AAJI Daily News - 8 April 2020


Tanggal terbit (08 / 04 / 2020)

Rabu, 8 April 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Daring Demi Jaga Bisnis
  2. Di Maret 2020 Imbal Hasil Unitlink Jeblok
  3. AAJI Minta Penjualan Unitlink Bisa Secara Online
  4. Ada PSBB, asuransi jiwa minta diizinkan jualan unitlink via online
  5. Imbal hasil unitlink tertekan virus corona
  6. Kover Korona Diperpanjang
  7. FWD Life Perpanjang Periode Manfaat Khusus Covid 19
  8. Generali Indonesia Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Corona
  9. Berlakukan WFH, Operasional Bisnis Allianz Life Berjalan Normal
  10. FWD Life Indonesia berikan perlindungan kepada nasabah yang terinfeksi corona
  11. Cegah corona, Generali Indonesia bagikan masker gratis
  12. Allianz Indonesia: Kebijakan Work From Home Tidak Mengubah Tingkat Pelayanan Nasabah dan Produktivitas Karyawan
  13. Kampanye Generali Indonesia Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran COVID-19
  14. FWD Life Perpanjang Periode Manfaat Khusus COVID-19
  15. 35 Ribu Tenaga Medis Dapat Proteksi Jiwa hingga Rp1 Triliun
  16. Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat di Rumah atau Hotel akan Dicover 4 Perusahaan Asuransi Jepang
  17. Soal Jiwasraya, Kejagung Sita Rekening Efek senilai Rp5,8 Triliun
  18. Kasus Jiwasraya, Kejagung Sita Rekening Efek dari Reksadana Senilai Rp 5,8 Triliun
  19. Ada 46 manajer investasi dipanggil Kejagung, AMII: Investor jangan khawatir
  20. Sebanyak 46 Manajer Investasi Dipanggil Terkait Jiwasraya, Ini Penjelasan Kejagung
  21. Usai Covid-19, Nasabah Jiwasraya Kembali Tagih Klaim Pembayaran
  22. Kasus Jiwasraya, Kejagung Sita Barang Bukti Buku Rekening Efek dari 135 Produk Reksadana

TENTANG AAJI

Daring Demi Jaga Bisnis

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menjelaskan bahwa pihaknya mengajukan relaksasi penjualan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-linked agar dapat dilakukan menggunakan fasilitas elektronik seperti video call mengingat saat ini terdapat imbauan untuk melaksanakan physical distancing.

Bisnis Indonesia / 08-04-2020 Hal. 15

Di Maret 2020 Imbal Hasil Unitlink Jeblok

Senior Research Analyst Infovesta Praska Putrantyo memperlihatkan kinerja utilink berbasiskan saham tertekan paling dalam. Tercermin pada Infovesta Equity Unit Linked tercatat minus 30,37% pada Maret 2020. Sedangkan produk berbasiskan investasi investasi campuran juga ikut tertekan yang tercatat minus 15,13 YTD hingga kuartal pertama 2020.

Kontan  / 08-04-2020 Hal. 10

AAJI Minta Penjualan Unitlink Bisa Secara Online

AAJI telah menyampaikan permintaan relaksasi untuk kebijakan OJK yang mewajibkan pertemuan secara tatap muka antar tenaga pasar dan calon konsumen kepada regulator. Asosiasi meminta agar pemasaran utilink dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi.

Kontan  / 08-04-2020 Hal. 10

Ada PSBB, asuransi jiwa minta diizinkan jualan unitlink via online

Bagi perusahaan asuransi jiwa, PSBB ini dapat melindungi tenaga pemasaran asuransi maupun konsumen. Di sisi lain, OJK mewajibkan pertemuan langsung secara tatap muka antara tenaga pemasar dan calon konsumen untuk produk unitlink. Oleh sebab itu, AAJI telah menyampaikan permintaan relaksasi untuk kebijakan ini kepada regulator  meminta pemasaran unitlink dapat dilakukan memanfaatkan teknologi teknologi komunikasi dengan melakukan pertemuan langsung secara digital.

Kontan.co.id / 07-04-2020

Imbal hasil unitlink tertekan virus corona

Kinerja imbal hasil unitlink industri asuransi jiwa tertekan oleh virus corona 2019 (Covid-19). Data yang disampaikan oleh Senior Research Analyst Infovesta Utama Praska Putrantyo memperlihatkan kinerja unitlink berbasiskan saham tertekan paling dalam. Tecermin pada Infovesta Equity Unit Linked Index -30,37% YTD pada Maret 2020.

Kontan.co.id / 07-04-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Kover Korona Diperpanjang

FWD Life memperpanjang periode manfaat khusus penyakit korona hingga 30 April 2020. Manfaat khusus ini berupa manfaat tambahan diluar polis yang sudah dimiliki oleh nasabah polis asuransi individu FWD Life untuk mereka yang didiagnosis positif dan terinfeksi virus Covid-19.

Kontan / 08-04-2020 Hal. 10

FWD Life Perpanjang Periode Manfaat Khusus Covid 19

FWD Life memperpanjang periode manfaat khusus penyakit korona hingga 30 April 2020. Manfaat khusus ini berupa manfaat tambahan diluar polis yang sudah dimiliki oleh nasabah polis asuransi individu FWD Life untuk mereka yang didiagnosis positif dan terinfeksi virus Covid-19.

HE Neraca / 08-04-2020 Hal. 5

Generali Indonesia Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Corona

Dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) menyediakan wastafel keliling dan membagikan masker ke beberapa wilayah padat di Jakarta guna mendorong kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kebersihan tangan dan menghindari penularan Covid-19 melalui droplet (percikan air ludah).

Beritasatu.com / 07-04-2020

Berlakukan WFH, Operasional Bisnis Allianz Life Berjalan Normal

Allianz Indonesia memastikan kegiatan operasional berjalan normal meskipun perseroan turut menerapkan work from home (WFH). Sejumlah tindakan telah dilakukan perseroan mengahadapi krisis dari penyebaran virus korona (Covid-19).

Investor.id / 07-04-2020

FWD Life Indonesia berikan perlindungan kepada nasabah yang terinfeksi corona

Direktur, Chief of Proposition FWD Life Ade Bungsu mengatakan, pihaknya hendak mengurangi kekhawatiran nasabah atas penularan Covid-19 dengan memberikan manfaat khusus kepada nasabah polis asuransi individu yang sampai saat ini masih aktif maupun polis asuransi individu baru yang telah aktif hingga 30 April, serta didiagnosis positif terjangkit corona pada periode diagnosis.

Kontan.co.id / 07-04-2020

Cegah corona, Generali Indonesia bagikan masker gratis

Dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran corona (Covid-19), PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menyediakan wastafel keliling dan membagikan masker ke beberapa wilayah padat penduduk di Jakarta. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan, hal tersebut untuk mendorong kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kebersihan tangan serta menghindari penularan corona melalui droplet atau percikan air ludah.

Kontan.co.id / 07-04-2020

Allianz Indonesia: Kebijakan Work From Home Tidak Mengubah Tingkat Pelayanan Nasabah dan Produktivitas Karyawan

Meskipun menerapkan kebijakan WFH, Allianz Indonesia tetap memastikan agar bisnis operasional bisa tetap berjalan sehingga tidak mengganggu layanan terhadap Nasabah dan Mitra Bisnis Allianz Indonesia. Sejumlah tindakan telah dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi krisis COVID-19 ini.

Kontan.co.id / 07-04-2020

Kampanye Generali Indonesia Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran COVID-19

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) menyediakan wastafel keliling dan membagikan masker ke beberapa wilayah padat di Jakarta. Upaya ini dilakukan untuk mendorong kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kebersihan tangan dan menghindari penularan COVID-19 melalui droplet (percikan air ludah). Pemberian masker secara gratis juga merupakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan membentengi diri dari penularan.

Marketeers.com / 07-04-2020

FWD Life Perpanjang Periode Manfaat Khusus COVID-19

PT FWD Life Indonesia mengumumkan perpanjangan periode manfaat khusus virus COVID-19 hingga 30 April 2019. Diberikan kepada nasabah yang telah memiliki asuransi individu FWD Life dan didiagnosis positif terinfeksi virus. Dijelaskan oleh Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Life, Manfaat Khusus COVID-19 tidak dibebankan premi tambahan. Besaran manfaat yang diberikan dengan total Rp 100 juta di luar dari manfaat asuransi yang dimiliki.

Marketeers.com / 07-04-2020

35 Ribu Tenaga Medis Dapat Proteksi Jiwa hingga Rp1 Triliun

Sebanyak 35 ribu tenaga kesehatan yang tengah menangani kasus penyebaran virus korona (covid-19) mendapatkan perlindungan jiwa dari PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri). Itu setelah AXA ditunjuk oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) sebagai induk usaha perusahaan dan Kementerian BUMN untuk memberikan proteksi jiwa.

Medcom.id / 07-04-2020

Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat di Rumah atau Hotel akan Dicover 4 Perusahaan Asuransi Jepang

Pasien yang positif terinfeksi virus corona di Jepang akan mendapatkan penggantian biaya dari asuransi meskipun pasien tersebut dirawat di rumah atau di hotel sekali pun. Setidaknya ada 4 perusahaan asuransi besar yang akan menanggung pasien tersebut, yakni Nippon Life, Dai-ichi Life, Meiji Yasuda Life, dan Sumitomo Life.

Tribunnews.com / 07-04-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Soal Jiwasraya, Kejagung Sita Rekening Efek senilai Rp5,8 Triliun

Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung), kembali memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Selain pemeriksaan, tim Penyidik juga melaksanakan kegiatan lain. Yakni penyitaan dan penitipan barang bukti rekening efek. Dari 135 produk reksa dana, penyidik sudah menyelesaikan sebanyak 134 produk di antaranya dengan jumlah sebanyak 15.007.176.810 unit senilai Rp5.840.973.582.733.

Klikanggaran.com / 07-04-2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Sita Rekening Efek dari Reksadana Senilai Rp 5,8 Triliun

Kejaksaan Agung menyita rekening efek dari ratusan unit reksadana senilai Rp 5,8 triliun terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengatakan jika penyidik berhasil menyelesaikan kegiatan penyitaan dan penitipan barang bukti rekening efek dari 135 produk reksadana, dapat diselesaikan sebanyak 134 produk.

Kompas.com / 07-04-2020

Ada 46 manajer investasi dipanggil Kejagung, AMII: Investor jangan khawatir

Asosiasi Manajer Investasi Indonesia (AMII) meyakinkan investor untuk tidak khawatir dengan adanya pemanggilan 46 manajer investasi (MI) yang dilakukan Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Senin (6/4). Sebelumnya Otoritas Jaksa Keuangan (OJK) menjelaskan, pemanggilan 46 MI terkait Jiwasraya bertujuan untuk keperluan verifikasi. Pertemuan berlangsung di Gedung Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus kemarin.

Kontan.co.id / 07-04-2020

Sebanyak 46 Manajer Investasi Dipanggil Terkait Jiwasraya, Ini Penjelasan Kejagung

Pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) membenarkan pihaknya pada Senin (6/4) memanggil sejumlah manajer investasi (MI) dan bank kustodian terkait proses pemeriksaan kasus tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI, Hari Setiono mengatakan, pemanggilan tersebut untuk kepentingan proses hukum, dengan menempatkan ke 46 MI itu sebagai saksi.

Kontan.co.id / 07-04-2020

Usai Covid-19, Nasabah Jiwasraya Kembali Tagih Klaim Pembayaran

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sudah melakukan pencairan bagi nasabah Jiwasraya sebesar Rp47 miliar pada akhir Maret 2020 lalu. Sayangnya pencairan ini hanya ditujukan bagi sebagian nasabah tradisional saja. Perwakilan nasabah Jiwasraya Saving Plan (SP) Machril mengatakan pihaknya akan kembali bergerak menagih hak pencairan dananya usai pandemi covid-19 ini berahir.

Medcom.id / 07-04-2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Sita Barang Bukti Buku Rekening Efek dari 135 Produk Reksadana

Wabah virus corona tak lantas menghentikan upaya  Kejaksaan Agung terus mengusut tuntas kasus korupsi di Asuransi Jiwasraya. Terbaru Kejagung menyita rekening efek dari ratusan unit reksadana senilai Rp 5,8 triliun terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Penyidik berhasil menyelesaikan kegiatan penyitaan dan penitipan barang bukti rekening efek dari 135 produk reksadana, dapat diselesaikan sebanyak 134 produk.

Tribunnews.com / 07-04-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

16.200

IHSG (per 07 April 2020)

   4.778,64

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kontan, HE Neraca, Beritasatu.com, Investor.id, Kontan.co.id, Marketeers.com, Medcom.id, Klikanggaran.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF