AAJI Daily News - 17 Desember 2020


Tanggal terbit (17 / 12 / 2020)

Kamis, 17 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Ada Pandemi, Klaim Asuransi Jiwa Turun
  2. AAJI: Klaim dan manfaat industri asuransi jiwa melambat 3,4% di September
  3. Tren Perbaikan Ekonomi di Sektor Keuangan Mulai Terlihat
  4. Mencari Asa Bagi Bumiputera
  5. Agen Asuransi Chubb Life Meningkat 65%
  6. Jualan Produk AXA di Dana
  7. Kasus Jiwasraya, Nasabah dari Korsel Bakal Gugat Bank Penyalur Produk Saving Plan
  8. Kresna Life Berstatus PKPU, Pengacara Nasabah Sebut Hanya untuk Ulur Waktu
  9. Berstatus PKPU, Pengembalian Dana Nasabah Kresna Life Terancam
  10. Generali sudah bayar klaim dan manfaat Rp 569 miliar per November 2020
  11. Usai Kena Sanksi OJK, Status PKPU Kresna Life juga Ditolak Nasabah
  12. Kegiatan Usaha Dibatasi, OJK Beri Sanksi Kresna Life
  13. Nasabah Tak Puas Restrukturisasi, Jiwasraya: Itulah Upaya Terbaik Saat Ini
  14. Kasus Jiwasraya, Ratusan Nasabah dari Korsel Tunjuk Pengacara dan Ajukan Gugatan

TENTANG AAJI

Ada Pandemi, Klaim Asuransi Jiwa Turun

AAJI mencatat, total klaim dan manfaat yang dibayarkan melambat sebesar 3,4% yoy. Dari Rp113,52 triliun menjadi Rp109,61 triliun hingga September 2020. Perlambatan terbesar terjadi pada klaim manfaat akhir kontrak. Yakni terkontraksi 36,9% yoy dari Rp18,52 triliun menjadi Rp11,68 triliun di kuartal ketiga 2020. Namun, terjadi peningkatan pembayaran klaim pada meninggal dunia sebesar 17,4% yoy. Dari Rp7,49 triliun menjadi Rp8,8 triliun selama Sembilan bulan pertama tahun 2020.

Kontan / 17-12-2020 Hal. 10

AAJI: Klaim dan manfaat esehata asuransi jiwa melambat 3,4% di September

AAJI mencatat total klaim dan manfaat yang dibayarkan melambat sebesar 3,4% yoy dari Rp 113,52 triliun menjadi Rp 109,61 triliun hingga September 2020. Sementara itu, AAJI melihat adanya peningkatan pembayaran klaim pada klaim meninggal dunia sebesar 17,4% yoy dari Rp 7,49 triliun menjadi Rp 8,80 triliun selama esehata bulan pertama 2020. Sedangkan nilai tebus (surrender) meningkat sebesar 9% dari Rp 61,90 triliun yoy Rp 67,45 triliun.

Kontan.co.id / 16-12-2020

Tren Perbaikan Ekonomi di Sektor Keuangan Mulai Terlihat

Tren perbaikan ekonomi di tahun 2020 dari sektor keuangan mulai terlihat dari kinerja IHSG, nilai tukar, dan aliran modal asing terus meningkat hingga Desember 2020. Dilansir dari pemberitaan Kementerian Keuangan melalui situs resminya, indeks saham sektor keuangan berhasil tumbuh sebesar 58 persen pasca penurunan tajam di bulan Maret. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam acara Webinar AAJI mengatakan, pencapaian positif ini mencerminkan ketahanan sektor eksternal yang masih kuat dan optimisme terhadap prospek perekonomian ke depan.

Pikiran-rakyat.com / 16-12-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Mencari Asa Bagi Bumiputera

Kemelut Bumiputera akan mendapat sedikit titik terang ketika Ketua BPA Nurhasanah menandatangani draf AD dan RKAT 2021 dalam sidang umum luar biasa hari ini. Jika itu terjadi, menurut Direktur Utama Bumipitera Faizal Karim, proses pemilihan anggota RUA dapat berjalan sesuai koridor hukum. Masyarakat luas khususnya para pemegang polis, menantikan kabar dari sidang umum luar biasa Bumiputera dan peran otoritas dalam memastikan pembayaran klaim.

Bisnis Indoesia / 17-12-2020 Hal. 10

Agen Asuransi Chubb Life Meningkat 65%

Presiden Direktur Chubb Life Indonesia, Kumaran Chinan mengatakan saat ini, orang-orang mulai membuat perencanaan untuk 2021, dan mereka ingin menjadi lebih Tangguh dan memiliki perlindungan finansial jangka Panjang. Agen Chubb Life membantu para nasabah mencapai peace of mind. Untuk itu, Chubb Life Indonesia mendorong berbagai kegiatan dalam operasional bisnisnya untuk dilakukan virtual. Chubb Life Indonesia telah meningkatkan rekrutmen keagenannya, di tahun 2020, rata-rata jumlah agen aktif per bulannya meningkat hingga 65% dibandingkan tahun sebelumnya.

HE Neraca / 17-12-2020 Hal. 5

Jualan Produk AXA di Dana

AXA Financial Indonesia (AFI) dan Mandiri AXA General Insurance (MAGI) menjalin kemitraan dengan Dana. Melalui kerjasama ini, AXA Financial Indonesia memasarkan produk asuransi jiwa AXA Sahabat Jiwa yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia dengan premi mulai dari Rp25.000. dengan kolaborasi ini, produk-produk asuransi jiwa dan Kesehatan dari AFI dan MAGI dapat diakses melalui Dana. Dompet digital ini memiliki lebih dari 45 juta orang pengguna. Sehingga bagi perusahaan asuransi, ini menjadi ceruk pasar baru.

Kontan / 17-12-2020 Hal. 10

Kasus Jiwasraya, Nasabah dari Korsel Bakal Gugat Bank Penyalur Produk Saving Plan

Nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) asal Korea Selatan sedang menjajaki pengajuan gugatan kepada bank penyalur produk JS Saving Plan. Salah seorang nasabah asal Korea Selatan Lee Kang Hyun mengatakan saat ini ratusan nasabah asal Korea Selatan tengah menajajaki proses pengajuan gugatan kepada PT Bank KEB Hana Indonesia. KEB Hana merupakan satu dari delapan bank yang menjadi mitra agen penjualan JS Saving Plan. Lee berujar KEB Hana selaku bank penyalur memiliki andil besar dan sudah semestinya bertanggung jawab atas produk bank assurance yang dijualnya.

Bisnis.com / 16-12-2020

Kresna Life Berstatus PKPU, Pengacara Nasabah Sebut Hanya untuk Ulur Waktu

Kuasa Hukum nasabah korban gagal bayar Kresna Life Alvin Lim dari LQ mengungkapkan upaya PKPU ini merupakan taktik manajemen Kresna Life untuk mengulur waktu pembayaran dan menghindari proses hukum pidana yang sedang berjalan. Dia mengungkapkan seharusnya yang berhak mengajukan PKPU adalah OJK. Alvin mengungkapkan putusan sela PKPU Kresna Life yang digelar Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dinilai cacat hukum karena selaku pemohon yakni Lukman Wibowo tidak memiliki legal standing yang sah.

Detik.com / 16-12-2020

Berstatus PKPU, Pengembalian Dana Nasabah Kresna Life Terancam

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan PKPU atas termohon Kresna Life. Derngan dikabulkannya permohonan PKPU ini, nasabah Kresna Life lainnya berpotensi tidak mendapat pengembalian dana yang mereka tempatkan di Kresna Life secara penuh. Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat telah menunjuk Hakim Pengawas yang akan mengawasi proses PKPU Kresna Life pada saat berhadapan dengan para nasabah. Kemudian membentuk Tim Pengurus PKPU yang akan bertindak sebagai Tim Kurator, karena Kresna Life dinyatakan pailit.

Katadata.co.id / 16-12-2020

Generali sudah bayar klaim dan manfaat Rp 569 miliar per November 2020

Perusahaan industri asuransi jiwa terus melaksanakan kewajiban dalam membayarkan klaim dan manfaat bagi nasabah di tengah pandemi. PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) misalnya, melakukan pembayaran 157.000 klaim kesehatan dan kematian senilai Rp 569 miliar hingga November 2020. Per September 2020, Generali mencatatkan premi Rp 1,75 triliun atau turun 4% yoy dari posisi September 2019 sebanyak Rp 1,83 trilun Kendati demikian, premi lanjutan masih mampu tumbuh 4% yoy menjadi Rp 1,07 triliun.

Kontan.co.id / 16-12-2020

Usai Kena Sanksi OJK, Status PKPU Kresna Life juga Ditolak Nasabah

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat telah mengabulkan Kresna Life berstatus PKPU. Namun sayangnya, status PKPU ini ditolak oleh para nasabah gagal bayar Kresna Life. Mereka menganggap PKPU menjadi salah satu jalan penundaan pembayaran kewajiban dan menghindari proses hukum yang sedang berjalan. Kuasa Hukum nasabah korban gagal bayar Kresna Life Alvin Lim menjelaskan, pihaknya saat ini tengah menempuh jalur pidana untuk menyelesaikan persoalan gagal bayar ini. Bahkan, hingga saat ini sudah ada dua nasabah gagal bayar yang melaporkan masalah ini ke Polda Metro Jaya.

Liputan6.com / 16-12-2020

Kegiatan Usaha Dibatasi, OJK Beri Sanksi Kresna Life

OJK memberikan sanksi kepada PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life terkait pembatasan kegiatan usaha (PKU). Alasannya Kresna Life tidak memenuhi rekomendasi dan pemenuhan sanksi hasil pemeriksaan. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) II OJK Moch Ihsanuddin mengatakan rekomendasi lain yang tidak dipenuhi Kresna Life terkait penyelesaian kewajiban terhadap seluruh pemegang polis.

Republika.co.id / 16-12-2020

Nasabah Tak Puas Restrukturisasi, Jiwasraya: Itulah Upaya Terbaik Saat Ini

Manajemen PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tak memiliki banyak opsi untuk menyelesaikan tunggakan kewajiban dan utang klaim kepada pemegang polis yang tersisa. Direktur Utama Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menuturkan, skema restrukturisasi pada akhirnya disusun berdasarkan kemampuan perusahaan, termasuk setelah memperhitungkan PMN melalui IFG Life, entitas asuransi BUMN anyar yang akan menerima perpindahan polis nasabah existing Jiwasraya pasca restrukturisasi.

Tempo.co / 16-12-2020

Kasus Jiwasraya, Ratusan Nasabah dari Korsel Tunjuk Pengacara dan Ajukan Gugatan

Salah seorang nasabah asal Korea Selatan, Lee Kang Hyun mengatakan saat ini ratusan nasabah asal Korea Selatan itu tengah menjajaki proses pengajuan gugatan kepada PT Bank KEB Hana Indonesia. KEB Hana merupakan satu dari delapan bank yang menjadi mitra agen penjualan JS Saving Plan. Lee berujar KEB Hana selaku bank penyalur memiliki andil besar dan sudah semestinya bertanggung jawab atas produk bank assurance yang dijualnya.

Tempo.co / 16-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.125

IHSG (per 16 Desember 2020)

   6.118,40

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Bisnis.com, Detik.com, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Liputan6.com, Pikiran-rakyat.com, Republika.co.id, Tempo.co.

 

DOWNLOAD PDF