AAJI Daily News - 30 September 2020


Tanggal terbit (30 / 09 / 2020)

Rabu, 30 September 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. OJK Batasi Izin Penjualan Produk Asuransi Via Digital
  2. AAJI: Saving Plan Bagus untuk Pasar
  3. Asuransi Minta Masyarakat Tak Putus Kontrak Meski Ekonomi Sulit
  4. Klaim Asuransi Jiwa untuk COVID-19 Bernilai Ratusan Milyar
  5. Allianz Indonesia Berbagi Tips Seimbang Kelola Pekerjaan Dan Dampingi Anak Sekolah Dari Rumah
  6. Rini Soemarno Disebut dalam Sidang Jiwasraya
  7. Bekas Direktur Keuangan Jiwasraya: Direksi terapkan rencana cadangan
  8. PMN Rp20 Triliun untuk Obat Jiwasraya Dikritik, Sri Mulyani Angkat Bicara
  9. Kejagung Diminta Berhati-hati Sita Aset Kasus Jiwasraya
  10. WanaArtha: Benny Tjokro tidak memiliki aset apapun di WanaArtha Life … Halaman semua
  11. PKS Protes ke Sri Mulyani yang Berencana Suntik PMN untuk Jiwasraya
  12. Usul Pengamat: PPATK Harus Dilibatkan untuk Buktikan Aset Bentjok yang Disita Kejaksaan
  13. Memilih Dana Pensiun yang Tepat di Masa Pandemi
  14. Modal Nonbank Terancam Turun
  15. Penjualan lewat digital berisiko, OJK minta asuransi tingkatkan mitigasi
  16. Asuransi Mutual, Untung dan Rugi sama-sama Dibagi
  17. Pentingnya Pahami Risiko Investasi di Industri Asuransi

TENTANG AAJI

OJK Batasi Izin Penjualan Produk Asuransi Via Digital

OJK belum bisa memberikan sepenuhnya izin penjualan secara digital PAYDI, termasuk unitlink. Dari 10 perusahaan asuransi jiwa yang mengajukan izin kepada OJK, hanya enak perusahaan yang sudah mendapat izin. Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswandi menyebutkan, terdapat risiko miss selling. Sebelumnya AAJI mengusulkan agar pemasaran produk asuransi berbalut investasi bisa berlanjut. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengatakan lataran tidak ada yang mampu memastikan kapan pandemic Covid-19 berakhir.

Kontan / 30-09-2020 Hal. 13

AAJI: Saving Plan Bagus untuk Pasar

AAJI menilai bahwa produk asuransi tradisional endowment, yakni saving plan bagus untuk memenuhi kebutuhan pasar. Produk tersebut diyakini tidak memiliki masalah, tata etika perusahaan asuransi pemasar yang membuat saving plan menjadi bermasalah. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI Fauzi Arfan menyampaikan, produk saving plan memiliki ciri tingkat bunga investasi sepenuhnya digaransikan oleh perusahan asuransi pemasar. Hasil survei AAJI pada akhir 2018 menemukan terdapat 17 perusahaan asuransi pemasar produk saving plan dari total 55 perusahaan asuransi.

Investor.id / 29-09-2020

Asuransi Minta Masyarakat Tak Putus Kontrak Meski Ekonomi Sulit

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengatakan, ada penurunan pendapatan premi sebesar 2,5 persen pada semester pertama lalu. Yakni, dari Rp 90,24 triliun pada semester pertama 2019 menjadi Rp 88,02 triliun. Kondisi itu mendorong perlambatan industri asuransi jiwa sebesar 38,7 persen. Terkait klaim, industri asuransi jiwa telah membayarkan klaim yang berhubungan dengan Covid-19 sebesar Rp 216 miliar untuk 1.642 polis. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga polis perlindungan jiwa dan kesehatannya tetap aktif serta tidak memutus kontrak.

Jawapos.com / 29-09-2020

Klaim Asuransi Jiwa untuk COVID-19 Bernilai Ratusan Milyar

Nilai klaim asuransi jiwa untuk tanggungan COVID-19 telah mencapai Rp 216 milyar. Hal ini disebutkan Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon. Ia mengungkapkan angka ini diklaim oleh 1.642 polis. Sementara, Budi mengatakan sisa jumlah polis yang yang telah diklaim berasal dari kredit asuransi jiwa. Asuransi jiwa kredit merupakan pemegang polis yang masih memiliki kredit lalu meninggal akibat COVID-19 dan akan segera diklaim. Budi mengharapkan klaim yang dilakukan dapat meringankan beban para nasabah yang berada di Indonesia mau pun di beberapa negara lain.

Duniafintech.com / 29-09-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Allianz Indonesia Berbagi Tips Seimbang Kelola Pekerjaan Dan Dampingi Anak Sekolah Dari Rumah

Allianz Indonesia menggelar webinar series sebagai bagian dari rangkaian program eAZy di Rumah Aja, dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional. Dilaksanakan pada Kamis (24/9) mengangkat tema tips mengelola bekerja dari rumah sambil mendampingi anak menjalani sekolah dari rumah. Allianz Indonesia mengajak nasabah memanfaatkan layanan digital Allianz eAZy Connect agar tetap dapat berinteraksi dengan aman dan nyaman dari rumah, serta berbagi keuntungan dari program loyalty Allianz Smart Point.

Kompas / 30-09-2020 Hal. 10

Rini Soemarno Disebut dalam Sidang Jiwasraya

Nama mantan Menteri BUMN Rini Soemarno disebut dalam sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Nama Rini disinggung terdakwa Hary Prasetyo, mantan Direktur Keuangan Jiwasraya, saat membacakan nota pembelaanya. Menurut Hary, Rini yang melaporkan kasus Jiwasraya pada aparat hukum. Laporan tersebut dinilai Hary janggal. Ia mempertanyakan jika memang Jiwasraya bermasalah- cadangan dan investasi mengapa Ketika periode tersebut pihaknya tidak dipanggil untuk ditegur dan memilih jalur hukum.

Media Indonesia / 30-09-2020 Hal. 3

Bekas Direktur Keuangan Jiwasraya: Direksi terapkan rencana cadangan

Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013-2018 Hary Prasetyo mengatakan direksi menerapkan rencana cadangan (etikaioy plan) dalam mengatasi kondisi keuangan Jiwasraya. Ia mengatakan, kondisi yang memaksa pihaknya melakukan (etikaioy plan), suatu diskresi direksi untuk bertindak atas sebuah kondisi keuangan Jiwasraya yang abnormal semata-mata untuk menjaga kelanjutan usaha Jiwasraya. Hary mengaku bahwa ia dan direksi lainnya hanya memiliki tekad dengan itikad baik dengan perjuangan untuk menyehatkan Jiwasraya, tidak ada agenda lain.

Antaranews.com / 29-09-2020

PMN Rp20 Triliun untuk Obat Jiwasraya Dikritik, Sri Mulyani Angkat Bicara

Pemerintah memastikan bahwa pemberian penyertaaan modal negara (PMN) senilai Rp20 triliun ke PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) terkait penyelesaian gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tak akan mengesampingkan perkara pidana yang sedang disidik Kejaksaan Agung. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa PMN yang digelontorkan negara ini tidak dalam konteks menambal fraud yang sedang membelit perusahaan tersebut. Pemerintah tetap berkoordinasi dengan Kejagung untuk menuntaskannya hingga ke pengadilan.

Bisnis.com / 29-09-2020

Kejagung Diminta Berhati-hati Sita Aset Kasus Jiwasraya

Kejagung diminta berhati-hati menyita aset terkait kasus dugaan korupsi Jiwasraya. Misalnya pemblokiran aset berupa Sub Rekening Efek (SRE) PT Asuransi Jiwa WanaArtha. Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti, Yenti Garnasih mengatakan, dalam hukum pidana, etika terjadi penyitaan aset harus hati-hati. Apalagi terkait dugaan pencucian uang. Ia menyebut penyitaan rekening terkait terdakwa kasus korupsi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro itu tak sembarangan. Kejagung mengkaji dan mengakomodasi hak pihak-pihak yang asetnya disita, sebelum melakukan penyitaan.

Medcom.id / 29-09-2020

WanaArtha: Benny Tjokro tidak memiliki aset apapun di WanaArtha Life … Halaman semua

PT Asuransi Jiwa WanaArtha membantah pernyataan tersebut AGO menyatakan bahwa WanaArtha telah default sejak Oktober 2019. Managing Director WanaArtha Life Yanes Y. Matulawa menuturkan Kejaksaan Agung juga keliru membuat pernyataan kejaksaan tidak pernah menyita uang nasabah WanaArtha Life, melainkan saham atau reksa dana milik terdakwa kasus Jiwasraya, Benny Tjokro yang berada di Wanaartha Life. Ia pun mengatakan jika Benny Tjokro sama sekali bukan pemegang saham, investor apalagi pemegang saham WanaArtha Life dan tidak punya aset di WanaArtha Life.

Mediautama.com / 29-09-2020

PKS Protes ke Sri Mulyani yang Berencana Suntik PMN untuk Jiwasraya

Fraksi PKS memprotes rencana Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang akan melakukan PMN untuk PT Asuransi Jiwasraya (Persero). PMN ini disiapkan pemerintah lewat PT BPUI (Persero) untuk menyelesaikan persoalan gagal bayar nasabah produk JS Saving Plan di Jiwasraya. Ketua Bandan Anggaran DPR Said Abdullah mengatakan, pemberian PMN kepada Jiwasraya yang bersumber dari APBN merupakan pengalihan tanggungjawab dari pihak-pihak yang terlibat kepada rakyat Indonesia.

Tempo.co / 29-09-2020

Usul Pengamat: PPATK Harus Dilibatkan untuk Buktikan Aset Bentjok yang Disita Kejaksaan

Pakar Hukum Pidana sekaligus Pengamat Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Yenti Garnasih menilai pemblokiran 800 Sub Rekening Efek (SRE) yang memicu silang pendapat antara manajemen PT Asuransi Jiwa WanaArtha dengan Kejagung, seharusnya tidak terjadi jika keduanya mengedepankan aspek hukum yang berlaku.  Lebih lanjut, di tengah polemik penyitaan aset yang diduga milik Bentjok ini, ia berpandangan, sudah seharusnya pihak Kejaksaan melibatkan jajaran PPATK untuk memastikan keabsahan pemilik aset dan aset-aset yang dijadikan barang bukti dalam kasus Jiwasraya.

Wartaekonomi.co.id / 29-09-2020

Memilih Dana Pensiun yang Tepat di Masa Pandemi

Ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 bisa menjadi pengingaat untuk selalu mempersiapkan masa depan, termasuk kesejahteraan saat hari tua dengan menyisihkan dana pensiun. Adapun yang dilakukan ketika mempersiapkan pensiun di tengah fase normal baru; Pertama, hitung berapa kebutuhan biaya hidup selama masa pensiun. Kedua, periksa berapa jumlah aset yang dimiliki. Ketiga, orang yang mempersiapkan pensiun harus punya ketahanan dari sisi mental dan emosional. Keempat, perkuat hubungan dengan orang terdekat seperti sahabat dan keluarga.

Wartaekonomi.co.id / 29-09-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Modal Nonbank Terancam Turun

Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2 OJK Bambang W, Budiawan menjelaskan bahwa kondisi pandemi Covid-19 memang berpotensi menekan ekuitas perusahaan-perusahaan IKNB. Hal tersebut dapat terjadi seiring menurunnya pendapatan dan meningkatkan liabilitas. Bambang menjelaskan bahwa meskipun dalam kondisi sulit, penegakan aturan oleh otoritas tidak akan berubah, termasuk batas minimal ekuitas perusahaan jasa keuangan. Dia menilai bahwa dalam kondisi ini penting baru perusahaan jasa keuangan untuk menjaga keberlangsungan usahanya.

Bisnis Indonesia / 30-09-2020 Hal. 13

Penjualan lewat digital berisiko, OJK minta asuransi tingkatkan mitigasi

AAUI melihat potensi timbulnya masalah dalam penerapan digitalisasi jika tidak dapat menjelaskan secara komprehensif fitur produk asuransi kepada calon Pemegang Polis. Menurut Direktur Eksekutif AAUI Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe, untuk produk asuransi umum kebanyakan jenis polis proteksi yang tidak ada investasi. Kecuali jika ada Paydi. Oleh sebab itu, AAUI menghimbau agar anggota memperhatikan potensi masalah ini dan ingin pelaku industri meningkatkan mitigasi risiko dalam penerapan digitalisasi.

Kontan.co.id / 29-09-2020

Asuransi Mutual, Untung dan Rugi sama-sama Dibagi

Jenis usaha Bersama hanya satu di Indonesia, yakni AJB Bumiputera 1912. Salah satu perbedaan usaha Bersama dengan perseroan, dalam usaha bersama, setiap pemegang polis otomatis ikut menjadi pemegang saham. Ciri ini ini memiliki konsekuensi karena tiap pemegang saham harus bertanggungjawab terhadap kerugian perusahaan. Jadi, pemegang polis AJB Bumiputera, di samping berhak atas keuntungan yang dicapai, juga wajib ikut menanggung seluruh kerugian dari kegiatan usaha sesuai ketentuan peraturan perundangan.

Media Indonesia / 30-09-2020 Hal. 6

Pentingnya Pahami Risiko Investasi di Industri Asuransi

Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo mengatakan, pasar industri asuransi di Indonesia sampai saat ini tergolong prospektif lantaran minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi. Sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan edukasi produk asuransi. Irvan juga menyebut banyak perusahaan yang kurang prudent dalam membuat hingga mengelola produk asuransi, terutama untuk jenis unit link. Menurut Irvan, banyak perusahaan yang justru salah kaprah dalam memasarkan produk asuransi lantaran lebih memprioritaskan peluang investasi daripada manfaat proteksi.

Republika.co.id / 29-09-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.895

IHSG (per 29 September 2020)

   4.879,10

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kompas, Kontan, Media Indonesia, Antaranews.com, Bisnis.com, Duniafintech.com, Investor.id, Jawapos.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Mediautama.com, Republika.co.id, Tempo.co, Wartaekonomi.co.id.

 

DOWNLOAD PDF