Otoritas Jasa Keuangan
  2. AAJI Kucurkan Rp1 Miliar untuk RS Rujukan Covid-19
  3. Meski kinerja tertekan, AAJI sebut unitlink masih penopang bisnis asuransi jiwa
  4. Menghitung Kerugian Negara Dari Kasus Jiwasraya
  5. Prudential Indonesia Hadirkan Perlindungan Kesehatan Komplit
  6. “Hukuman yang berat” dalam kasus Jiwasraya
  7. Belajar Dari Pekerja Jiwasraya
  8. BPKN Yakin Jiwasraya Bayar Kewajiban ke Nasabah
  9. Dua Staf Pengelolaan Investasi OJK Ikut Diperiksa
  10. Bos Baru AJB Bumiputera
  11. Pengembangan Kasus Jiwasraya
  12. Dirut Jiwasraya beberkan fakta penyebab kasus gagal bayar
  13. Terdakwa Jiwasraya Reaktif Covid-19, Sidang Batal
  14. Saksi Jiwasraya Sebut Harry Prasetyo Beli Saham IIKP Sejak 2008
  15. Kejaksaan Agung Periksa Pejabat OJK Terkait Kasus Jiwasraya
  16. Bunga Tetap 10% JS Saving Plan Memicu Goyahnya Jiwasraya sejak 2017
  17. Miliaran Dana Pensiun BUMN Raib, Erick Thohir Khawatir Kasus Jiwasraya Terulang
  18. Dirut Jiwasraya Bongkar Fakta Penyebab Skandal Korupsi Hingga Gagal Bayar
  19. Erick Thohir Bocorkan Hukuman 13 Manajer Investasi yang Terlibat Korupsi Jiwasraya
  20. Kasus Jiwasraya, Kejaksaan Agung Sita Aset Rp18,4 Triliun
  21. Perhitungan Hasil Investasi Tak Sesuai, Nasabah AIA Kecewa
  22. Lewat Selembar Kertas, Bentjok Pastikan Jiwasraya Punya Saham Grup Bakrie
  23. BPA merombak jajaran direksi AJB Bumiputera
  24. Generali Catat Pertumbuhan Premi 10 Persen Di Tengah Pandemi
  25. Tangkal pelemahan IHSG, Generali pakai RoboARMS ungkit imbal hasil unitlink
  26. Catatkan Kinerja Apik - Premi Asuransi Jiwa Generali Tumbuh 10%
  27. Sinergi Pengawasan Lebih Mendesak

TENTANG AAJI

BNI Life Catat RBC 779,33 Persen di Mei 2020, Lampaui Batas Minimal Otoritas Jasa Keuangan

PT BNI Life Insurance mencatatkan risk-based capital (RBC) sebesar 779,33 persen pada Mei 2020. Angka itu melampaui batas minimal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menetapkan minimal 120 persen. Capaian ini pun menjadi optimisme BNI Life dalam menyusun strategi di tengah volatilitas pasar. BNI Life juga menambahkan portfolio di fix income (obligasi negara) dengan selektif dan menambah kas agar BNI Life memiliki portofolio yang sehat dan menjaga likuiditas.

Tribunnews.com / 02-07-2020

AAJI Kucurkan Rp1 Miliar untuk RS Rujukan Covid-19

AAJI menyerahkan donasi sebesar Rp1 miliar untuk rumah sakit rujukan covid-19. Penyerahan bantuan disalurkan melalui Yayasan BenihBaik.com. Penyerahkan diserahkan secara virtual oleh AAJI kepada Andy F Noya pendiri Yayasan BenihBaik.com pada Senin (22/6).

Metrotvnews.com / 02-07-2020

Meski kinerja tertekan, AAJI sebut unitlink masih penopang bisnis asuransi jiwa

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan meskipun kinerja uniltink tertekan, produk ini masih menjadi penopang kinerja asuransi jiwa. Berdasarkan data AAJI pada kuartal pertama 2020, produk unitlink masih mendominasi dari pada produk Tradisional. Ia menyebut pendapatan premi dari produk unitlink sebesar Rp 27,18 Triliun yang berkontribusi sebesar 61,6% terhadap total premi senilai Rp44,11 triliun.

Kontan.co.id / 05-07-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Menghitung Kerugian Negara Dari Kasus Jiwasraya

Saat ini, dalam konteks penegakan hukum perhitungan kerugian negara (PKN) digunakan untuk mengungkap skandal dugaan korupsi Jiwasraya. BPK sudah menghitung kerugian negara akibat dugaan korupsi asuransi BUMN itu mencapai Rp 16,8 triliun. Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono memgungkapkan saat ini pihaknya sedang melakukan audit investigasi kepada Asuransi Jiwasraya, OJK, otoritas bursa, Kementerian BUMN dan BUMN yang terkait dengan kasus ini.

HE Neraca / 04-07-2020 Hal. 10

Prudential Indonesia Hadirkan Perlindungan Kesehatan Komplit

Prudential Indonesia meluncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah: asuransi kesehatan murni tanpa komponenn investasi yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas dalam menghadapi tantangan kesehatan serta dampak finansial yang mungkin ditimbulkan. Di masa mendatang, nasabah juga dapat meng-upgrade polis mereka guna mendapatkan tambahan manfaat yang makin menyeluruh, termasuk investasi.

HE Neraca / 04-07-2020 Hal. 12

“Hukuman yang berat” dalam kasus Jiwasraya

Seorang aktivis antigraft terkemuka telah menyatakan keyakinannya bahwa jaksa tidak akan mengeluarkan dakwaan ringan terhadap enam terdakwa dalam kasus korupsi dan pencucian uang PT Asuransi Jiwasraya setelah Kejaksaan Agung menyita aset senilai Rp18,5 triliun (US $ 1,32 juta) dari mereka. Koordinator Komunitas Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengatakan, jaksa penuntut dapat menjatuhkan dakwaan ringan terhadap para terdakwa jika aset yang disita dapat digunakan untuk memulihkan kerugian negara yang diakibatkan oleh kasus tersebut.

The Jakarta Post / 04-07-2020 Hal. 3

Belajar Dari Pekerja Jiwasraya

Saat ini manajemen baru Jiwasraya Bersama para pemangku kepentingan seperti BUMN, Kementerian Keuangan, dan OJK sedang berupaya menyelesaikan proses restrukturasi. Menurut Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko proses itu akan selesai sebentar lagi, sehingga Jiwasraya bisa memenuhi kewajiban terhadap nasabah. Belajar dari kasus yang menimpa Jiwasraya, Kementerian BUMN akan melakukan konsolidasi pada dana pensiun milik perusahaan pelat merah.

Bisnis Indonesia / 06-07-2020 Hal. 19

BPKN Yakin Jiwasraya Bayar Kewajiban ke Nasabah

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BKPN) menyakini PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan melakukan pembayaran perusahaan kepada nasabah. Kendati demikian, Koordinator Kominis Advokasi BKPN, Rizal M Halim mengatakan, pihaknya tetap terus mengawal proses hukum di persidangan seraya menunggu mekanisme pengembalian hak konsumen.

Investor Daily / 06-07-2020 Hal. 24

Dua Staf Pengelolaan Investasi OJK Ikut Diperiksa

Kejagung memeriksa dua orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya. Kedua saksi merupakan staf Direktorat Pengelolaan Investasi OJK. Kedua saksi dianggap perlu untuk dimintai keterangan tentang bagaimana seharusnya proses pengelolaan investasi keuangan. Keduanya juga dimintai keterangan atas pengelolaan investasi yang terjadi dalam jual beli saham dari pengelolaan keuangan serta dana investasi Jiwasraya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kontan / 06-07-2020 Hal. 10

Bos Baru AJB Bumiputera

Badan Perwakilan Anggota (BPA) merombak jajaran direksi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Ketua BPA Narhasanah membenarkan perombakan direksi dan berharap mereka bisa memimpin serta memperbaiki kinerja. BPA menunjuk Faizal Karim sebagai Plt Direktrur Utama merangkap Direktur Keuangan dan Investasi Bumiputera. Wirzon Sjofyan menjadi Direktur Kepatuhan.

Kontan / 06-07-2020 Hal. 10

Pengembangan Kasus Jiwasraya

Kejagung memeriksa dua orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya. Kedua saksi merupakan staf Direktorat Pengelolaan Investasi OJK.

Kontan / 06-07-2020 Hal. 15

Dirut Jiwasraya beberkan fakta penyebab kasus gagal bayar

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengungkapkan, meski pada 2012-2017 Jiwasraya belum mengalami gagal bayar, tapi sejak 2017 terjadi peningkatan signifikan jumlah kewajiban dan klaim karena terbebani oleh produk JS Saving Plan, yang saat itu menjanjikan bunga pasti (“fixed rate”) yang pernah mencapai 10 persen atau jauh di atas rata-rata bunga deposito. Selain itu, adanya penempatan portofolio investasi Jiwasraya pada saham lapis ketiga dan instrumen reksadana tunggal yang diduga tidak menggunakan kaidah dan standar profesional pelaku investasi di pasar modal.

Antaranews.com / 02-07-2020

Terdakwa Jiwasraya Reaktif Covid-19, Sidang Batal

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Bambang Nurcahyono mengatakan mantan Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim reaktif COVID-19 usai rapid test. Hendrisman merupakan salah satu dari enam terdakwa kasus dugaan korupsi Jiwasraya. Sebelum sidang, para terdakwa diharuskan menjalani rapid test. Beberapa waktu kemudian, hasil rapid test itu menyatakan Hendrisman reaktif atau diduga mengidap Covid-19. Hal itu membuat sidang ditunda.

Fin.co.id / 02-07-2020

Saksi Jiwasraya Sebut Harry Prasetyo Beli Saham IIKP Sejak 2008

Penelusuran kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mulai terungkap. Hampir seluruh pembelian saham dan penempatan portofolio investasi Jiwasraya di pasar modal pada periode 2008 hingga 2018 dikendalikan oleh mantan Direktur Keuangan Jiwasraya, Harry Prasetyo yang kini berstatus terdakwa. Hal ini terungkap ketika salah satu kuasa hukum terdakwa bertanya kepada saksi yaitu Mantan Kepala Divisi Investasi Jiwasraya, Donny S Karyadi terkait kebenaran bahwa Harry Prasetyo mengendalikan pembelian saham dan penempatan portofolio investasi perseroan.

Jawapos.com / 02-07-2020

Kejaksaan Agung Periksa Pejabat OJK Terkait Kasus Jiwasraya

Kejagung terus melakukan penyidikan kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi Asuransi Jiwasraya. Sebanyak empat pejabat OJK telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut, Rabu (1/7). Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono menjelaskan, sebagai pejabat dan mantan pejabat OJK RI keterangan 4 orang saksi dianggap perlu untuk mengetahui tentang bagaimana proses pengawasan jual beli saham dari pengelolaan keuangan dan dana investasi PT. Asuransi Jiwasraya yang terjadi di Bursa Efek Indonesia oleh OJK.

Jpnn.com / 02-07-2020

Bunga Tetap 10% JS Saving Plan Memicu Goyahnya Jiwasraya sejak 2017

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan, meski pada periode itu belum mengalami gagal bayar, sejak 2017 mulai terjadi peningkatan jumlah liabilitas dan klaim yang signifikan.  Penyebabnya kinerja keuangan terbebani oleh produk JS Saving Plan yang menjanjikan bunga pasti atau fixed rate mencapai net 10%, jauh di atas rata-rata bunga deposito.

Katadata.co.id / 02-07-2020

Miliaran Dana Pensiun BUMN Raib, Erick Thohir Khawatir Kasus Jiwasraya Terulang

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kekhawatiran akan terulangnya kasus Jiwasraya di badan-badan yang mengelola dana pensiunan BUMN. Erick menegaskan dirinya tidak ingin kasus serupa Jiwasraya terjadi lagi. Atas dasar itu, ia mengatakan bahwa saat ini BUMN sedang melakukan upaya konsolidasi dan mempelajari aturan hukum agar dana pensiunan BUMN bisa dikelola dengan baik.

Kumparan.com / 02-07-2020

Dirut Jiwasraya Bongkar Fakta Penyebab Skandal Korupsi Hingga Gagal Bayar

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan meski pada 2012-2017 perseroan belum mengalami gagal bayar, tetapi sejak 2017 terjadi lonjakan jumlah kewajiban dan klaim. Peningkatan itu lantaran terbebani oleh produk JS Saving Plan yang saat itu menjanjikan bunga pasti hingga 10% atau jauh di atas rata-rata bunga deposito. Jiwasraya menerbitkan JS Saving Plan pada 2012-2017 dan kemudian benar-benar mengalami gagal bayar pada Oktober 2018. Selain itu, Jiwasraya juga menempatkan portofolio investasi pada saham lapis ketiga dan instrumen reksa dana tunggal.

Trenasia.com / 02-07-2020

Erick Thohir Bocorkan Hukuman 13 Manajer Investasi yang Terlibat Korupsi Jiwasraya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan bocoran terkait hukuman yang akan diberikan kepada 13 Manajer Investasi (MI) yang jadi tersangka dalam kasus korupsi Jiwasraya. Tanpa bermaksud mendahului putuskan Kejaksaan Agung, dia mengatakan hukuman denda akan diberikan kepada para MI tersebut. Hukuman semacam ini menurutnya juga telah lazim diberikan di negara lain.

Harianjogja.com / 03-07-2020

Kasus Jiwasraya, Kejaksaan Agung Sita Aset Rp18,4 Triliun

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menyita aset senilai Rp18,4 triliun dalam kasus skandal korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Dimana, jumlah itu melebihi dari kerugian negara akibat kasus tersebut. Penyitaan aset itu sebagai pemenuhan hak nasabah asuransi Jiwasraya. Mengingat, kasus Asuransi Jiwasraya merupakan kasus korupsi, maka penuntut umum akan menuntut atas benda sitaan untuk dirampas dan dikembalikan kepada negara.

Katakini.com / 03-07-2020

Perhitungan Hasil Investasi Tak Sesuai, Nasabah AIA Kecewa

Sejumlah nasabah perusahaan asuransi AIA mengaku kecewa dengan hasil investasi yang sudah mereka tanamkan. Sebab, hasil yang seharusnya mereka terima tidak sesuai dengan jumlah yang diharapkan, dan bahkan nilai rupiahnya juga jauh menyusut. Dalam kondisi saat ini, para korban merasa sangat menyesal pernah berhubungan dengan perusahaan AIA. Dan para korban sudah melaporkan Presiden Direktur AIA ke Polda Sumut dan kasus ini sudah ditangani secara profesional.

Medanbisnisdaily.com / 03-07-2020

Lewat Selembar Kertas, Bentjok Pastikan Jiwasraya Punya Saham Grup Bakrie

Kabar terkini, salah satu tersangka, Benny Tjokro, menyebut bahwa Jiwasraya memiliki saham di Grup Bakrie. Dalam tulisan tangannya di selembar kertas yang dikutip Jumat (3/7) Benny Tjokro menuliskan tidak mungkin Hexana tidak mengetahui kepemilikan saham tersebut, mengingat sejauh ini telah setahun lebih menjabat sebagai Direktur Utama Jiwasraya. Menurutnys, klaim dia bahwa Jiwasraya memiliki saham Grup Bakrie memiliki dasar yang kuat. Tak hanya sekadar memiliki, pihak Jiwasraya dikatakan Bentjok membeli saham Grup Bakrie tersebut pada posisi harga tinggi.

Suara.com / 03-07-2020

BPA merombak jajaran direksi AJB Bumiputera

Badan Perwakilan Anggota (BPA) merombak jajaran direksi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Perombakan itu dilakukan setelah Dirman Pardosi dan Deddy Herupurnomo gagal dalam penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) oleh OJK sebagai calon direktur utama serta direktur keuangan dan investasi Bumiputera. BPA menunjuk Faizal Karim sebagai plt direktur utama merangkap direktur keuangan dan investasi Bumiputera. Wirzon Sjofyan ditunjuk menjadi direktur kepatuhan perusahaan.

Kontan.co.id / 04-07-2020

Generali Catat Pertumbuhan Premi 10 Persen Di Tengah Pandemi

Meski di tengah gempuran Covid-19, kinerja industri asuransi tetap baik. PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia misalnya, dalam kuartal I-2020 Generali tumbuh membukukan premi lebih dari Rp 762 miliar atau tumbuh 10 persen yoy. Berdasarkan laporan keuangan yang belum diaudit, Generali juga sukses mencatat aset sebesar Rp 7,75 triliun atau tumbuh 9 persen yoy, laba setelah pajak sebesar lebih dari Rp 39,8 miliar atau tumbuh 9 persen yoy, serta mempertahankan rasio solvabilitas (RBC) sebesar 319 persen.

Rmco.id / 04-07-2020

Tangkal pelemahan IHSG, Generali pakai RoboARMS ungkit imbal hasil unitlink

Guna menangkal pelemahan IHSG terhadap imbal hasil unitlink berbasiskan saham, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia memanfaatkan teknologi RoboARMS. Chief Executif Officer Generali Indonesia Edy Tuhirman bilang bedasarkan analisis dari 32.477 polis nasabah unitlink yang melakukan aktivasi dengan RoboARM, sebanyak 98% mencatatkan imbal hasil diatas IHSG hingga 30 April 2020. Ia menyatakan RoboARMS ini seperti rem penurunan imbal hasil unitlink.

Kontan.co.id / 05-07-2020

Catatkan Kinerja Apik - Premi Asuransi Jiwa Generali Tumbuh 10%

Di kuartal pertama 2020, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) masih menorehkan kinerja keuangan yang apik di tengah pandemi Covid-19. Dimana perseroan mencatatkan premi mencapai Rp762,24 miliar atau tumbuh 10% dibandingkan kuartal pertama 2019 yang senilai Rp690,64 miliar. Selain premi, kinerja positif lain juga terlihat dari perolehan laba setelah pajak yaitu senilai Rp39,84 miliar atau naik 9% dibandingkan kuartal I/2019 yang mencapai Rp36,41 miliar.

Neraca.co.id / 05-07-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Sinergi Pengawasan Lebih Mendesak

Kinerja OJK semakin menjadi sorotan setelah Presiden Joko Widodo mempertimbangkan mengalihkan pengawasan perbankan dari OJK kembali kepada Bank Indonesia. Pekerjaan OJK menangani dampak Covid-19 menjadi pemicu. Namun, sejatinya, daftar pekerjaan rumah OJK cukup banyak. Namun, Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan Perhimpunan Bank Nasional Aviliani berpendapat, pada kondisi pandemic Covid-19 seperti ini tidak ada urgensinya pengawasan bank dikembalikan ke BI.

Kontan / 06-07-2020 Hal. 9

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.523

IHSG (per 03 Juli  2020)

   4.973,79

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Antaranews.com, Fin.co.id, Jawapos.com, Jpnn.com, Katadata.com, Kumparan.com, Kontan.co.id, Katakini.com, Medanbisnisdaily.com, Metrotvnews.com, Harianjogja.com, Rmco.id, Suara.com, Trenasia.com, Tribunnews.com.

 

DOWNLOAD PDF