AAJI Daily News - 4 Mei 2020


Tanggal terbit (04 / 05 / 2020)

Senin, 4 Mei 2020  

HEADLINE NEWS

  1. [FOTO] Pembukaan AAJI Sportainment 2020
  2. Industri Asuransi Jiwa Bukukan Pendapatan Rp 243 Triliun pada 2019
  3. Kontribusi Asuransi Jiwa di Perekonomian Nasional
  4. Peserta Sebut Total Premi Ambles, AAJI: Unitlinked Bukan Murni Investasi
  5. Asuransi Sinar Mas Serahkan Bantuan Alkes
  6. Prudential Sediakan 50.000 Rapid Test
  7. Asuransi Sinar Mas dan Berau Coal Donasikan Alkes
  8. Asuransi Harus Cepat Beradaptasi
  9. Pandemi Covid-19 dan Pentingnya Asuransi Critical Illness
  10. Generali Luncurkan Fitur Sleep and Stress
  11. [FOTO] Allianz Life dan Bank Mestika Kerja Sama Asuransi Jiwa Kredit
  12. [FOTO] Manulife Peduli Covid-19
  13. Covid-19 Meluas, Manulife Lindungi Nasabah
  14. Unitlink Berikan Hasil Optimal Dalam Jangka Panjang
  15. Unitlink Masih Jadi Produk Andalan Asuransi Jiwa
  16. Pasar Unitlink Syariah Masih Sangat Besar
  17. Satrio Wicaksono Merasa Terarahkan ke Asuransi Syariah
  18. [FOTO] Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas Luncurkan Simas Legacy Plan
  19. [FOTO] Prudential Indonesia Adakan Journalist Mesterclass 2020
  20. Prudential-Halodoc Sediakan 50 Ribu Rapid Test Covid-19
  21. FWD Life Berkolaborasi dengan Traveloka untuk Perkenalkan Asuransi Perlindungan COVID-19
  22. Aplikasi Asuransi Ini Bisa 'Deteksi' Gejala Corona
  23. Prudential Indonesia gelar rapid test Covid-19 bersama Halodoc
  24. Manfaatkan Aplikasi Pulse, Prudential Indonesia dan Halodoc Sediakan 50.000 Rapid Test Covid-19 Tanpa Biaya
  25. Nilai Investasi Unitlinked Saham Anjlok, Bos Prudential Ingatkan Profil Risiko
  26. Tiga Produk Allianz Life Syariah, Tidak Hanya Melindungi, Juga Bisa Berbagi
  27. Dua Produk Generali Syariah, Melindungi dan Memudahkan Nasabah Berbagi
  28. Kuartal I/2020, Laba Generali Syariah Bertumbuh 11 Persen
  29. Halodoc dan Prudential Beri 50.000 Rapid Test Covid-19 Gratis, Begini Caranya
  30. Allianz Life catatkan kinerja produk tradisional masih tumbuh signifikan

TENTANG AAJI

[FOTO] Pembukaan AAJI Sportainment 2020

AAJI membuka acara AAJI Sportaiment di Hall A Basket Plaza Festival Kuningan, Jakarta pada 1 Maret. Acara tahunan yang diikuti oleh seluruh perusahaan asuransi jiwa dan reasuransi anggota AAJI tersebut berisi berbagai kegiatan, olahraga, dan kesenian.

Media Asuransi / Ed. April 2020 Hal. 63

Industri Asuransi Jiwa Bukukan Pendapatan Rp 243 Triliun pada 2019

AAJI memaparkan kinerja industri asuransi jiwa tahun 2019 mencatat pertumbuhan pendapatan industri asuransi jiwa meningkat sebesar 18,7 persen atau dari sebesar Rp204,89 triliun di 2018 menjadi Rp243,20 triliun di 2019. Pencapaian tersebut dihimpun dari 59 anggota dari total 60 perusahaan asuransi jiwa.

Media Asuransi / Ed. April 2020 Hal. 30

Kontribusi Asuransi Jiwa di Perekonomian Nasional

AAJI mengawali awal tahun dengan mengadakan kegiatan bertemakan AAJI Media Workshop bagi para wartawan pada 28-29 Februari 2020 di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dalam acara tersebut, Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyampaikan jika industri asuransi jiwa terus mengalami pertumbuhan dalam 10 tahun terakhir. Dengan kata lain, industri asuransi jiwa berkonrtibusi positif pada ekonomi nasional.

Media Asuransi / Ed. Maret 2020 Hal. 51

Peserta Sebut Total Premi Ambles, AAJI: Unitlinked Bukan Murni Investasi

Nasabah perusahaan asuransi terkait investasi (unitlinked) diingatkan membaca polis yang dimiliki karena memiliki konsekunsi untung dan rugi. Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Budi Tampubolon menuturkan investasi di tengah perlambatan ekonomi seperti saat ini akan mengalami penurunan nilai signifikan terutama untuk asuransi berbalut investasi berbasis saham.

Bisnis.com / 02-05-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Asuransi Sinar Mas Serahkan Bantuan Alkes

Asuransi Sinar Mas melalui kantor Marketing Point Agency Dolok Sanggul dan Rumah Kreatif Sinar Mas menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk dokter dan perawat di RSUD Dolok Sanggul dan 12 puskesmas di Kabupaten Hambang Hasudutan. Bantuan yang diserahkan ke RSUD Dolok Sanggul berupa 1.000 tablet multivitamin, 1.000 pcs sarung tangan, dan 40 pcs masker N95. Sedangkan untuk 12 puskesmas 2.760 tablet multivitamin, 2.400 pcs sarung tangan, 1.200 masker medis, 600 pcs masker kain dan 60 pcs masker N95.

Suara Pembaruan / 04-05-2020 Hal. 5

Prudential Sediakan 50.000 Rapid Test

PT Prudential Life Assurance menggandeng Halodoc dalam penyediaan layanan tes diagnostik cepat Covid-19 (rapid test) tanpa biaya bagi 50.000 warga Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi Pulse by Prudential. Untuk dapat mengikuti test, masyarakat diminta untuk mengunduh aplikasi kesehatan Pulse by Prudential yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Suara Pembaruan / 03-05-2020 Hal.5

Asuransi Sinar Mas dan Berau Coal Donasikan Alkes

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pandemi Covid-19 dan juga tanggung jawab sosial perusahaan, Asuransi Sinar Mas melalui Kantor Marketing Point Agency Dolok Sanggul dan Rumah Kreatif Sinar Mas menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes) untuk dokter dan perawat di RSUD Dolok Sanggul dan 12 Puskesmas di Kabupaten Humbang Hasundutan.

HE Neraca / 04-05-2020 Hal. 4

Asuransi Harus Cepat Beradaptasi

Meski industri asuransi menghadapi tantangan berat, Presiden Direktur Prudential Indoensia Jens Reisch optimistis bisa mengail peluang. Salah satu terobosannya ialah memberikan perlindungan khusus untuk kasus Covid-19 bagi seluruh nasabah. Jika ada nasabah yang tertular Covid-19, dia akan menerima hospital cash plan Rp1 juta per hari dan kalau meninggal akan diberikan santunan hingga Rp250 juta.

Koran Tempo / 04-05-2020 Hal. 21

Pandemi Covid-19 dan Pentingnya Asuransi Critical Illness

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini semakin menyadarkan kita pentingnya menjaga kesehatan dan menyiapkan langkah mitigasi, termasuk dari sisi keuangan. Saat pandemi ini, asuransi kesehatan khususnya critical illness merupakan hal yang penting. Presiden Direktur Cigna Indonesia Phil Reynolds mengatakan, biaya kesehatan untuk penyakit kritis sangat mahal. Dia pun mengingatkan soal pentingnya asuransi kesehatan mengingat biaya kesehatan selalu naik.

Media Asuransi / Ed. April 2020 Hal. 8-9

Generali Luncurkan Fitur Sleep and Stress

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meluncurkan fitur sleep and stress yang akan membantu nasabah mengenali profil tidur, tingkat ketahanan & toleransi terhadap stress serta potensi gangguan tidur sesuai dengan DNA masing-masing. Layanan ini merupakan fitur terbaru dari Generali DNA Journal yang juga mampu memberikan analisa variasi genetik terhadap kebutuhan nutrisi, sensitivitas pada kandungan makanan sertah hal-hal umum lainnya yang menyangkut stamina dan kesehatan tubuh.

Media Asuransi / Ed. April 2020 Hal. 63

[FOTO] Allianz Life dan Bank Mestika Kerja Sama Asuransi Jiwa Kredit

Manajemen Allianz Life Indonesia dan Bank Mestika foto bersama pada acara Strategic Planning dan Perluasan Perlindungan Asuransi Jiwa KPR Bank Mestika di Medan baru-baru ini.

Media Asuransi / Ed. April 2020 Hal. 65

[FOTO] Manulife Peduli Covid-19

Nasabah lama yang meninggal dunia karena Covid-19 akan mendapat tambahan perlindungan sebesar Rp 100 juta. Nasabah baru yang ambil asuransi kesehatan atau asuransi jiwa mulai tanggal 10 Maret 2020, akan mendapat tambahan perlindungan sebesar Rp 200 juta.

Media Asuransi / Ed. April 2020 Hal. 65

Covid-19 Meluas, Manulife Lindungi Nasabah

Merespon merebaknya penyebaran virus corona, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia memperluas manfaat perlindungan bagi nasabah. Director & Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita Rumngangun menjelaskan bahwa Manulife Indonesia mengalokasikan dana Rp 10 miliar untuk seluruh pertanggungan karena terdiagnosa Covid-19 dan tutup usia dengan periode waktu sampai 31 Mei 2020. Perlindungan berlaku untuk semua nasabah, baik yang di dalam maupun luar negeri.

Media Asuransi / Ed. April 2020 Hal. 65

Unitlink Berikan Hasil Optimal Dalam Jangka Panjang

Produk asuransi jiwa senantiasa disebut produk jangka panjang. Termasuk di dalamnya produk utilink yang sering digunakan sebagai pilihan investasi sekaligus proteksi oleh nasabah. Hasil kajian LRMA menunjukkan bahwa dalam jangka panjang, yakni sembilan tahun data NAB per Desember 2019 dibandingkan per Desember 2010 terlihat secara pertumbuhan NAB cukup tinggi. Hal ini tentu saja sesuai jika utilink digunakan para nasabah asuransi sebagai instrumen investasi yang memberikan hasil optimal.

Media Asuransi / Ed. Maret 2020 Hal. 8-9

Unitlink Masih Jadi Produk Andalan Asuransi Jiwa

Industri asuransi jiwa masih agresif menyediakan produk berbasis investasi atau utilink ini menarik karena selain sebagai instrumen proteksi, namun juga sarana investasi. Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank 2B OJK Bambang W Budiawan menyampaikan rasa optimis industri asuransi akan tumbuh dengan baik pada 2020. Portofolio premi asuransi jiwa akan tetap didominasi oleh produk yang dikaitkan dengan investasi atau utilink.

Media Asuransi / Ed. Maret 2020 Hal. 10-11

Pasar Unitlink Syariah Masih Sangat Besar

Perlindungan berbasis investasi atau utilink syariah semakin menarik perhatian masyarakat dalam berasuransi. Ketua Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Ahmad Sya'roni mengatakan, utilink di asuransi syariah sejauh ini masih memberikan return investasi yang lebih baik dari utilink konvensional. Secara potensi, Direktur PT Allianz Life Indoensia, Karin Zulkarnaen menuturkan pasar asuransi ini di Indonesia masih besar sekali. Namun masalahnya masih pada edukasi masyarakat untuk berasuransi syariah.

Media Asuransi / Ed. Maret 2020 Hal. 12-13

Satrio Wicaksono Merasa Terarahkan ke Asuransi Syariah

Ikut serta mengembangkan industri perasuransian syariah tampaknya sudah menjadi fokus utama Head of Syariah PT FWD Life Indonesia, Satrio Wicaksono dalam menjalani karirnya. Bahkan saat berniat bergabung dengan perusahaan ini, dirinya benar-benar mendedikasikan untuk asuransi berlandaskan ajaran Islam ini. Ia menjelaskan jika selama ini secara sadar atau tidak sadar dirinya seperti terarahkan untuk berkarir di asuransi berbasis Islam ini.

Media Asuransi / Ed. Maret 2020 Hal, 45

[FOTO] Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas Luncurkan Simas Legacy Plan

Direktur PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Gideon dan Direktur PT Bank Sinarmas Tbk Miko Andidjaja bersama meluncurkan Simas Legacy Plan di Plaza Simas Tanah Abang pada 5 Februari 2020 lalu. Produk baru bancassurance ini merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap risiko ekonomi akibat kematian.

Media Asuransi / Ed. Maret 2020 Hal. 58

[FOTO] Prudential Indonesia Adakan Journalist Mesterclass 2020

Dalam rangka memberikan informasi kepada wartawan terkait situasi perekonomian Indonesia, Prudential Indonesia mengadakan "Journalist Masterclass 2020" di Jakarta (21/2). Para pembicara foto di sela-sela acara yakni Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia Luskito Hambali, Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi dan Chief Strategy Officer Prudential Indonesia Paul Setio Kartono.

Media Asuransi / Ed. Maret 2020 Hal. 62

Prudential-Halodoc Sediakan 50 Ribu Rapid Test Covid-19

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meningkatkan kerja sama dengan Halodoc melalui penyediaan layanan tes diagnostik cepat covid-19 (rapid test) tanpa biaya bagi 50 ribu warga Jakarta dan Surabaya. Langkah itu dilakukan melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse).

Medcom.id / 30-04-2020

FWD Life Berkolaborasi dengan Traveloka untuk Perkenalkan Asuransi Perlindungan COVID-19

PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”) dan Traveloka berkolaborasi untuk menjangkau lebih banyak orang serta keluarganya dengan menyediakan perlindungan agar merasa aman dan terlindungi di tengah pandemi ini. Melalui kolaborasi ini, pengguna Traveloka dapat mengakses www.ifwd.co.id dengan mudah melalui aplikasi Traveloka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk beserta manfaatnya yang secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Okezone.com / 30-04-2020

Aplikasi Asuransi Ini Bisa 'Deteksi' Gejala Corona

Presiden Direktur Prudential Indonesia Jens Reisch menjelaskan aplikasi Pulse merupakan aplikasi kesehatan digital yang menghadirkan pengelolaan kesehatan dan didukung oleh teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) untuk membantu pengguna meningkatkan gaya hidup sehat mereka dan memberikan akses ke layanan kesehatan kapan pun dimana pun.

Detik.com / 01-05-2020

Prudential Indonesia gelar rapid test Covid-19 bersama Halodoc

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meningkatkan kerja sama dengan Halodoc dengan menyediakan layanan tes diagnostik cepat COVID19 (rapid test) tanpa biaya bagi 50.000 warga Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse).

Indotelko.com / 01-05-2020

Manfaatkan Aplikasi Pulse, Prudential Indonesia dan Halodoc Sediakan 50.000 Rapid Test Covid-19 Tanpa Biaya

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meningkatkan kerja sama dengan Halodoc, salah satu penyedia layanan kesehatan berbasis online asal Indonesia, dengan menyediakan layanan tes diagnostik cepat COVID19 (rapid test) tanpa biaya bagi 50.000 warga Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse).

Kontan.co.id / 01-05-2020

Nilai Investasi Unitlinked Saham Anjlok, Bos Prudential Ingatkan Profil Risiko

Nasabah pemegang polis asuransi berbalut investasi atau unitlinked diimbau untuk memperhatikan profil risiko dalam produk yang dipilih karena perekonomian dalam tekanan. Jens Reisch, President Director PT Prudential Life Assurance menuturkan pandemi virus corona atau Covid-19 telah membawa dampak bagi pelaku bisnis termasuk industri asuransi. Meski begitu, pihaknya memastikan memberikan kepastian perlindungan bagi pemegang polis perusahaan.

Bisnis.com / 02-05-2020

Tiga Produk Allianz Life Syariah, Tidak Hanya Melindungi, Juga Bisa Berbagi

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menyiapkan tiga produk asuransi syariah unggulan, yang dapat melindungi para nasabahnya sekaligus memudahkan untuk berbagi kebaikan. Di antaranya adalah asuransi jiwa unit link AlliSya Protection Plus, Flexi Critical Illness Syariah, Hospital and Surgical Care Premier Syariah X, serta Fitur Wakaf pada produk Allisya Protection Plus.

Bisnis.com / 03-05-2020

Dua Produk Generali Syariah, Melindungi dan Memudahkan Nasabah Berbagi

CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman menjelaskan saat ini pihaknya tengah fokus pada produk syariah yang telah dipasarkan melalui jalur distribusi keagenan, yakni iPLAN Syariah dan iSALAAM. iPLAN Syariah merupakan produk asuransi jiwa unit link berbasis syariah dengan 3 keunggulan. Sementara itu iSALAAM adalah produk asuransi jiwa tradisional yang dilengkapi dengan fitur wakaf dan memberikan perlindungan hingga usia 99 tahun.

Bisnis.com / 03-05-2020

Kuartal I/2020, Laba Generali Syariah Bertumbuh 11 Persen

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) mencatat pertumbuhan laba bersih unit usaha syariah mengalami pertumbuhan sebesar 11 persen secara tahunan. Guna menjaga kinerja positif tersebut, sepanjang bulan Ramadan ini, Generali akan memperkuat komunikasi islami khususnya yang terkait dengan produk-produk syariah, baik melalui media nasional maupun media sosial.

Bisnis.com / 03-05-2020

Halodoc dan Prudential Beri 50.000 Rapid Test Covid-19 Gratis, Begini Caranya

PT Prudential Life Assurance bekerja sama dengan Halodoc menyediakan layanan tes diagnostik cepat atau rapid test Covid-19 gratis bagi 50.000 warga Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi Pulse. Pengguna dapat mengetahui kemungkinan paparan terhadap virus, mendaftarkan diri untuk mengikuti rapid test, hingga berkonsultasi dengan dokter gratis.

Kompas.com / 03-05-2020

Allianz Life catatkan kinerja produk tradisional masih tumbuh signifikan

PT Asuransi Allianz Life Indonesia mencatat penjualan produk tradisional Allianz masih bertumbuh signifikan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Hal itu ditopang oleh berbagai kanal distribusi karena adanya kebutuhan dan perlindungan asuransi yang beragam.

Kontan.co.id / 03-05-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.882

IHSG (per 30 April 2020)

  4.716,40

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Suara Pembaruan, Media Asuransi, Bisnis.com, Detik.com, Medcom.id, Okezone.com, Indotelko.com, Kompas.com, Kontan.co.id.

DOWNLOAD PDF