AAJI Daily News - 17 November 2020


Tanggal terbit (17 / 11 / 2020)

Selasa, 17 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Asa Penyelesaian Gagal Bayar Terbuka
  2. OJK Cabut Sanksi Kresna Life
  3. Generali Dukung Borobudur Marathon 2020
  4. Bhinneka Life Mendapat Rekor Muri untuk Pembagian Gratis 4.000 Asuransi Kecelakaan
  5. Kresna Life Mulai Bayar Klaim, Bagaimana Kondisi Keuangannya?
  6. OJK Cabut Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha Kresna Life
  7. Parah Bat! 7 Kasus Gagal Bayar Ini Bikin Boncos Rp 49 T
  8. PFI Mega Life dan Bank Permata luncurkan Mega Loan Protection
  9. Anggota Komisi III DPR Dukung Nasabah WanaArtha Lapor Polisi
  10. Laporan Nasabah Diharapkan Memperjelas Penanggung Jawab Gagal Bayar WanaArtha
  11. Tersangka Kasus Jiwasraya Simpan Aset Di Luar Negeri
  12. Tidak Mau Tua Sakit-Sakitan, Daniel Mananta Disiplin Hidup Sehat
  13. Kejagung Periksa 3 Orang Sebagai Saksi Terkait Kasus Jiwasraya
  14. Viral Nasabah Ngamuk di Kantor Cabang, Performa Keuangan Prudential Ternyata....

INDUSTRI & ASURANSI

Asa Penyelesaian Gagal Bayar Terbuka

Menjelang penghujung tahun 2020, OJK menyatakan telah mencabut sanksi pembatasan usaha dari PT Asuransi Jiwa Kresna yang berlaku selama 3 bulan. Pencabutan tersebut membuat perseroan kembali menjalankan langkah pembayaran klaim kepada para pemegang polis. Sementara itu, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) masih meniti jalan panjang penyelesaian gagal bayarnya karena tengah menunggu lampu hijau dari OJK untuk membentuk entitas usaha baru IFG Life.

Bisnis Indonesia / 17-11-2020 Hal. 15

OJK Cabut Sanksi Kresna Life

OJK mencabut sanksi pembatasan kegiatan usaha PT Asuransi Jiwa Kresna setelah berlaku selama tiga bulan. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank II OJK Moch Ihsanuddin menjelaskan, berakhirnya sanksi tersebut membuat perusahaan dapat kembali melakukan kegiatan penutupan baru untuk seluruh lini usaha. Otoritas pun mengimbau agar Kresna Life senantiasa mengacu kepada ketentuan perundangan yang berlaku.

HE Neraca / 17-11-2020 Hal. 5

Generali Dukung Borobudur Marathon 2020

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) kembali mendukung Borobudur Marathon untuk ketiga kalinya. Dukungan Generali ini merupakan komitmen untuk mewujudkan salah satu nilai Generali live the community, di mana Generali aktif tumbuh bersama masyarakat dan komunitas dimana Generali berada. Generali Indonesia menjadi official insurance partner Borobudur Marathon 2020, yang memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan bagi para elite runner jika mengalami risiko meninggal dunia atau menjalani perawatan karena kecelakaan saat berlari.

Investor Daily / 17-11-2020 Hal.23

Bhinneka Life Mendapat Rekor Muri untuk Pembagian Gratis 4.000 Asuransi Kecelakaan

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-4 ini, Bhinneka Life mengusung tema “Empati Bhinneka Life untuk Negeri” sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Indonesia di tengah kondisi pandemi. Wujud nyatanya disampaikan melalui program pemberian 4.000 asuransi kecelakaan gratis untuk 4.000 masyarakat Indonesia dengan total manfaat Rp160 miliar. Program tersebut pun mendapat apresiasi dan pengakuan dari MURI sebagai “Pemberian Polis Asuransi Jiwa di Lokasi Terbanyak”.

Marketing / Ed. November 2020 Hal. 8

Kresna Life Mulai Bayar Klaim, Bagaimana Kondisi Keuangannya?

PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life menilai bahwa proses pembayaran klaim sudah berjalan sesuai rencana, seiring lepasnya sanksi dari OJK. Namun, kondisi keuangan perseroan saat ini masih belum diketahui publik. Mulai September 2020, Kresna Life membayar Rp50 juta kepada setiap pemegang polis sebagai penyelesaian pertama. Nantinya, sisa klaim dibayarkan secara bertahap dengan rentang waktu yang mengacu kepada jumlah premi dari pemegang polis.

Bisnis.com / 16-11-2020

OJK Cabut Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha Kresna Life

OJK mencabut sanksi pembatasan kegiatan usaha PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life setelah berlaku selama tiga bulan. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) II OJK Moch. Ihsanuddin mengatakan, pengakhiran sanksi pembatasan kegiatan usaha diberikan karena PT Asuransi Jiwa Kresna telah mengatasi penyebab dikenakannya sanksi dengan memenuhi ketentuan dengan melaksanakan rekomendasi pemeriksaan tahun 2019.

Bisnis.com / 16-11-2020

Parah Bat! 7 Kasus Gagal Bayar Ini Bikin Boncos Rp 49 T

CNBC Indonesia mencatat, ada sedikitnya 7 kasus gagal bayar yang sempat terjadi, baik dari perusahaan investasi, asuransi jiwa, hingga koperasi simpan pinjam (KSP). Lembaga pemeringkat Fitch Ratings bahkan menyebut, beberapa kasus gagal bayar yang menjadi perhatian publik itu menghasilkan kerugian hingga US$ 3,5 miliar atau setara Rp 49 triliun. Beberapa diantaranya: PT Asuransi Jiwasraya Persero, PT Asuransi Jiwa Kresna, PT Asuransi Jiwa Bakrie Life, PT Asuransi Bumi Asih Jaya, Asuransi Jiwa Bumiputera 1912, KSP Indosurya Cipta dan PT Indosterling Optima Investa.

Cnbcindonesia.com / 16-11-2020

PFI Mega Life dan Bank Permata luncurkan Mega Loan Protection

Prudential Financial Life, dan CT Corporation yaitu PFI Mega Life kembali meluncurkan produknya yaitu mega Loan Protection dengan menggandeng PT Bank Pemata Tbk (BNLI). Prudential Financial Life, dan CT Corporation yaitu PFI Mega Life kembali meluncurkan produknya yaitu mega Loan Protection dengan menggandeng PT Bank Pemata Tbk (BNLI). Mega Loan Protection akan memberikan manfaat kepada tertanggung dengan usia masuk hingga 64 tahun.

Kontan.co.id / 16-11-2020

Anggota Komisi III DPR Dukung Nasabah WanaArtha Lapor Polisi

Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto mendukung langkah nasabah yang melaporkan pemilik PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha dan direksinya ke polisi. Menurut Wihadi, dengan laporan tersebut setidaknya akan membuka fakta sebenarnya posisi keuangan WanaArtha yang selama ini disinyalisasi terjadi praktik manipulasi. Wihadi mengatakan, pelaporan kasus ini juga akan membongkar kebenaran penyebab gagal bayar WanaArtha sesungguhnya.

Liputan6.com / 16-11-2020

Laporan Nasabah Diharapkan Memperjelas Penanggung Jawab Gagal Bayar WanaArtha

Laporan nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) kepada pihak berwajib dinilai akan semakin memperjelas siapa yang mesti bertanggung jawab perihal gagal bayar yang dialami perusahaan asuransi tersebut. Oleh karena itu, Wihadi mendukung langkah nasabah yang telah mengambil jalan hukum dengan melaporkan pemilik dan direksi WanaArtha. Ia meyakini, dari pengusutan perkara tersebut, akan terbongkar penyebab gagal bayar WanaArtha yang sesungguhnya.

Medcom.id / 16-11-2020

Tersangka Kasus Jiwasraya Simpan Aset Di Luar Negeri

Kejagung menyita mobil milik Piter Rasiman setelah menggeledah kediaman Direktur Utama PT Himalaya Energi Perkara itu. Penggeledahan ini dilakukan untuk mengumpulkan bukti bukti keterlibatan Piter dalam kasus korupsi pengelolaan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Febrie Adriansyah menyebut Piter memiliki banyak aset yang diduga diperoleh dari hasil korupsi dana investasi Jiwasraya. Sebagian sudah dilarikan ke luar negeri agar tak disita.

Rmco.id / 16-11-2020

Tidak Mau Tua Sakit-Sakitan, Daniel Mananta Disiplin Hidup Sehat

Pada Konferensi Pulse by Prudential Konsisten dalam Merevolusi Gaya Hidup Sehat Masyarakat Indonesia, Presenter Daniel Mananta mengatakan dalam 4 tahun terakhir, ia sangat disiplin untuk hidup sehat. Daniel Mananta mengatakan ia biasanya bangun pukul 4 pagi agar bisa berolahraga sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Menurut Daniel istri dan anak menjadi motivasinya untuk terus berolahraga dan melakukan gaya hidup sehat. Tentu saja, ada masa saat ia sangat malas dan tidak mood melakukan olah tubuh. Namun biasanya dia akan memaksa diri dan mengalahkan kemalasannya.

Tempo.co / 16-11-2020

Kejagung Periksa 3 Orang Sebagai Saksi Terkait Kasus Jiwasraya

Kejaksaan Agung RI kembali melakukan pemeriksaan terhadap 3 orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono mengatakan pemeriksaan saksi yang dilakukan untuk menggali keterangan saksi dari tersangka korporasi dan tersangka Pribadi dalam hal ini Pieter Rasiman.

Tribunnews.com / 16-11-2020

Viral Nasabah Ngamuk di Kantor Cabang, Performa Keuangan Prudential Ternyata....

PT Prudential Life Insurance menjadi sorotan setelah sebuah video salah satu nasabahnya yang mengamuk di kantor cabang menjadi viral beberapa waktu lalu. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali, mengaku pihak kantor pusat telah menghubungi dan menindaklanjuti keluhan dari nasabah yang bersangkutan. Diketahui, merujuk ke laporan keuangan perusahaan, Prudential Indonesia mengantongi pendapatan premi sebesar Rp16,94 triliun per September 2020 dan sekaligus menjadi yang tertinggi dibandingkan perusahaan asuransi jiwa lainnya.

Wartaekonomi.co.id / 16-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.110

IHSG (per 16 November 2020)

 5.494,87

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Marketing, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Medcom.id, Pikiran-rakyat.com, Rmco.id, Rmolbanten.com, Tempo.co, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF