AAJI Daily News - 14 Mei 2020


Tanggal terbit (14 / 05 / 2020)

Kamis, 14 Mei 2020  

HEADLINE NEWS

  1. AAJI Minta Keringanan Iuran OJK, OJK Tak Bisa Bantu, Kenapa?
  2. OJK: Premi asuransi jiwa tumbuh minus pada triwulan pertama 2020
  3. Industri Asuransi Beri Layanan Optimal di Tengah Pandemi
  4. Kinerja Industri Asuransi Turun Signifikan
  5. OJK Apresiasi Perusahaan Asuransi yang Sediakan Risiko Covid-19
  6. Tak Panik, Komitmen Industri Asuransi Bersifat Jangka Panjang
  7. AIA Ajak Masyarakat Hidup Sehat Sekaligus Berdonasi
  8. Sequis Life Beri Tambahan Manfaat Asuransi Secara Gratis
  9. AJB Bumiputera 1912 di Mata Orang Asing
  10. Di tengah Covid-19, Astra Life maksimalkan layanan dan pemasaran online
  11. Astra Financial kucurkan Rp13,5 miliar bantu warga terdampak COVID-19
  12. Bantuan Sembako Astra Financial untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Capai Rp 13,5 Miliar
  13. Generali Perkirakan PSBB Baru Berdampak ke Kinerja Kuartal II
  14. Astra Life Berinovasi Lawan Pandemi #iGotYourBackLawanCOVID
  15. Cara Mudah Mendaftar Rapid Test Gratis secara Online
  16. Bank Danamon Salurkan Donasi Perlindungan Asuransi ke Sukarelawan
  17. Fintech Modal Rakyat Berikan Asuransi Gratis untuk Seluruh Penggunanya
  18. Lawan Covid-19, Bank Danamon donasikan APD untuk tenaga medis RSUD dr Soewandhie Surabaya
  19. Tips Bijak Kelola Dana THR Biar Gak Boncos di Tengah Corona
  20. Astra Financial Salurkan Bantuan 67.890 Paket Sembako
  21. Astra Life Berinovasi Lawan Pandemi #iGotYourBackLawanCOVID
  22. Beri Perlindungan, Pemerintah Masukkan Nelayan di Berau dalam Asuransi Kesehatan dan Jiwa
  23. Komitmen Industri Asuransi
  24. Komitmen Industri Asuransi
  25. Begini Skema Relaksasi Premi Asuransi Terdampak Virus Corona

TENTANG AAJI

AAJI Minta Keringanan Iuran OJK, OJK Tak Bisa Bantu, Kenapa?

Dalam jumpa pers secara virtual pada Senin (11/5), Ketua OJK Wimboh Santoso mengaku bahwa tren asuransi tren pertumbuhan premi asuransi mengalami penurunan khususnya asuransi jiwa. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia pun sudah meminta keringanan iuran OJK. Namun ternyata OJK tak bisa bantu. Ini karena yang berwenang membantu mengatasi keluhan itu bukan berada di ranah atau wewenang OJK.

Teropongsenayan.com / 11-05-2020

OJK: Premi asuransi jiwa tumbuh minus pada triwulan pertama 2020

OJK mengungkapkan premi asuransi jiwa mengalami penurunan pertumbuhan yang semakin parah selama triwulan pertama 2020, menjadi minus 13,8 persen dibandingkan posisi Desember 2019 yang minus 0,38 persen karena terdampak wabah COVID-19. Sedangkan premi asuransi umum juga tumbuh lebih rendah pada triwulan pertama tahun ini mencapai 3,65 persen dibandingkan posisi Desember 2019 mencapai 15,65 persen.

Antaranews.com / 13-05-2020

Industri Asuransi Beri Layanan Optimal di Tengah Pandemi

Meski biaya pasien Covid-19 ditanggung pemerintah, industri asuransi tetap berkomitmen memberikan pelayanan optimal, bukan hanya kepada para nasabah, tapi juga kepada masyarakat. Di sisi lain, para pelaku industry asuransi menganggap di balik tantangan pandemi Covid-19 ada peluang pasar yang bisa dimanfaatkan karena masyarakat kini semakin sadar bahwa mereka butuh proteksi sehingga harus berasuransi.

Investor.id / 13-05-2020

Kinerja Industri Asuransi Turun Signifikan

Deputi Direktur Pengawasan Asuransi II OJK, Kristianto Andi Handoko mengungkapkan ada penurunan yang signifikan dibandingkan tahun lalu. Juga dari kondisi lima tahun terakhir. Pada kuartal I-2020 terjadi penurunan turun sekitar 7% pada portofolio investasi yang dikelola industri asuransi. Direktur Eksekutif AAJI , Togar Pasaribu mengemukakan, industri asuransi jiwa kini terkena dampak ganda berupa penurunan premi dan penurunan hasil investasi akibat pamdemi Covid-19.

Investor.id / 13-05-2020

OJK Apresiasi Perusahaan Asuransi yang Sediakan Risiko Covid-19

Menurut Kristianto Andi Handoko, corona adalah wabah baru di dunia, sehingga tidak diantisipasi oleh sebagian perusahaan asuransi dan pemegang polis. Bagi perusahaan asuransi yang tidak menyertakan manfaat corona, OJK memahami jika perusahaan tidak men-cover ini. Namun, OJK juga sangat mengapresiasi perusahaan yang menyediakan risiko Covid-19 tanpa harus ada tambahan premi.

Investor.id / 13-05-2020

Tak Panik, Komitmen Industri Asuransi Bersifat Jangka Panjang

Di tengah pandemi Covid-19, Anantharaman mengemukakan, FWD Life Indonesia punya komitmen yang sangat kuat untuk mengatasi pandemi corona bersama pemerintah dan masyarakat, yakni okus untuk lebih melindungi berbagai aspek kehidupan nasabah. Sedangkan Peter Van Zyl menjelaskan, Allianz Utama terus berupaya mendekatkan produknya kepada masyarakat Indonesia.

Investor.id / 13-05-2020

INDUSTRI & ASURANSI

AIA Ajak Masyarakat Hidup Sehat Sekaligus Berdonasi

PT AIA Financial mengajak masyarakat untuk tetap beraktivitas sekaligus berdonasi melalui program #SehatUntukBersama, yang hasilnya akan disalurkan melalui Baznas untuk membantu tenaga medis melawat pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Bersama perusahaan dalam membantu jutaan keluarga di Indonesia untuk hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik.

Investor Daily / 14-05-2020 Hal. 23

Sequis Life Beri Tambahan Manfaat Asuransi Secara Gratis

PT Asuransi Jiwa Sequish Life melalui salah satu produk digitalnya Super You meluncurkan program #SuperTogether. Setiap nasabah yang baru membeli asuransi lewat produk digital tersebut, nasabah bisa mendapatkan perluasan manfaat atas risiko Covid-19 dan tutup usia karena kecelakaan. Program asuransi gratis tersebut memberikan manfaat sebesar Rp 3 juta jika terdiagnosis positif Covid-19 dan manfaat tutup usia karena kecelakaan senilai Rp 5 juta.

Investor Daily / 14-05-2020 Hal. 24

AJB Bumiputera 1912 di Mata Orang Aking

AJB Bumiputera 1912 adalah satu-satunya Usaha Bersama/Mutual yang ada di Indonesia yang didirikan tiga tokoh Goeroe yang juga pengurus Pergerakan Boedi Oetomo. AJB Bumiputera merupakan heritage industri asuransi di Indonesia. Bagi Diding S. Anwar, Komite perasuransian Kadin Indonesia, sebagai orang asing yang awam atas AJB Bumiputera pada hakekatnya seluruh komponen bangsa mempunyai sikap memiliki AJB Bumiputera 1912. Karya dan pengabdian para pendiri tentunya wajib dan perlu dijaga generasi penerus.

HE Neraca / 14-05-2020 Hal. 2

Di tengah Covid-19, Astra Life maksimalkan layanan dan pemasaran online

Astra Life menanggapi dampak pandemi melalui pemaksimalan layanan dan pemasaran alternatif berbasis digital.  Astra Life memiliki alat penjualan digital serta memanfaatkan teknogi untuk pertemuan secara online. Selain itu, Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life yang cukup dikenal masyarakat dengan produk unggulan Flexi Life. Astra Life juga memberikan pilihan untuk pembelian asuransi melalui aplikasi milik mitra bank, yaitu PermataBank.

Antaranews.com / 13-05-2020

Astra Financial kucurkan Rp13,5 miliar bantu warga terdampak COVID-19

10 lembaga jasa keuangan (LJK) di bawah Astra Financial--yang sebagian besar melayani sektor otomotif, hingga 12 Mei 2020 telah menyalurkan bantuan senilai Rp13,578 miliar kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Dari total Rp13,578 miliar tersebut, sebanyak 12.590 paket @Rp 200.000 atau total senilai Rp2,518 miliar disalurkan oleh ACC, Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra), PT Toyota Astra Financial Service (TAF), PT Komatsu Astra Finance (KAF), dan PT Surya Arta Nusantara Finance (SANF).

Antaranews.com / 13-05-2020

Bantuan Sembako Astra Financial untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Capai Rp 13,5 Miliar

Lima Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam Astra Financial secara bertahap menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 12.590 @ Rp 200.000 (senilai Rp 2,518 miliar), sehingga total yang diserahkan seluruh Astra Financial per 12 Mei 2020 mencapai 67.890 paket (senilai Rp 13,578 miliar).

Beritasatu.com / 13-05-2020

Generali Perkirakan PSBB Baru Berdampak ke Kinerja Kuartal II

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) menyatakan dampak kebijakan pembatasan sosial skala besar atau PSBB terhadap kinerja asuransi, baru akan dirasakan pada kuartal kedua tahun ini. CEO Generali Edy Tuhirman menyebutkan kinerja perseroan masih tumbuh positif pada kuartal pertama, meski sudah mulai diumumkan adanya pasien Covid-19 pada awal Maret.

Bisnis.com / 13-05-2020

Astra Life Berinovasi Lawan Pandemi #iGotYourBackLawanCOVID

Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengatakan bahwa masa pandemi ini menjadi suatu turning point bagi industri asuransi untuk mempercepat adopsi digitalisasi. Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, tersedia juga aplikasi Buddies dimana nasabah bisa akses ke portal nasabah, dan bersama mitra PermataBank, Astra Life juga hadirkan 4 produk unggulan yang dapat dibeli di super app PermataMobileX dari rumah.

Cnbcindonesia.com / 13-05-2020

Cara Mudah Mendaftar Rapid Test Gratis secara Online

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis) menggelar kegiatan Rapid Test gratis kepada lebih dari 6.000 peserta. Kegiatan ini berkolaborasi dengan jaringan tiga rumah sakit rekanan Sequis, yakni RS Primaya (Awal Bros), RS Mitra Keluarga, dan RS Hermina. Pendaftaran rapid test dilakukan secara online melalui website yang sudah dilengkapi dengan SCOVIA (Sequis Corona Virus Intelligent Assistant) yang bertugas melakukan pengecekan kondisi kesehatan calon peserta.

Fimela.com / 13-05-2020

Bank Danamon Salurkan Donasi Perlindungan Asuransi ke Sukarelawan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) memberikan donasi perlindungan asuransi bagi 10.000 relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bank Danamon memberikan donasi dalam bentuk premi asuransi jiwa dan jaminan kecelakan kerja yang dikelola oleh BP Jamsostek kepada 10.000 relawan dibawah kordinasi BNPB.

Genpi.co / 13-05-2020

Fintech Modal Rakyat Berikan Asuransi Gratis untuk Seluruh Penggunanya

Sebagai langkah mendukung Pemerintah RI melawan Covid-19, startup fintech (financial technology) Modal Rakyat memberikan layanan asuransi gratis untuk para pengguna di platformnya. Berkolaborasi dengan Super You by Sequis Online, program asuransi ini memberikan manfaat senilai Rp3 juta jika terdiagnosa positif COVID-19 dan manfaat tutup usia karena kecelakaan senilai Rp5 juta.

Grid.id / 13-05-2020

Lawan Covid-19, Bank Danamon donasikan APD untuk tenaga medis RSUD dr Soewandhie Surabaya

PT Bank Danamon Indonesia Tbk  melalui Kantor Wilayah Jawa Timur memberikan donasi Alat Pelindung Diri (APD) berupa pakaian hazmat dan masker N95 untuk 1.100 tenaga medis dan non medis yang tergabung di RSUD dr. Soewandhie Surabaya. Bantuan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan dalam rangka satu tahun investasi MUFG di Bank Danamon serta peran aktif dalam melawan Covid-19.

Kabarbisnis.com / 13-05-2020

Tips Bijak Kelola Dana THR Biar Gak Boncos di Tengah Corona

Dimas Ardhinugraha, Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), mencoba untuk memberikan sejumlah tips pengelolaan dana THR di saat wabah COVID-19. Berikut ini tipsnya; Tunaikan kewajiban membayar THR orang lain dan zakat, Lunasi utang, Isi pos dana darurat, Sisihkan untuk mudik,  Investasikan.

Viva.co.id / 13-05-2020

Astra Financial Salurkan Bantuan 67.890 Paket Sembako

Lima Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam Astra Financial secara bertahap menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 12.590 @ Rp200.000 (senilai Rp2,518 miliar) sehingga total yang diserahkan seluruh Astra Financial per 12 Mei 2020 mencapai 67.890 paket (senilai Rp13,578 miliar). CEO Asuransi Astra, Rudy Chen, mengatakan bahwa aksi kepedulian yang dilakukan di 28 titik se-Indonesia ini merupakan upaya agar peace of mind.

Wartaekonomi.co.id / 13-05-2020

Astra Life Berinovasi Lawan Pandemi #iGotYourBackLawanCOVID

Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengatakan bahwa masa pandemi ini menjadi suatu turning point bagi industri asuransi untuk mempercepat adopsi digitalisasi. Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, tersedia juga aplikasi Buddies dimana nasabah bisa akses ke portal nasabah, dan bersama mitra PermataBank, Astra Life juga hadirkan 4 produk unggulan yang dapat dibeli di super app PermataMobileX dari rumah.

Cnbcindonesia.com / 14-05-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Beri Perlindungan, Pemerintah Masukkan Nelayan di Berau dalam Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Potensi perikanan di Berau pun sangat melimpah dan menjadi salah satu sumber pencaharian utama bagi masyarakat. Pemerintah Kabupaten Berau pun memberikan perhatian kepada para nelayan ini melalui perlindungan asuransi kesehatan dan jiwa. Kepala Dinas Perikanan Berau, Tentram Rahayu mengatakan bahwa program ini awalnya merupakan kebijakan dari pemerintah pusat. Dimana pemerintah pusat menanggulangi premi awal.

Tribunnews.com / 12-05-2020

Komitmen Industri Asuransi

Wabah Covid-19 memukul perekonomian dunia dan juga nasional. Komitmen pelaku asuransi dalam melayani nasabah dan masyarakat menjadi kunci masa depan industri ini.  Sejumlah pelaku asuransi bahkan menyatakan akan terus memberikan layanan optimal kepada nasabah, meski dihadapkan pada situasi yang sulit. Mereka juga optimistis menatap masa depan industri asuransi. Ketika pandemi ini selesai, industri asuransi akan kembali tumbuh dengan baik.

Beritasatu.com / 13-05-2020

Komitmen Industri Asuransi

Wabah Covid-19 memukul perekonomian dunia dan juga nasional. Komitmen pelaku asuransi dalam melayani nasabah dan masyarakat menjadi kunci masa depan industri ini.  Sejumlah pelaku asuransi bahkan menyatakan akan terus memberikan layanan optimal kepada nasabah, meski dihadapkan pada situasi yang sulit. Mereka juga optimistis menatap masa depan industri asuransi. Ketika pandemi ini selesai, industri asuransi akan kembali tumbuh dengan baik.

Investor.id / 13-05-2020

Begini Skema Relaksasi Premi Asuransi Terdampak Virus Corona

Relaksasi kredit terdampak Virus Corona atau COVID-19 terus dilakukan. Direktur Utama Asuransi Jasindo, Didit Mehta Pariadi menjelaskan, teknisnya polis awal dilakukan endorsement ulang pertanggungan dan jangka waktu pertanggungan, dengan perhitungan premi baru dikurangi premi refund maka menjadi additional premi untuk penambahan premi restrukturisasi. Untuk premi yang lebih ekonomis endorsement penutupan dapat menjadi total lost only (TLO).

Viva.co.id / 13-05-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.865

IHSG (per 13 Mei  2020)

   4.554,36

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Investor Daily, HE Neraca, Antaranews.com, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Fimela.com, Genpi.co, Grid.id, Investor.id, Tribunnews.com, Teropongsenayan.com, Viva.co.id, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF