AAJI Daily News - 19 Februari 2020


Tanggal terbit (19 / 02 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 19 Februari 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Efek Penanganan Kasus Jiwasraya Merembet ke Industri
  2. OJK Perketat Aturan Industri Asuransi
  3. Minggu Depan, Kejagung Putuskan Nasib 800 Rekening Efek
  4. Daripada perbanyak aturan, asosiasi usul OJK punya kepala eksekutif pengawas asuransi
  5. Pemegang Polis Diminta Periksa Cakupan Perlindungan
  6. Penyidik Dalami Ratusan Rekening Efek yang Diblokir
  7. Taspen Life Gandakan Porsi Milenial
  8. Kontribusi Masih Minim, Taspen Life Bidik Milenial
  9. Penanganan Kasus Jiwasraya Jangan Pakai Kacamata Kuda
  10. 2019, Premi Asuransi Komersial Rp 281,2 Triliun
  11. Taspen Life Dorong Portofolio Premi Milenial Jadi 10 %
  12. Aliran Dana Bisa Berlapis Dan Rumit
  13. Kejaksaan Agung Membuka Desk Klarifikasi Rekening
  14. OJK Asuransi Masih Sehat
  15. Rekening Efek Dibuka Akhir Bulan
  16. Ombudsman Soroti Investasi Asuransi Swasta
  17. Taspen Life Perkuat Penetrasi ke Segmen Milenial
  18. AJB Bumiputera 1912 Ikhtiar Rakyat Indonesia
  19. Korupsi Jiwasraya, Adik Tersangka Benny Tjokro Protes Rekeningnya Diblokir Kejagung
  20. Jiwasraya Guncang Reksa Dana & Asuransi, Ini Pemicu Awalnya
  21. Kasus Jiwasraya juga Guncang Investasi Dana Pensiun
  22. Kejagung Pertimbangkan Buka Blokir Rekening Terkait Jiwasraya
  23. Geger Kasus Jiwasraya, Begini Kondisi Industri Asuransi RI
  24. Periksa Pemilik Rekening Terkait Jiwasraya, Kejagung Memilah Mana yang Blokirnya Bisa Dicabut
  25. AJB Bumiputera, Ikhtiar Rakyat Indonesia
  26. Tak ingin kasus Jiwasraya terulang, OJK akan buat aturan penilaian kesehatan asuransi
  27. 27 Pemilik Rekening Saham Diperiksa Terkait Jiwasraya
  28. Sasar Milenial, Taspen Life Gandeng Traveloka dan Halofina
  29. Taspen Incar Nasabah Milenial, Tawarkan Premi Mulai Rp 350 Ribu
  30. Dana Kelolaan DPLK Jiwasraya Tembus Rp 2,65 Triliun pada 2019
  31. Astra Life dan PermataBank Kolaborasi Luncurkan Asuransi Terjangkau
  32. Indosurya Bantah Alami Kesulitan Pencairan Dana Nasabah
  33. Taspen targetkan kontribusi premi kalangan milenial jadi 10 persen
  34. Penyelesaian Kasus Jiwasraya hingga Bumiputera, DAI : Kuncinya GCG dan OJK
  35. Waketum Demokrat Pertanyakan Pembentukan Pansus Jiwasraya yang Mandek
  36. OJK Dan Skandal Jiwasraya
  37. KPK Telisik Investasi Asuransi Milik Negara
  38. Kejagung Periksa 15 pemilik Rekening Saham
  39. OJK Akan Buat Aturan Penilaian Kesehatan Asuransi
  40. Perkuat Pengawasan OJK Akan Tambah Aturan Mitigasi Risiko Industri Asuransi
  41. Ombudsman Terima 90 Pelaporan Soal Asuransi
  42. Terima Ketua OJK, Ketua MPR Dorong Pemerintah Bentuk Lembaga Penjamin Polis
  43. Ramai Emco Asset Management, Simak Kinerja Reksa Dananya
  44. Januari 2020 Terjadi Net Redemption, Prospek Investasi Reksadana Masih Positif
  45. Aset Tumbuh OJK Klaim Industri Asuransi Masih Positif

TENTANG AAJI

Efek Penanganan Kasus Jiwasraya Merembet ke Industri

Likuiditas sejumlah perusahaan asuransi jiwa terdampak penanganan kasus hukum PT Asuransi Jiwasraya (Persero) oleh Kejaksaan Agung. Berbagai upaya perbaikan perlu dilakukan untuk mencegah kondisi industri asuransi Tanah Air semakin memburuk. Pekan lalu, Kejaksaan Agung memutuskan memblokir 800 rekening efek terkait Jiwasraya. Direktur Eksekutif AAJI TOgar Pasaribu belum mengetahui secara rinci penyebab pemblokiran.  Yang pasti, pemblokiran ini menyebabkan sejumlah perusahaan asuransi tidak dapat mencairkan klaim. Togar menilai, berbagai permasalahan asuransi jiwa yang terjadi beberapa waktu terakhir membuat citra industri menurun.

Kompas / 19-02-2020 Hal. 17

OJK Perketat Aturan Industri Asuransi

OJK akan memperketat regulasi di industri asuransi. Sejak awal 2019, OJK telah menyiapkan beleid baru untuk memperketat industri asuransi. Salah satu aturan adalah Penilaian Tingkat Kesehatan di industri asuransi. Kepala Departemen Pengawasan IKNB 1A OJK, Ariastiadi, menjelaskan dalam aturan tersebut akan terdapat rating atau penilaian tingkat kesehatan asuransi dengan skala satu hingga lima. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menegaskan, sudah banyak aturan yang dikeluarkan OJK sehingga hanya perlu implementasi yang tegas.

Kontan / 19-02-2020 Hal. 19

Minggu Depan, Kejagung Putuskan Nasib 800 Rekening Efek

Kejaksaan Agung (Kejagung) siap menentukan nasib 800 sub rekening efek yang diblokir karena diduga terkait dengan skandal kasus PT Asuransi Jiwasraya. Sebelumnya, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung, Febrie Adriansyah, meminta nasabah yang sub rekening efeknya diblokir untuk datang mengklarifikasi. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengakui persoalan kasus gagal bayar dan dugaan korupsi Jiwasraya mulai berdampak pada industri asuransi jiwa. Salah satu dampak ialah pemblokiran akun rekening efek terkait dengan Jiwasraya. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI, mengatakan dengan pemblokiran itu tentu saja menyebabkan perusahaan asuransi akan terganggu dari likuiditasnya dalam hal pencairan klaim.

Cnbcindonesia.com / 18-02-2020

Daripada perbanyak aturan, asosiasi usul OJK punya kepala eksekutif pengawas asuransi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah gencar melakukan reformasi di Industri Keuangan Non-Bank (IKNB), misalnya saja dengan menerbitkan aturan baru untuk memperketat aturan main di industri asuransi. Penerbitan aturan baru tersebut dirasa belum perlu oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menegaskan, penerbitan aturan baru dinilai sudah tidak perlu lagi karena sudah banyak aturan yang dikeluarkan OJK. Ketimbang memperbanyak aturan, AAJI merekomendasikan adanya posisi kepala eksekutif pengawas OJK yang khusus membawahi sektor asuransi, seperti kepala eksekutif perbankan dan pasar modal.

Kontan.co.id / 18-02-2020

Pemegang Polis Diminta Periksa Cakupan Perlindungan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia menyatakan saat ini beberapa perusahaan asuransi telah memiliki fasilitas evakuasi medis bagi nasabah yang membutuhkan. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan pertanggungan asuransi didasarkan pada perjanjian awal antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi.

Republika.co.id /  18-02-2020

Penyidik Dalami Ratusan Rekening Efek yang Diblokir

Tim Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) mendalami 212 dari 800 rekening efek yang diblokir terkait penanganan perkara dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Direktur Penyidikan Tindak Pidana Khusus pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Febrie Adriansyah menjelaskan, 212 SID (single investor identification) itu merupakan bagian dari 800 rekening yang telah diblokir beberapa waktu lalu. Hingga saat ini, penyidik telah meminta klarifikasi kepada 24 pemilik SID tersebut.

Validnews.com / 18-02-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Taspen Life Gandakan Porsi Milenial

PT Asuransi Jiwa Taspen atau Taspen Life akan melipatgandakan kontribusi premi dari segmen milenial pada tahun ini. Vice President Group Sales Taspen Life Yadhi R. Nurdin mengatakan kontribusi dari segmen milenial sampai akhir tahun lalu mencapai 5% dari total premi (Rp1,44 triliun).  Kalangan milenial yang dibidik Taspen Life berada dalam rentang umur 25-30 tahun. Taspen juga memiliki beberapa strategi antara lain Taspen Smartsave mulai dari Rp350 ribuan.

Bisnis Indonesia / 19-02-2020 Hal. 13

Kontribusi Masih Minim, Taspen Life Bidik Milenial

PT Asuransi Jiwa Taspen atau Taspen Life menyasar generasi milenial sebagai nasabah. Vice President Group Sales Taspen Life Yadhi R. Nurdin mengatakan kontribusi dari segmen milenial sampai akhir tahun lalu mencapai 5% dari total premi (Rp1,44 triliun).  Untuk menarik minat generai milenial, Taspen Life berencana menggandeng Traveloka dan Halofina. Head of Marcomm Halofina Garniasih Garnijanto memperkirakan kerja sama antara Halofina, Taspen Life, dan Traveloka akan terealisasi semester I tahun ini.

HE Neraca / 19-02-2020 Hal. 5

Penanganan Kasus Jiwasraya Jangan Pakai Kacamata Kuda

Kalangan pasar modal meminta agar penanganan kasus Jiwasraya tidak menggunakan kacamata kuda. Penanganan komprehensif diperlukan agar pengusutan hukum bisa berjalan tanpa mengganggu kegiatan transaksi di pasar modal. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengemukakan pemblokiran rekening efek yang terjadi pada perusahaan asuransi bisa berdampak sistemik jiga dilakukan berlarut-larut. Wana Artha Life, perusahaan yang rekening efeknya diblokir oleh Kejagung, secara informal telah melapor ke AAJI. Togar berharap pemblokiran rekening efek sejumlah entitas oleh Kejagung bisa segera diverifikasi.

Investor Daily / 19-02-2020 Hal. 1&11

2019, Premi Asuransi Komersial Rp 281,2 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan mencatat pertumbuhan industri asuransi sampai 2019 lalu masih positif dan memiliki daya tahan yang baik serta tetap memiliki prospek ke depan yang besar. Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK,Anto Prabowo menyebutkan data OJK mencatat sepanjang tahun 2019, premi asuransi komersial yang dikumpulkan mencapai Rp281,2 triliun (8,0% yoy), dengan premi asuransi jiwa sebesar Rp179,1 triliun (4,1% yoy) serta premi asuransi umum/reasuransi sebesar Rp102,1 triliun. Katanya, demikian pula aset industri asuransi (asuransi jiwa, asuransi umum, reasuransi dan asuransi wajib) juga tumbuh positif 5,91 persen (yoy) dari Rp862,8 triliun pada 2018 menjadi Rp913,8 triliun pada Desember 2019. Jika ditambah dengan BPJS menjadi Rp1.370,4 triliun.

Investor Daily / 19-02-2020 Hal. 23

Taspen Life Dorong Portofolio Premi Milenial Jadi 10 %

PT Asuransi Jiwa Taspen atau Taspen Life mendorong porsi portofolio pendapatan premi segmen milenial menjadi 10% tahun ini. Vice President Group Sales Taspen Life Yadhi R. Nurdin mengatakan sampai akhir tahun 2019, portofolio pendapatan premi segmen milenial tercatat 5%. Saat ini, Taspen Life sedang melakukan penjajakan dengan perusahaan e-commerce Traveloka dan mitra perencana keuangan Halofina.

Investor Daily / 19-02-2020 Hal. 23

Aliran Dana Bisa Berlapis Dan Rumit

Kejaksaan Agung akan berhadapan dengan potensi rumit dan berlapisnya pengaliran dana dari Jiwasraya sebagai dampak dari korupsi yang lama yakni 2008-2018. Saat ini, Kejagung telah menetapkan enam tersangka tindak pidana korupsi untuk kasus Jiwasraya. Pengajar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Yenti Garnasih, menuturkan dengan kurun terjadinya tindak pidana korupsi yang cukup lama, pengaliran dana dari Jiwasraya semakin berlapis dan rumit.

Kompas / 19-02-2020 Hal. 3

Kejaksaan Agung Membuka Desk Klarifikasi Rekening

Pemblokiran rekening efek yang diduga terkait dengan tersangka kasus tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya masih berlanjut. Meski begitu, ada harapan pemblokiran rekening efek segera berakhir. Kemarin, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar pertemuan dengan sekuritas dan para nasabahnya untuk menyelesaikan masalah pemblokiran rekening tersebut. Dalam pertemuan ini, hadir juga pihak dari Kejaksaan Agung. Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK Hoesen dan Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Fakhri Hilmi juga terlihat lokasi pertemuan. Selain itu, ada perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI), Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI), para Anggota Bursa nasabah yang rekening efeknya diblokir. Ketua Umum APEI Octavianus Budiyanto menyebut, Kejagung juga membuka desk untuk melayani klarifikasi nasabah.

Kontan / 19-02-2020 Hal. 1

OJK Asuransi Masih Sehat

Meski ada kasus PT Asuransi Jiwasraya, secara statistik, kondisi industri asuransi tetap sehat. Data OJK mencatat, sepanjang tahun 2019, premi asuransi komersial mencapai Rp 281,2 triliun, tumbuh 8% dibandingkan tahun sebelumnya. Rinciannya, premi asuransi jiwa sebesar Rp 179,1 triliun bertumbuh 4,1% serta premi asuransi umum dan reasuransi sebesar Rp 102,1 triliun.

Kontan / 19-02-2020 Hal. 20

Rekening Efek Dibuka Akhir Bulan

OJK dan Kejaksaan Agung mengaku sudah berkoordinasi terkait .rekening efek yang diblokir dalam penyidikan kasus Asuransi Jiwasraya. Menurut Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo pemblokiran sudah sampai tahap verifikasi dan OJK berharap paling lambat akhir Februari 2020 Kejagung sudah dapat memutuskan status rekening efek tersebut.

Kontan / 19-02-2020 Hal. 20

Ombudsman Soroti Investasi Asuransi Swasta

Ombudsman kini memantau kinerja keuangan dan investasi perusahaan asuransi swasta. Anggota Ombudsman mengatakan, ada lima perusahaan yang terdeteksi tengah mengalami kesulitan keuangan dan membutuhkan pengawasan khusus, yakni perusahaan SM, WA, KL, IL, dan IS.

Koran Tempo / 19-02-2020 Hal. 22

Taspen Life Perkuat Penetrasi ke Segmen Milenial

PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) menyasar generasi milenial untuk menjadi nasabah. Untuk memperkuat penetrasi ke segmen milenial, Taspen Life menggandeng Traveloka dan Halofina. Taspen Life ingin memberikan kemudahan pembelian produk asuransi bagi milenial melalui aplikasi digital.

Republika / 19-02-2020 Hal. 13

AJB Bumiputera 1912 Ikhtiar Rakyat Indonesia

Penerimaan premi pempol dari taun 1992-2019 sekitar Rp90,4 Triliun. Pembayaran klaim kepada pempol dari tahun 1992-2019 sekitar Rp78,9 Triliun.

Rakyat Merdeka / 19-02-2020 Hal. 14

Korupsi Jiwasraya, Adik Tersangka Benny Tjokro Protes Rekeningnya Diblokir Kejagung

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono mengatakan bahwa Teddy Tjokrosaputro merupakan salah satu dari 27 pihak yang diperiksa tim penyidik, karena protes rekening efeknya telah diblokir terkait kasus korupsi yang merugikan keuangan negara Rp17 triliun. Hari menjelaskan 27 pihak yang protes tersebut bukan hanya perorangan, melainkan juga ada pihak korporasi yang keberatan rekening sahamnya telah diblokir.

Bisnis.com / 18-02-2020

Jiwasraya Guncang Reksa Dana & Asuransi, Ini Pemicu Awalnya

Jual-beli saham berkualitas rendah yang diinvestasikan Jiwasraya melalui manajer investasi dilakukan dengan pihak-pihak yang terafiliasi dan dengan harga yang tidak sebenarnya. Harga saham tersebut kemudian mengalami penurunan nilai dan tidak likuid atau tidak bisa diuangkan. Pada 30 Juni 2018, Jiwasraya punya 28 produk reksa dana, di mana dan 20 reksa dana kepemilikan sahamnya di atas 90%. Reksa dana memiliki underlying kualitas rendah dan tidak likuid.

Cnbcindonesia.com / 18-02-2020

Kasus Jiwasraya juga Guncang Investasi Dana Pensiun

Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) menyebut investasi di saham dan reksa dana mengalami penurunan karena kondisi pasar saham domestik sedang mengalami tekanan. Skandal PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menjadi salah satu pemicu tekanan terhadap pasar saham domestik, selain sentimen dari wabah virus corona.

Cnbcindonesia.com / 18-02-2020

Kejagung Pertimbangkan Buka Blokir Rekening Terkait Jiwasraya

Kejaksaan Agung mempertimbangkan untuk membuka sejumlah rekening efek yang diblokir terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi yang menyebabkan gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kendati demikian, pihak kejaksaan belum memutuskan untuk membuka blokir lantaran proses klarifikasi masih berjalan hingga beberapa hari ke depan.

Cnnindonesia.com / 18-02-2020

Geger Kasus Jiwasraya, Begini Kondisi Industri Asuransi RI

Premi asuransi komersial 2019 tercatat Rp 281,2 triliun (8,0% yoy), dengan premi asuransi jiwa sebesar Rp 179,1 triliun (4,1% yoy) serta premi asuransi umum/reasuransi sebesar Rp102,1 triliun.

Detik.com / 18-02-2020

Periksa Pemilik Rekening Terkait Jiwasraya, Kejagung Memilah Mana yang Blokirnya Bisa Dicabut

Kejaksaan Agung meminta keterangan 27 orang yang keberatan rekening efeknya diblokir terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuranso Jiwasraya (Persero). Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah mengatakan, nasib rekening efek yang diblokir memang menjadi fokus penyidik di pekan ini.

Kompas.com / 18-02-2020

AJB Bumiputera, Ikhtiar Rakyat Indonesia

AJB Bumiputera lahir sebagai bentuk keprihatinan atas nasib para guru pribumi. Tiga Serangkai Guru, Founding Fathers AJB Bumiputera 1912, yakni M. Ng Dwidjosewojo, MKH Soebroto, serta M. Adimidjoyo dengan modal awal nol sen memulai usahanya, perusahaan asuransi ini berbentuk Onderlinge atau Mutual (Usaha Bersama / UBER).  

Kontan.co.id / 18-02-2020

Tak ingin kasus Jiwasraya terulang, OJK akan buat aturan penilaian kesehatan asuransi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sepertinya tidak mau kecolongan lagi pasca kasus gagal bayar Asuransi Jiwasraya. OJK telah menyiapkan regulasi baru untuk memperketat industri asuransi. Salah satu aturan terkait Penilaian Tingkat Kesehatan (TKS) di industri asuransi. Ini merupakan aturan tambahan untuk melengkapi Peraturan OJK (POJK) Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Kontan.co.id / 18-02-2020

27 Pemilik Rekening Saham Diperiksa Terkait Jiwasraya

Penyidik Kejaksaan Agung memeriksa 38 saksi terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sepanjang Senin, 17 Februari 2020. Sebanyak 27 di antaranya merupakan pemilik rekening saham. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono mengatakan Cross check kepemilikan rekening saham saja. Ada keterlibatan dalam perbuatan jahat atau tidak.

Medcom.id / 18-02-2020

Sasar Milenial, Taspen Life Gandeng Traveloka dan Halofina

PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) menyasar generasi milenial untuk menjadi nasabah.  Vice President Group Sales Taspen Life Yadhi R Nurdin mengatakan mengaku melakukan pertemuan dengan Traveloka dan Halofina dalam membahas poin-poin kerja sama. Ia menargetkan kerja sama ini sudah mulai bisa berjalan pada semester I 2020.

Republika.co.id / 18-02-2020

Taspen Incar Nasabah Milenial, Tawarkan Premi Mulai Rp 350 Ribu

Vice President Group Sales Taspen Life Yadi R Nurdin mengatakan, kalangan milenial harus didorong untuk sadar berasuransi agar di masa depan masyarakat mendapatkan nilai tambah dari produk yang diproduksi milikinya. Ia menambahkan terus berulang-ulang meliterasi bahwa asuransi adalah bagian dari masa depan, terutama milenial. Dengan Rp 350.000 per bulan mereka bisa dapatkan dana setelah pensiun.

Tempo.co / 18-02-2020

Dana Kelolaan DPLK Jiwasraya Tembus Rp 2,65 Triliun pada 2019

Dana kelolaan yang berhasil di catatkan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Jiwasraya sepanjang 2019 mencapai Rp 2,65 triliun dari 85.486 peserta. Dengan realisasi tersebut, DPLK Jiwasraya berharap dana kelolaan serta return on investment (ROI) bisa meningkat tahun ini.

Tribunnews.com / 18-02-2020

Astra Life dan PermataBank Kolaborasi Luncurkan Asuransi Terjangkau

Mengawali tahun 2020, PT Astra Aviva Life (Astra Life) kembali bersinergi dengan PT Bank Permata Tbk (PermataBank) dengan meluncurkan produk jagoan, Asuransi AVA iPro Prima Plus. Produk ini dipasarkan dengan cara telemarketing lewat PermataBank ke nasabah bank tersebut. Asuransi AVA iPro Prima Plus memiliki masa pertanggungan hingga Anda berusia 65 tahun yang memberikan 3 manfaat sekaligus.

Wartaekonomi.co.id / 18-02-2020

Indosurya Bantah Alami Kesulitan Pencairan Dana Nasabah

PT Asuransi Jiwa Indosurya Sukses (Indosurya Life) memberikan klarifikasi terkait pemberitaan yang mengatakan perusahaannya telah bermasalah sebelum Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pemblokiran 800 rekening dalam rangka mengusut dugaan korupsi di asuransi Jiwasraya. Indosurya menyatakan perusahaannya berjalan dengan normal dan tidak ada masalah.

Wartaekonomi.co.id / 18-02-2020

Taspen targetkan kontribusi premi kalangan milenial jadi 10 persen

PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) menargetkan kontribusi pendapatan premi dari kalangan milenial meningkat menjadi sebesar 10 persen pada 2020. Vice President Group Sales Taspen Life Yadi R Nurdin mengemukakan pendapatan premi perusahaan pada 2019 mencapai sebesar Rp1,4 triliun, sekitar lima persennya dikontribusi dari kalangan milenial.

Antaranews.com / 18-02-2020

Penyelesaian Kasus Jiwasraya hingga Bumiputera, DAI : Kuncinya GCG dan OJK

Dewan Asuransi Indonesia atau DAI mengharapkan manajamen perusahaan asuransi untuk patuh menjalankan tata kelola yang baik ( good corporate governance/GCG). Direktur Eksekutif DAI Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe menuturkan selain GCG, maka kualitas industri asuransi juga ditentukan oleh pengawasan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Bisnis.com / 18-02-2020

Waketum Demokrat Pertanyakan Pembentukan Pansus Jiwasraya yang Mandek

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mempertanyakan tindak lanjut pimpinan DPR mengenai usulan Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PKS soal pembentukan Panitia Khusus (Pansus) hak angket untuk menyelesaikan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Lebih lanjut, Syarief mengatakan, Fraksi Partai Demokrat hingga saat ini terus melobi fraksi-fraksi lain untuk ikut mendukung Pansus.

Kompas.com / 18-02-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

OJK Dan Skandal Jiwasraya

Pejabat OJK mengklaim sudah mengetahui kondisi keuangan Jiwasraya bermasalah sejak Januari 2018. OJK menilai kasus gagal bayar Jiwasraya karena pemegang saham tidak mampu mengawasi tata kelola perusahaan. Akhir 2019, kerugian Jiwasraya membengkak menjadi Rp 13,7 triliun. Peran OJK patut dipertanyakan. Ini menyebabkan banyak kalangan yang ingin OJK dibubarkan. Namun, pembubaran tersebut tentu akan memakan waktu dan menguras energi.

Investor Daily / 19-02-2020 Hal. 4

KPK Telisik Investasi Asuransi Milik Negara

KPK tengah mengkaji dan menelisik skema penempatan investasi oleh perusahaan asuransi dan dana pensiun milik negara. Hal ini dilakukan untuk mencegah terulangnya penyelewengan dana investasi seperti kasus PT Asuransi Jiwasraya.

Koran Tempo / 19-02-2020 Hal. 21

Kejagung Periksa 15 pemilik Rekening Saham

Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung kembali melakukan pemeriksaan terhadap 15 orang pemilik rekening saham/SID dan satu orang tersangka terkait dugaan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya.

Suara Pembaruan / 19-02-2020 Hal. 4

OJK Akan Buat Aturan Penilaian Kesehatan Asuransi

Sejak awal 2019, OJK telah menyiapkan regulasi baru untuk perketat industri asuransi. Salah satu terkait Penilaian Tingkat Kesehatan (PTK) di industri asuransi. Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 1A OJK, Ariastiadi menjelaskan dalam aturan itu terdapat penilaian tingkat kesehatan asuransi dari satu hingga lima.

Warta Kota / 19-02-2020 Hal. 14

Perkuat pengawasan, OJK akan tambah aturan mitigasi risiko industri asuransi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memperketat regulasi di industri asuransi. Salah satunya aturan terkait mitigasi risiko untuk melengkapi Peraturan OJK (POJK) Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Kontan.co.id / 18-02-2020

Ombudsman Terima 90 Pelaporan Soal Asuransi

Ombudsman menerima berbagai laporan terkait penyelenggara pelayanan jasa keuangan khususnya perusahaan asuransi. Sepanjang 2019, Ombudsman mencatat jumlah pengaduan mencapai 74 laporan. Anggota Ombudsman Alamsyah Saragih mengatakan saat ini sudah ada 90 laporan pengaduan ke Ombudsman.

Republika.co.id / 18-02-2020

Terima Ketua OJK, Ketua MPR Dorong Pemerintah Bentuk Lembaga Penjamin Polis

MPR mendorong pemerintah melalui Kementerian Keuangan segera membentuk Lembaga Penjamin Polis (LPP) untuk memberikan kepastian dan ketenangan kepada warga yang menanamkan uangnya di industri asuransi. Selain amanat UU Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian, keberadaan Lembaga Penjamin Asuransi juga mempermudah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan reformasi pengawasan dan pengaturan di industri asuransi.

Rmco.id / 18-02-2020

Ramai Emco Asset Management, Simak Kinerja Reksa Dananya

OJK telah menghentikan sementara alias suspensi produk reksa dana dari 37 perusahaan manajer investasi alias MI. Upaya suspensi ini dilakukan guna mengawasi industri pasar modal. Sebelumnya, dana kelolaan reksa dana Emco Asset Management turun drastis sejak akhir Oktober hingga akhir Desember 2019 yang disertai dengan kinerja reksa dana yang tak kalah dalam koreksinya. Dana kelolaan reksa dana manajer investasi itu turun Rp 2,04 triliun atau -40,22% menjadi Rp 3,03 triliun per akhir Desember dari Rp 5,07 triliun per akhir Oktober.

Cnbcindonesia.com / 18-02-2020

Januari 2020 Terjadi Net Redemption, Prospek Investasi Reksadana Masih Positif

Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), AUM industri reksadana tercatat Rp537,28 triliun per Januari 2020, atau turun 0,9 persen dibandingkan bulan Desember 2019 yang sebesar Rp542,18 triliun. Namun secara umum, menurut analisis Bareksa kinerja reksadana masih bisa positif karena dipicu oleh obligasi dan pasar uang. Proyeksi suku bunga acuan yang akan turun, membuat harga obligasi naik dan reksadana berbasis obligasi akan diuntungkan.

Bareksa.com / 18-02-2020

Aset Tumbuh, OJK Klaim Industri Asuransi Masih Positif

Otoritas Jasa Keuangan mencatat pertumbuhan industri asuransi hingga 2019 masih positif dan memiliki daya tahan yang baik. Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo menjelaskan data otoritas mencatat sepanjang 2019, premi asuransi komersial yang dikumpulkan mencapai Rp281,2 triliun atau bertumbuh 8,0 persen (year-on-year/yoy), dengan premi asuransi jiwa sebesar Rp179,1 triliun (naik 4,1 persen yoy) serta premi asuransi umum/reasuransi sebesar Rp102,1 triliun.

Bisnis.com / 19-02-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.694

IHSG (per 11 Februari 2020)

   5.886,96

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kompas, Kontan, Koran Tempo, Republika, Suara Pembaruan Warta Kota, Bareksa.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Rmco.id, Republika.co.id, Tempo.co, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF