AAJI Daily News - 13 Mei 2020


Tanggal terbit (13 / 05 / 2020)

Rabu, 13 Mei 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Industri Asuransi Beri Layanan Optimal di Tengah Pandemi
  2. Waduh, Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa Minus
  3. Premi asuransi jiwa terdampak corona
  4. Premi Asuransi Jiwa Tumbuh Minus
  5.  [Video] Peran Asuransi Saat Pandemi
  6. Kondisi Bumiputera Dipersoalkan
  7. Kejagung: Berkas Perkara Lima Tersangka Korupsi Jiwasraya Lengkap
  8. Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa Minus 13,8%
  9. Berkas Lima Tersangka Jiwasraya Lengkap
  10. Polisi Telusuri Aset Tersangka Indosurya
  11. Sequis Tawarkan Asuransi Gratis
  12. Ini Tips Mengelola THR di Saat Pandemi, Mulai dari Prioritas Zakat Sampai Dana Darurat
  13. Terima Surat dari Para Kepala Perwakilan, Dirut Bumiputera: Masalah Internal
  14. Kondisi Terkini Bumiputera, Sejumlah Masalah Belum Terselesaikan
  15. Sistem Antrean Pembayaran Klaim Bumiputera, Realisasinya Baru Tiga Kali
  16. #SuperTogether: Perlindungan Asuransi Gratis dari Super You by Sequis Online
  17. PT Asuransi Jiwa Sequis Life Gelar Rapid Test Gratis
  18. Beradaptasi dan Berinovasi di Tengah Pandemi, Astra Life Gaungkan #iGotYourBackLawanCOVID
  19. Di tengah pandemi corona, Astra Life maksimalkan layanan digital
  20. Logitech meraup kenaikan penjualan 13,6% di kuartal I-2020 saat pandemi corona
  21. Sequis Beri Rapid Test Gratis untuk Masyarakat
  22. Sequis Beri Asuransi Gratis di Tengah Pandemi Covid-19
  23. Tips Mengelola THR di Tengah Pandemi Covid-19
  24. Fintech Modal Rakyat Berikan Asuransi Gratis ke Pengguna
  25. Pastikan Keamanan Sistem Informasi Data Nasabah, Allianz Indonesia Raih Sertifikasi ISO 27001:2013
  26. Program #SuperTogether Sequis Membantu Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19
  27.  [Foto] Premi Asuransi Jiwa
  28. Ada Corona, Premi Asuransi Jiwa Malah Anjlok 13,8 Persen
  29. OJK Dorong Perusahaan Asuransi Lakukan Keringanan Kredit
  30. OJK Apresiasi Perusahaan Asuransi yang Lakukan Relaksasi

TENTANG AAJI

Industri Asuransi Beri Layanan Optimal di Tengah Pandemi

Meski biaya pasien Covid-19 ditanggung pemerintah, industri asuransi tetap berkomitmen memberikan pelayanan optimal, bukan hanya kepada karyawan, tapi juga masyarakat. Di sisi lain, para pelaku industri asuransi menganggap dibalik tantangan pandemi ini ada peluang pasar yang bisa dimanfaatkan karena masyarakat kini semakin sadar bahwa mereka butuh proteksi sehingga harus berasuransi.

Investor Daily / 13-05-2020 Hal. 1&2

Waduh, Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa Minus

Industri asuransi jiwa termasuk t ute yang cukup terpukul akibat t uteru covid-19. OJK mengungkapkan premi asuransi jiwa mengalami penurunan pertumbuhan yang semakin dalam selama triwulan pertama 2020, menjadi minus 13,8% dibandingkan posisi Desember 2019 yang minus 0,38% karena terdampak wabah COVID-19.

Mediaindonesia.com / 11-05-2020

Premi asuransi jiwa terdampak corona

OJK menyatakan tren pertumbuhan premi asuransi mengalami penurunan khususnya asuransi jiwa. AAJI meminta keringanan kepada OJK untuk pembayaran iuran yang harus dibayarkan oleh asuransi jiwa kepada regulator. Dampak t uteru Covid-19, premi asuransi jiwa terkoreksi minus 13,8% y-o-y pada Maret 2020. Padahal pada Desember 2019 lalu hanya minus 0,38%.

Kontan.co.id / 12-05-2020

Premi Asuransi Jiwa Tumbuh Minus

OJK mengungkapkan premi asuransi jiwa mengalami penurunan pertumbuhan yang semakin dalam selama triwulan pertama 2020, menjadi minus 13,8 persen dibandingkan posisi Desember 2019 yang minus 0,38 persen karena terdampak wabah Covid-19. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, sedangkan premi asuransi umum juga tumbuh lebih rendah pada triwulan pertama tahun ini mencapai 3,65 persen dibandingkan posisi Desember 2019 mencapai 15,65 persen.

Nusabali.com / 12-05-2020

[Video] Peran Asuransi Saat Pandemi

Kristianto Andi Handoko, Deputi Direktur Pengawasan Asuransi II OJK, mengatakan bahwa OJK memaklumi perusahaan asuransi yang belum mengcover pertanggungan untuk penyakit Covid-19 dan OJK mengapresiasi perusahaan asuransi yang melakukannya. Jens Reisch, Presiden Direktur PT Prudential Life Assurance, menambahkan Prudential sejak bulan Januari sudah meluncurkan manfaat tambahan Rp1 juta per hari bagi semua pemegang polis untuk perlindungan atas penyakit Covid-19. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI, mengatakan bahwa Covid-19 dalam polis asuransi sebenarnya termasuk penyakit yang tidak terdefinisikan dan pemerintah memang menanggung asuransi untuk penyakit tersebut. Togar juga mengimbau bahwa semua perusahan asuransi seharusnya menanggung klaim Covid.19.

Youtoube.com/ 12 Mei 2020

INDUSTRI & ASURANSI

Kondisi Bumiputera Dipersoalkan

Manajemen Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 menyatakan bahwa isi surat dari sejumlah Kepala Wilayah Bumiputera terkait dengan kondisi terkini perusahaan merupakan permasalahan internal. Terlepas dari isi surat tersebut, Direktur Utama Bumiputera Dirman Pardosi menjelaskan bahwa manajemen berupaya untuk melakukan yang terbaik.

Bisnis Indonesia / 13-05-2020 Hal. 3

Kejagung: Berkas Perkara Lima Tersangka Korupsi Jiwasraya Lengkap

Direktur Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung menyatakan berkas lima tersangka kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) sudah dinyatakan lengkap atau P21. Dengan demikian masih ada satu tersangka lagi yang berkasnya belum lengkap, yakni Joko Hartono Tirto.

HE Neraca / 13-05-2020 Hal. 12

Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa Minus 13,8%

OJK mengungkapkan premi asuransi jiwa mengalami penurunan pertumbuhan yang semakin dalam selama triwulan pertama 2020, menjadi minus 13,8 persen dibandingkan posisi Desember 2019 yang minus 0,38 persen karena terdampak wabah Covid-19. Sedangkan premi asuransi umum juga tumbuh lebih rendah pada triwulan pertama tahun ini mencapai 3,65 persen dibandingkan posisi Desember 2019 mencapai 15,65 persen.

HE Neraca / 13-05-2020 Hal.5

Berkas Lima Tersangka Jiwasraya Lengkap

Berkas perkara lima dari enam tersangka kasus dugaan korupsi Asuransi Jiwasraya dinyatakan lengkap. Kelima berkas telah memenuhi syarat formil dan materiil untuk dilimpahkan ke pengadilan . Dengan demikian, penyidik akan segera melimpahkan perkara untuk tahap II, yakni serah terima tersangka dan barang bukti dari penyidik ke penuntut umum.

Kompas / 13-05-2020 Hal. 2

Polisi Telusuri Aset Tersangka Indosurya

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri masih berusaha mencari aset milik para tersangka dugaan penipuan dan penggelapan dana Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Cipta. Hal ini dikarenakan aset tersebut dinilai sangat besar sehingga perlu pengumpulan bukti-bukti lebih lanjut.

Kontan / 13-05-2020 Hal. 10

Sequis Tawarkan Asuransi Gratis

Super You by Sequis Online turut mengambil bagian membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus Covid-19 melalui program #SuperTogether. Program asuransi ini memberikan manfaat senilai Rp3 juta jika terdiagnosis positif Covid-19 dan manfaat tutup usia karena kecelakaan senilai Rp5 juta. Nasabah baru yang membeli produk asuransi Super You pada periode 5 Mei-5 Juni 2020 akan otomatis terdaftar pada program #SuperTogether.

Warta Kota / 13-05-2020 Hal. 5

Ini Tips Mengelola THR di Saat Pandemi, Mulai dari Prioritas Zakat Sampai Dana Darurat

Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Dimas Ardhinugraha memberikan sejumlah tips mengatur ulang prioritas alokasi THR di situasi sekarang ini; membayar THR orang lain serta menunaikan zakat, membayar utang-utang, masukkan sebagian THR ke pos dana darurat, sisihkan untuk dana mudik, menyimpan dana tersebut dalam reksa dana pasar uang.

Bisnis.com / 12-05-2020

Terima Surat dari Para Kepala Perwakilan, Dirut Bumiputera: Masalah Internal

Manajemen Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 menyatakan bahwa isi surat dari sejumlah Kepala Wilayah Bumiputera terkait kondisi terkini perusahaan merupakan permasalahan internal. Direktur Utama Bumiputera Dirman Pardosi menjelaskan terlepas dari isi surat tersebut, Dirman menjelaskan bahwa manajemen dari satu-satunya perusahaan asuransi berbentuk usaha t uter di Indonesia t uterus berupaya untuk melakukan perbaikan kondisi keuangan.

Bisnis.com / 12-05-2020

Kondisi Terkini Bumiputera, Sejumlah Masalah Belum Terselesaikan

Sejumlah Kepala Wilayah Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 menyampaikan kondisi terkini di lapangan kepada jajaran manajemen. Sejumlah permasalahan belum kunjung terselesaikan, khususnya mengenai pembayaran klaim. Berdasarkan salinan surat yang diperoleh Bisnis, para kepala wilayah menyatakan bahwa saat ini komplain dari para pemegang polis terus meningkat karena pembayaran klaim yang sangat lambat.

Bisnis.com / 12-05-2020

Sistem Antrean Pembayaran Klaim Bumiputera, Realisasinya Baru Tiga Kali

Pembayaran klaim Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 menggunakan sistem antrean tercatat baru direalisasikan tiga kali. Sistem tersebut dinilai perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepercayaan nasabah. Hal tersebut tercantum dalam surat Laporan Situasi & Kondisi Terkini Pemegang Polis, Organisasi di Lapangan, dan Usulan yang dikirimkan oleh 17 Kepala Wilayah Bumiputera kepada Direktur Utama Bumiputera Dirman Pardosi.

Bisnis.com / 12-05-2020

#SuperTogether: Perlindungan Asuransi Gratis dari Super You by Sequis Online

Super You by Sequis Online turut mengambil bagian membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus Covid-19 melalui program #SuperTogether. Program asuransi ini memberikan manfaat senilai Rp3 juta jika terdiagnosis positif Covid-19 dan manfaat tutup usia karena kecelakaan senilai Rp5 juta. Nasabah baru yang membeli produk asuransi Super You pada periode 5 Mei-5 Juni 2020 akan otomatis terdaftar pada program #SuperTogether.

Investor.id / 12-05-2020

PT Asuransi Jiwa Sequis Life Gelar Rapid Test Gratis

PT Asuransi Jiwa Sequis Life menggelar kegiatan Rapid Test gratis kepada lebih dari 6.000 peserta. Kegiatan ini berkolaborasi dengan jaringan 3 rumah sakit rekanan Sequis, yakni RS Primaya (d/h Awal Bros), RS Mitra Keluarga, dan RS Hermina. Dilakukan dengan cara drive thru dan walk in di 27 lokasi di Jakarta, Depok, Tangerang, Cibubur, Bekasi hingga Karawang yang dilaksanakan secara bertahap dari 27 April hingga 22 Mei 2020.

Jurnalhitz.com / 12-05-2020

Beradaptasi dan Berinovasi di Tengah Pandemi, Astra Life Gaungkan #iGotYourBackLawanCOVID

Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengatakan bahwa masa pandemi ini menjadi suatu turning point bagi industri asuransi untuk mempercepat adopsi digitalisasi. Selama masa pandemi, nasabah tetap memiliki akses secara digital ke produk dan layanan Astra Life dengan tingkat kenyamanan yang tetap sama. Hal tersebut kemudian menjadi kekuatan Astra Life untuk melayani nasabah di masa pandemi ini dengan semangat #iGotYourBackLawanCovid.

Kompas.com / 12-05-2020

Di tengah pandemi corona, Astra Life maksimalkan layanan digital

Astra Life memaksimalkan layanan dan pemasaran secara digital di tengah pandemi Covid-19. Untuk jalur distribusi berbasis tatap muka, Astra Life memiliki alat penjualan digital serta memanfaatkan teknologi untuk pertemuan secara online. Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life dengan produk unggulan Flexi Life. Astra Life juga memberikan pilihan untuk pembelian asuransi melalui aplikasi milik mitra bank, yaitu PermataBank.

Kontan.co.id / 12-05-2020

Logitech meraup kenaikan penjualan 13,6% di kuartal I-2020 saat pandemi corona

Logitech International melaporkan kenaikan penjualan kuartalan sebesar 13,6% karena lebih banyak orang menggunakan produk komputernya saat bekerja dari rumah karena krisis akibat coronavirus. Logitech mengatakan permintaan meningkat dalam tiga bulan pertama tahun ini karena sekolah dan kantor tutup untuk mencegah penyebaran penyakit dan staf mereka mulai menggunakan peralatan konferensi video, perangkat lunak dan webcam.

Kontan.co.id / 12-05-2020

Sequis Beri Rapid Test Gratis untuk Masyarakat

PT Asuransi Jiwa Sequis Life menggelar kegiatan rapid test gratis kepada lebih dari 6.000 peserta. Kegiatan ini berkolaborasi dengan jaringan tiga rumah sakit rekanan Sequis yakni RS Primaya (d/h Awal Bros), RS Mitra Keluarga, dan RS Hermina serta dilakukan dengan cara drive thru dan walk in. Kegiatan tersebut dilakukan di 27 lokasi di Jakarta, Depok, Tangerang, Cibubur, Bekasi, hingga Karawang yang dilaksanakan secara bertahap dari 27 April-22 Mei 2020.

Medcom.id / 12-05-2020

Sequis Beri Asuransi Gratis di Tengah Pandemi Covid-19

Super You by Sequis Online turut mengambil bagian membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus covid-19 melalui program #SuperTogether. Program asuransi ini memberikan manfaat senilai Rp3 juta jika terdiagnosis positif covid-19 dan manfaat tutup usia karena kecelakaan senilai Rp5 juta. Bagi nasabah baru yang membeli produk asuransi Super You pada periode 5 Mei-5 Juni 2020 akan otomatis terdaftar pada program #SuperTogether.

Medcom.id / 12-05-2020

Tips Mengelola THR di Tengah Pandemi Covid-19

Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Dimas Ardhinugraha memberikan sejumlah tips mengatur ulang prioritas alokasi THR di situasi sekarang ini; membayar THR orang lain serta menunaikan zakat, membayar utang-utang, masukkan sebagian THR ke pos dana darurat, sisihkan untuk dana mudik, menyimpan dana tersebut dalam reksa dana pasar uang.

Tempo.co / 12-05-2020

Fintech Modal Rakyat Berikan Asuransi Gratis ke Pengguna

PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) memberikan layanan asuransi gratis dalam rangka mendukung pemerintah melawan Covid-19. Hingga saat ini, jumlah pengguna Modal Rakyat telah mencapai lebih dari 18.000 dengan lebih dari 15.000 pendana dan lebih dari 3000 peminjam yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Tribunnews.com / 12-05-2020

Pastikan Keamanan Sistem Informasi Data Nasabah, Allianz Indonesia Raih Sertifikasi ISO 27001:2013

Untuk meningkatkan tata kelola keamanan data, Allianz Life dan Allianz Utama, berkomitmen penuh atas keamanan sistem informasi dan data Nasabah. Hal ini dibuktikan, antara lain, dengan diraihnya Sertifikat ISO 27001:2013. Sertifikasi ini merupakan penilaian standar internasional terhadap sistem tata kelola keamanan informasi dan perlindungan data.

Tribunnews.com / 12-05-2020

Program #SuperTogether Sequis Membantu Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Super You by Sequis Online turut mengambil bagian membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus Covid-19 melalui program #SuperTogether. Program asuransi ini memberikan manfaat senilai Rp3 juta jika terdiagnosis positif Covid-19 dan manfaat tutup usia karena kecelakaan senilai Rp5 juta. Nasabah baru yang membeli produk asuransi Super You pada periode 5 Mei-5 Juni 2020 akan otomatis terdaftar pada program #SuperTogether.

Wartalika.id / 12-05-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

[Foto] Premi Asuransi Jiwa

OJK menyatakan tren pertumbuhan premi asuransi menurun, khususnya asuransi jiwa. Asosiasi meminta keringanan kepada OJK terkait pembayaran iuran. Dampak pandemi Covid-19 premi asuransi jiwa terkoreksi 13,8% yoy pada Maret 2020.

Kontan / 13-05-2020

Ada Corona, Premi Asuransi Jiwa Malah Anjlok 13,8 Persen

OJK mencatat premi asuransi jiwa anjlok 13,8 persen pada Maret 2020. Penurunan premi terjadi karena terdampak penyebaran virus corona. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan premi asuransi jiwa memang telah terkontraksi sejak Desember 2019. Namun, saat itu hanya minus 0,38 persen. Di sisi lain, premi asuransi umum masih tumbuh sebesar 3,65 persen pada Maret 2020. Meski tumbuh, tapi angkanya jauh melambat dibandingkan dengan posisi Desember 2019 yang mencapai 15,65 persen.

Cnnindonesia.com / 12-05-2020

OJK Dorong Perusahaan Asuransi Lakukan Keringanan Kredit

OJK berupaya mendorong perusahaan asuransi yang melaksanakan relaksasi dengan memberikan perpanjangan batas waktu kepada pemegang polis/peserta/nasabah selama empat bulan. Hal tersebut sesuai dengan kondisi sulit sekarang ini khususnya pandemi Covid-19 yang dialami semua sektor termasuk sektor industri keuangan nonbank.

Republika.co.id / 12-05-2020

OJK Apresiasi Perusahaan Asuransi yang Lakukan Relaksasi

OJK mengapresiasi perusahaan asuransi yang melaksanakan relaksasi dengan memberikan perpanjangan batas waktu kepada pemegang polis/peserta/nasabah selama 4 bulan. Hal ini disampaikan oleh Deputi Komisioner Pengawas IKNB I OJK, Anggar Budhi Nuraini. Menurutnya, hal itu sesuai dengan kondisi sulit sekarang ini khususnya pandemi Covid-19 yang dirasa berat oleh semua sektor. Termasuk sektor industri keuangan non-bank.

Suara.com / 12-05-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.905

IHSG (per 12 Mei 2020)

   4.588,73

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Kompas, Investor Daily, Kontan, Warta Kota, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Industry.co.id, Investor.id, Jurnalhitz.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Medco.id, Mediaindonesia.com, Nusabali.com, Republika.co.id, Suara.com, Tempo.co, Tribunnews.com, Wartalika.id, Youtube.com.

DOWNLOAD PDF