AAJI Daily News - 11 Agustus 2020


Tanggal terbit (11 / 08 / 2020)

Selasa, 11 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Kualitas SDM Masih Minim
  2. Asuransi Jiwa Berharap Keringanan Iuran dan Pajak
  3. Pengembangan SDM Asuransi Masih Mencari Bentuk, Pendidikan Formal Jadi Kunci
  4. Bisnis tertekan pandemi, asuransi jiwa minta insentif pajak dan keringanan iuran OJK
  5. Bisnis Asuransi Jiwa Ikut Terdampak Pandemi
  6. 2019, Jiwasraya Bukukan Total Pendapatan Rp 2,16 T
  7. [Foto] Transformasi Kantor Pusat Manulife Indonesia
  8. [Foto] Peluncuran Proyek
  9. [Foto] Pembangunan Kantor
  10. JPU: Terdakwa Jiwasraya Manipulasi Surat Utang
  11. Terseret Skandal Jiwasraya, Begini Nasib Emiten Ikan Arwana
  12. Sidang Jiwasraya: Ternyata Ada Pinjam-meminjam Akun Saham Lho
  13. Sidang Bentjok Cs: 3 Saksi Dicecar PN Jakpus, Siapa Saja?
  14. Kasus Korupsi Jiwasraya, Penuntut Umum Hadirkan 3 Saksi
  15. Terseret Skandal Jiwasraya, Begini Nasib Emiten Heru Hidayat
  16. Mengadu ke OJK, Puluhan Nasabah Kresna Life Minta Mediasi
  17. Laporan Keuangan Jiwasraya Tahun 2019 Terbit, Begini Kondisinya
  18. Kejagung periksa 17 saksi dari MI dan bank kustodian terkait kasus Jiwasraya
  19. Dorong pendapatan, asuransi jiwa minta pemerintah pertahankan daya beli masyarakat
  20. Chubb Life Indonesia Rilis Produk Asuransi Dwiguna untuk Hari Tua
  21. Selain Manfaat Tunai 250 Persen, Ini Beragam Manfaat Asuransi Jiwa Tradisional Dwiguna Chubb Life
  22. Daya Saing SDM Asuransi Dinilai Masih Kalah dari Industri Perbankan
  23. Aturan Ganti, Kualitas SDM Asuransi Dinilai Belum Berkembang Signifikan

TENTANG AAJI

Kualitas SDM Masih Minim

Pengamat asuransi, Irvan Rahardjo menilai pengembangan kualitas SDM dengan pendekatan anggaran telah menghasilkan sejumlah tenaga ahli asuransi, meskipun belum signifikan. Namun, perubahan pengembangan kualitas karyawan melalui pendekatan program pun belum menunjukkan hasil optimal. Sebagai imbasnya, perkembangan kualitas industri bisa terhambat. Irvan menilai bahwa proses Pendidikan SDM asuransi menjadi salah satu penyebab “kalahnya” daya saing kader-kader di industri itu dibandingkan industri lain.

Bisnis Indonesia / 11-08-2020 Hal. 15

Asuransi Jiwa Berharap Keringanan Iuran dan Pajak

Data OJK mencatatkan pendapatan premi asuransi jiwa hingga Juni 2020 senilai Rp 79,42 triliun. Nilai itu turun 7,26% year on year dibandingkan Juni 2019 senilai Rp 85,64 triliun. AAJI menilai penurunan ini wajar terjadi lantaran semua bisnis sektor keuangan juga mengalami dampak. Oleh sebab itu, Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengakui industri asuransi jiwa sangat membutuhkan banyak stimulus dalam situasi saat ini. Selain itu, Ia menyebut stimulus mengenai kewajiban membayar pajak juga sudah diberikan oleh pemerintah, baik secara langsung mau pun tidak langsung.

Kontan / 11-08-2020 Hal. 10

Pengembangan SDM Asuransi Masih Mencari Bentuk, Pendidikan Formal Jadi Kunci

Industri asuransi dinilai masih mencari bentuk sistem pendidikan bagi sumber daya manusia (SDM). Pengembangan kualitas pekerja secara informal dinilai masih lebih diandalkan ketimbang pendidikan formal, sehingga perlu menjadi perhatian. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menjelaskan bahwa saat ini pengembangan kapasitas SDM dilakukan oleh setiap perusahaan melalui program diklat. Selain itu, terdapat sejumlah program eksternal seperti kerja sama pelatihan dengan lembaga atau negara lain.

Bisnis.com / 10-08-2020

Bisnis tertekan pandemi, asuransi jiwa minta insentif pajak dan keringanan iuran OJK

Data OJK mencatatkan pendapatan premi asuransi jiwa hingga Juni 2020 senilai Rp 79,42 triliun. Nilai itu turun 7,26% year on year dibandingkan Juni 2019 senilai Rp 85,64 triliun. AAJI menilai penurunan ini wajar terjadi lantaran semua bisnis sektor keuangan juga mengalami dampak. Oleh sebab itu, Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengakui industri asuransi jiwa sangat membutuhkan banyak stimulus dalam situasi saat ini. Selain itu, Ia menyebut stimulus mengenai kewajiban membayar pajak juga sudah diberikan oleh pemerintah, baik secara langsung mau pun tidak langsung.

Kontan.co.id / 10-08-2020

Bisnis Asuransi Jiwa Ikut Terdampak Pandemi

Pendapatan premi asuransi jiwa hingga Juni 2020 senilai Rp 79,42 triliun. Nilai itu turun 7,26% year on year dibandingkan Juni 2019 senilai Rp 85,64 triliun. AAJI menilai penurunan ini wajar terjadi lantaran semua bisnis sektor keuangan juga mengalami dampak. Oleh sebab itu, Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengakui industri asuransi jiwa sangat membutuhkan banyak stimulus dalam situasi saat ini. Selain itu, Ia menyebut stimulus mengenai kewajiban membayar pajak juga sudah diberikan oleh pemerintah, baik secara langsung mau pun tidak langsung.

Tribunnews.com / 10-08-2020

INDUSTRI & ASURANSI

2019, Jiwasraya Bukukan Total Pendapatan Rp 2,16 T

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) membukukan total pendapatan Rp2,16 triliun pada 2019, berbalik positif atau tumbuh 137% secara yoy dibandingkan tahun 2018 yang minus Rp5,82 triliun. Pencapaian pendapatan pada 2019 itu utamanya dipengaruhi oleh hasil investasi yang masih tercatat negatif, namun membanik dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan laporan keuangan (audited) tahun 2019 yang dipublikasikan Jiwasraya, perseroan masih mencatatkan rugi bersih, namun nilai kerugian bisa ditekan.

Investor Daily / 11-08-2020 Hal. 23

[Foto] Transformasi Kantor Pusat Manulife Indonesia

Presiden Director & CEO Manulife Indonesia Ryan Charland, Bersama Direksi Manulife Indonesia, Karjadi Pranoto, Meylindawati, Novita Rumngangun, Hans de Waal, dan Apriliani Siregar saat peluncuran proyek Triple C’s di Jakarta, Senin (10/8). Proyek ini akan mentransformasi wajah Kantor Pusat Manulife Indonesia dengan konsep open space office dan simple. Masih dalam suasana pandemic Covid-19 dan tetap menjaga protokol kesehatan, proyek ini direncanakan akan selesai pada kuartal pertama 2021 mendatang.

Investor Daily / 11-08-2020 Hal. 23

[Foto] Peluncuran Proyek

President Director & CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland Bersama jajaran direksi saat peluncuran proyek Triple C’s di Jakarta, Senin (10/8). Proyek ini akan mentransformasi wajah Kantor Pusat Manulife Indonesia dengan konsep open space office dan simple serta masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Koran Jakarta / 11-08-2020 Hal. 5

[Foto] Pembangunan Kantor

Para eksekutif Manulife Indonesia, Director & Chief EB Distribution and Syariah Karjadi Pranoto, Diretor & Chief Financial Officer Meylindawati, President Director & CEO Ryan Charland, Director & Chief Marketing Officer Novita Rumngangun, Director & COO Hans de Waal, dan Director and Chief Legal & Compliance Officer Apriliani Siregar meluncurkan proyek Triple C’s di Jakarta, Senin (10/8). Proyek ini akan mentransformasikan wajah Kantor Pusat Manulife Indonesia dengan konsep kantor terbuka dan simpel.

Warta Kota / 11-08-2020 Hal. 5

JPU: Terdakwa Jiwasraya Manipulasi Surat Utang

Sidang lanjutan perkara dugaan korupsi dan pencucian uang PT Asuransi Jiwasraya mengungkapkan sejumlah berkas penting. Terungkap terdakwa Benny Tjokrosaputro menggunakan perusahaan fiktif dalam mengajukan sejumlah pinjaman bank untuk penerbitan surat utang jangka menengah (MTN) yang dibeli Jiwasrya. Terdakwa Heru Hidayat dan Joko Hartono Tirto pun menggunakan akun orang lain untuk membeli saham perusahaan milik sendirim sebelum ditawarkan ke Jiwasraya.

Republika / 11-08-2020 Hal. 2

Terseret Skandal Jiwasraya, Begini Nasib Emiten Ikan Arwana

Salah satu perusahaan milik Heru Hidayat, PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP) menyebutkan hingga saat ini perusahaan tidak sedang menjalani kasus hukum apapun. Kendati aset beserta perusahaan telah menjadi barang sitaan oleh Kejaksaan Agung terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Meski demikian, manajemen menegaskan perusahaan saat ini tak memiliki kasus hukum. Perkara tindak pidana investasi, yang saat ini dijalankan oleh Komisaris Utama perusahaan yakni Heru Hidayat, dinilai tak ada hubungannya dengan perusahaan.

Cnbcindonesia.com / 10-08-2020

Sidang Jiwasraya: Ternyata Ada Pinjam-meminjam Akun Saham Lho

Karyawan PT Integra Investama, yang sebelumnya menjabat petinggi di Daewoo Securities (kini PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia), Erwin Budiman membenarkan praktik saham pinjam nama alias nominee yang dilakukan untuk transaksi pembelian saham demi kebutuhan investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Erwin menuturkan, pada periode tahun 2015, Jiwasraya melakukan transaksi penjualan saham secara pribadi. Pada hari yang sama, ia menjual lagi ke beberapa perusahaan manajer investasi (MI).

Cnbcindonesia.com / 10-08-2020

Sidang Bentjok Cs: 3 Saksi Dicecar PN Jakpus, Siapa Saja?

Sidang lanjutan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus bergulir. Kali ini, Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menghadirkan beberapa saksi untuk memberikan keterangan. Senin ini, tiga saksi hadir di persidangan, antara lain, Direktur PT Duta Regency Karunia, Gracianus J. Lambert, lalu karyawan PT Integra Investama yang sebelumnya pernah bekerja di Daewoo Sekuritas, Erwin Budiman. Selanjutnya, ada Sandra Setiawati Santoso, Direkttur PT Kalingga Persada Inti Makmur.

Cnbcindonesia.com / 10-08-2020

Kasus Korupsi Jiwasraya, Penuntut Umum Hadirkan 3 Saksi

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi kembali menggelar sidang lanjutan dugaan Korupsi di Asuransi Jiwasraya, Jaksa Penuntut Umum menghadirkan Tiga Saksi untuk memberikan keterangan. Ketiganya antara lain, Direktur PT Duta Regency Karunia, Gracianus J. Lambert, lalu karyawan PT Integra Investama yang sebelumnya pernah bekerja di Daewoo Sekuritas, Erwin Budiman. Selanjutnya, ada Sandra Setiawati Santoso, Direktur PT Kalingga Persada Inti Makmur.

Cnbcindonesia.com / 10-08-2020

Terseret Skandal Jiwasraya, Begini Nasib Emiten Heru Hidayat

Emiten pertambangan mineral milik Heru Hidayat, PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), menjadi salah satu emiten yang berpotensi dihapuskan pencatatan sahamnya (delisting) oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Berdasarkan Pengumuman Potensi Delisting yang dipublikasikan pada 4 Agustus 2020, saham TRAM telah disuspensi selama 6 bulan dan masa suspensi akan mencapai 24 bulan pada 23 Januari 2022.

Cnbcindonesia.com / 10-08-2020

Mengadu ke OJK, Puluhan Nasabah Kresna Life Minta Mediasi

Puluhan pemegang polis PT Asuransi Jiwa Kresna (AJK) atau Kresna Life mendatangi kantor OJK di Gedung Wisma Mulia 2, Jakarta, Senin (10/8). Mereka mendatangai kantor OJK untuk pelaporan penolakan skema sepihak dan tidak adil yang diajukan manajemen Kresna Life terhadap nasabah. Nasabah sebelumnya menemui manajemen Kresna, tapi tidak diterima.

Cnbcindonesia.com / 10-08-2020

Laporan Keuangan Jiwasraya Tahun 2019 Terbit, Begini Kondisinya

Mengutip laporan keuangan perseroan, Senin (10/8), PT Asuransi Jiwasraya membukukan kerugian setelah pajak senilai Rp 4,14 triliun. Namun kerugian menyusut dibanding Rp 19,73 triliun pada tahun 2019. Jiwasraya membukukan pendapatan sebesar Rp 2,15 triliun. Pendapatan ini lebih baik dibanding pendapatan tahun sebelumnya, negatif hingga Rp 5,82 triliun pada tahun 2018. Pendapatan tersebut ditopang oleh pendapatan premi Rp 3,08 triliun, premi reasuransi Rp 87,67 miliar, imbalan jasa DPLK/jasa manajemen lainnya Rp 14,99 miliar, serta pendapatan lain Rp 23,82 miliar.

Kompas.com / 10-08-2020

Kejagung periksa 17 saksi dari MI dan bank kustodian terkait kasus Jiwasraya

Hari ini tim jaksa penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung kembali melakukan 17 orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan investasi di PT Asuransi Jiwasraya (persero). Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Hari Setiyono menyebut, belasan orang sanksi tersebut diperiksa sebagai pengurus maupun karyawan di perusahaan manajer investasi (MI), Jiwasraya maupun bank kustodian.

Kontan.co.id / 10-08-2020

Dorong pendapatan, asuransi jiwa minta pemerintah pertahankan daya beli masyarakat

Pelaku industri asuransi jiwa membutuhkan stimulus dari pemerintah guna meningkatkan pendapatan premi di masa pandemi. Direktur Utama BRI Life Gatot Mardiwasisto Trisnadi menyebut menjaga daya beli masyarakat bisa membatu industri asuransi jiwa. Menurutnya dari pemerintah yang dibutuhkan perusahaan asuransi umum pertama tegas perpendek masa pandemi. Kedua, memberikan bantuan kepada masyarakat awam dan masyarakat bisnis agar daya beli terjaga. Kalau masih ada daya beli, mereka masih bayar premi.

Kontan.co.id / 10-08-2020

Chubb Life Indonesia Rilis Produk Asuransi Dwiguna untuk Hari Tua

PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia), hari ini resmi meluncurkan Produk Asuransi Jiwa Tradisional Dwiguna atau Long Term Endowment Insurance. Produk terbaru dari Chubb Life Indonesia ini dirancang khusus untuk membantu nasabah mempersiapkan tabungan jangka panjang di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, dan menghadirkan perlindungan hingga 20 tahun.

Mediaindonesia.com / 10-08-2020

Selain Manfaat Tunai 250 Persen, Ini Beragam Manfaat Asuransi Jiwa Tradisional Dwiguna Chubb Life

PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia), resmi meluncurkan Produk Asuransi Jiwa Tradisional Dwiguna atau Long Term Endowment Insurance. Produk terbaru ini dirancang khusus untuk membantu nasabah mempersiapkan tabungan jangka panjang di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, dan menghadirkan perlindungan hingga 20 tahun. Dengan masa pertanggungan hingga 20 tahun, produk asuransi dwiguna Chubb Life Indonesia menawarkan rentang usia pertanggungan hingga maksimal 80 tahun.

Tribunnews.com / 10-08-2020

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Daya Saing SDM Asuransi Dinilai Masih Kalah dari Industri Perbankan

Pengamat asuransi dan Mantan Komisaris Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Irvan Rahardjo menilai bahwa belum terdapat perkembangan signifikan dari kualitas SDM asuransi dalam beberapa tahun terakhir. Dia menyayangkan hal tersebut karena industri asuransi memiliki potensi yang kuat. Menurutnya, salah satu indikasinya adalah adanya tren pimpinan perusahaan-perusahaan asuransi pelat merah yang diisi oleh jebolan-jebolan industri perbankan. Hal tersebut menurutnya tidak mengherankan karena kualitas SDM perbankan memang relatif teruji.

Bisnis.com / 10-08-2020

Aturan Ganti, Kualitas SDM Asuransi Dinilai Belum Berkembang Signifikan

Menurut pengamat asuransi dan Mantan Komisaris Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Irvan Rahardjo, belum terdapat perkembangan signifikan dari daya saing SDM asuransi dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dinilai dapat menghambat perkembangan kualitas industri. Dia menilai bahwa saat ini industri asuransi menghadapi isu pengelolaan (good corporate governance) serta manajemen aset dan liabilitas (asset liabilities management/ALM). Kualitas SDM yang mumpuni dinilai sebagai faktor kunci untuk menyelesaikan isu-isu tersebut.

Bisnis.com / 10-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.648

IHSG (per 10 Agustus 2020)

   5.157,83

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Koran Jakarta, Warta Kota, Republika, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Investor.id, Kompas.com, Kontan.co.id, Mediaindonesia.com, Tribunnews.com.

 

DOWNLOAD PDF