AAJI Daily News - 5 November 2020


Tanggal terbit (05 / 11 / 2020)

Kamis, 5 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Pembatasan Penjualan Unit-Linked
  2. Jangan Sepelekan Asuransi Kesehatan Demi Masa Depan
  3. Bank Dunia Sebut 2 Perusahaan Asuransi Tidak Penuhi Kewajiban, AAJI: Harus Ada Solusi
  4. Sun Life Hadir di Masa Pandemi
  5. Gandeng Traveloka, FWD Life Permudah Masyarakat Miliki Asuransi
  6. Buntut Kasus Jiwasraya, Trada Alam Minera (TRAM) dan Heru Hidayat Tak Tinggal Diam
  7. Divonis Bui Seumur Hidup & Denda Rp6 T, Bentjok Siap 'Perang'
  8. IFG Bertekad Perkuat Daya Saing Industri Asuransi
  9. Allianz Indonesia Raih Penghargaan Tingkat Asia Insurance Initiative of The Year
  10. Tiga Calon Kajati Pernah Tangani Kasus Jiwasraya
  11. Pakar: PN Perlu Jelaskan Alasan Tunda Praperadilan Nasabah WanaArtha
  12. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Harus Dilakukan Optimal
  13. Pimpinan DPRD Pekanbaru Ini Merasa Dibohongi Pihak Asuransi Prudential
  14. Selebrasi 25 Tahun, Prudential Salurkan Rp 5 Miliar Bangun Desa Maju Di Tangerang
  15. Pandemi, Penetrasi Meningkat

TENTANG AAJI

Pembatasan Penjualan Unit-Linked

AAJI menilai bahwa wacana pembatasan penjualan unit-linked bukan langkah yang tepat. Regulator dan industry pertama-tama perlu memetakan masalah dari penjualan produk tersebut, alih-alih membatasi pembelinya.

Bisnis Indonesia / 05-11-2020 Hal. 15

Jangan Sepelekan Asuransi Kesehatan Demi Masa Depan

Pandemi COVID-19 memberikan dampak di setiap sendi kehidupan masyarakat. Tingkat kesadaran masyarakat terhadap perencanaan kesehatan pun meningkat. AAJI melaporkan pertumbuhan pembayaran klaim dan manfaat industri asuransi jiwa sebesar 4,1 persen, menjadi Rp35,92 Triliun pada kuartal I 2020. Berbeda dengan Freddy Tuor, ia telah peduli akan kesehatan dirinya dan keluarga jauh sebelum COVID-19 dan memilih asuransi kesehatan, AXA Mandiri. Baginya, asuransi kesehatan bisa menjadi proteksi dalam menghadapi tantangan dan risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Akurat.co / 04-11-2020

Bank Dunia Sebut 2 Perusahaan Asuransi Tidak Penuhi Kewajiban, AAJI: Harus Ada Solusi

Sebelumnya AAJI mengharapkan adanya solusi mendesak untuk mengatasi permasalahan likuiditas yang mendera Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Keduanya disoroti Bank Dunia. Bank Dunia dalam laporan bertajuk 'Risiko Ekonomi Global dan Implikasi terhadap Indonesia' menyebutkan dua perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia dinilai tidak mampu memenuhi kewajiban. Beberapa pemegang polis asuransi Bumiputera 1912 merasa dipermainkan saat mengurus klaim asuransi yang sudah jatuh tempo.

Pikiran-rakyat.com / 04-11-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Sun Life Hadir di Masa Pandemi

PT Sun Life Financial Indonesia hadir untuk membantu para nasabah di masa pandemi Covid-19 melalui berbagai inovasi dan inisiatif. Perseroan juga telah siap masuk lebih dalam pada kanal pemasaran digital. Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty mencontohkan upaya Sun Life Indonesia untuk membangun infrastruktur Sun Connect. Berkat persiapan yang lebih dulu dimulai sebelum pandemi, kebijakan OJK terkait relaksasi PAYDI bisa cepat dimanfaatkan. Elin mengatakan, para agen pemasar menyambut antusias kehadiran Sun Connect pada Juni lalu walaupun diakui tidak mudah mengedukasi nasabah dengan layanan tersebut.

Investor Daily / 05-11-2020 Hal . 1&12

Gandeng Traveloka FWD Life Permudah Masyarakat Miliki Asuransi

PT FWD Life Indonesia dan Traveloka dengan dukungan PT Mitra Jasa Pratama (MJP) sebagai pialang Asuransi dan insurtech Qoala, meresmikan langkah bersama untuk membuat asuransi lebih mudah dijangkau melalui Traveloka Protect. Wakil Direktur Utama FWD Life Adit Trivedi mengatakan, melalui kerja sama ini, FWD Life terus memanfaatkan teknologi untuk menyediakan produk yang sederhana, praktis dan mudah dipahami para nasabah. Pihaknya ingin, produk asuransi tersebut dapat diakses dengan mudah, terjangkau dan menarik untuk semua orang.

Investor Daily / 05-11-2020 Hal. 23

Buntut Kasus Jiwasraya, Trada Alam Minera (TRAM) dan Heru Hidayat Tak Tinggal Diam

PT Trada Alam Minera Tbk. menyampaikan bahwa operasional perseroan beserta anak usahanya yaitu PT Gunung Bara Utama (GBU) tetap berjalan normal kendati tersangkut dengan kasus mega korupsi Jiwasraya.  Pihak TRAM, sebut Sekretaris Perusahaan Trada Alam Minera Asnita Kasmy saat ini telah mengajukan keberatan terhadap penyitaan tersebut. Adapun, penyitaan PT GBU terkait dengan kasus yang menimpa Komisaris Utama TRAM Heru Hidayat dalam kasus gagal bayar Jiwasraya.

Bisnis.com / 04-11-2020

Divonis Bui Seumur Hidup & Denda Rp6 T, Bentjok Siap 'Perang'

Terdakwa kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Benny Tjokrosaputro alias Bentjok akan menyampaikan memori banding dalam waktu dekat ini. Kuasa hukum Benny Tjokro, Muchtar Arifin saat dihubungi CNBC Indonesia menyampaikan, pihaknya saat ini sedang dalam proses mempersiapkan memori banding tersebut. Namun demikian, kata Muchtar, kuasa hukum masih kesulitan mendapat salinan putusan dari PN Jakarta Pusat meski tim kuasa hukum sudah mengajukan salinan tersebut.

Cnbcindonesia.com / 04-11-2020

IFG Bertekad Perkuat Daya Saing Industri Asuransi

Pemerintah resmi meluncurkan holding BUMN asuransi dan penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) guna memperkuat industri tersebut. Direktur Utama IFG Robertus BiIlitea mengatakan IFG membawa perubahan di bidang keuangan khususnya asuransi, investasi, dan penjaminan yang akuntabel, prudent, dan transparan. Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik lahirnya IFG. Menurutnya, IFG berperan sebagai pilar penting dalam industri keuangan Indonesia untuk menciptakan produk dan jasa layanan yang inovatif, cermat, tepat, dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Cnnindonesia.com / 04-11-2020

Allianz Indonesia Raih Penghargaan Tingkat Asia Insurance Initiative of The Year

Allianz Indonesia meraih penghargaan 'Insurance Initiative of the Year' di acara Insurance Asia Awards 2020 untuk program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan “Allianz Uang Duka”. Kedua program ini menyediakan akses solusi perlindungan asuransi yang mudah dan terjangkau. Kedua program ini menyediakan akses solusi perlindungan asuransi yang mudah dan terjangkau. Masyarakat akan mendapatkan manfaat proteksi sebagai bentuk implementasi dari strategi perusahaan memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia.

Kontan.co.id / 04-11-2020

Tiga Calon Kajati Pernah Tangani Kasus Jiwasraya

Enam jaksa lolos kualifikasi rekam jejak dan asesmen kompetensi dalam seleksi pemilihan kepala kejaksaan tinggi (kajati). Tiga di antaranya pernah menangani kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Tiga peserta yang pernah menangani kasus Jiwasraya, yakni Direktur Penyidikan (Dirdik) Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung), Febri Ardiansyah; Direktur Penuntutan (Dirtut) Jampidsus, Ida Bagus Nyoman Wismantanu; dan Direktur Eksekusi Jampidsus, M Rum.

Medcom.id / 04-11-2020

Pakar: PN Perlu Jelaskan Alasan Tunda Praperadilan Nasabah WanaArtha

Pakar Hukum Pidana Mudzakir menilai Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan perlu menjelaskan alasan penundaan sidang praperadilan gugatan nasabah Asuransi Jiwa WanaArtha selama tiga bulan. Nasabah WanaArtha sudah mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, namun gugatan gagal dikabulkan karena hakim menilai proses hukum sudah berjalan. Menurut Mudzakir, para nasabah boleh mengajukan praperadilan selaku pihak ketiga yang berkepentingan terhadap tindakan jaksa yang menyita aset nasabah.

Neraca.co.id / 04-11-2020

Restrukturisasi Polis Jiwasraya Harus Dilakukan Optimal

Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo mengatakan upaya Kementerian BUMN melakukan restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) patut diapresiasi. Kendati begitu, Irvan mengingatkan agar upaya restrukturisasi dilakukan dengan optimal agar memberikan kepastian bagi para nasabah. Irvan juga mendorong PMN senilai Rp 22 triliun dapat disalurkan kepada IFG Life yang kini bernama Indonesia Financial Group (IFG) untuk membayar dana nasabah. Irvan berharap dana PMN menjadi jawaban atas hak para nasabah dan menjadi jalan keluar atas segala persoalan yang mendera Jiwasraya.

Republika.co.id / 04-11-2020

Pimpinan DPRD Pekanbaru Ini Merasa Dibohongi Pihak Asuransi Prudential

Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri merasa telah dibohongi pihak asuransi selama hampir 10 tahun dirinya bergabung. Dia meminta kepada masyarakat yang bernasib sama dengan dirinya untuk melaporkan hal ini ke pihak legislatif. Azwendi meminta kepada pihak asuransi jangan mengelabui masyarakat dengan berbagai macam iming-iming, seperti investasi dan semacamnya namun ternyata sekian lama nasabah tidak mendapatkan keuntungan dari apa yang disampaikan saat marketing menawarkan nasabah untuk bergabung.

Riauaktual.com / 04-11-2020

Selebrasi 25 Tahun, Prudential Salurkan Rp 5 Miliar Bangun Desa Maju Di Tangerang

Lewat program Desa Maju Prudential yang berkolaborasi dengan Habitat for Humanity Indonesia, PT Prudential Life Assurance menyalurkan bantuan untuk wilayah prasejahtera di Mauk, Tangerang.  Bertepatan dengan perayaan usia Prudential yang ke-25 tahun, dana Rp 5 miliar disalurkan untuk membantu masyarakat Mauk hidup layak dan sejahtera. Karena itu, perseroan mendonasikan bantuan. Total Rp 5 triliun merupakan donasi yang disumbangkan. Dari jumlah itu, Rp 1,5 miliar dikumpulkan melalui event PRU25 Acteev Virtual Walk & Run-Charity for Desa Maju Prudential.

Rmco.id / 04-11-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Pandemi, Penetrasi Meningkat

Pandemi Covid-19 justru memicu penetrasi asuransi. Caranya, memanfaatkan teknologi. Direktur Pengawasan LJK 2 dan Manajemen Strategis KR4 OJK Jawa Timur Mulyanto mengakui, kinerja asuransi nasional mengalami kontraksi. Total penurunan aset asuransi nasional mencapai 17,8% pada kuartal III tahun ini jika dibandingkan dengan kuartal III tahun lalu. Pada periode tersebut, premi asuransi meningkat 16,4%. Asuransi harus bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk mendorong penetrasi market asuransi Indonesia yang masih rendah.

Jawa Pos / 05-11-2020 Hal. 3

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.565

IHSG (per 04 November 2020)

   5.105,20

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Jawa Pos, Akurat.co, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Neraca.co.id, Republika.co.id, Riauaktual.com, Rmco.id.

DOWNLOAD PDF