AAJI Daily News - 4 Desember 2020


Tanggal terbit (04 / 12 / 2020)

Jumat, 4 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Premi Asuransi Jiwa Korporasi Menurun
  2. Industri Asuransi Harus Adaptif
  3. Digitalisasi Manulife
  4. Manulife Fokus Beri Solusi Perancangan Keuangan
  5. Generali Gelar Dongeng Online untuk Anak Indonesia
  6. Covid-19, Manulife Fokuskan Kebutuhan Proteksi Keuangan dan Kesehatan Nasabah
  7. Digitalisasi Manulife
  8. Asuransi Berkait Investasi
  9. Penyelesaian Jiwasraya Menyeret BUMN Lain
  10. Bumiputera Janji Bayar Klaim Polis di Bawah Rp 10 Juta
  11. Digitalisasi di Perusahaan Asuransi
  12. Manulife Peduli Kesehatan Nasabah
  13. Keluhan Polis Bisa Diajukan Ke Perusahaan Asuransi
  14. Jiwasraya Tawarin Tiga Produk Asuransi Baru
  15. Manulife Peduli Kesehaan Nasabah
  16. Restrukturisasi polis, nasabah Jiwasraya minta diperlakukan adil
  17. Jiwasraya Siapkan 3 Produk Baru bagi Nasabah yang Setuju Restrukturisasi
  18. Butuh Upaya Khusus Agar Penyelamatan Jiwasraya Tak Bermasalah Lagi
  19. Chubb Life adopsi e-Claim
  20. Hingga November 2020, Manulife Indonesia Bayar Klaim Nasabah Rp 54,5 Miliar
  21. Masalah kesehatan dan tantangan ekonomi jadi bagian dari fokus Manulife di 2021
  22. Restrukturisasi Produk Saving Plan Asuransi Jiwasraya, ini Skema Lengkapnya
  23. AIA dan Gojek Hadirkan Solusi Proteksi Mudah & Terjangkau di Masa Pandemi
  24. Manulife Bayarkan Klaim Rp 4 T, Fokus Layani Konsumen saat Covid-19
  25. Prudential Indonesia dan UNICEF Rilis Buku Gemilang Edisi Khusus untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Anak Papua
  26. Kejagung Periksa Kacab Honda Daan Mogot Terkait Kasus Jiwasraya

TENTANG AAJI

Premi Asuransi Jiwa Korporasi Menurun

Segmen korporasi industri asuransi jiwa mengalami perlambatan di tengah pandemi corona (Covid-19). Hal ini tercermin dari data AAJI yang menunjukkan total uang pertanggungan kumpulan mencapai Rp 2,15 triliun pada September 2020. Nilai itu mencerminkan penurunan 3,6% year on year (yoy) dari September 2019 senilai Rp 2,23 triliun. Hal ini tidak terlepas dari total polis kumpulan yang turun 31,95% yoy dari 768.587 menjadi 523.356 polis.

Kontan.co.id / 03-12-2020

Industri Asuransi Harus Adaptif

AAJI mencatat terjadi peningkatan perolehan premi sebesar 2,5% pada triwulan III 2020 menjadi Rp45,29 triliun. Hal ini menyiratkan terjadi perbaikan seiring dengan tren pemulihan ekonomi nasional. Meski demikian, pelaku industri asuransi jiwa dituntut bersikap adaptif guna menjaga kinerjanya, juga harus mampu membaca perubahan konsumen yang terjadi serta melakukan digitalisasi layanan kepada nasabah. Mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri, menyatakan masalah kesehatan dan keselamatan masyarakat masih menjadi kunci utama pemulihan ekonomi tahun depan.

Media Indonesia / 04-12-2020 Hal. 11

INDUSTRI & ASURANSI

Digitalisasi Manulife

Karyawan PT Manulife Indonesia menggelar rapat dengan menerapkan protokol kesehatan, tentang percepatan layanan untuk para nasabah melalui program digital terbaru Manulife di Jakarta, Kamis (3/12). Hingga 9 November 2020, jumlah klaim yang dibayarkan perusahaan asuransi itu mencapai Rp54,5 miliar, sedangkan klaim keseluruhan Manulife Indonesia (konsolidasi) per Oktober 2020 year to date tercatat Rp4 triliun.

Bisnis Indonesia / 04-12-2020 Hal. 7

Manulife Fokus Bari Solusi Perancangan Keuangan

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia juga senantiasa memfokuskan diri kepada kebutuhan nasabah yang kian beragam dan berubah seiring dengan tantangan kehidupan yang dinamis. Covid-19 menjadi salah satu fokus perhatian Manulife Indonesia dengan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkait dengan biaya kesehatan serta proteksi keuangan keluarga mengingat pandemii Covid-19 masih akan mewarnai perjalanan pada tahun depan.

HE Neraca / 04-12-2020 Hal. 4

Generali Gelar Dongeng Online untuk Anak Indonesia

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menggelar online storytelling bersama 20 komunitas dan 16 storyteller dengan total mencapai 4.000 anak yang berasal dari keluarga kurang beruntung di seluruh Indonesia. Menggunakan momentum Hari Dongeng Nasional yang jatuh pada bulan November, Generali berharap program ini dapat menjadi sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak. Mereka bisa terhibur dan memetik pelajaran dari cerita yang disampaikan.

Investor Daily / 04-12-2020 Hal. 24

Covid-19, Manulife Fokuskan Kebutuhan Proteksi Keuangan dan Kesehatan Nasabah

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia senantiasa fokus pada kebutuhan nasabah yang kian beragam dan berubah seiring dengan tantangan kehidupan yang dinamis, seperti kondisi Covid-19 saat ini. Oleh karena itu, Manulife Indonesia akan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkat dengan biaya kesehatan dan proteksi keuangan keluarga. Pelaku industri asuransi jiwa jiga dituntut menjaga keselamatan masyarakat. Menyikapi hal tersebut, Manulife menerapkan layanan non face to face.

Investor Daily / 04-12-2020 Hal. 24

Digitalisasi Manulife

Para staf PT Manulife Indonesia sedang mengadakan rapat yang membahas soal percepatan layanan ke berbagai nasabah via program terbaru Manulife di ruang kerja anyar, Jakarta, Kamis (3/12). Sampai 9 November 2020, jumlah klaim yang dibayarkan Manulife mencapai Rp54,5 miliar, sedangkan klaim keseluruhan Manulife Indonesia (konsolidasi) per Oktober 2020 year to date tercatat Rp4 triliun.

Investor Daily / 04-12-2020 Hal. 9

Asuransi Berkait Investasi

PAYDI merupakan produk asuransi yang dikawinkan dengan produk investasi. Selain klaim, nasabah berpotensi mendapatkan dana dari hasil investasi saat polis berakhir. PAYDI awalnya bertujuan menungkit daya tarik produk asuransi agar semakin banyak masyarakat menjadi pemegang polis. Namun malah membuat perusahaan asuransi lebih fokus pada bisnis investasi ketimbang bisnis proteksi. Persoalannya, PAYDI kurang diatur ketat, begitu juga pengawasannya. Perusahaan asuransi terkesan dibiarkan asyik bermain investasi tanpa diimbangi rambu perlindungan nasabah.

Kompas / 04-12-2020 Hal. 1

Penyelesaian Jiwasraya Menyeret BUMN Lain

Menelisik skema penyelesaian Jiwasraya, dana APBN mendominasi. Ketua Panja DPR Jiwasraya Aria Bima menjelaskan, opsi restrukturisasi pemegang polis Jiwasraya adalah transfer dan bail in. Pemerintah menyiapkan dana Rp22 triliun dari APBN secara bertahap hingga 2022. Perusahaan BUMN lain juga harus ikut gotong royong menolong Jiwasraya. Misalnya, PT Taspen yang akan menyerap surat utang PT IFG. Ditambah dividen empat BUMN lain yakni Jasa Raharja, Askrindo, Jamkrindo dan Jasindo, juga diminta mendukung permodalan IFG sebesar Rp4,7 triliun.

Kontan / 04-12-2020 Hal. 10

Bumiputera Janji Bayar Klaim Polis di Bawah Rp 10 Juta

Manajemen AJB Bumiputera mulai menjanjikan pembayaran tagihan nasabah. Fien Mangiri, koordinator Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera di Jabodetabek dan Jawa Barat, menjelaskan hingga kini kelompoknya memiliki anggota dengan jumlah 500 polis dan nilai tunai Rp15 miliar. Pertemuan menjanjikan pencairan klaim nasabah berstatus habis kontrak (HK) dengan nilai dibawah Rp10 juta, status HK dana kelangsungan belajar atau meninggal dunia, dan polis berstatus paling lama. Pihaknya memberikan waktu satu pekan untuk realisasi komitmen tersebut.

Kontan / 04-12-2020 Hal. 10

Digitalisasi di Perusahaan Asuransi

Digitalisasi menjadi kata kunci di berbagai sektor, termasuk di industri asuransi. Salah satunya adalah Manulife Indonesia yang akan mempercepat layanan ke berbagai nasabah via program digital terbaru, Kamis (3/12). Sampai 9 November 2020 jumlah klaim yang dibayarkan Manulife Indonesia Rp54,5 miliar. Sedangkan klaim keseluruhan Manulife Indonesia per Oktober 2020 year to date tercatat Rp4 triliun.

Kontan / 04-12-2020 Hal. 10

Manulife Peduli Kesehatan Nasabah

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia juga senantiasa memfokuskan diri pada kebutuhan nasabah yang kian beragam dan berubah seiring dengan tantangan kehidupan yang dinamis. Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia Ryan Charland menambahkan, Manulife Indonesia akan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkait dengan biaya kesehatan dan proteksi keuangan keluarga mengingat pandemi Covid-19 masih akan mewarnai perjalanan pada tahun depan.

Koran Sindo / 04-12-2020 Hal.6

Keluhan Polis Disa Diajukan Ke Perusahaan Asuransi

Nasabah yang memiliki keluhan terkait dengan polisnya, sebaiknya langsung menyampaikan keluhan itu ke perusahaan asuransi ketimbang mendiskreditkan perusahaan asuransi di media sosial. Itu karena hal tersebut justru berpotensi merugikan nasabah itu sendiri. Hal itu ditegaskan Kuasa Hukum AXA Mandiri Jimmy Simanjuntak terkait dengan penyebaran hoaks tentang AXA Mandiri yang dilakukan mantan karyawannya, Bob Sns.

Media Indonesia / 04-12-2020 Hal. 10

Jiwasraya Tawarin Tiga Produk Asuransi Baru

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah menyiapkan tiga produk baru untuk merealisasikan program restrukturisasi guna menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya. Tiga produk itu yakni Tata Masa Depan (Tampan), Manfaat Bertahap (Mantap), dan Pendanaan Hari Tua (PHT). Rencananya ketiga produk itu akan diluncurkan bersamaan dengan sosialisasi Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya pada bulan ini. Penerbitan tiga produk ini ditujukan untuk meminimalisasi kerugian yang dialami pemegang polis dan keuangan negara.

Rakyat Merdeka / 04-12-2020 Hal. 10

Manulife Peduli Kesehaan Nasabah

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia memfokuskan diri pada kebutuhan nasabah yang kian beragam dan berubah. Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland di Jakarta, Kamis (3/12) mengatakan, masalah kesehatan dan tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu fokus perhatian Manulife Indonesia. Dia menambahkan pada 2021, Manulife Indonesia akan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkait dengan biaya kesehatan dan proteksi keuangan keluarga mengingat pandemi Covid-19 masih akan mewarnai pada tahun depan.

Suara Pembaruan / 04-12-2020 Hal. 7

Restrukturisasi polis, nasabah Jiwasraya minta diperlakukan adil

Pemegang polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berharap pemerintah segera merealisasikan program restrukturisasi yang telah disepakati dengan DPR untuk penyelamatan polis nasabah Jiwasraya. Nasabah juga menginginkan dalam distribusi pelunasan itu jangan ada pemegang polis yang dibedakan, antar nasabah harus sama perlakuannya, jadi lebih adil untuk semua pemegang polis. Menurut Oerianto Guyandi, salah seorang nasabah Jiwasraya, manajemen baru Jiwasraya juga agar melakukan sosialisasi resmi mengenai detil skema restrukturisasi.

Antaranews.com / 03-12-2020

Jiwasraya Siapkan 3 Produk Baru bagi Nasabah yang Setuju Restrukturisasi

Direktur Teknik Jiwasraya Angger P. Yuwono menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan tiga produk, yakni Tata Masa Depan (Tampan), Manfaat Bertahap (Mantap), dan Pendanaan Hari Tua (PHT). Ketiga asuransi itu akan dirilis bersamaan dengan sosialisasi Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya pada Desember 2020. Penerbitan tiga produk tersebut merupakan bagian dari rangkaian program restrukturisasi polis Jiwasraya yang bertujuan untuk meminimalisasi kerugian pemegang polis dan keuangan negara, sebagai ekses dari tingginya manfaat produk-produk lama Jiwasraya.

Bisnis.com / 03-12-2020

Butuh Upaya Khusus Agar Penyelamatan Jiwasraya Tak Bermasalah Lagi

Manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) saat ini sedang bersiap merealisasikan program restrukturisasi polis yang dimaksudkan untuk menyelamatkan polis nasabah Jiwasraya. Direktur Teknik Jiwasraya Angger P Yuwono mengungkapkan manajemen baru berkomitmen untuk menekan kerugian pemegang polis dan menjamin keberlangsungan polis ke depan. Untuk memastikan Jiwasraya tidak mewariskan kerugian kepada IFG Life setelah transfer portofolio, Jiwasraya akan melaksanakan proses restrukturisasi polis dan penyesuaian nilai pelunasan polis.

Detik.com / 03-12-2020

Chubb Life adopsi e-Claim

Sampai dengan saat ini, Chubb Life Indonesia telah membayarkan sekitar 96% dari pengajuan klaim yang masuk. Selain itu, Chubb Life Indonesia juga memberikan pengalaman klaim bebas hambatan lewat teknologi e-claim yang tersedia di platform Chubb Life Customer Corner, di mana nasabah dapat mengajukan klaim secara digital. Inovasi ini dihadirkan guna menjawab kekhawatiran publik tentang proses klaim yang rumit.

Indotelko.com / 03-12-2020

Hingga November 2020, Manulife Indonesia Bayar Klaim Nasabah Rp 54,5 Miliar

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia mencatatkan hingga 9 November 2020, Manulife telah melakukan pembayaran klaim Rp 54,5 miliar. Sedangkan, klaim keseluruhan Manulife Indonesia per Oktober 2020 year to date sebesar Rp 4 triliun. Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia Ryan Charland mengatakan, pihaknya juga ikut berpatisipasi membantu pemerintah dalam meminimalkan dampak penyebaran Covid-19 dengan memberikan donasi lebih dari Rp 4 miliar yang diberikan kepada sekitar 200 pusat pelayanan kesehatan di Indonesia.

Kompas.com / 03-12-2020

Masalah kesehatan dan tantangan ekonomi jadi bagian dari fokus Manulife di 2021

Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland mengatakan, masalah kesehatan dan tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu fokus perhatian Manulife Indonesia. Pada 2021, Manulife Indonesia akan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkait dengan biaya kesehatan dan proteksi keuangan keluarga mengingat pandemi Covid-19 masih akan mewarnai perjalanan pada tahun depan. Selain itu, pelaku industri asuransi jiwa juga dituntut untuk menjaga keselamatan masyarakat. Manulife Indonesia pun menerapkan layanan non face to face.

Kontan.co.id / 03-12-2020

Restrukturisasi Produk Saving Plan Asuransi Jiwasraya, ini Skema Lengkapnya

Senin (30/12) malam, Kementerian BUMN, manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Anggota DPR Komisi VI dan Panitia Kerja (Panja), serta Indonesia Financial Group (IFG) bersepakat mengenai skema restrukturisasi produk Saving Plan Bancassurance Asuransi Jiwasraya (JS Saving Plan). Dalam dokumen yang diperoleh KONTAN, terdapat tiga skema yang disepakati pada Senin malam tersebut. Pertama, nasabah akan menerima nilai tunai 100% dari saldo awal (Pokok investasi + bunga) dihitung per 31 Desember 2020 (cutoff) yang akan dibayarkan selama 15 tahun.

Kontan.co.id / 03-12-2020

AIA dan Gojek Hadirkan Solusi Proteksi Mudah & Terjangkau di Masa Pandemi

PT AIA FINANCIAL (AIA) kembali berkolaborasi dengan Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, dalam memberikan proteksi asuransi bagi keluarga di Indonesia. AIA menawarkan proteksi program AIA1dapat4 dan Share The Love dengan proses registrasi yang dapat dilakukan di microsite yang dapat diakses melalui inbox, personal notification, dan shuffle card pada aplikasi Gojek. Kolaborasi ini diwujudkan untuk meningkatkan penetrasi asuransi dan menjangkau seluruh masyarakat di Indonesia.

Kumparan.com / 03-12-2020

Manulife Bayarkan Klaim Rp 4 T, Fokus Layani Konsumen saat Covid-19

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia memfokuskan diri pada kebutuhan nasabah yang kian beragam dan berubah seiring dengan tantangan kehidupan yang dinamis. Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland mengatakan, masalah kesehatan dan tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu fokus perhatian Manulife Indonesia. Adapun, hingga 9 November 2020, jumlah klaim yang dibayarkan Manulife tercatat sebesar Rp 54,5 miliar. Sedangkan, klaim keseluruhan Manulife Indonesia per Oktober 2020 year to date tercatat sebesar Rp 4 triliun.

Liputan6.com / 03-12-2020

Prudential Indonesia dan UNICEF Rilis Buku Gemilang Edisi Khusus untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Anak Papua

Sejalan dengan komitmen We DO Good, Prudential Indonesia bersama UNICEF meluncurkan lima buku Gemar Membaca Masa Depan Cemerlang (Gemilang) edisi Literasi Keuangan untuk anak-anak Papua untuk meningkatkan kecakapan keuangan dasar 11.000 anak di Bumi Cendrawasih. Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo menjelaskan, pihaknya percaya literasi keuangan penting ditanamkan sejak dini untuk membentuk sosok anak yang lebih perhatian, pengertian, dan bertanggung jawab.

Sindonews.com / 03-12-2020

Kejagung Periksa Kacab Honda Daan Mogot Terkait Kasus Jiwasraya

Kejaksaan Agung RI memeriksa Kepala Cabang Honda IKM Daan Mogot Jakarta Noverich Edsutan terkait kasus korupsi di tubuh PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada hari ini, Kamis (3/12). Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono mengatakan pemeriksaan saksi untuk pembuktian keterangan terhadap tersangka Pieter Rasiman. Menurut Hari, keterangan saksi dianggap perlu untuk mengungkap Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan oleh tersangka Pieter Rasiman.

Tribunnews.com / 03-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.140

IHSG (per 03 November 2020)

5.822,94

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kompas, Kontan, Koran Sindo, Media Indonesia, Rakyat Merdeka, Suara Pembaruan, Antaranews.com, Bisnis.com, Detik.com, Indotelko.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Kumparan.com, Liputan6.com, Sindonews.com, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF