AAJI Daily News - 11 Februari 2020


Tanggal terbit (11 / 02 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Selasa, 11 Februari 2020  

HEADLINE NEWS

  1. OJK Kaji Batas Modal Minimum Perusahaan IKNB
  2. Bisa Apa Panja Jiwasraya
  3. Modus Investasi Jiwasraya Kian Terkuak
  4. Jiwasraya Miliki Semua Produk Reksa Dana
  5. Pembentukan Pansus Hak Angket Jiwasraya Masih Panjang
  6. Soal Jiwasraya, BEI; Ada Kesalahan Proses Pengambilan Keputusan
  7. Reksadana Dibuat Khusus bagi Jiwasraya
  8. Menimbang Urgensi Pansus Jiwasraya
  9. Panja Siap Kuliti Konspirasi di Jiwasraya
  10. Keputusan Investasi Jiwasraya Dipertanyakan
  11. Kasus Jiwasraya, Kinerja Panja Dinilai Optimal
  12. Berdalih Tak Pernah Jual Saham Jiwasraya
  13. Pemegang Polis Somasi Komisaris Bumiputera
  14. Dilindungi Reasuransi, Kenapa Jiwasraya & Bumiputera Tak Mampu Bayar Klaim?
  15. Tidak Pernah Ikut Asuransi Chubb Life, Pembatalan Dikenakan Biaya
  16. HUT ke-108, AJB Bumiputera 1912 Cabang Pematangsiantar Gelar Donor Darah
  17. Pilih-pilih Sebelum Membeli Asuransi
  18. Bukan hanya pembekuan rekening terkait Jiwasraya yang bikin transaksi bursa sepi
  19. Benny Tjokro Didampingi Mantan Wakil Jaksa Agung
  20. Ada Dugaan Kuat Konspirasi pada Kasus Jiwasraya
  21. Kejagung Periksa 8 Saksi Kasus Jiwasraya
  22. Kasus Jiwasraya, 3 Sektor Perlu Perbaikan
  23. Kasus Jiwasraya, Tanda Tanya di Wisma Mulia 2
  24. Kasus Jiwasraya, Kejagung Selidiki Penerimaan Fee Agen Rp54 M
  25. Di Hadapan DPR, BEI Jelaskan Kesalahan Investasi Jiwasraya
  26. DPR: Ada Konspirasi antara Jiwasraya dan Manajer Investasi?
  27. BUMN Nunggu Restu DPR Untuk Bayar Klaim Nasabah Jiwasraya
  28. DPR Ungkap Dugaan Persekongkolan dalam Kasus Jiwasraya
  29. Kejagung Periksa Eks Direktur Pemasaran Jiwasraya Hari Ini
  30. Tersangka Kasus Jiwasraya Benny Tjokro Buka Opsi Ajukan Praperadilan
  31. Senin Hari Ini, Kejagung Periksa Sejumlah Petinggi PT Asuransi Jiwasraya
  32. DPR Ada persekongkolan dalam mega skandal Asuransi Jiwasraya
  33. KSEI dan BEI duga ada kolusi antara manajer investasi dan Jiwasraya
  34. Ketua Panja Yakin Kasus Jiwasraya Tidak Sistemik

TENTANG AAJI

OJK Kaji Batas Modal Minimum Perusahaan IKNB

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang mengkaji batas modal minimum perusahaan di industri keuangan nonbank (IKNB). Idealnya, OJK menilai batas modal minimum untuk perusahaan asuransi sebesar Rp500 miliar, kata Kepala Pengawasan Departemen IKNB 2A OJK ahmad Nasrullah.

Investor Daily / 11-02-2020, Hal. 23            

INDUSTRI & ASURANSI

Bisa Apa Panja Jiwasraya?

Panja Jiwasraya didukung parpol pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo seperti PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Nasdem, dan PPP. Sementara, parpol oposisi seperti PKS dan Partai Demokrat gencar melakukan lobi untuk membentuk Panitia Khusus Hak Angket Jiwasraya.

Bisnis Indonesia / 11-02-2020, Hal. 6

Modus Investasi Jiwasraya Kian Terkuak

Otoritas bursa menemukan adanya kejanggalan dalam praktek penanaman dana investasi yang dilakukan Jiwasraya. Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi, menduga ada beberapa investasi saham yang sengaja dibalut produk reksa dana.

Bisnis Indonesia / 11-02-2020, Hal. 14

Jiwasraya Miliki Semua Produk Reksa Dana

Manajemen Jiwasraya menempatkan investasi pada beberapa produk reksa dana saham dengan underlying saham-saham yang sama. Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi, mengakui bahwa ada pengalihan investasi ke reksa dana dengan underlying saham-saham dengan tingkat likuiditas dan fundamental tidak mendukung.

HE Neraca / 11-02-2020, Hal. 12

Pembentukan Pansus Hak Angket Jiwasraya Masih Panjang

Wakil Ketua DPR Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Azis Syamsuddin mengatakan pembentukan pansus hak angket Jiwasraya yang diusulkan Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PKS prosesnya masih panjang.

HE Neraca / 11-02-2020, Hal. 12

Soal Jiwasraya, BEI: Ada Kesalahan Proses Pengambilan Keputusan

DPR mencenar direksi PT BEI dan PT KSEI dengan sederet pertanyaan terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya. Mayoritas anggota Komisi XI mempertanyakan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh bursa sebagai regulator pasar modal. Anggota Komisi XI Mukhamad Misbakhun mempersoalkan pengawasan saham-saham gocap.

Indopos / 11-02-2020, Hal. 2

Reksadana Dibuat Khusus bagi Jiwasraya

Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menduga ada kolusi di balik kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan, produk-produk reksadana yang dikeluarkan manajer investasi yang bersangkutan dengan Jiwasraya seperti dibuat khusus (tailor made) untuk perusahaan asuransi tersebut.

Kontan / 11-02-2020 Hal. 20

Menimbang Urgensi Pansus Jiwasraya

Untuk menuntaskan megaskandal PT Asuransi Jiwasraya (persero) butuh tekad dan kemauan besar dari para pemangku kepentingan. Langkah politik diperlukan untuk mendukung, mengawasi dan memastikan agar arah penuntasan skandal Jiwasraya tidak menyimpang.

Media Indonesia / 11-02-2020 Hal. 2

Panja Siap Kuliti Konspirasi di Jiwasraya

Panitia Kerja (Panja) Industri Keuangan bentukan DPR RI akan melakukan pendalaman dugaan konspiraasi dalam kasus yang membelit PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Anggota Komisi XI dari Fraksi Golkar Misbakhun menjelaskan DPR akan melakukan pendalaman secara rinci kepada jenis transaksi.

Media Indonesia / 11-02-2020 Hal. 4

Keputusan Investasi Jiwasraya Dipertanyakan

Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan telah menerapkan seluruh mekanisme pengawasan terhadap semua saham yang dibeli oleh PT Asuransi Jiwasraya. Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan terdapat saham-saham berkinerja buruk yang dibalut dalam investasi reksa dana milik Jiwasraya.

Republika / 11-02-2020 Hal. 16

Kasus Jiwasraya, Kinerja Panja DInilai Optimal

Panitia Kerja (Panja) kasus gagal bayar Jiwasraya akan terus melaksanakan tugasnya untuk mendalami dan mengawal proses hukum serta penyelesaian terhadap masalah itu. Saat ini, ada tiga panja yang sudah dibentuk DPR menyangkut Jiwasraya, yakni Komisi III DPR, Komisi VI DPR, dan Komisi IX DPR.

Suara Pembaruan / 11-02-2020 Hal. 4

Berdalih Tak Pernah Jual Saham Jiwasraya

Benny Tjokrosaputro, tersangka kasus duugaan korupsi Asuransi Jiwasraya, akhirnya diperiksa di Kejaksaan Agung kemarin (10/02) yang merupakan pemeriksaan pertamanya sebagai tersangka.

Jawa Pos / 11-02-2020 Hal. 12

Pemegang Polis Somasi Komisaris Bumiputera

Perhimpunan Pemegang Polis Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 melayangkan surat somasi kepada Komisaris Bumiputera untuk segera membentuk Rapat Umum Anggota atau RUA.

Bisnis.com /  10-02-2020

Dilindungi Reasuransi, Kenapa Jiwasraya & Bumiputera Tak Mampu Bayar Klaim?

Praktisi reasuransi dengan kantor regional di Malaysia, Delil Khairat menyebutkan perusahaan asuransi dapat menjual produk dengan penyebutan apapun kepada nasabah sepanjang diizinkan regulator. Delil menyebutkan dalam kasus gagal bayar produk saving plan Jiwasraya, perusahaan asuransi milik negara itu relatif terlalu berani menambah risiko yang ditanggung sendiri.

Bisnis.com / 10-02-2020

Tidak Pernah Ikut Asuransi Chubb Life, Pembatalan Dikenakan Biaya

Seorang pemilik kartu kredit Bank DBS dan tidak pernah ikut atau mengajukan asuransi jiwa apapun. Namun PT Chubb Life Insurance Indonesia yang mengaku bekerja sama dengan Bank DBS mendaftarkan pada program Asuransi Jiwa tanpa persetujuan.

Detik.com / 10-02-2020

HUT ke-108, AJB Bumiputera 1912 Cabang Pematangsiantar Gelar Donor Darah

Pegawai Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 cabang Pematangsiantar menggelar aksi donor darah bersama dalam rangka memeringati hari ulang tahun ke-108. Dukungan AJB Bumiputera sangat membantu PMI dalam menyediakan darah kepada pasien yang membutuhkan.

Faseberita.id / 10-02-2020

Pilih-pilih Sebelum Membeli Asuransi

Risiko terjebak pada perusahaan asuransi yang tidak berhati-hati dalam mengelola dana premi bisa dikurangi dengan cara mencermati perusahaan asuransi. Ada beberapa langkah yang dapat dijalankan. Ketika hendak melindungi diri, tentu kita harus benar-benar memahami perlindungan macam apa yang kita butuhkan, cermati dulu siapa yang akan mengelola premi kita dalam jangka panjang.

Kompas.id / 10-02-2020

Bukan hanya pembekuan rekening terkait Jiwasraya yang bikin transaksi bursa sepi

Kejaksaan Agung (Kejagung) memerintahkan pemblokiran 800 rekening nasabah demi penyelidikan kasus Asuransi Jiwasraya. Diduga rekening efek yang diblokir merupakan nominee dan sebagian lain rekening efek yang merupakan atas nama tersangka dugaan korupsi di Jiwasraya.

Kontan.co.id / 10-02-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Benny Tjokro Didampingi Mantan Wakil Jaksa Agung

Kejaksaan Agung mulai memeriksa Benny Tjokrosaputro sebagai tersangka kasus korupsi pengelolaan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya. Dalam penyidikan, tim gedung bundar Kejaksaan Agung berupaya membuktikan unsur tindak pidana yang dilakukan mantan Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) itu.

Rakyat Merdeka / 11-02-2020 Hal. 3

Ada Dugaan Kuat Konspirasi pada Kasus Jiwasraya

Ada dugaan besar persengkongkolan yang terjadi pada kasus gagal bayar Jiwasraya. Jiwasraya, dalam fakta yang disampaikan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), mengambil peran utama dalam Reksadana yang diinvestasikannya. Pasalnya, investasinya mencapai 70%-90% dari total keseluruhan dana bersih yang dikelola (AUM) Reksadana.

Akurat.co / 10-02-2020

Kejagung Periksa 8 Saksi Kasus Jiwasraya

Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali memeriksa delapan saksi terkait dugaan kasus korupsi asuransi PT Jiwasraya (Persero). Kedelapan orang saksi yang diperiksa, masing-masing GM Operasional dan Pelayanan PT Asuransi Jiwasraya Danang Suryono, mantan Direktur Pemasaran Jiwasraya De Yong Adrian, Kepala Managemen Risiko Jiwasraya Supardi Sudiro, Pjs Kepala Divisi Keuangan dan Investasi Jiwasraya Agustin Widhiastuti, mantan GM Teknis Jiwasraya Putu Sutama, J Wahyoedi Hidayat, Direktur Independent PT Angkasa Karyatama Devi Henita, dan Direktur Equaily PT Lotus Andalan Sekuritas Alwi Halim.

Beritasatu.com / 10-02-2020

Kasus Jiwasraya, 3 Sektor Perlu Perbaikan

Praktisi reasuransi yang bermukim di Malaysia, Delil Khairat menyebutkan terdapat aspek pelajaran yang kompleks pada industri asuransi terkait gagal bayar polis dalam polis saving plant Asuransi Jiwa Jiwasraya.

Bisnis.com / 10-02-2020

Kasus Jiwasraya, Tanda Tanya di Wisma Mulia 2

Sekitar 50 orang pemegang polis JS Plan PT Asuransi Jiwa Jiwasraya mendatangi kantor OJK di Wisma Mulia 2 untuk mencari kejelasan pengembalian uang mereka. Salah seorang nasabah Haresh Nandwani menjelaskan bahwa kedua kunjungan itu berujung kekecewaan.

Bisnis.com / 10-02-2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Selidiki Penerimaan Fee Agen Rp54 M

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyelidiki 3 orang mantan pegawai PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang diduga menerima fee agen dengan total Rp 54,9 miliar pada kurun waktu dari 2015 sampai 2018.

Cnbcindonesia.com / 10-02-2020

Di Hadapan DPR, BEI Jelaskan Kesalahan Investasi Jiwasraya

Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) memaparkan kesalahan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dalam penempatan investasi di saham. Apa yang salah dengan Jiwasraya, pertama decission making process dari institutional investor. Sebagai institutional investor, kategori knowledgable investor, seharusnya dan sepatutnya mengerti investasi.

Cnbcindonesia.com / 10-02-2020

DPR: Ada Konspirasi antara Jiwasraya dan Manajer Investasi?

Komisi XI DPR menduga ada persekongkolan dalam kasus gagal bayar Asuransi Jiwasraya. Dugaan itu tampak dari fakta yang disampaikan Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI. Terdapat produk reksadana terbuka yang secara seolah-olah disiapkan khusus untuk investasi Jiwasraya. PadaHal biasanya produk reksadana terbuka dimiliki oleh beberapa investor saja.

Cnbcindonesia.com / 10-02-2020

BUMN Nunggu Restu DPR Untuk Bayar Klaim Nasabah Jiwasraya

Rencana pembayaran klaim Polis Js Saving Plan Jiwasraya akhir Maret ini masih belum pasti, karena ternyata belum disetujui DPR. Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmojo menyatakan, Kementerian BUMN baru akan membayarkan klaim nasabah Jiwasraya setelah mendapat restu DPR.

Cnbcindonesia.com / 10-02-2020

DPR Ungkap Dugaan Persekongkolan dalam Kasus Jiwasraya

Komisi XI DPR menduga persekongkolan pada kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Direktur Utama KSEI Uriep Budhi mengungkapkan produk reksa dana saham yang diterbitkan oleh manajer investasi seolah-olah disiapkan khusus untuk investasi Jiwasraya.

Cnnindonesia.com / 10-02-2020

Kejagung Periksa Eks Direktur Pemasaran Jiwasraya Hari Ini

Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali memeriksa delapan saksi terkait dugaan kasus korupsi asuransi PT Jiwasraya (Persero).

Detik.com / 10-02-2020

Tersangka Kasus Jiwasraya Benny Tjokro Buka Opsi Ajukan Praperadilan

Tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya Benny Tjokrosaputro membuka peluang untuk mengajukan praperadilan terhadap Kejaksaan Agung. Pengajuan praperadilan menjadi salah satu opsi lantaran kliennya sebenarnya belum pernah melakukan pertemuan langsung dengan pihak Jiwasraya.

Katadata.co.id / 10-02-2020

Senin Hari Ini, Kejagung Periksa Sejumlah Petinggi PT Asuransi Jiwasraya

Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali memeriksa delapan saksi terkait dugaan kasus korupsi asuransi PT Jiwasraya (Persero).

Kompas.com / 10-02-2020

DPR Ada persekongkolan dalam mega skandal Asuransi Jiwasraya

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menduga ada persekongkolan dalam kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Kesimpulan ini diperoleh pasca para anggota parlemen mendengarkan keterangan dari para pejajabat PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

  • / 10-02-2020

KSEI dan BEI duga ada kolusi antara manajer investasi dan Jiwasraya

Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menduga ada kolusi di balik kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan, produk-produk reksadana yang dikeluarkan manajer investasi yang bersangkutan dengan Jiwasraya seperti dibuat khusus (tailor made) untuk perusahaan asuransi tersebut.

Kontan.co.id / 10-02-2020

Ketua Panja Yakin Kasus Jiwasraya Tidak Sistemik

Ketua Panja Jiwasraya Dito Ganinduto yakin kasus Jiwasraya tidak sistemik. Masyarakat pun diminta tak khawatir jika memiliki polis asuransi.

Medcom.id / 10-02-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.712

IHSG (per 10 Februari 2020)

   5.952,08

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, HE Neraca, Indopos, Kontan, Media Indonesia, Republika, Rakyat Merdeka, Suara Pembaruan, Akurat.co, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Faseberita.id, Kompas.com, Kontan.co.id, Medcom.id.

DOWNLOAD PDF