AAJI Daily News - 7 Juli 2020


Tanggal terbit (07 / 07 / 2020)

Selasa, 7 Juli 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. [Foto] Unit-Linked Penopang Asuransi Jiwa
  2. [FOTO] Unit Link Topang Bisnis Asuransi Jiwa
  3. Unit Link Topang Bisnis Asuransi Jiwa
  4. Erick Targetkan Bayar Klaim Polis Jiwasraya Rp 1 Triliun
  5. Kuartal I, 12 Emiten Asuransi Bukukan Peningkatan Premi Bruto
  6. Sun Life Luncurkan Produk Satu Polis untuk Satu Keluarga
  7. BUMN Siapkan Uji Kapasitas Dapen
  8. Pemilik Polis Jiwasraya Harap Bersabar
  9. Dicaplok Taspen-BTN, Jiwasraya Putra Mau Jadi Apa?
  10. Jadi Saksi, Bos Jiwasraya Ungkap Pernah Rapat dengan Para MI
  11. Pak Erick Thohir, Begini Problemnya Kalau Dapen BUMN Dilebur
  12. Erick Thohir Mau Gabungkan Dana Pensiun BUMN, Ini Kendalanya
  13. Sidang Korupsi Jiwasraya, Dirut Bicara Eks Direktur Keuangan Terima Mobil
  14. 70% Saham Jiwasraya Putra Dijual ke Taspen Life Rp 2,6 Triliun
  15. Eks Dirkeu Jiwasraya Pernah Beli Saham Anak Perusahaan Bakrie Group
  16. Membedah Pengawasan OJK yang Dikabarkan Akan Kembali ke BI
  17. Taspen Life rogoh Rp 2,6 triliun untuk akuisisi 70% saham Jiwasraya Putra
  18. Tanggapi soal pengembalian pengawasan bank ke BI, pengusaha kritik keras kinerja OJK
  19. Sun Life luncurkan asuransi keluarga 1 polis untuk lindungi 4 orang
  20. Eks Petinggi Klaim Tak Tahu Gagal Bayar Jiwasraya
  21. Pengusaha Berharap OJK Lebih Sensitif di Tengah Kondisi Covid-19
  22. Kejagung Periksa 3 Staf OJK dan 2 Perusahaan Sekuritas Terkait Kasus Jiwasraya
  23. Fakta Baru, Jiwasraya Ternyata Punya Deposito dan Obligasi Rp5,25 T
  24. Mega Skandal Makin Terungkap, Ini Pengakuan Bos Jiwasraya

TENTANG AAJI

[Foto] Unit-Linked Penopang Asuransi Jiwa

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan produk unit-linked masih menjadi penopang kinerja asuransi jiwa. Pendapatan premi dari produk unitlink sebesar Rp27,18 triliun yang berkontribusi sebesar 61,6% dari total premi senilai Rp44,11 triliun.

Bisnis Indonesia / 07-07-2020 Hal. 15

[FOTO] Unit Link Topang Bisnis Asuransi Jiwa

Data AAJI menyebutkan meski kinerja unitlink tertekan, produk ini masih mejadi penopang kinerja asuransi jiwa dengan pendapatan premi dari produk unitlink sebesar Rp27,18 triliun yang berkontribusi sebesar 61,6 persen terhadap total premi senilai Rp44,11 triliun sedangkan pendapatan premi dari produk tradisional sebesar Rp16,93 triliun yang berkontribusi sebesar 38,4 persen terhadap total premi.

HE Neraca / 07-07-2020 Hal. 6

Unit Link Topang Bisnis Asuransi Jiwa

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan meskipun kinerja unit link tertekan, namun produk ini masih menjadi penopang kinerja asuransi jiwa dengan pendapatan premi dari produk unit link sebesar Rp27,18 triliun yang berkontribusi sebesar 61,6 persen terhadap total premi senilai Rp44,11 triliun sedangkan pendapatan premi dari produk tradisional sebesar Rp16,93 triliun yang berkontribusi sebesar 38,4 persen terhadap total premi.

Antarafoto.com / 06-07-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Erick Targetkan Bayar Klaim Polis Jiwasraya Rp 1 Triliun

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan pembayaran klaim polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tahun ini sebesar Rp1 triliun. Ia mengatakan Kementerian BUMN tengah menyusun stategi agar target tersebut tercapai. Pihaknya juga sedang memulihkan aset Jiwasraya, yang nanti hasilnya tidak langsung masuk BUMN, melainkan ke pemerintah terlebih dahulu.

Investor Daily / 07-07-2020 Hal. 1&2

Kuartal I, 12 Emiten Asuransi Bukukan Peningkatan Premi Bruto

Sebanyak 12 dari 15 emiten asuransi pembukuan peningkatan premi bruto sampai kuaral I-2020. Sejumlah emiten dengan subsector asuransi itu menjalankan model usaha mulai asuransi umum, asuransi jiwa, asuransi jiwa Syariah dan reasuransi. Sebanyak 15 emiten asuransi tersebut mencatatkan total premi bruto dan kontribusi bruto hingga kuartal I-2020 mencapai Rp5,54 triliun atau meningkat sebesar 6,60% secara tahunan.

Investor Daily / 07-07-2020 Hal. 23

Sun Life Luncurkan Produk Satu Polis untuk Satu Keluarga

PT Sun Life Financial meluncurkan produk Syariah yakni Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Produk tersebut memberikan perlindungan menyeluruh bagi empat orang anggota keluarga sekaligus dalam satu polis. Produk ini memiliki sejumlah keunggulan seperti; satu polis untuk satu keluarga, total santunan bagi suami isteri 200% dan perlindungan asuransi untuk dua anak, kesempatan untuk bersedekah jariyah dengan berwakaf dan kontribusi (premi) terjangkau dengan perlindungan yang menyeluruh.

Investor Daily / 07-07-2020 Hal. 23

BUMN Siapkan Uji Kapasitas Dapen

Kementerian BUMN sedang melakukan pengujian terhadap entitas-entitas dana pensiun pelat merah yang akan digabungkan. Pada tahap awal, pemerintah belum melakukan penggabungan secara institusi. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan bahwa penggabungan itu akan dilakukan secara bertahap. Dia akan memilih entitas dana pensiun (dapen) untuk diuji kapasitas dan kualitasnya sebelum dilebur dengan entitas lain.

Bisnis Indonesia / 07-07-2020 Hal. 15

Pemilik Polis Jiwasraya Harap Bersabar

Nasabah pemegang polis JS Saving Plan harus memperpanjang waktu penantiannya. Hingga kini, PT Asuransi Jiwasraya belum memastikan waktu pembayaran polis JS Saving Plan yang telah jatuh tempo. Dalam transaksi penjualan saham Jiwasraya Putra ke Taspen Life, Jiwasraya mendapatkan dana Rp2,6 triliun. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengtakan, seluruh dana yang diperoleh akan digunakan untuk restrukturasi dan penyehatan perusahaan.

Kontan / 07-07-2020 Hal. 10

Dicaplok Taspen-BTN, Jiwasraya Putra Mau Jadi Apa?

PT Jiwasraya Putra yang baru saja diakuisisi oleh PT Taspen (Persero) rencananya akan disulap menjadi perusahaan asuransi jiwa khusus untuk nasabah kredit pemilikan rumah (KPR). Transaksi pengalihan saham ini ditargetkan dapat rampung di akhir September mendatang. Direktur Utama Taspen Steve Kosasih menekankan bahwa Jiwasraya Putra tak ada hubungannya dengan Jiwasraya. Ke depan perusahaan ini rencananya akan diberikan nama baru, yakni Asuransi Taspen-BTN.

Cnbcindonesia.com / 06-07-2020

Jadi Saksi, Bos Jiwasraya Ungkap Pernah Rapat dengan Para MI

Sidang kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kembali digelar di PN Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (6/7). Dalam sidang tersebut ketika Direktur Utama Jiwasraya saat ini Hexana Tri Sasongko ditanya soal pertemuan dengan perusahaan manajer investasi (MI) yang terlibat transaksi dengan Jiwasraya. Pertemuan itu dilakukan untuk memberi penjelasan berkaitan dengan penurunan nilali investasi atas aset-aset saham yang diinvestasikan Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com / 06-07-2020

Pak Erick Thohir, Begini Problemnya Kalau Dapen BUMN Dilebur

Menteri BUMN Erick Thohir sedang mengejar efisiensi di perusahaan pelat merah. Wacana terbaru, Erick ingin menggabungkan seluruh perusahaan dana pensiun (dapen). Ketua Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Suheri mengatakan belum ada informasi terbaru dari Menteri BUMN soal kelanjutan rencana merger dapen BUMN ini. Namun dia menilai akan timbul beberapa kendala, diantaranya: penyesuaian program dapen, hingga strategi investasi yang telah diformulasikan untuk program yang ditetapkan.

Cnbcindonesia.com / 06-07-2020

Erick Thohir Mau Gabungkan Dana Pensiun BUMN, Ini Kendalanya

Menteri BUMN Erick Thohir sedang mengejar efisiensi di perusahaan pelat merah. Wacana terbaru, Erick ingin menggabungkan seluruh perusahaan dana pensiun (dapen). Ketua Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Suheri mengatakan belum ada informasi terbaru dari Menteri BUMN soal kelanjutan rencana merger dapen BUMN ini. Namun dia menilai akan timbul beberapa kendala, diantaranya: penyesuaian program dapen, hingga strategi investasi yang telah diformulasikan untuk program yang ditetapkan.

Detik.com / 06-07-2020

Sidang Korupsi Jiwasraya, Dirut Bicara Eks Direktur Keuangan Terima Mobil

Direktur Utama PT Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko, kembali menjadi saksi dalam sidang kasus korupsi perusahaan tersebut. Hexana sempat bicara soal mobil yang diterima terdakwa mantan Direktur Keuangan Jiwasraya, Harry Prasetyo. Menjawab pertanyaan terdakwa Benny ikut memberikan sesuatu kepada manajemen Jiwasraya, Hexana menjelaskan bahwa keterangannya di BAP yaitu tentang adanya 2 mobil yang diketahuinya pernah diterima Harry. Meski begitu dia tak tahu apakah pemberian itu berasal dari Benny Tjokro.

Detik.com / 06-07-2020

70% Saham Jiwasraya Putra Dijual ke Taspen Life Rp 2,6 Triliun

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memutuskan untuk menjual 70% saham anak usahanya, PT Jiwasraya Putra, kepada PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life), anak perusahaan PT Taspen (Persero), senilai Rp 2,6 triliun. Sisa 30% saham Jiwasraya Putra dimiliki BUMN lainnya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN). Direktur Utama Asuransi Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko mengungkapkan, Taspen Life telah diputuskan menjadi pemilik baru Jiwasraya Putra.

Investor.id / 06-07-2020

Eks Dirkeu Jiwasraya Pernah Beli Saham Anak Perusahaan Bakrie Group

Mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Harry Prasetyo disebut pernah membeli saham salah satu perusahaan milik Bakrie Group, PT Energi Mega Persada Tbk. Kepala Divisi Investasi Jiwasraya, Donny S Karyadi menuturkan, Harry juga turut melakukan pembelian saham PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP). Tak hanya itu, dia juga membelanjakan saham PT Bukit Darmo Property Tbk.

Jawapos.com / 06-07-2020

Membedah Pengawasan OJK yang Dikabarkan Akan Kembali ke BI

Ketidakpuasan terhadap kinerja Otoritas Jasa Keuangan kembali berembus. Presiden Jokowi dikabarkan tengah menimbang untuk mengeluarkan ketetapan darurat untuk mengembalikan pengawasan perbankan dari OJK kepada Bank Indonesia. Menurut Wakil Ketua Komisi Keuangan DPR Eriko Sotarduga, penetapan OJK sebagai pengawas untuk memastikan agar industri keuangan lebih fokus dan baik. Namun dalam pelaksanaannya, peran OJK dinilai kurang maksimal.

Katadata.co.id / 06-07-2020

Taspen Life rogoh Rp 2,6 triliun untuk akuisisi 70% saham Jiwasraya Putra

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengungkapkan, bahwa Taspen Life membeli 70% saham Jiwasraya Putra dengan nilai Rp 2,6 triliun. "Nilai totalnya sekitar Rp 2,6 triliun tapi untuk 70% (saham Jiwasraya Putra). Namun hingga saat ini, kesepakatan tersebut masih menunggu finalisasi penandatanganan jual beli saham bersyarat (CSPA). Melalui akuisisi itu, Taspen Life memiliki 70% saham Jiwasraya Putra. Sementara BTN memiliki 30% saham.

Kontan.co.id / 06-07-2020

Tanggapi soal pengembalian pengawasan bank ke BI, pengusaha kritik keras kinerja OJK

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Suryani Motik bilang banyak keluhan yang kerap disampaikan oleh pelaku usaha. Suryani juga menambahkan bahwa OJK kerap mengeluarkan surat edaran yang biasanya belum diterapkan tapi sudah muncul lagi yang baru. Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) itu bahkan mengkritik fasilitas gaji OJK dibandingkan layanannya.

Kontan.co.id / 06-07-2020

Sun Life luncurkan asuransi keluarga 1 polis untuk lindungi 4 orang

PT Sun Life Financial Indonesia meluncurkan inovasi produk asuransi keluarga untuk melindungi empat orang dalam satu polis. Produk itu merupakan produk asuransi syariah bertajuk Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Chief Sharia Business Sun Life Indonesia Norman Nugraha menyatakan produk ini memiliki kelebihan lantaran satu polis untuk satu keluarga. Adapun total santunan asuransi bagi suami Istri sebesar 200%.

Kontan.co.id / 06-07-2020

Eks Petinggi Klaim Tak Tahu Gagal Bayar Jiwasraya

Mantan Kepala Divisi Investasi PT Asuransi Jiwasraya (AJS) Persero, Donny S Karyadi, tak mengetahui perusahaan pelat merah itu gagal bayar atas klaim dana nasabah. Dia tak mengetahui masalah tersebut hingga meninggalkan posisi kepala divisi investasi di Jiwasraya. Dia juga kembali membantah mengetahui persoalan gagal bayar ketika mengisi jabatan di Yayasan Kesejahteraan Karyawan Jiwasraya pada 2017-2018. Bahkan selama 23 tahun di PT AJS, Donny mengeklaim tidak tahu masalah gagal bayar tersebut.

Medcom.id / 06-07-2020

Pengusaha Berharap OJK Lebih Sensitif di Tengah Kondisi Covid-19

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Good Corporate Governance (GCG) CSR, Suryani Motik mengatakan, dirinya mendapat banyak sekali keluhan mengenai OJK, seperti lambat dalam persetujuan penambahan modal. Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira mengatakan di situasi sulit saat ini merasa beberapa kebijakan OJK malah membuat menjadi agak kompleks. Seharusnya OJK dapat bertindak lebih sensitive.

Okezone.com / 06-07-2020

Kejagung Periksa 3 Staf OJK dan 2 Perusahaan Sekuritas Terkait Kasus Jiwasraya

Kejaksaan Agung (Kejagung) terus memeriksa sejumlah saksi untuk mengusut kasus dugaan korupsi dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (persero). Sebanyak 3 staf Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan 2 perusahaan sekuritas diperiksa penyidik. Mereka diduga melanggar Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Keenamnya juga sedang menjalani proses persidangan di PN Tipikor Jakarta.

Detik.com / 06-07-2020

Fakta Baru, Jiwasraya Ternyata Punya Deposito dan Obligasi Rp5,25 T

Tim Penasihat Hukum terdakwa Heru Hidayat membeberkan fakta baru pada persidangan bahwa pada 2018, PT Asuransi Jiwasraya Tbk sebenarnya memiliki deposito Rp725 miliar dan obligasi sebesar Rp4,5 triliun. Selain deposito, terungkap pula fakta adanya suntikan dana nasabah lebih dari Rp5 triliun. Belum lagi mengenai informasi jika reksadana Jiwasraya di PT Millenium Capital yang kurang dari Rp 800 miliar ada yang ingin mengambil alih dengan besaran hampir dua kali lipat yaitu Rp1,45 triliun.

Viva.co.id / 07-07-2020

Mega Skandal Makin Terungkap, Ini Pengakuan Bos Jiwasraya

Sidang kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus bergulir. Kali ini menghadirkan saksi Direktur Utama Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko. Saat itu, jaksa penuntut umum juga mempertanyakan, status perusahaan manajer investasi yang terlibat apakah dalam posisi gagal bayar saat Jiwasraya mengajukan pengembalian dana (redemption) secara penuh Rp 22 triliun, nilai investasi Jiwasraya yang ditempatkan di reksa dana maupun saham. Hexana melanjutkan, saat itu, nilai yang investasi Jiwasraya yang kembali pada periode 2018 dan 2019 sebesar Rp 4,2 triliun. Alhasil, mengalami kerugian Rp 17,8 triliun.

Cnbcindonesia.com / 06-07-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.490

IHSG (per 07 Juli 2020)

   4.988,87

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Antarafoto.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Investor.id, Jawapos.com, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Medcom.id, Okezone.com, Viva.co.id

 

DOWNLOAD PDF