AAJI Daily News - 23 Maret 2020


Tanggal terbit (23 / 03 / 2020)

Senin, 23 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Siap Menanggung Covid-19
  2. Penjualan Unitlink Bisa Terhempas Korona
  3. Kasus Corona Melonjak, Industri Asuransi Jiwa Perlu Stimulus
  4. Terdampak Corona, Ini Cara Asuransi Jiwa Menjaga Kinerja
  5. Dibayangi corona, premi asuransi jiwa terancam turun
  6. Eksekusi Pekerjaan Bakal Lancar
  7. Ratusan Tanah Tersangka Disita
  8. Asuransi Jiwa Siapkan Mitigasi
  9. BRI Life Terapkan Kerja dari Rumah
  10. Ada Corona, Manulife Perluas Perlindungan Nasabah
  11. Kelola Dana Rp40 Triliun, Begini Strategi Allianz Tangkal Anjloknya IHSG
  12. Terapkan work from home, Allianz: Layanan nasabah tetap berjalan normal
  13. Manulife Proteksi Nasabah Terinfeksi Covid-19
  14. Perangi Corona, Asuransi BRI Life Maksimalkan Layanan Call Center dan Email
  15. Manulife Perluas Perlindungan Bagi Nasabah di Tengah Wabah Covid-19
  16. Wabah COVID-19, Begini Pembagian Sistem Bekerja dari Rumah
  17. Corona Meluas, Manulife Siapkan Dana Pertanggungan Puluhan Triliun
  18. MNC Life Adakan Health Talk Bahas Cara Mengatasi Virus Corona
  19. Instrumen Fix Income, Strategi Investasi Allianz di 2020
  20. Polis Asuransi Kresna Sudah Jatuh Tempo, Dana Belum Dicairkan
  21. Kembalikan Dana “Deposito” AXA Mandiri Saya Beserta Bunga Selama 7 Tahun!
  22. Allianz Indonesia Berikan Penawaran Spesial bagi Nasabah KPR Bank Mestika
  23. Rencana Pelunasan Klaim AJB Bumiputera Diajukan Sejak Desember ke OJK, Apa Kabarnya?
  24. Allianz Life Indonesia sediakan fasilitas untuk cover nasabah yang terinfeksi corona
  25. Kurangi risiko corona, Manulife Indonesia beri perlindungan tambahan

TENTANG AAJI

Siap Menanggung Covid-19

Sebanyak 90 perusahaan dari total 60 perusahaan asuransi anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berkomitmen melindungi nasabah dari wabah tersebut. Menurut Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu, dalam polis kesehatan ada pengecualian untuk penyakit-penyakit yang epidemi. Jika suatu penyakit dikategorikan sebagai epidemi, perusahaan asuransi bisa tidak meng-cover, namun sebagian besar anggota AAJI tetap menanggung COVID-19.

Jawa Pos / 21-03-2020 Hal. 3

Penjualan Unitlink Bisa Terhempas Korona

Sejumlah daerah yang terpapar corona (Covid-19) memaksa asuransi membatasi kegiatan operasionalnya dan jika terus berlanjut dikhawatirkan mengganggu bisnis industri. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai hal ini berpotensi pada penurunan pendapatan premi industri asuransi jiwa. Meski demikian, para pemain asuransi tidak akan tinggal diam.

Kontan / 21-03-2020 Hal. 20

Kasus Corona Melonjak, Industri Asuransi Jiwa Perlu Stimulus

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menyatakan bahwa dalam kondisi seperti saat ini, kesehatan keuangan perlu menjadi perhatian dari setiap perusahaan asuransi jiwa. Gejolak perekonomian akibat Covid-19 dinilai akan turut memengaruhi industri asuransi jiwa. Menurut Togar, industri memerlukan sejumlah stimulus dari pemerintah dan OJK agar tetap dapat mempertahankan kinerja.

Bisnis.com / 19-03-2020

Terdampak Corona, Ini Cara Asuransi Jiwa Menjaga Kinerja

Penerapan teknologi digital dinilai sebagai salah satu upaya mitigasi bagi industri asuransi jiwa untuk dapat mempertahankan kinerja dan pelayanan di tengah penyebaran virus Corona. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai bahwa penyebaran virus Corona atau Covid-19 akan turut memengaruhi kinerja industri asuransi jiwa.

Bisnis.com / 19-03-2020

Dibayangi corona, premi asuransi jiwa terancam turun

Sejumlah daerah yang terpapar corona (Covid-19) memaksa asuransi membatasi kegiatan operasionalnya dan jika terus berlanjut dikhawatirkan mengganggu bisnis industri. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai hal ini berpotensi pada penurunan pendapatan premi industri asuransi jiwa. Meski demikian, para pemain asuransi tidak akan tinggal diam.

Kontan.co.id / 20-03-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Eksekusi Pekerjaan Bakal Lancar

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengalami perubahan susunan direksi dengan masuknya tiga nama baru. Perubahan tersebut dinilai akan membuat eksekusi pekerjaan lebih baik. Perubahan tersebut dilakukan oleh Kementerian BUMN selaku pemegang saham utama dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). Dalam rapat tersebut berbuah keputusan untuk menambah susunan direksi Jiwasraya.

Bisnis Indonesia / 21-03-2020 Hal. 8

Ratusan Tanah Tersangka Disita

Kejaksaan Agung telah memasang plat sita terhadap 836 bidang tanah di Kabupaten Lebak, Tangerang dan Bogor, terkait dengan penanganan kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengungkapkan bahwa semua plang sita tersebut dipasang di atas tanah milik tersangka Benny Tjokrosaputro.

Bisnis Indonesia / 21-03-2020 Hal. 16                   

Asuransi Jiwa Siapkan Mitigasi

Perusahaan asuransi jiwa menyiapkan langkah mitigasi risiko menyusul gejolak yang terjadi di pasar modal di tengah berlangsungnya pandemi corona di Indonesia dan dunia. Chief Investment Officer PT Prudential Life Assurance Novi Imelda menyebutkan pihaknya telah bekerja sama dengan Eastpiring Investment Indonesia untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam meminimalisir risiko dana investasi yang dikelola.

Bisnis Indonesia / 21-03-2020 Hal. 19

BRI Life Terapkan Kerja dari Rumah

PT. Asuransi BRI Life siap mematuhi arahan dan ketentuan regulator dan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Untuk itu, terkait dengan implementasi work from home (WFH) atau kerja dari rumah, Asuransi BRI Life menerapkan hal tersebut di seluruh wilayah unit kerja kantor pusat  Jakarta dan kantor-kantor layanan di seluruh Indonesia.

Beritasatu.com / 19-03-2020                                   

Ada Corona, Manulife Perluas Perlindungan Nasabah

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) memperluas manfaat perlindungan bagi nasabah yang terinfeksi virus corona atau Covid-19. Director & Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita Rumngangun menjelaskan Manulife Indonesia mengalokasikan dana Rp10 miliar untuk seluruh pertanggungan karena terdiagnosa Covid-19 dan tutup usia dengan periode waktu sampai dengan 31 Mei 2020.

Bisnis.com / 19-03-2020

Kelola Dana Rp40 Triliun, Begini Strategi Allianz Tangkal Anjloknya IHSG

Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia Ni Made Daryanti menjelaskan turunnya pasar saham saat ini berdampak juga terhadap kinerja dana kelolaan Allianz. Terutama untuk penempatan di saham. Made memaparkan kebijakan protokol krisis dan strategi investasi yang dijalankan, sudah mencakup skenario analisis sensitivitas dan akan selalu mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku.

Bisnis.com / 19-03-2020

Terapkan work from home, Allianz: Layanan nasabah tetap berjalan normal

Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan, pandemi virus corona (COVID-19) saat ini tidak berdampak terhadap bisnisnya. Sebab, Allianz senantiasa memberikan pelayanan juga telah sigap dalam menghadapi kondisi tersebut. Saat ini Allianz turut menyediakan berbagai layanan berbasis digital yang dapat digunakan nasabah secara mandiri.

Kontan.co.id / 19-03-2020

Manulife Proteksi Nasabah Terinfeksi Covid-19

Merespons merebaknya penyebaran virus korona, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) memperluas manfaat perlindungan bagi nasabah. Director & Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita Rumngangun di Jakarta, Kamis (19/3), menjelaskan Manulife Indonesia mengalokasikan dana 10 miliar rupiah untuk seluruh pertanggungan karena terdiagnosa covid-19 dan tutup usia dengan periode waktu sampai dengan 31 Mei 2020.

Koran-jakarta.com / 19-03-2020

Perangi Corona, Asuransi BRI Life Maksimalkan Layanan Call Center dan Email

Guna mengurangi potensi penyebaran virus Corona (COVID-19), pemerintah meminta masyarakat untuk membatasi mobilitasnya. PT Asuransi BRI Life pun menyatakan kesiapannya mematuhi arahan dan ketentuan regulator tersebut. Manajemen menyatakan menerapkan implementasi Work From Home (WFH) dengan tetap menjaga kualitas pelayanan kepada nasabah. Caranya melalui pemaksimalan layanan call center 1500087 mulai pukul 7.30 – 19.00 WIB -kecuali hari Libur- dan email cs@brilife.co.id.

Sindonews.com / 19-03-2020

Manulife Perluas Perlindungan Bagi Nasabah di Tengah Wabah Covid-19

Merebaknya penyebaran virus Corona, membuat PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) memperluas manfaat perlindungan bagi nasabahnya. Manulife Indonesia mengalokasikan dana Rp 10 miliar untuk seluruh pertanggungan karena terdiagnosa Covid-19 dan tutup usia dengan periode waktu sampai dengan 31 Mei 2020. Dijelaskan Director and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita Rumngangun, perlindungan terhadap Covid-19 yang diberikan berlaku untuk semua nasabah Manulife Indonesia.

Tribunnews.com / 19-03-2020

 

Wabah COVID-19, Begini Pembagian Sistem Bekerja dari Rumah

Pemerintah meminta untuk menerapkan sistem bekerja dari rumah (work from home) guna menekan penyebaran wabah Virus Corona. Kepala Divisi Corporate Secretary BRI Life, Hardy Nurhadi, mengaku Mekanisme work from home dilakukan dengan menjalankan operasional sesuai kelompok kerja yang telah dibentuk, untuk bekerja di lokasi yang berbeda. Sedangkan OJK mewajibkan 70 persen karyawannya untuk bekerja dari rumah, namun tetap menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi atau virtual.

Viva.co.id / 19-03-2020

Corona Meluas, Manulife Siapkan Dana Pertanggungan Puluhan Triliun

Merebaknya penyebaran virus Corona, membuat PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) memperluas manfaat perlindungan bagi nasabahnya. Manulife Indonesia mengalokasikan dana Rp 10 miliar untuk seluruh pertanggungan karena terdiagnosa Covid-19 dan tutup usia dengan periode waktu sampai dengan 31 Mei 2020. Dijelaskan Director and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita Rumngangun, perlindungan terhadap Covid-19 yang diberikan berlaku untuk semua nasabah Manulife Indonesia.

Wartaekonomi.co.id / 19-03-2020

MNC Life Adakan Health Talk Bahas Cara Mengatasi Virus Corona

MNC Kapital dan MNC Life bersama RS Siloam menyelenggarakan kegiatan Health Talk dengan tema 'Cara Mengatasi Corona Virus'. Direksi MNC Life sekaligus Chief Marketing Officer MNC Asset, Febriyani S Yahya menjelaskan, acara Health Talk ini dilaksanakan karena sebagai wujud kepedulian MNC Life kepada masyarakat.

Sindonews.com / 20-03-2020

Instrumen Fix Income, Strategi Investasi Allianz di 2020

Pada tahun 2020, Allianz akan fokus berinvestasi di instrumen fix income seperti SUN serta tetap optimistis dapat meningkatkan penjualan segmen unitlink mengingat penetrasi asuransi di Indonesia masih belum terlalu tinggi baru mencapai 3% dari PDB.

Cnbcindonesia.com / 21-03-2020

Polis Asuransi Kresna Sudah Jatuh Tempo, Dana Belum Dicairkan

Seorang pemegang polis asuransi jiwa Kresna dengan nomor polis 121290301 dan 121290301 mengatakan sudah jatuh tempo pada tanggal 09 Maret 2020. Tetapi sampai dengan saat ini, dana tersebut belum juga dicairkan ke rekening.

Detik.com / 21-03-2020

Kembalikan Dana “Deposito” AXA Mandiri Saya Beserta Bunga Selama 7 Tahun!

Seorang bernama Paris Sitohang dengan nomor polis 513- 6504817 pada AXA Mandiri menyampaikan keluhan terkait deposito ke AXA Mandiri dengan keterangan bunga yang lebih tinggi. Setelah mengirimkan keluhan melalui email ke AXA Mandiri, ia mendapatkan telepon dari AXA Mandiri dan disampaikan bahwa polis tersebut bukan polis Deposito melainkan polis pertanggungan jiwa dan asuransi kesehatan.

Mediakonsumen.com / 21-03-2020

Allianz Indonesia Berikan Penawaran Spesial bagi Nasabah KPR Bank Mestika

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank Mestika Dharma Tbk (Bank Mestika) memperkuat kerja sama strategis untuk memberikan penawaran spesial dan kemudahan dalam persyaratan pemberian perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah Bank Mestika yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan. Kerja sama yang telah terjalin sejak tahun 2014 ini telah melindungi seluruh nasabah pinjaman pembiayaan KPR Bank Mestika.

Suaramerdeka.com / 21-03-2020

Rencana Pelunasan Klaim AJB Bumiputera Diajukan Sejak Desember ke OJK, Apa Kabarnya?

Manajemen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera menyusun rencana menjual aset properti untuk menyicil uang nasabah. Rencana itu telah disampaikan semenjak akhir 2019 lalu. Manajemen AJB Bumiputera juga telah memerintahkan cabang untuk membuat sistem antrean agar nasabah dapat memperoleh kepastian jadwal pencairan premi. Namun hingga pekan ketiga Maret ini, aksi manajemen dalam mencicil klaim nasabah belum juga terwujud.

Bisnis.com / 22-03-2020

Allianz Life Indonesia sediakan fasilitas untuk cover nasabah yang terinfeksi corona

Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan, pihaknya telah menyediakan fasilitas cashless untuk rawat inap maupun rawat jalan bagi nasabah yang berobat di rumahsakit ataupun klinik rujukan. Ia menambahkan, hingga saat ini Allianz telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 klinik ataupun rumahsakit yang tersebar di wilayah Indonesia.

Kontan.co.id / 22-03-2020

Kurangi risiko corona, Manulife Indonesia beri perlindungan tambahan

Director & Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita Rumngangun mengatakan, guna menangani wabah corona, Manulife telah menjalin kerjasama dengan 800 rumahsakit di Indonesia serta 40 rumahsakit rekanan di Singapura, Malaysia, Kamboja, juga Vietnam. Manulifeakan mengalokasikan dana Rp 10 miliar untuk seluruh pertanggungan karena terdiagnosa corona.

Kontan.co.id / 22-03-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.960

IHSG (per 20 Maret 2020)

   4.194,94

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Jawa Pos, Kontan, Bisnis.com, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Kontan.co.id, Koran-jakarta.com, Mediakonsumen.com, Sindonews.com, Suaramerdeka.com, Tribunnews.com, Viva.co.id, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF