AAJI Daily News - 14 September 2020


Tanggal terbit (14 / 09 / 2020)

Senin, 14 September 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. OJK Bakal Rilis Aturan Khusus
  2. Meski Ada yang Gagal Bayar, Unitlink Tetap Jadi Andalan
  3. Ciptakan “We Are the Future” Agar Remaja Siap Kerja
  4. Langkah Jitu Memilih Produk Asuransi
  5. Cigna Luncurkan Website untuk Mudahkan Bayar Premi
  6. Nasabah Jiwasraya Sampaikan Keluhan ke Presiden
  7. Masyarakat Masih Butuh Edukasi Asuransi
  8. Cigna luncurkan situs untuk mudahkan pembayaran premi
  9. Merasa Ditipu, Belasan Nasabah Asuransi Jiwa Kresna Melapor ke Polda Metro Jaya
  10. Cigna Tawarkan Asuransi Terjangkau
  11. Yakin Kebutuhan Asuransi Tetap Naik, Cigna Indonesia Rilis Situs Ini
  12. Cigna Luncurkan Punya Cigna.Co.Id
  13. Permudah masyarakat beli asuransi, Cigna genjot penjualan secara digital
  14. Cigna Tawarkan Asuransi Terjangkau di Masa Pandemi
  15. Produk Asuransi dengan Premi Hanya Rp 7.000, Cigna Tawarkan Asuransi Terjangkau di Masa Pandemi
  16. Korban Asuransi Jiwa Kresna Laporkan Terduga Michael Steven Ke Polda Metro Jaya Karena di Rugikan Rp.29.8M
  17. Dirugikan Rp 29 M, Nasabah Asuransi Jiwa Kresna Lapor Polisi
  18. Belasan korban Kresna Life melapor ke Polisi
  19. Nasabah Laporkan Kresna Life ke Polda Metro Jaya
  20. Zurich Life Fasilitasi Premi Jiwa & Kesehatan Hingga Rp 30 M
  21. Ekonomi Terdampak Covid-19, Milenial Wajib Genjot Produktivitas
  22. 2 Tahun Lebih Klaim Polis Tersendat, Asuransi Jiwa Bersama Dilaporkan Nasabah ke Polda Jatim
  23. Kisah Kelam Skandal Gagal Bayar Kresna Life: Nasabah Gigit Jari, Haknya Tak Dipenuhi
  24. Mengadu ke KompasTV, Nasabah AJB Bumiputera Curhat Polis Asuransi Tak Dibayar Sejak 2018
  25. Kasus Jiwasraya, DPR Minta Orang-orang Lama OJK Juga Diperiksa
  26. Menteri Sri Mulyani Minta Asuransi Jiwasraya dan Asabri untuk Rencanakan Pemeriksaan LK Tahun 2020
  27. Warga Korsel Cerita Dua Tahun Desak Uang Rp 500 Miliar Dikembalikan Jiwasraya
  28. Apakah Perencanaan Keuangan Diperlukan saat Pandemi Melanda?
  29. Saksi Ungkap Penyimpangan Jiwasraya
  30. [Foto] Penetrasi Asuransi Jiwa Turun
  31. Industri Asuransi Diramal Pulih Lebih Cepat saat Pandemi
  32. Pendapatan Asuransi di Indonesia Pulih Cepat di Masa Pandemi Covid-19
  33. Pendapatan Premi Asuransi Pulih Cepat di Masa Pandemi

TENTANG AAJI

OJK Bakal Rilis Aturan Khusus

OJK tengah menggodok Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) tentang Penyelenggaraan Usaha Asuransi Berbentuk Badan Hukum Usaha Bersama disiapkan otoritas dan dipublikasikan pada Senin (7/9). RPOJK tersebut memuat jumlah aturan teknis terkait Bumiputera yang belum dijabarkan dalam PP 87/2019. Salah satu poin aturan tersebut terkait anggaran dasar Bumiputera yang harus memuat beberapa aspek; hak dan kewajiban anggota, porsi pembagian untuk dan rugi, perubahan bentuk badan hukum serta pembubaran usaha Bersama.

Bisnis Indonesia / 14-09-2020 Hal. 15

Meski Ada yang Gagal Bayar, Unitlink Tetap Jadi Andalan

Menurut Sharia, Government Relations and Community Investment Director, Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo, dalam praktiknya di industri asuransi jiwa di Indonesia, produk asuransi berbalut investasi (unitlink) sudah banyak, dan legal. Bahkan, dengan kebijakan OJK yang memperbolehkan pemasaran produk unitlink untuk dilakukan secara virtual. Menurutnya, peran OJK sangat signifikan dalam mengawasi dan memastikan praktik-praktik pemasaran produk unitlink telah sesuai dengan tata eseha perusahaan yang baik.

Republika.co.id / 11-09-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Ciptakan “We Are the Future” Agar Remaja Siap Kerja

Allianz Indonesia bekerja sama dengan SOS Children’s Vollages menyelenggarakan program “We Are the Future”. Tujuannya memberikan harapan bagi remaja, khususnya di SOS Children’s Vikkages Semarang agar lebih siap memasuki dunia kerja. Diluncurkan pada 5 September 2020, program ini di antaranya dilakukan dalam bentuk pelatihan Bahasa inggris dan computer, program ketahanan diri dan kewirausahaan, pendampingan usaha hingga pemagangan.

Tabloid Nova / 14-20-September-2020 Hal. 19

Langkah Jitu Memilih Produk Asuransi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari produk perusahaan asuransi abal-abal. Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi Mike Rini Sutikna panduannya adalah; 1. Perhitungkan nama besar dan usia perusahaan asuransi, 2. Cermati prosedur klaim, 3. Membaca polis asuransi secara detai dan saksama.

Republika / 12-09-2020 Hal. 11

Cigna Luncurkan Website untuk Mudahkan Bayar Premi

PT Asuransi Cigna Indonesia (Cigna Indonesia) memberi kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki asuransi dengan meluncurkan situs punya.cigna.co.id. sehingga dengan mudah dapat mengakses perlindungan yang dibutuhkan sekaligus membayar premi secara digital. Direktur Pemasaran dan Kerja Sama Strategis Cigna Indonesia, Akhiz Nasution menambahkan, untuk saat ini, punya.cigna.co.id menyediakan dua produk asuransi, yakni Cigna ProGuard yakni solusi perlindungan diri dari risiko kecelakaan, dan Cigna ProLife yaitu solusi asuransi jiwa dan perlindungan finansial keluarga.

HE Neraca / 14-09-2020 Hal. 5

Nasabah Jiwasraya Sampaikan Keluhan ke Presiden

Para pemegang polis JS Saving Plan mengirim surat kepada Presiden, Kementerian Keuangan, OJK dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk meminta kejelaan atas pencairan danan pokok dan manfaat polis. Tindakan itu merupakan respons nasabah atas kabar mengenai rencana penutupan Jiwasraya, serta restrukturisasi yang berbuntut pemotongan manfaat saat polis beralih ke perusahaan baru Indonesia Finansial Group (IFG) Life.

Investor Daily / 14-09-2020 Hal. 23

Masyarakat Masih Butuh Edukasi Asuransi

Berdasarkan data OJK, penetrasi produk asuransi masih di bawah 4%. Kondisi ini menggambarkan rendahnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya produk asuransi. Bagi Chief Agenty Officer PT Prudentual Life Assurance Indonesia Rusli Chan, ini menjadi tantangan yang harus dipecahkan. Menurutnya, salah satu yang berperan dominan dalam indusri asuransi adalah agensi. Agen penting dalam meningkatkan penetrasi layanan asuransi terutama di Indonesia. Masyarakat masih butuh edukasi mengenai asuransi dan literasi keuangan secara berkesinambungam dan ini dilakukan oleh agen.

Koran Tempo / 14-09-2020 Hal. 17

Cigna luncurkan situs untuk mudahkan pembayaran premi

PT Asuransi Cigna Indonesia (Cigna Indonesia) memberi kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki asuransi dengan meluncurkan situs punya.cigna.co.id. sehingga dengan mudah dapat mengakses perlindungan yang dibutuhkan sekaligus membayar premi secara digital. Direktur Pemasaran dan Kerja Sama Strategis Cigna Indonesia, Akhiz Nasution menambahkan, untuk saat ini, punya.cigna.co.id menyediakan dua produk asuransi, yakni Cigna ProGuard yakni solusi perlindungan diri dari risiko kecelakaan, dan Cigna ProLife yaitu solusi asuransi jiwa dan perlindungan finansial keluarga.

Antaranews.com / 10-09-2020

Merasa Ditipu, Belasan Nasabah Asuransi Jiwa Kresna Melapor ke Polda Metro Jaya

Belasan nasabah Asuransi Jiwa Kresna membuat laporan dugaan pidana perasuransian, penipuan, penggelapan dan pencucian uang ke SPKT Polda Metro Jaya dengan kerugian 29.8 Milyar atas manfaat polis asuransi jiwa yang tidak bisa dicairkan eseha jatuh tempo. Laporan ini tertuang dalam LP No TBL / 5422/ IX / YAN 2.5 / 2020/ SPKT PMJ Tanggal 10 September 2020, dengan terduga Terlapor: Michael Steven, Kurniadi Sastrawinata, Inggrid Kusumodjojo, Henry Wongso, Antonius Indradi Sukiman, dkk.

Akurat.co / 10-09-2020

Cigna Tawarkan Asuransi Terjangkau

PT Asuransi Cigna Indonesia (Cigna Indonesia) memberi kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki asuransi dengan meluncurkan situs punya.cigna.co.id. Melalui situs ini masyarakat dengan mudah dapat mengakses perlindungan asuransi yang dibutuhkan sekaligus membayar premi secara digital. Cigna menyediakan dua produk asuransi lewat situs tersebut, yakni Cigna ProGuard dan Cigna ProLife. Kedua produk itu dapat dibeli langsung di situs ini, maupun melalui beberapa rekan bisnis nonfinansial Cigna dengan premi mulai dari Rp 7.000 per minggu, dengan manfaat hingga Rp 100 juta.

Beritasatu.com / 10-09-2020

Yakin Kebutuhan Asuransi Tetap Naik, Cigna Indonesia Rilis Situs Ini

PT Asuransi Cigna Indonesia (Cigna Indonesia) tetap optimistis kebutuhan masyarakat akan perlindungan asuransi di tengah esehata Covid-19 masih bertumbuh. Hal itu diakui Presiden Direktur PT Asuransi Cigna Indonesia Phil Reynolds. Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan situs punya.cigna.co.id untuk memudahkan masyarakat untuk memiliki asuransi. Dia menjelaskan melalui situs ini masyarakat dengan mudah dapat mengakses perlindungan asuransi yang dibutuhkan sekaligus membayar premi secara digital.

Bisnis.com / 10-09-2020

Cigna Luncurkan Punya Cigna.Co.Id

Di tengah Pandemi Covid -19 yang telah menelan korban meninggal lebih dari 8.300 orang, Cigna menawarkan asuransi Cigna Proguard dan asuransi Cigna Pro-Life dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 7000,- per minggu dengan manfaat hingga Rp 100 juta. Dengan persyaratan yang mudah dan eseha, calon nasabah cukup membuka di situs punya.cigna.co.id.

Infobanknews.com / 10-09-2020

Permudah masyarakat beli asuransi, Cigna genjot penjualan secara digital

PT Asuransi Cigna Indonesia memberi kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki asuransi dengan meluncurkan situs punya.cigna.co.id. Melalui situs ini masyarakat dengan mudah dapat mengakses perlindungan asuransi yang dibutuhkan sekaligus membayar premi secara digital. Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Kerja Sama Strategis Cigna Indonesia, Akhiz Nasution menambahkan untuk saat ini punya.cigna.co.id menyediakan dua produk asuransi, yakni Cigna ProGuard dan Cigna ProLife.

Kontan.co.id / 10-09-2020

Cigna Tawarkan Asuransi Terjangkau di Masa Pandemi

Di tengah Pandemi Covid -19 yang telah menelan korban meninggal lebih dari 8.300 orang, Cigna menawarkan asuransi Cigna Proguard dan asuransi Cigna Pro-Life dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp7000,- per minggu dengan manfaat hingga Rp 100 juta, syarat juga simple. Konsumen cukup buka dan pilih kebutuhannya di situs punya.cigna.co.id.

Sindonews.com / 10-09-2020

Produk Asuransi dengan Premi Hanya Rp 7.000, Cigna Tawarkan Asuransi Terjangkau di Masa Pandemi

PT Asuransi Cigna Indonesia (Cigna Indonesia) memberi kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki asuransi dengan meluncurkan situs punya.cigna.co.id. Melalui situs ini masyarakat dengan mudah dapat mengakses perlindungan asuransi yang dibutuhkan sekaligus membayar premi secara digital. Cigna menyediakan dua produk asuransi lewat situs tersebut, yakni Cigna ProGuard dan Cigna ProLife. Kedua produk itu dapat dibeli langsung di situs ini, maupun melalui beberapa rekan bisnis nonfinansial Cigna dengan premi mulai dari Rp 7.000 per minggu, dengan manfaat hingga Rp 100 juta.

Tribunnews.com / 10-09-2020

Korban Asuransi Jiwa Kresna Laporkan Terduga Michael Steven Ke Polda Metro Jaya Karena di Rugikan Rp.29.8M

Belasan korban didampingi kuasa hukumnya dari LQ Indonesia Lawfirm membuat laporan atas dugaan pidana perasuransian, penipuan, penggelapan dan pencucian uang ke SPKT Polda Metro Jaya dengan kerugian 29.8 Milyar atas manfaat polis asuransi jiwa yang tidak bisa dicairkan eseha jatuh tempo dengan LP No TBL / 5422/ IX / YAN 2.5 / 2020/ SPKT PMJ Tanggal 10 September 2020, dengan terduga Terlapor: Michael Steven, Kurniadi Sastrawinata, Inggrid Kusumodjojo, Henry Wongso, Antonius Indradi Sukiman, dkk. Pada Kamis (10/09).

Infodesaku.co.id / 11-09-2020

Dirugikan Rp 29 M, Nasabah Asuransi Jiwa Kresna Lapor Polisi

Kesabaran nasabah PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life sudah habis. Mereka melaporkan perusahaan eseha Polda Metro Jaya dengan kerugian senilai Rp 29,8 miliar. Pemicunya adalah manfaat polis asuransi jiwa yang tidak bisa dicairkan pada saat jatuh tempo. Belasan korban asuransi jiwa itu melapor ke Polda Metro Jaya dengan didampingi kuasa hukum dari LQ Indonesia Lawfirm. Di dalam laporannya ada sejumlah pihak yang diajukan sebagai terlapor. Yaitu Michael Steven, Kurniadi Sastrawinata, Inggrid Kusumodjojo, Henry Wongso, Antonius Indradi Sukiman, dan lainnya.

Jawapos.com / 11-09-2020

Belasan korban Kresna Life melapor ke Polisi

Kesabaran nasabah PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life sudah habis. Mereka melaporkan perusahaan eseha Polda Metro Jaya dengan kerugian senilai Rp 29,8 miliar. Pemicunya adalah manfaat polis asuransi jiwa yang tidak bisa dicairkan pada saat jatuh tempo. Belasan korban asuransi jiwa itu melapor ke Polda Metro Jaya dengan didampingi kuasa hukum dari LQ Indonesia Lawfirm. Di dalam laporannya ada sejumlah pihak yang diajukan sebagai terlapor. Yaitu Michael Steven, Kurniadi Sastrawinata, Inggrid Kusumodjojo, Henry Wongso, Antonius Indradi Sukiman, dan lainnya.

Kontan.co.id / 11-09-2020

Nasabah Laporkan Kresna Life ke Polda Metro Jaya

Tidak kunjung dibayarkan uang nasabah sebesar Rp29,8 miliar oleh pihak asuransi, nasabah asuransi Kresna Life melaporkan pemilik perusahaan ke Polda Metro Jaya. Nasabah menyebutkan tergiur dengan bunga tetap yang ditawarkan sebesar 8,9 persen per tahun.

Metrotvnews.com / 11-09-2020

Zurich Life Fasilitasi Premi Jiwa & Kesehatan Hingga Rp 30 M

PT Zurich Topas Life meluncurkan Zurich Smart Care yang merupakan #ProteksiPintar untuk membantu masyarakat Indonesia mengelola risiko esehatan dan keuangan. Dilengkapi dengan manfaat proteksi tambahan untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis dan pembebasan pembayaran premi, asuransi tambahan hospital & surgical yang baru Zurich MediCare (termasuk 10 MCMB dan Extra), dengan keunggulan Manfaat rawat inap sesuai tagihan pada semua pilihan Plan, masa pertanggungan sampai usia 100 tahun, dan Batas Manfaat Tahunan hingga Rp 30 miliar.

Republika.co.id / 11-09-2020

Ekonomi Terdampak Covid-19, Milenial Wajib Genjot Produktivitas

Pakar perencanaan keuangan Prita Hapsari Ghozie memaparkan kondisi saat ini memunculkan kekhawatiran di kalangan generasi milenial atau generasi sandwich terutama terhadap keamanan pekerjaan atau job security serta terhadap masa depan karena masih panjang usia dan harapan hidup. Menurut dia, proteksi keuangan sangat penting bagi generasi milenial terutama untuk perlindungan saat sakit atau hari tua ia pun menyarankan generasi milenial banyak memanfaatkan peluang untuk lebih produktif, kalau bisa tidak bergantung pada satu tempat penghasilan.

Suara.com / 11-09-2020

2 Tahun Lebih Klaim Polis Tersendat, Asuransi Jiwa Bersama Dilaporkan Nasabah ke Polda Jatim

Lima nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 melapor ke Ditreskrimsus Polda Jatim terkait klaim polis yang tak kunjung diterima.  Laporan ini dikatakan Imam Hanafi Noor, perwakilan nasabah, mengaku laporan ini sebagai bentuk ketegasan setelah dua tahun lebih klaim polisnya tersendat. Pihaknya mengaku terpaksa melaporkan karena lelah dengan harapan dan janji yang diberikan oleh pihak manajemen maupun kantor wilayah AJB Bumiputera tersebut.

Tribunnews.com / 11-09-2020

Kisah Kelam Skandal Gagal Bayar Kresna Life: Nasabah Gigit Jari, Haknya Tak Dipenuhi

Melalui sepucuk surat tertanggal 14 Mei 2020, manajemen Kresna Life menginformasikan kepada nasabah bahwa masalah likuiditas yang dialami perusahaan itu disebabkan oleh terjadinya keadaan memaksa (force majeure) akibat pandemi Covid-19. Merasa gerah dan hilang kesabaran, nasabah berbondong-bondong melaporkan Kresna Life ke Polda Metro Jaya pada Kamis, 10 September 2020. Didampingi kuasa hukum, belasan nasabah menuntut Kresna Life atas kerugian manfaat polis asuransi jiwa senilai Rp29,8 miliar yang tak bisa dicairkan ketika jatuh tempo.

Wartaekonomi.co.id / 11-09-2020

Mengadu ke KompasTV, Nasabah AJB Bumiputera Curhat Polis Asuransi Tak Dibayar Sejak 2018

Sejumlah nasabah pemegang polis asuransi AJB Bumiputera yang tergabung dalam kelompok koordinasi se-Jabodetabek dan mewakili 500 polis (500 orang), beberapa waktu lalu mengunjungi KompasTV mengadu dan curhat akan adanya "masalah" dari AJB Bumiputera yang belum membayar uang klaim asuransi para nasabah ini. Mereka mengaku kerap di ping-pong oleh Bumiputera dan dijanjikan klaim akan terbayar namun tak ada kepastian kapan akan dibayar.

Kompas.tv / 12-09-2020

Kasus Jiwasraya, DPR Minta Orang-orang Lama OJK Juga Diperiksa

DPR RI mendesak Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk memanggil dan memeriksa orang-orang lama di OJK, saat lembaga tersebut masih bernama Bapepam-LK. Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan berkata, pemanggilan ini penting untuk mengembangkan dan mengungkap mega kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

Reqnews.com / 12-09-2020

Menteri Sri Mulyani Minta Asuransi Jiwasraya dan Asabri untuk Rencanakan Pemeriksaan LK Tahun 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri untuk merencanakan pemeriksaan Laporan Keuangan (LK) Tahun 2020. Sri Mulyani mengatakan permintaan itu sebagai tindak lanjut atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait Penyertaan Modal Negara (PMN) di kedua perusahaan tersebut. Itu dilakukan agar dapat mendukung penyajian investasi permanen pada LKPP Tahun 2020 secara andal. Pemerintah juga menindaklanjuti temuan BPK terkait kewajiban atas program pensiun dan potensi unfunded past service liability pada PT Asabri.

Koranbumn.com / 12-09-2020

Warga Korsel Cerita Dua Tahun Desak Uang Rp 500 Miliar Dikembalikan Jiwasraya

Puluhan warga negara asing asal Korea Selatan yang menempatkan dana di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kemarin berdemo di Hana Bank. Salah satu warga negara Korea Selatan itu, Lee Hea Kyung, mengatakan para nasabah ini awalnya ditawari produk asuransi sekaligus investasi dengan iming-iming sudah dijamin pemerintah. Setelah mendengar tawaran tersebut ia langsung berinvestasi. Menurut dia, total ada Rp 500-an miliar yang diinvestasikan orang Korea Selatan di Jiwasraya melalui Hana Bank.

Tempo.co / 12-09-2020

Apakah Perencanaan Keuangan Diperlukan saat Pandemi Melanda?

Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life, Budi Darmawan mengatakan banyak masyarakat Indonesia yang tidak siap menghadapi pandemi saat ini dan keuangannya terganggu karena penyakit atau pendapatan berkurang. Hal ini terjadi karena kesalahan dalam alokasi penghasilan selama ini. Zurich Smart Care dapat menjadi solusi untuk membantu masyarakat mendapatkan proteksi jiwa dan kesehatan, sekaligus berinvestasi untuk masa depan. Produk ini inovasi dari Zurich yang menggunakan konsep Applied Premium.

Batamclick.com / 13-09-2020

Saksi Ungkap Penyimpangan Jiwasraya

Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat menggelar sidang lanjutan dugaan korupsi dan pencucian uang (TPPU) PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Rabu (15/7). Mantan Sekretaris Komite Investasi Jiwasraya 2008-2011, Lusiana, dalam kesaksiannya mengungkapkan, ia pernah mengingatkan adanya risiko Jiwasaraya mengalami kebangkrutan akibat pengelolaan investasi yang dilakukan. Ia menyampaikan, sejak 2008 ia sudah kerap berselisih dengan atasannya, yaitu terdakwa Syahmirwan yang pernah menjadi Kepala Divisi Investasi 2008-2018.

Republika.co.id / 13-09-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

[Foto] Penetrasi Asuransi Jiwa Turun

Penetrasi industri asuransi jiwa tercatat hanya sebesar 1,1%. Rendahnya tingkat penetrasi tersebut menjadi kendala menahun yang belum berhasil teratasi dengan optimal.

Bisnis Indonesia / 14-09-2020 Hal. 15

Industri Asuransi Diramal Pulih Lebih Cepat saat Pandemi

Industri asuransi di Indonesia berkembang pesat selama lima tahun terakhir, meski harus diakui sempat mendapatkan hantaman keras di triwulan II-2020 akibat pandemi covid-19. Kendati demikian, ada sinyal positif bahwa industri asuransi bakal pulih mengingat kesadaran proteksi mulai meningkat saat pandemi. Bahkan, walau telah mengalami penurunan cukup drastis di awal 2020, pendapatan premi asuransi jiwa di Juni 2020 menjadi yang tertinggi ketimbang Januari-Juni pada 2019 maupun 2020. Kinerja di Juni 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 23,7 persen dibandingkan di Juni 2019.

Medcom.id / 12-09-2020

Pendapatan Asuransi di Indonesia Pulih Cepat di Masa Pandemi Covid-19

Industri asuransi di Indonesia telah berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Data statistik asuransi dari OJK menunjukkan, pertumbuhan aset terus meningkat sejak 2014 dari Rp807,7 triliun menjadi Rp1.325,7 triliun di bulan Desember 2019. Nilai investasi industri ini juga terus meningkat dari Rp648,3 triliun di 2014 menjadi Rp1.141,8 triliun di 2019 lalu. Hasil riset Lifepal.co.id yang membandingkan laporan statistik asuransi OJK, menunjukkan bahwa pemulihan pendapatan premi bruto asuransi jiwa pada bulan Juni 2020 telah melebihi nilai pendapatan di bulan Juni 2019.

Harianhaluan.com / 12-09-2020

Pendapatan Premi Asuransi Pulih Cepat di Masa Pandemi

Industri asuransi di Indonesia telah berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Data statistik asuransi dari OJK menunjukkan, pertumbuhan aset terus meningkat sejak 2014 dari Rp807,7 triliun menjadi Rp1.325,7 triliun di bulan Desember 2019. Nilai investasi industri ini juga terus meningkat dari Rp648,3 triliun di 2014 menjadi Rp1.141,8 triliun di 2019 lalu. Hasil riset Lifepal.co.id yang membandingkan laporan statistik asuransi OJK, menunjukkan bahwa pemulihan pendapatan premi bruto asuransi jiwa pada bulan Juni 2020 telah melebihi nilai pendapatan di bulan Juni 2019.

Bantennews.co.id / 13-09-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.890

IHSG (per 11 September 2020)

   5.016,71

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Koran Jakarta, Republika, Tabloid Nova,  Antaranews.com, Akurat.com, Beritasatu.com, Batamclick.com, Bisnis.com, Bantennews.com, Cnnindonesia.com, Harianhaluan.com, Infobanknews.com, Infodesaku.co.id, Jawapos.com, Koranbumn.com, Kompastv.com, Kontan.co.id, Metrotvnews.com, Medcom.id, Republika.co.id, Reqnews.com, Suara.com, Sindonews.com, Tempo.co, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF