AAJI Daily News - 2 April 2020


Tanggal terbit (02 / 04 / 2020)

Kamis, 2 April 2020  

HEADLINE NEWS

  1. AAJI Minta Relaksasi Demi Premi Baru
  2. Antisipasi Moral Hazard, Pemerintah Harus Buat Aturan Penggunaan Dana Tambahan Rp150 Triliun
  3. Bahana Jadi 'Holding' Asuransi
  4. Jiwasraya Bayar Rp470 Miliar untuk Utang Polis
  5. Jiwasraya Siapkan Pembayaran Klaim Selanjutnya
  6. Konsorsium BUMN Bersiap Beli Aset Properti Jiwasraya
  7. Jiwasraya Mulai Cicil Dana Pemegang Polis
  8. AIA Beri Perlindungan untuk Nasabah dari Risiko Covid-19
  9. Wujudkan 'We Do Technology' Prudential Luncurkan Pulse
  10. Dorong Produktivitas Nasabah, Generali Hadirkan Fitur 'Sleep & Stress'
  11. Panin Dai-ichi Life Perkuat Jaringan Pemasaran
  12. Perusahaan Induk Untungkan Jiwasraya
  13. Pemegang Polis Saving Plan Heran dengan Jiwasraya
  14. Klaim asuransi cair, nasabah Jiwasraya apresiasi komitmen pemerintah
  15. Jiwasraya Terima Rp1,4 Triliun Uang Muka Citos, Ini Penjelasan Dirut
  16. Semangat! Kejagung Periksa 7 Orang Saksi di Tengah Corona
  17. Asuransi Jiwasraya Kantongi Nama Investor untuk Anak Usaha
  18. Hari Ini, Kejagung Periksa Empat Saksi Jiwasraya
  19. Nasabah hingga Ekonom Apresiasi Pembayaran Polis Jatuh Tempo Jiwasraya
  20. Mulai Ada Pembayaran, Asuransi Jiwasraya Cicil Nasabah Polis Tradisional
  21. Fakta Terbaru Gagal Bayar Jiwasraya: Mulai Cicil Bayar Polis hingga Jual Citos
  22. Dana Investasi di Asuransi Kresna Life Tidak Dicairkan, Padahal Sudah Jatuh Tempo
  23. Lewat AXA Mandiri, Erick Thohir Berikan Asuransi Jiwa Tenaga Medis Covid-19
  24. Saham Jiwasraya Putra Terjual, Siapa Pemenangnya?
  25. Jiwasraya Mulai Bayar Klaim, Nasabah: Alhamdulillah
  26. 35 Ribu Dokter & Perawat COVID-19 Dapat Asuransi dari Mandiri

TENTANG AAJI

AAJI Minta Relaksasi Demi Premi Baru

AAJI menyatakan industri asuransi masih memerlukan relaksasi demi menjaga kinerja di tengah pandemi virus korona. Relaksasi khususnya berarti keleluasaan atau regulasi tidak terlalu ketat sehingga pelaku industri dapat terus mendongkrak premi baru. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan dalam kondisi seperti saat ini tekanan perekonomian akibat Covid-19 dinilai akan turut memengaruhi industri asuransi jiwa.

Koran Sindo / 02-04-2020 Hal. 5

Antisipasi Moral Hazard, Pemerintah Harus Buat Aturan Penggunaan Dana Tambahan Rp150 Triliun

Pemerintah dinilai perlu menyiapkan aturan-aturan pelaksanaan dari penggunaan tambahan anggaran Rp150 triliun untuk pencegahan dampak penyebaran virus corona agar tidak terjadi moral hazard dalam penggunaan anggaran tersebut. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu turut mengapresiasi penggelontoran dana tersebut. Menurutnya, hal tersebut dapat menjaga roda perekonomian agar tetap berjalan di tengah pandemic Covid-19

Bisnis.com / 01-04-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Bahana Jadi 'Holding' Asuransi

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Bahana ditunjuk sebagai induk usaha (holding) perasuransian dan penjaminan untuk meningkatkan peran BUMN dalam sistem keuangan domestik serta mampu memberikan sumbangsih bagi perekonomian nasional di tengah-tengah tekanan ketidakpastian global.

Koran Jakarta / 01-04-2020 Hal. 6

Jiwasraya Bayar Rp470 Miliar untuk Utang Polis

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) melakukan pembayaran utang kepada 15.000 pemilik polis tradisional. Dalam pembayaran polis ini, Jiwasraya menyiapkan dana sekitar Rp470 miliar rupiah yang bersumber dari likuidasi aset-aset finansial. Pembayaran ini diberikan pada polis yang sudah jatuh tempo dan sudah terverifikasi.

Koran Jakarta / 01-04-2020 Hal. 6

Jiwasraya Siapkan Pembayaran Klaim Selanjutnya

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berusaha menuntaskan pembayaran tunggakan klaim nasabah pemegang polis tradisional maupun nontradisional, termasuk pemegang polis produk JS Saving Plan. Adapun skema pembayaran untuk nasabah masih disusun perseroan. Pembayaran akan dilakukan setelah adanya ketetapan mengenai tahap, besaran, jadwal dan jangka waktu pelunasan yang saat ini tengah dibahas bersama pemegang saham, yakni Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan, serta regulator. 

Koran Tempo / 01-04-2020 Hal. 21

Konsorsium BUMN Bersiap Beli Aset Properti Jiwasraya

Direktur Utama Jiwasraya, Hexana Sasongko menuturkan, salah satu aset potensial yang akan dilepas adalah gedung pusat belanja dan perkantoran Cilandak Town Square dengan taksiran senilai Rp 2,2 triliun. Hexana mengungkapkan pembeli Citos adalah sesama perusahaan pelat merah yang terdiri atas konsorsium BUMN konstruksi dan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Penjajakan pembelian sebenarnya telah berlangsung sejak dua tahun lalu.

Koran Tempo / 01-04-2020 Hal. 22

Jiwasraya Mulai Cicil Dana Pemegang Polis

PT Jiwasraya mulai melakukan pembayaran pertama kepada lebih dari 15.000 polis tradisional pada Selasa (31/3). Direktur Utama Jiwasraya Hexana Sasongko menyatakan perseroan sedang melakukan aksi-aksi korporasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk penentuan skema pembayaran kewajiban klaim kepada pemegang polis.

Warta Kota / 01-04-2020 Hal. 14

AIA Beri Perlindungan untuk Nasabah dari Risiko Covid-19

PT AIA Financial (AIA) memberikan perlindungan tambahan kepada nasabah. Perlindungan tanpa pengecualian status pandemi Covid-19 ini untuk memastikan nasabah mendapatkan proteksi mulai dari perawatan inap dan biaya tes Covid-19 selama nasabah diharuskan untuk menjalani rawat inap, hingga perlindungan jika nasabah mengalami komplikasi penyakit kritis yang diakibatkan virus Covid-19.

Majalah Investor / Ed. Maret 2020 Hal. 16

Wujudkan 'We Do Technology' Prudential Luncurkan Pulse

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merilis aplikasi yang bisa diakses oleh masyarakat. Aplikasi ini dinamakan Pulse by Prudential (Pulse) ini akan memberikan beragam manfaat kepada masyarakat, karena selain memberikan informasi mengenai kesehatan, konsultasi dengan dokter, serta solusi dalam penanganan kesehatan melalui produk dan layanan asuransi yang dimiliki Prudential Indonesia.

Majalah Investor / Ed. Maret 2020 Hal. 16

Dorong Produktivitas Nasabah, Generali Hadirkan Fitur 'Sleep & Stress'

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meluncurkan fitur sleep and stress yang akan membantu nasabah mengenali profil tidur, tingkat ketahanan dan toleransi terhadap stres serta potensi gangguan tidur sesuai dengan DNA masing-masing. Layanan ini merupakan fitur terbaru dari Generali DNA Journal.

Majalah Investor / Ed. Maret 2020 Hal. 17

Panin Dai-ichi Life Perkuat Jaringan Pemasaran

Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life Fadjar Gunawan bersama Direktur Akiharu Yamatani, Chief Agency Officer Darwin Gunawan, GA Owner Lukas Kusmana, GA Owner Rudi memotong pita saat meresmikan kantor General Agency (GA) Bersatu Mencapai Impian sebagai titik pemasaran baru di Tangerang, Sabtu (14/3).

Majalah Investor / Ed. Maret 2020 Hal. 17

Perusahaan Induk Untungkan Jiwasraya

Keputusan pemerintah menunjuk PT Bahana Pembina Usaha Indonesia (Persero) sebagai induk usaha BUMN bidang asuransi dan penjaminan dinilai positif. Kepastian adanya perusahaan induk menjadi sentimen positif bagi investor yang menunggu waktu tepat untuk masuk ke PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Kompas / 02-04-2020 Hal. 10

Pemegang Polis Saving Plan Heran dengan Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) baru saja membayarkan kewajiban kepada lebih dari 15.000 pemegang polis tradisional senilai Rp 470 miliar. Pembayaran itu tetap tidak memberikan kepastian kapan polis Saving Plan juga segera dilunasi. Salah seorang nasabah, Lee Kang Hyun mengaku belum menerima kabar apapun terkait pembayaran dari Jiwasraya. Ia mempertanyakan mengapa Jiwasraya lebih dulu membayar polis tradisional yang seharusnya polis saving plan lebih diprioritaskan karena gagal bayar sejak Oktober 2018.

Kontan / 02-04-2020 Hal. 10

Klaim asuransi cair, nasabah Jiwasraya apresiasi komitmen pemerintah

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada 31 Maret 2020 mulai mencairkan klaim asuransi untuk 15.000 pemegang polis tradisional senilai total Rp470 miliar. Pembayaran klaim polis yang sempat tertunda sejak 2018 itu, mendapat apresiasi nasabah seiring dengan komitmen pemerintah untuk menyelesaikan persoalan di Jiwasraya.

Antaranews.com / 01-04-2020

Jiwasraya Terima Rp1,4 Triliun Uang Muka Citos, Ini Penjelasan Dirut

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyatakan bahwa pusat perbelanjaan Cilandak Town Square atau Citos belum dijual saat ini. Meskipun begitu, telah terdapat pembayaran uang muka senilai Rp1,4 triliun pada 2018. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menjelaskan uang muka tersebut dibayarkan oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dua tahun lalu. Namun, Hexana tidak menjelaskan konsorsium mana yang dimaksudnya.

Bisnis.com / 01-04-2020

Semangat! Kejagung Periksa 7 Orang Saksi di Tengah Corona

Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sebanyak 7 orang saksi diperiksa hari ini, Rabu (1/4). Satu diantaranya merupakan saksi ahli. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Hari Setiyono menyebut kehadiran saksi ahli tersebut memang sengaja didatangkan penyidik Kejagung. Tujuannya dimaksudkan agar membantu penyelesaian kasus.

Cnbcindonesia.com / 01-04-2020

Asuransi Jiwasraya Kantongi Nama Investor untuk Anak Usaha

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengaku telah menentukan investor bagi entitas anak, PT Jiwasraya Putra. Selanjutnya, kedua belah pihak akan menyelesaikan masalah administrasi. Sebelumnya, perseroan telah menggelar uji tuntas alias due diligence terhadap lima calon investor. Empat diantaranya merupakan investor asing, dan satu sisanya berasal dari dalam negeri.

Cnnindonesia.com / 01-04-2020

Hari Ini, Kejagung Periksa Empat Saksi Jiwasraya

Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI melakukan pemeriksaan empat orang saksi dan satu orang ahli terkait perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Indonesiainside.id / 01-04-2020

Nasabah hingga Ekonom Apresiasi Pembayaran Polis Jatuh Tempo Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada Selasa (31/3) mulai membayar cicilan kepada 15 ribu pemegang polis tradisional yang jatuh tempo sejak 2018 dengan total Rp 470 miliar. Salah satu nasabah tradisional Jiwasraya, H.M. Darsono yang menghargai itikad baik perusahaan asuransi pelat merah ini untuk menyelesaikan tunggakan dana nasabahnya. Meski enggan menyebut jumlah klaimnya, dia mengaku masih ada sisa polis miliknya yang belum dibayarkan.

Katadata.co.id / 01-04-2020

Mulai Ada Pembayaran, Asuransi Jiwasraya Cicil Nasabah Polis Tradisional

Jiwasraya melakukan pembayaran pertama Jiwasraya kepada lebih dari 15.000 polis tradisional pada Selasa (31/3). Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko menyatakan, pihaknya sedang melakukan aksi-aksi korporasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk penentuan skema pembayaran kewajiban klaim kepada pemegang polis.

Kontan.co.id / 01-04-2020

Fakta Terbaru Gagal Bayar Jiwasraya: Mulai Cicil Bayar Polis hingga Jual Citos

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) saat ini sedang melakukan berbagai hal untuk memulihkan kondisi perusahaan usai mengalami gagal bayar pada Oktober 2018. Berikut fakta terbaru Jiwasraya: 1) Jiwasraya Bayar Polis ke 15 Ribu Nasabah, Nilainya Rp 470 Miliar, 2) Jiwasraya Akan Jual Jiwasraya Putra, 3) Citos Dibeli BUMN, Jiwasraya Sudah Terima Uang Muka Rp 1,4 Triliun.

Kumparan.com / 01-04-2020

Dana Investasi di Asuransi Kresna Life Tidak Dicairkan, Padahal Sudah Jatuh Tempo

Seorang  pemegang polis asuransi jiwa Kresna dengan nomor polis 121290301 dan 121290303 yang sudah jatuh tempo pada tanggal 09 Maret 2020. Namun sampai dengan saat ini, dana tersebut belum juga dicairkan ke rekening. Kepada manajemen asuransi jiwa Kresna mohon merespon saya dan dapat segera mencairkan kedua polis tersebut.

Mediakonsumen.com / 01-04-2020

Lewat AXA Mandiri, Erick Thohir Berikan Asuransi Jiwa Tenaga Medis Covid-19

Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan asuransi pertanggungan jiwa kepada tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 atau Coronavirus Disease. Asuransi jiwa ini disediakan oleh anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yaitu AXA Mandiri. Pemberian asuransi jiwa sangat perlu dilakukan. Karena, tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam penanganan virus dengan episentrum Kota Wuhan, China itu.

Suara.com / 01-04-2020

Saham Jiwasraya Putra Terjual, Siapa Pemenangnya?

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko menuturkan sudah ada pemenang dari penjualan saham anak usaha Jiwasraya, yaitu PT Jiwasraya Putra. Tapi, kata dia masih finalisasi Conditional Sale and Purchasing Agreement (CSPA). Karena masih tahap finalisasi administrasi, menurut dia pihaknya belum dapat mengumumkan nama pemenang pembeli saham Jiwasraya Putra.

Tagar.id / 01-04-2020

Jiwasraya Mulai Bayar Klaim, Nasabah: Alhamdulillah

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada 31 Maret 2020 mulai mencairkan klaim asuransi untuk 15.000 pemegang polis tradisional senilai total Rp 470 miliar. Pembayaran klaim polis yang sempat tertunda sejak 2018 itu, mendapat apresiasi nasabah seiring dengan komitmen pemerintah untuk menyelesaikan persoalan di Jiwasraya, salah satunya HM Darsono.

Tempo.co / 01-04-2020                            

Regulasi & Makro Ekonomi

35 Ribu Dokter & Perawat COVID-19 Dapat Asuransi dari Mandiri

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memberikan fasilitas asuransi jiwa kepada 35 ribu dokter dan perawat yang bertugas di garda depan menangani pasien corona (COVID-19). Total nilai pertanggungan asuransi yang diberikan mencapai Rp 1 triliun. Direktur Utama Bank Mandiri Tbk (BMRI) Royke Tumilaar mengatakan asuransi jiwa ini diberikan kepada seluruh petugas medis yang bertugas di seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 di seluruh Indonesia.

Cnbcindonesia.com / 01-04-2020           

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

16.450

IHSG (per 1 April 2020)

   4.466,04

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Kompas, Koran Jakarta, Koran Sindo, Koran Tempo, Warta Korta, Majalah Investor, Kontan, Antaranews.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Indonesiainside.id, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Kumparan.com, Mediakonsumen.com, Suara.com, Tagar.id, Tempo.co.

DOWNLOAD PDF