AAJI Daily News - 13 Agustus 2020


Tanggal terbit (13 / 08 / 2020)

Kamis, 13 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

  1. Klaim Asuransi Korona
  2. Kenormalan Baru, Industri Asuransi Jiwa Siap Dukung Transformasi Digital
  3. Industri Asuransi Jiwa Siap Mendukung Transformasi Digital
  4. Chatib Basri: Dengan kanal digital, asuransi bisa lebih murah
  5. Asuransi jiwa bayarkan klaim terkait Covid-19 sebesar Rp 216,02 miliar di kuartal II
  6. OJK susun pedoman terkait mitigasi risiko pemasaran paydi secara digital
  7. Ekonomi Terpuruk, Industri Asuransi Bisa Selamat dengan Cara Ini
  8. AAJI Sulsel:79 Persen Orang Cari Asuransi Kesehatan yang Mengcover Covid-19
  9. Industri Asuransi Jiwa Siap Dukung Transformasi Digital
  10. Industri asuransi di Sulsel naik 10 persen selama pandemi
  11. AIA Luncurkan PHS Extra dengan Proteksi RP65 Miliar
  12. OJK Minta Kresna Life Sampaikan Rencana Penyelesaian Kewajiban Polis
  13. FWD Life Luncurkan Dua Produk Term Life
  14. Transformasi Kantor Pusat Manulife
  15. Transformasi Kantor Pusat Manulife
  16. Jumlah Anggota MDRT Prudential Tembus Angka 1000
  17. Peduli Covid-19, Allianz Group Bantu Ratusan Keluarga di Bali, Flores, dan Palu
  18. Gurita Bisnis Kresna Group, dari Keuangan hingga Hiburan
  19. Ditolak Nasabah, Kresna Life Atur Lagi Skema Pembayaran Polis
  20. Kejagung Periksa 9 Staf Investasi, Dalami Saham Jiwasraya
  21. Allianz Life Indonesia Raih Penghargaan ‘Digital Transformation Award’ Berkat Inovasi Digital Allianz Discover
  22. Kresna Life Buka Layanan Komunikasi dengan Nasabah
  23. Jiwasraya Kantongi Persetujuan Restrukturisasi 40 Nasabah Korporasi
  24. AIA Hadirkan Produk Asuransi dengan Perlindungan hingga Rp 65 Miliar
  25. Di tengah pandemi, AIA Financial bukukan laba Rp 1,025 triliun di semester I 2020
  26. Kresna Life bakal buka dialog dengan nasabah untuk selesaikan masalah polis
  27. Prudential Indonesia Cetak 1.000 Agen MDRT
  28. Kasus AJB Bumiputera, Bamsoet: OJK Jangan Main-main
  29. Allianz Raih Penghargaan 'Digital Transformation of the Year'
  30. Prudential Bukukan Rekor Rekor 1.000 Agen MDRT di Indonesia
  31. Terapkan Transformasi Digital Asuransi, Allianz Life Indonesia Raih Digital Transformation Award

TENTANG AAJI

Klaim Asuransi Korona

Industri asuransi jiwa telah membayarkan klaim asuransi terkait korona. Menurut data AAJI, nilai klaim itu Rp216,02 miliar untuk 1.642 polis di kuartal kedua tahun 2020. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon, menyebutkan, pembayaran klaim tersebut sebagai bentuk komitmen asosiasi. Meski pemerintah telah menyarakan pandemi Covid-19 ditanggung pemerintah.

Kontan / 13-08-2020 Hal. 10

Kenormalan Baru, Industri Asuransi Jiwa Siap Dukung Transformasi Digital

AAJI mendorong perusahaan asuransi untuk terus berinovasi dan bertransformasi menjadi industri yang siap menghadapi tantangan di tengah era digital. Hal itu penting agar dapat terus membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan proteksi kesehatan dan perlindungan jiwa. Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswinandi mengatakan OJK tengah merumuskan guideline mitigasi penyelenggaraan layanan elektronik dan akan berkoordinasi dengan industri melalui AAJI.

Medcom.id / 12-08-2020

Industri Asuransi Jiwa Siap Mendukung Transformasi Digital

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mendorong perusahaan Asuransi untuk terus berinovasi dan bertransformasi menjadi industri yang siap menghadapi tantangan di tengah era digital agar dapat terus membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan proteksi kesehatan dan perlindungan jiwa, terus mendukung pembangunan nasional melalui penempatan dana industri asuransi jiwa yang bersifat jangka panjang dan konsisten menerapkan prinsip kehati-hatian untuk menjaga kepercayaan seluruh pemangku kepentingan.

Berempat.com / 13-08-2020

Chatib Basri: Dengan kanal digital, asuransi bisa lebih murah

Menteri Keuangan era Presiden SBY, Chatib Basri menyetujui tindakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengeluarkan relaksasi pemasaran produk asuransi secara digital untuk memperluas akses masyarakat. Ke depan, ia berharap penggunaan kanal digital dan pemanfaatan teknologi, informasi atau data yang dikumpulkan menjadi lebih akurat, sehingga pemasaran produk asuransi bisa menjadi semakin terjangkau dan bisa disesuaikan berdasarkan profil risiko konsumen.

Kontan.co.id / 12-08-2020

Asuransi jiwa bayarkan klaim terkait Covid-19 sebesar Rp 216,02 miliar di kuartal II

Industri asuransi jiwa telah membayarkan klaim asuransi terkait corona (Covid-19) senilai Rp 216,02 miliar untuk 1.642 polis di kuartal kedua tahun 2020 menurut data AAJI.  Budi Tampubolon, Ketua Dewan Pengurus AAJI menyebutkan, pembayaran klaim tersebut sebagai bentuk komitmen asosiasi. Meski pemerintah telah menyatakan pandemi Covid-19 ditanggung pemerintah.

Kontan.co.id / 12-08-2020

OJK susun pedoman terkait mitigasi risiko pemasaran paydi secara digital

OJK tengah merumuskan guideline atau pedoman mitigasi risiko terkait pemasaran produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (Paydi) secara digital. Kepala Eksekutif Pengawas (IKNB) OJK Riswinandi mengaku, akan berkoordinasi dengan AAJI terkait pedoman risiko tersebut. Di tengah pandemi Covid-19, sebelumnya OJK telah mengeluarkan kebijakan relaksasi pemasaran produk Paydi melalui tatap muka secara digital.

Kontan.co.id / 12-08-2020

Ekonomi Terpuruk, Industri Asuransi Bisa Selamat dengan Cara Ini

AAJI mendorong perusahaan asuransi untuk terus berinovasi dan bertransformasi ke digital agar selamat dari hantaman pandemi virus corona. Di tengah keterpurukan ekonomi saat ini perusahaan asuransi dapat membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan proteksi kesehatan dan perlindungan jiwa dengan pengembangan layanan digital.

Sindonews.com / 12-08-2020

AAJI Sulsel:79 Persen Orang Cari Asuransi Kesehatan yang Mengcover Covid-19

Ketua AAJI Sulawesi Selatan (Sulsel), Andy Anwar mengatakan, secara nasional permintaan asuransi masyarakat perkotaan, pekerja dan pengguna internet meningkat tajam hingga 24 persen. Dari 24 persen tersebut, dari angka tersebut 79 persen mencari asuransi kesehatan yang mengcover covid-19. Fenomenanya, beber Andy, secara umum dari Maret 2020 produksi turun hingga April. Kemudian Mei, Juni, Juli trennya naik, meskipun secara YoY tetap turun, tetapi bagi Andy nilainya tidak terlalu signifikan.

Tribunnews.com / 12-08-2020

Industri Asuransi Jiwa Siap Dukung Transformasi Digital

AAJI mendorong perusahaan asuransi untuk terus berinovasi dan bertransformasi menjadi industri yang siap menghadapi tantangan di tengah era digital agar dapat terus membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan proteksi kesehatan dan perlindungan jiwa, terus mendukung pembangunan nasional melalui penempatan dana industri asuransi jiwa yang bersifat jangka panjang, dan konsisten menerapkan prinsip kehati-hatian untuk menjaga kepercayaan seluruh pemangku kepentingan.

Wartaekonomi.co.id / 12-08-2020

Industri asuransi di Sulsel naik 10 persen selama pandemi

Ketua AAJI Sulawesi Selatan, Andy Anwar menyampaikan bahwa terjadi peningkatan tajam pada industri asuransi di daerah itu mencapai 10 persen di tengah pandemi COVID-19. Secara nasional, industri asuransi secara umum meningkat tajam hingga 24 persen jika dibandingkan priode sebelumnya. Dari peningkatan 24 persen tersebut, 78 persen pada sektor asuransi kesehatan dan 12 persen untuk asuransi jiwa. Beberapa kabupaten/kota yang memiliki potensial di Sulsel selain Makassar yakni Kota Parepare, Kabupaten Luwu Raya, Bone, Sinjai, Wajo dan masih ada beberapa kota lainnya.

Antaranews.com / 13-08-2020

INDUSTRI & ASURANSI

AIA Luncurkan PHS Extra dengan Proteksi RP65 Miliar

PT AIA Financial kembalu berinovasi dengan meluncurkan produk proteksi kesehatan terbarunya kani Premier Hospital & Surgical Extra (PHS EXTRA). Produk ini merupakan pengembangan dari produk Premier Hospital & Surgical yang menjadi produk unggulan dari AIA. Chief Marketing Officer AIA, Lim Chet Ming, dengan premi yang terjangkau, PHS EXTRA memberikan nilai proteksi yang tinggi dengan maksimal total limit hingga Rp65 miliar.

HE Neraca / 13-08-2020 Hal. 5

OJK Minta Kresna Life Sampaikan Rencana Penyelesaian Kewajiban Polis

OJK meminta PT Asuransi Jiwa Kresna segera menyampaikan rencana penyelesaian kewajiban tunggakan pembayaran polis tambahan polis nasabah atau para pemegang polis. OJK pun bakal mempertemukan manajemen Kresna Life dengan para pemegang polis. Sementara itu, pemegang polis menyambangi OJK untuk melakukan pengaduan terkait skema penyelesaian yang disampaikan Kresna Life. Salah satu pemegang polis Kresna Life Ratna mengungkapkan, jawaban resmi dari OJK mengenai aduan para pemegang polis sedang dalam tahap rekap dan perumusan.

Investor Daily / 13-08-2020 Hal. 23

FWD Life Luncurkan Dua Produk Term Life

PT FWD Life Indonesia meluncurkan Asuransi Bebas Rencana Optimal dan FWD Legacy Protection. Dua produk asuransi jiwa itu diharapkan bisa membantu meningkatkan penetrasi Asuransi Jiwa dan memenuhi kebutuhan terhadap perlindungan yang meningkat di Indonesia. Peluncurkan kedua produk tersebut menunjukkan kedekatan FWD yang berfokus pada nasabah.

Jawa Pos / 13-08-2020 Hal. 8

Transformasi Kantor Pusat Manulife

Presdir & CEO Manulide Indonesia, Ryan Charland Bersama jajaran direksi berfoto Bersama saat peluncuran proyek Triple C’s di Jakarta, Senin (10/8). Proyek itu akan mentransformasi wajah Kantor Pusat Manulife Indonesia dengan konsep open space dan simple.

Media Indonesia / 13-08-2020 Hal. 10

Transformasi Kantor Pusat Manulife

Presdir & CEO Manulide Indonesia, Ryan Charland Bersama jajaran direksi berfoto Bersama saat peluncuran proyek Triple C’s di Jakarta, Senin (10/8). Proyek ini akan mentransformasi wajah Kantor Pusat Manulife Indonesia dengan konsep “open space” dan “simple”. Manulife Indonesia berinovasi dengan meluncurkan proyek “Triple C’s”, Connect and Collaboration to be Champions”.

Suara Pembaruan / 13-08-2020 Hal. 7

Jumlah Anggota MDRT Prudential Tembus Angka 1000

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menorehkan capaian mengagumkan, yakni sebanyak 1000 orang agen pemasarnya menjadi anggota Million Dollar Round Table (MDRT) 2020. President Director Prudential Indonesia, Jens Resisch, dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/8), menyampaikan, capaian ini menjadikan perusahaan asuransi jiwa Indonesia pertama sepanjang sejarah MDRT.

Gatra.com / 11-08-2020

Peduli Covid-19, Allianz Group Bantu Ratusan Keluarga di Bali, Flores, dan Palu

Melihat krisis yang dihadapi oleh dunia saat ini, SOS Children’s Villages selama penanganan Covid-19 fokus memberikan bantuan dan dukungan kepada lebih dari 2.400 keluarga rentan, di antaranya lebih dari 4.600 anak di komunitas yang berlokasi di 10 kota Indonesia melalui Family Strengthening Program (FSP). Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia mengatakan, dalam pendampingan itu pihaknya dibantu Allianz Group mendukung tercukupinya kebutuhan yang esensial bagi ratusan keluarga, terutama di Palu, Bali, dan Flores.

Beritasatu.com / 12-08-2020

Gurita Bisnis Kresna Group, dari Keuangan hingga Hiburan

Dalam sepekan terakhir, penundaan pembayaran klaim PT Asuransi Jiwa Kresna, disusul dengan suspensi 24 produk reksa dana dari PT Kresna Asset Manajemen menjadi perhatian khalayak. Direktur Utama Kresna Life Kurniadi Sastrawinata menyatakan perseroan beritikad baik dan tetap berupaya untuk melakukan penyelesaian terbaik terkait pembayaran klaim itu. Adapun, soal suspensi reksa dana, manajemen Kresna Asset Management menyatakan perseroan telah menaati peraturan dari OJK dan sejauh ini tidak ada aduan dari nasabah perihal produk reksa dana yang dikelola

Bisnis.com / 12-08-2020

Ditolak Nasabah, Kresna Life Atur Lagi Skema Pembayaran Polis

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) menyatakan akan membuka dialog dengan para nasabah untuk menyelesaikan pembayaran polis yang sebelumnya gagal dibayar sesuai ketentuan. Sebelumnya, para nasabah sempat mengadu kepada OJK terkait penyelesaian sepihak dari Kresna Life. Ketua Tim Penyelesaian Polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna, Supriyadi mengatakan, saat ini perusahaan telah menunjuk Tim Penyelesaian Polis (TPP) untuk membantu Kresna Life untuk memperbaiki dan meningkatkan komunikasi dengan Pemegang Polis.

Cnbcindonesia.com / 12-08-2020

Kejagung Periksa 9 Staf Investasi, Dalami Saham Jiwasraya

Kejaksaan Agung menyelidiki pola jual beli saham PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan memeriksa sembilan staf perusahaan investasi, pada Selasa (11/8). Kesembilan saksi tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tujuh korporasi yang dijadikan tersangka dalam kasus tersebut. Sebagian dari mereka merupakan pengurus dan karyawan perusahaan manager investasi. Termasuk ada karyawan dari PT. Asuransi Jiwasraya, dan Bank Kustodian.

Cnnindonesia.com / 12-08-2020

Allianz Life Indonesia Raih Penghargaan ‘Digital Transformation Award’ Berkat Inovasi Digital Allianz Discover

Salah satu perusahaan asuransi digital yang menawarkan berbagai kemudahan untuk akses produk asuransi adalah Allianz Life Indonesia. Melalui inovasi digital bernama Allianz Discover, mereka mengintegrasikan ekosistem lengkap termasuk pengiriman polis asuransi jiwa secara online, hingga penjualan dan layanan yang menyeluruh bagi nasabah. Atas inovasi asuransi digital tersebut, Allianz Life Indonesia berhasil meraih penghargaan ‘Digital Transformation of the Year’ untuk kategori transformasi digital di acara 5 th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada 27 Juli 2020 lalu.

Hipwee.com / 12-08-2020

Kresna Life Buka Layanan Komunikasi dengan Nasabah

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) memohon maaf atas timbulnya persepsi keterbatasan komunikasi antara pihak manajemen dengan pemegang polis atau nasabah. Ketua Tim Penyelesaian Polis PIK & K-LITA, Supriyadi SH, MH mengatakan, Kresna Life pun langsung membuka dialog seluasnya dengan para nasabah tersebut agar tidak kembali mencuat persepsi yang kurang baik kedua pihak.

Kabarsebelas.com / 12-08-2020

Jiwasraya Kantongi Persetujuan Restrukturisasi 40 Nasabah Korporasi

PT Asuransi Jiwasraya sudah mulai melakukan restrukturisasi polis sesuai janji sejak awal Agustus 2020. Namun asuransi pelat merah ini baru melakukan restrukturisasi pada nasabah korporasi, di mana sudah ada 40 perusahaan yang setuju mengambil opsi tersebut. Meski demikian, Sekretaris Perusahaan Jiwasraya Kompyang tidak bisa menyampaikan nilai polis dari 40 nasabah korporasi yang setuju untuk direstrukturisasi. Pasalnya, perhitungan nilai polisnya menggunakan asumsi aktuaria yang saat ini masih dilakukan proses penghitungan.

Katadata.co.id / 12-08-2020

AIA Hadirkan Produk Asuransi dengan Perlindungan hingga Rp 65 Miliar

PT AIA Financial meluncurkan produk asuransi kesehatan Premier Hospital & Surgical Extra (PHS Extra). Produk ini merupakan pengembangan dari produk Premier Hospital & Surgical. Lim Chet Ming, Chief Marketing Officer AIA menjelaskan, dengan premi yang terjangkau, PHS Extra memberikan nilai proteksi yang tinggi dengan maksimal total limit hingga Rp 65 miliar.

Kompas.com / 12-08-2020

Di tengah pandemi, AIA Financial bukukan laba Rp 1,025 triliun di semester I 2020

PT AIA Financial (AIA) masih mampu mencatatkan kinerja positif di tengah pandemi. Presiden Direktur AIA Sainthan Satyamoorthy mengatakan hingga kuartal kedua 2020, AIA mencatatkan laba bersih senilai Rp 1,025 triliun pada kuartal kedua 2020. Ia menyebut nilai itu tumbuh sebesar Rp 763 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp 262 miliar.

Kontan.co.id / 12-08-2020

Kresna Life bakal buka dialog dengan nasabah untuk selesaikan masalah polis

Guna menyelesaikan persoalan dengan para nasabah, PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) membentuk Tim Penyelesaian Polis PIK & K-LITA. Lewat tim ini, Kresna Life meminta maaf atas timbulnya keterbatasan komunikasi antara manajemen dengan pemegang polis. Ketua Tim Supriyadi bilang ingin membuka dialog seluas-luasnya dengan para nasabah. Ia menyebut perusahaan berkomitmen dengan itikad baik ingin menyelesaikan setiap proses yang ada untuk.

Kontan.co.id / 12-08-2020

Prudential Indonesia Cetak 1.000 Agen MDRT

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mencatat 1.000 orang tenaga pemasarnya sebagai anggota Million Dollar Round Table (MDRT) 2020. Hal ini sekaligus menjadikan Prudential Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa Indonesia pertama yang meraih angka tersebut di sepanjang sejarah MDRT. Pencapaian ini merupakan salah satu bukti komitmen jangka panjang perusahaan untuk senantiasa memperkuat jaringan tenaga pemasar profesional yang future ready serta membangun kewirausahaan guna mendorong pertumbuhan literasi dan inklusi keuangan.

Koran-jakarta.com / 12-08-2020

Kasus AJB Bumiputera, Bamsoet: OJK Jangan Main-main

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak OJK untuk segera menyelesaikan permasalahan dari perasuransian yang menimpa Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera. Sebab, permasalahan ini telah menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat luas. Bamsoet juga menekankan sebagai perusahaan asuransi tertua di Indonesia, AJB Bumiputera 1912 yang berbasis perusahaan asuransi mutual ini seharusnya bisa bertindak profesional dalam mengelola uang masyarakat.

Tagar.id / 12-08-2020

Allianz Raih Penghargaan 'Digital Transformation of the Year'

Perusahaan asuransi Allianz Life Indonesia berhasil meraih penghargaan 'Digital Transformation of the Year' di acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada 27 Juli 2020. Kategori transformasi digital diperkenalkan untuk pertama kalinya tahun ini, di mana Allianz Life Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asuransi dari Indonesia yang dinominasikan. Allianz Life Indonesia dikenal dengan aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan, Allianz Discover, yang mengintegrasikan ekosistem penjualan lengkap.

Tirto.id / 12-08-2020

Prudential Bukukan Rekor Rekor 1.000 Agen MDRT di Indonesia

Asuransi Prudential Indonesia membukukan capaian 1.000 orang tenaga pemasar sebagai anggota Million Dollar Round Table (MDRT) 2020 di Indonesia. Capaian ini menjadikan Prudential sebagai perusahaan asuransi jiwa Indonesia pertama

yang meraih capaian angka tersebut di sepanjang sejarah MDRT. Prudential Indonesia memiliki 302 agen di MDRT di 2017 dan kemudian naik lebih dari 300 persen menjadi 1.000 anggota di 2020.

Tribunnews.com / 12-08-2020

Terapkan Transformasi Digital Asuransi, Allianz Life Indonesia Raih Digital Transformation Award

Allianz Life Indonesia telah mulai melakukan transformasi digital dalam proses bisnisnya sejak beberapa tahun lalu. Bahkan sejak Oktober tahun lalu, Allianz Life Indonesia telah mendigitalisasi semua proses penjualan dan proses pengajuan klaim asuransi kesehatan. Inovasi digital ini mendapat pengakuan internasional dengan meraih penghargaan 'Digital Transformation of the Year' di acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada 27 Juli 2020.

Tribunnews.com / 12-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.760

IHSG (per 12 Agustus  2020)

   5.233,45

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: HE Neraca, Investor Daily, Jawa pos, Kontan, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Antaranews.com, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Hipwee.com, Medcom.id, Kabarsebelas.com, Katadata.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Koran-jakarta.com, Sindonews.com, Tagar.id, Tirto.id, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF