AAJI Daily News - 16 Januari 2020


Tanggal terbit (16 / 01 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Kamis, 16 Januari 2020

HEADLINE NEWS

  1. Meraih Cuan di Tahun Tikus Logam
  2. Profil 4 Tersangka Kasus Jiwasraya, Ada yang Pernah di Staf Presiden
  3. Erick Thohir Pastikan Jiwasraya Lunasi Klaim Nasabah
  4. Aliran Dana Terus Dibongkar
  5. Ganggu Investasi, Usut Tuntas Kasus Jiwasraya
  6. Emiten Bermasalah Harus Ditindak Tegas
  7. Iklim Investasi Pasar Modal Terganggu
  8. Belajar dari Kasus Jiwasraya, Asuransi Diminta Berhati-hati Tempatkan Dana
  9. Terlibat Kasus Jiwasraya dan Asabri, Kemenkeu Siapkan Sanksi bagi Akuntan Publik
  10. Bayarlah Pemerintah Tak Usah Banyak Ngomong
  11. Kebangkitan Produk Premi Tunggal
  12. Sandiaga Dukung Penegakan Hukum Kasus Jiwasraya
  13. Kasus Jiwasraya, BEI-OJK Bahas Sanksi Anggota Bursa yang Terlibat
  14. Hadirkan MiLearn, Kerja Agen Manulife Kian Produksi
  15. PKS Usulkan Pembentukan Pansus Jiwasraya
  16. Usut Tuntas Kasus Jiwasraya dan Asabri
  17. Keadilan bagi Nasabah Jiwasraya
  18. Klaim Asuransi
  19. Telusuri Peran OJK dan Manajer Investasi
  20. Benny Tjokro dan Redupnya Bisnis MYRX
  21. Hanson Andalkan Aset Demi Urai Masalah
  22. Pelunasan Polis JS Saving Plan Masih Gelap
  23. Manulife Optimalkan Teknologi Pacu Produktivitas
  24. Babak Baru Kasus Jiwasraya
  25. Dana Nasabah Jiwasraya Dijamin Bisa Kembali
  26. Berkat MiLearn, Kerja Agen Manulife Kian Produktif
  27. Sanksi untuk Akuntan dalam Kasus Jiwasraya dan Asabri
  28. Jiwasraya Bayar Dana Nasabah Bertambah
  29. MiLearn Dongkrak Kinerja Agen Manulife
  30. Agen Pemasar Asuransi Kini Lebih Efisien
  31. Mau Garap Asabri, KPK Masih Nunggu Audit BPK
  32. Nasdem Desak Uang Nasabah Dikembalikan
  33. Erick Berharap Nama Jiwasraya Bisa Pulih
  34. DPR Bentuk Panja Kasus Jiwasraya
  35. MiLearn Dorong Agen Manulife Kian Produktif
  36. Bahaya Kasus Jiwasraya
  37. Sigi Mengalir Sampai Pengawas
  38. Dana Menyimpang Lama
  39. Duo Di Investasi Portofolio
  40. House to form teams in Jiwasraya probe
  41. Generali Luncurkan Produk Asuransi i-PRO
  42. Resmikan Kantor Baru, Manulife Perluas Nasabah Surabaya
  43. Perjalanan Karir Hendrisman Yang Berujung Tersangka Kasus Jiwasraya
  44. Genjot Penjualan, Manulife Hadirkan Aplikasi Pelatihan untuk Tenaga Pemasar
  45. Gandeng Bank Mestika, Generali luncurkan produk bancassurance i-PRO 100
  46. Bhinneka Life gelar roadshow agen pemasaran di delapan kota
  47. Jamin Masa Depan Nasabah, Generali Luncurkan i-PRO
  48. WanaArtha Life Buka Akses Terbitkan 3.570 Akta Lahir
  49. i-PRO 100 dari Generali, 300% Lindungi Gaya Hidup Keluarga
  50. Generali Luncurkan Bancassurance Dengan Bank Mestika
  51. Berkat MiLearn, Kerja Agen Manulife Kian Produktif
  52. Kesadaran Asuransi di Indonesia Masih Merendah
  53. [Foto] Kualitas Agen Manulife Membaik
  54. [Foto] Irawan Diperiksa sebagai Saksi

TENTANG AAJI

1. Meraih Cuan di Tahun Tikus Logam

Dunia asuransi terguncang setelah terkuaknya kasus gagal bayar klaim dana nasabah asuransi Jiwasraya. Jiwasraya merupakan perusahaan asuransi tertua dan milik pemerintah. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat pada kuartal III 2019 unit link menyumbang Rp171,83 triliun. Pada periode sama, AAJI menyampaikan total premi asuransi jiwa dari unit link menyumbang porsi 63%. “Ke depan, asuransi jiwa unit link diperkirakan masih banyak diminati dan premi unit link masih akan terus tumbuh,” kata Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI. Meski diprediksi mengalami pertumbuhan, AAJI memperingatkan para pemain dalam bisnis asuransi bisnis link agar berhati-hati. Pasalnya, kondisi pasar modal masih terpengaruh adanya perang dagang AS dan Tiongkok serta ketegangan situasi Timur Tengah.

Sindo Weekly / 13-19-01-2020 Hal. 33-35

2. Profil 4 Tersangka Kasus Jiwasraya, Ada yang Pernah di Staf Presiden

Kejaksaan Agung RI telah menetapkan lima orang tersangka kasus PT Arusansi Jiwasraya pada Selasa, 14 Januari 2020. Kelima orang yang jadi tersangka yaitu mantan Direktur Utama PT Jiwasraya Hendrisman Rahim, Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro. Selain itu, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan, Direktur Utama PT TRAM Heru Hidayat, dan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo. Jaksa Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Adi Toegarisman mengatakan lima orang tersangka akan menjalani masa tahanan selama 20 hari ke depan. Hendrisman adalah seorang profesional Indonesia yang lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 18 Oktober 1955 (64 tahun). Sebelum jadi Direktur Utama Jiwasraya, Hendrisman merupakan Direktur Utama PT Reasuransi Internasional Indonesia (Reindo). Pada 15 Januari 2008, ia ditunjuk jadi Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya milik BUMN. Selain itu, Hendrisman juga dipercaya sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) periode 2011-2014.

Viva.co.id / 15-01-2020

INDUSTRI ASURANSI

3. Erick Thohir Pastikan Jiwasraya Lunasi Klaim Nasabah

Menteri BUMN Erick Thohir meyakini Jiwasraya dapat melunasi klaim nasabah melalui sejumlah skema strategis, tanpa harus disuntik dana talangan dari pemerintah. Dia merinci, pembentukan holding BUMN Asuransi, restrukturisasi, hingga pembentukan Jiwasraya Putra bisa mengumpulkan arus kas hingga Rp8 triliun. Berdasarkan data Kejagung, kerugian negara akibat kasus Jiwasraya mencapai total RP13,7 triliun.

Bisnis Indonesia / 16-01-2020 Hal. 1

4. Aliran Dana Terus Dibongkar

Kejaksaan Agung siap membongkar aliran dana dalam kasus investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang membuat perusahaan asuransi pelat merah itu mengalami gagal bayar terhadap para nasabahnya. Sejumlah saksi terus didatangkan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk melengkapi berkas penyidikan terhadap lima orang tersangka yang sudah ditahan sejak 14 Januari. Dalam perkembangan lain, Komisi VI DPR memutuskan membentuk tiga panitia kerja di sejumlah bidang yang salah satunya bertugas mengusut kasus gagal bayar yang menimpa Jiwasraya.

Bisnis Indonesia / 16-01-2020 Hal. 8

5. Ganggu Investasi, Usut Tuntas Kasus Jiwasraya

Wakil Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Bobby Gafur Umar meminta pemerintah dan lembaga penegak hukum mengungkap tuntas seluruh oknum pelaku di industri keuangan yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi dana investasi PT Asuransi Jiwasraya Persero. Bobby mengatakan pemerintah dan penegak hukum harus membuktikan penegakkan hukum yang adil, dengan mengungkap seluruh oknum yang terlibat.

Harian Terbit / 16-01-2020 Hal. 10

6. Emiten Bermasalah Harus Ditindak Tegas

Menguatnya praktek kejahatan pasar, seperti goreng-goreng saham yang menyeret PT Asuransi Jiwasraya dan Asabri hingga menanggung rugi hingga triliunan rupiah, menuai keprihatinan para pelaku pasar. Analis Pasar Modal Ferry Latuhihin mengingatkan kepada otoritas pasar modal agar dapat memberikan sanksi tegas bagi emiten-emiten bermasalah untuk menjaga kepercayaan investor.

HE Neraca / 16-01-2020 Hal. 4

7. Iklim Investasi Pasar Modal Terganggu

Pasca ditetapkannya lima tersangka kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya oleh Kejaksaan Agung, menjadi pintu mengungkap modus dan keterlibatan pihak lainnya yang telah merugikan perusahaan asuransi pelat merah itu. Wakil Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Bobby Gafur Umar meminta pemerintah dan lembaga penegak hukum mengungkap seluruh oknum pelaku di industri keuangan yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi dan permainan investasi saham oleh Jiwasraya yang telah mengganggu iklim investasi di pasar modal dan dikhawatirkan menghambat investasi bagi emiten yang tidak terlibat.

HE Neraca / 16-01-2020 Hal. 4

8. Belajar dari Kasus Jiwasraya, Asuransi Diminta Berhati-hati Tempatkan Dana

Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan perusahaan-perusahaan BUMN asuransi untuk lebih berhati-hati dalam menempatkan investasi pada saham-saham agar kasus Jiwasraya tidak terulang. Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto menyebutkan bahwa kasus yang sedang melilit PT Jiwasraya (Persero) tidak akan berdampak sistemik karena telah ditangani oleh aparat penegak hukum.

HE Neraca / 16-01-2020 Hal. 5

9. Terlibat Kasus Jiwasraya dan Asabri, Kemenkeu Siapkan Sanksi bagi Akuntan Publik

Kementerian Keuangan akan memberikan sanksi untuk Kantor Akuntan Publik yang melakukan audit dan memberikan opini tidak sesuai dengan kode etik atau tidak dipenuhinya standar pemeriksaan terhadap laporan keuangan PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri. Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan, sanksi tersebut akan diberikan sesuai dengan tingkat kesalahannya baik bersifat teguran maupun pembebasan sementara dari praktek sebagai akuntan publik. Ia menekankan bahwa Kemenkeu terus berkolaborasi dengan industri maupun sektor keuangan untuk mengambil pelajaran dari kasus Jiwasraya dan Asabri sehingga tidak akan terulang lagi kedepannya.

HE Neraca / 16-01-2020 Hal. 5

10. Bayarlah Pemerintah Tak Usah Banyak Ngomong

Haresh, salah satu peserta Rapat Dengar Pendapat (RDP) korban Jiwasraya berharap RDP bersama Anggota DPR bisa memberi solusi. Haresh mengaku sudah diombang-ambingkan Jiwasraya lebih dari setahun. Sementara pemerintah terkesan lepas dan cuci tangan. Haresh tidak banyak berharap dengan upaya penegakan hukum Kejaksaan Agung (Kejagung) yang telah menetapkan lima tersangka. Karena selama ini ia hanya menginginkan uangnya kembali.

Indopos / 16-01-2020 Hal. 1&9

11. Kebangkitan Produk Premi Tunggal

Premi tunggal diperkirakan masih menjadi bagian penting bagi pertumbuhan premi asuransi jiwa. Sementara hasil investasi melonjak dengan penempatan instrumen saham dan reksadana sebagai pilihan terbesar. Ketua Umum AAJI Budi Tampubolon mengungkapkan, kenaikan hasil investasi secara signifikan tersebut antara lain karena meningkatnya pemahaman masyarakat atas peran asuransi termasuk investasi. Secara umum, ia melanjutkan, tiga besar investasi asuransi jiwa masih ditempatkan pada instrumen saham, reksa dana dan surat berharga negara (SBN). Dijelaskan Budi, waktu kuartal satu dan dua, pertumbuhan premi baru secara overall negatif karena penjualan produk premi tunggal turun, tapi premi reguler naik.  

Investor / Ed. Januari 2020 Hal. 42-44

12. Sandiaga Dukung Penegakan Hukum Kasus Jiwasraya

Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penegakan hukum untuk menuntaskan kasus Jiwasraya demi keadilan bagi para nasabah yang sekitar 7 juta orang, agar kedepannya tidak terulang lagi. Ia pun merasa optimis terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia walaupun penuh dengan tantangan. Dia pun mendukung fokus yang diperlihatkan pemerintah dibidang ekonomi yaitu mereformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi melalui konsep Omnibus Law.

Investor Daily / 16-01-2020 Hal. 10

13. Kasus Jiwasraya, BEI-OJK Bahas Sanksi Anggota Bursa yang Terlibat

Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membahas lebih lanjut terkait sanksi terhadap anggota bursa yang terlibat dalam kasus investasi PT Jiwasraya. Adapun sebelumnya Kejaksaan Agung telah menggeledah 13 perusahaan yang diduga terlibat dalam skandal ini, diantaranya 11 manajer investasi (MI).

Investor Daily / 16-01-2020 Hal. 14

14. Hadirkan MiLearn, Kerja Agen Manulife Kian Produksi

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) menghadirkan aplikasi MiLearn untuk pelatihan digital yang berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist. Melalui MiLearn, tenaga pemasar dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan mengakses aplikasi tersebut setiap saat. Manfaat MiLearn sangat dirasakan para agen, salah satunya Goppy Hutasoit yang mengakui aplikasi MiLearn sangat membantu pekerjaanya dan secara waktupun lebih efisien. Goppy menambahkan jika aplikasi itu juga meningkatkan kinerjanya dalam pemasaran produk.

Investor Daily / 16-01-2020 Hal. 24

15. PKS Usulkan Pembentukan Pansus Jiwasraya

Sengkarut keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) semakin memantik reaksi parlemen. Fraksi PKS misalnya, kemarin (15/1) mereka resmi menggulirkan usul pembentukan panitia khusus (pansus) Jiwasraya. Desakan untuk membentuk pansus Jiwasraya memang terus menguat. Namun, PKS menjadi fraksi pertama yang mulai menggelindingkan secara resmi.

Jawa Pos / 16-01-2020 Hal. 2

16. Usut Tuntas Kasus Jiwasraya dan Asabri

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong kasus dugaan korupsi di tubuh BUMN sektor asuransi, seperti Jiwasraya dan Asabri diusut tuntas. Jika Kejaksaan Agung menangani Jiwasraya, KPK berkoordinasi dengan BPK untuk menangani Asabri. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, KPK juga telah berkomunikasi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengetahui kedudukan perusahaan asuransi tersebut.

Kompas / 16-01-2020 Hal. 1&11

17. Keadilan bagi Nasabah Jiwasraya

Penetapan lima tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) harus juga diikuti dengan langkah menyelesaikan hak nasabah. Langkah cepat itu penting untuk memulihkan kepercayaan masyarakat dan investor di dalam negeri dan luar negeri pada penegakan hukum dan usaha asuransi di Indonesia.

Kompas / 16-01-2020 Hal. 6

18. Klaim Asuransi

Saya pemegang polis Dwiguna Prima dari PT AJB Bumiputera 1912, nomor polis 2004415953 dengan jangka waktu 15 tahun. Karena telah habis masa kontrak, saya mengajukan klaim. Saya telah mendapat salinan surat persetujuan klaim habis kontrak dari kantor pusat PT AJB Bumiputera 1912 Jakarta, yang ditujukkan ke Kantor Pemasaran Jayapura. Namun, ketika saya mengkonfirmasikan status klaim tersebut kepada bagian klaim AJB Bumiputera 1912 Jayapura dijawab bahwa status klaim tersebut belum dapat dibayarkan karena belum ada jadwal atau belum ada kepastian.

Kompas / 16-01-2020 Hal. 7

19. Telusuri Peran OJK dan Manajer Investasi

Keterkaitan sejumlah pihak dalam skandal Asuransi Jiwasraya harus dikejar. Upaya penelusuran itu mulai menjangkau Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta menyisir peran manajer investasi dalam skandal ini. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah berancang-ancang memeriksa OJK. Achsanul Qosasi, Anggota III BPK menyebut, OJK sudah memberikan data-data yang dibutuhkan BPK untuk pemeriksaan kasus Jiwasraya. Sejumlah petinggi manajer investasi menepis terlibat dalam dugaan korupsi Jiwasraya. Masuknya radar kejaksaan ke para manajer investasi memang berkaitan dengan proses investasi Jiwasraya.

Kontan / 16-01-2020 Hal. 1

20. Benny Tjokro dan Redupnya Bisnis MYRX

Benny Tjokrosaputro membetot perhatian publik setelah masuk dalam pusaran kasus Jiwasraya. Nama Benny Tjokro memang cukup familiar di pasar saham. Selain menjadi pemilik MYRX, juga memiliki langsung sejumlah perusahaan publik. Manajemen MYRX mengakui memiliki pinjaman individual yang gagal bayar. Per 30 September tahun lalu, nilai pinjaman individual MYRX mencapai Rp 2,52 triliun.

Kontan / 16-01-2020 Hal. 1

21. Hanson Andalkan Aset Demi Urai Masalah

Hanson International Tbk (MYRX) memastikan akan tetap menyelesaikan tagihan utang kepada para nasabah. Penetapan Kejaksaan Agung terkait status Direktur Utama MYRX Benny Tjokrosaputro sebagai tersangka kasus Jiwasraya diharap tidak mengganggu proses penyelesaian pinjaman. Ada sejumlah opsi yang disiapkan. Salah satunya opsi penyelesaian dengan menukar aset properti di sejumlah proyek milik perusahaan.

Kontan / 16-01-2020 Hal. 4

22. Pelunasan Polis JS Saving Plan Masih Gelap

Meski sudah ada lima tersangka dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya, nasib ratusan pemegang polis JS Saving Plan masih terkatung-katung. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirdjoatmodjo mengatakan pemerintah menargetkan skema restrukturisasi Jiwasraya rampung dan dapat dipaparkan kepada publik dalam kuartal pertama tahun ini. Restrukturisasi Jiwasraya menjadi prioritas pemerintah agar dapat memberi kepastian pembayaran polis jatuh tempo kepada para nasabah.

Kontan / 16-01-2020 Hal. 20

23. Manulife Optimalkan Teknologi Pacu Produktivitas

Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) fokus memperkuat layanan digital untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran. Manulife optimistis kehadiran layanan online payment, e-POS, dan MiLearn mampu memacu kinerja perusahaan, termasuk meningkatkan penjualan produk asuransi kepada masyarakat. Perkembangan teknologi digital saat ini mendorong perubahan pola pikir masyarakat menjadi lebih efisien, baik biaya maupun waktu. Berdasarkan survei Google Indonesia pada 2018, terjadi peningkatan waktu yang dihabiskan masyarakat In­donesia untuk online. Layanan ePOS dan MiLearn diperuntuk­kan untuk mendukung kinerja tenaga pemasar. Lewat aplikasi ePOS, agen dapat sepenuhnya menyerahkan bisnis-bisnis baru secara digital dalam hitungan menit. Semua dokumen persyaratan pembukaan polis, termasuk tanda tangan calon nasabah, semuanya di­lakukan via gadget, tanpa mengisi secara manual sehingga mengurangi penggunaan kertas atau paperless. Dukungan lain bagi tenaga pemasaran adalah kehadiran aplikasi MiLearn atau aplikasi untuk pelatihan digital

Koran Jakarta / 16-01-2020 Hal. 5

24. Babak Baru Kasus Jiwasraya

Kasus demi kasus terkuat di tubuh perusahaan milik pemerintah, mulai Garuda Indonesia, Jiwasraya, dan Asabri. Kasus Jiwasraya merugikan negara lebih dari 30 miliar rupiah dan Asabri diduga merugikan negara 10 triliun rupiah. Langkah politik ditempuh di DPR khususnya di Komisi VI dengan membentuk Panitia Kerja. Jiwasraya, perusahaan asuransi jiwa tertua di Indonesia, mengalami tekanan likuiditas sehingga ekuitas perseroan negatif Rp23,92 triliun per September 2019. Jiwasraya membutuhkan uang sebesar Rp 32,89 triliun untuk kembali sehat.

Koran Jakarta / 16-01-2020 Hal. 9

25. Dana Nasabah Jiwasraya Dijamin Bisa Kembali

Ada kabar baik dari pemerintah untuk nasabah PT Asuransi Jiwasraya (persero). Pemerintah menjamin bahwa uang yang telah mereka setorkan ke perusahaan yang tengah bermasalah tersebut akan dikembalikan. Namun, pengembalian akan dilakukan secara bertahap. Kendati demikian, upaya untuk mengungkap kasus yang mengakibatkan kerugian sebesar Rp 13,7 triliun tersebut dan siapa yang harus bertanggung jawab, tetap berlanjut. Kemarin Komisi VI DPR akhirnya memutuskan membentuk Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya. Langkah tersebut diambil kesepakatan bersama fraksi-fraksi di Komisi VI DPR. Selain langkah politik, penegakan hukum sebelumnya telah dilakukan Kejaksaan Agung, dengan menahan lima orang terkait kasus itu. Mereka yakni Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dan Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (TRAM) Heru Hidayat. Tiga lainnya dari pihak Jiwasraya yakni mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim, serta mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan pada PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan. Jaminan uang nasabah akan balik disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.  

Koran Sindo / 16-01-2020 Hal. 1&9

26. Berkat MiLearn, Kerja Agen Manulife Kian Produktif

Perkembangan teknologi digital mengubah tatanan kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Pergeseran aktivitas dari dunia nyata ke dunia maya pun banyak berubah. Hal itu ditandai dengan meningkatnya pengguna internet. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat setiap tahun pengguna internet di Indonesia tumbuh 10,2% atau 27 juta jiwa. Hingga Juni 2019 tercatat sudah 171 juta jiwa pengguna internet di Indonesia. MiLearn merupakan aplikasi pelatihan digital yang sangat berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist Manulife. Mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan mengakses aplikasi itu setiap saat, melalui gadget. Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland di Jakarta pekan lalu mengatakan kehadiran MiLearn diharapkan dapat memudahkan tenaga pemasar menjalankan peran mereka memberi solusi perencanaan keuangan profesional dan berkualitas kepada seluruh nasabah. Manfaat aplikasi MiLearn sangat dirasakan para agen Manulife. “Saya semakin percaya diri setelah menggunakan MiLearn,” ujar Goppy Hutasoit yang menjadi agen Manulife sejak 1 Juli 2005. Ia mengakui aplikasi MiLearn sangat membantu pekerjaannya. Lewat aplikasi MiLearn, ia bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Dia dapat mengikuti semua materi pelatihan dan mengulanginya kembali jika diperlukan tanpa harus bertatap muka dengan trainer di ruang kelas. Director and Chief Operating Officer Manulife Indonesia Hans De Waal mengatakan aplikasi MiLearn ini merupakan alat untuk membantu para agen dalam melayani nasabah. Dikatakan, saat ini Manulife Indonesia memiliki 2,5 juta nasabah dan 7.000 agen di seluruh Indonesia.

Koran Sindo / 16-01-2020 Hal. 10

27. Sanksi untuk Akuntan dalam Kasus Jiwasraya dan Asabri

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memberikan sanksi tegas pada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang terbukti melakukan audit dan memberikan opini tidak sesuai dengan kode etik atau standar pemeriksaan pada laporan keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (persero). Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan, sanksi tersebut akan diberikan sesuai dengan tingkat kesalahannya, baik bersifat teguran maupun pembebasan sementara dari praktek sebagai akuntan publik.

Koran Tempo / 16-01-2020 Hal. 6

28. Jiwasraya Bayar Dana Nasabah Bertambah

Presiden menugasi Kementerian BUMN menuntaskan kasus gagal bayar Jiwasraya. Pengembalian dana nasabah diutamakan. Bersamaan dengan penyelidikan kasus mega korupsi PT Asuransi Jiwasraya (persero) yang dilakukan Kejaksaan Agung, korporasi fokus menyiapkan sejumlah langkah untuk sesegera mungkin membayar dana  milik pemegang polis. Hal ini dikemukakan Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko kepada Media Indonesia seusai menghadiri diskusi bertema Jiwasraya, nasibmu nasibku jua: solusi karut-marut Jiwasraya yang digelar Fraksi Partai NasDem di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin. "Pertama, perusahaan harus disehatkan dengan restrukturisasi keuangan oleh tim percepatan penyehatan bersama Kementerian BUMN," kata Hexana. Langkah kedua, lanjut Hexana, pemerintah membentuk holding asuransi. "Tahap awal ini Jiwasraya belum menjadi holding. Ada instrumen yang akan dikeluarkan dan nanti (Jiwasraya) dibeli oleh holding." Hexana memastikan perseroan akan menyelesaikan secara bertahap satu per satu persoalan keuangan yang membelit Jiwasraya. Korporasi akan melunasi kewajiban kepada pemegang polis berdasarkan keuntungan yang diperoleh.  

Media Indonesia / 16-01-2020 Hal. 1

29. MiLearn Dongkrak Kinerja Agen Manulife

Di era teknologi digital saat ini, agen asuransi bukan hanya dituntut mampu menjual produk asuransi, melainkan juga harus piawai dan bergaul erat dengan dunia digital agar tidak tertinggal. Karena itulah, awal tahun ini Manulife Indonesia meluncurkan aplikasi MiLearn. MiLearn merupakan aplikasi pelatihan digital yang sangat berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist Manulife. Aplikasi ini dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan mengakses aplikasi itu setiap saat, melalui gadget. Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland di Jakarta pekan lalu mengatakan kehadiran MiLearn diharapkan dapat memudahkan tenaga pemasar menjalankan peran mereka dalam memberi solusi perencanaan keuangan profesional dan berkualitas kepada seluruh nasabah. Kehadiran MiLearn mendapat respon positif dari para agen Manulife. Goppy Hutasoit yang sudah menjadi agen Manulife sejak 1 Juli 2005, mengakui aplikasi MiLearn sangat membantu pekerjaannya. Dia mengatakan lewat aplikasi MiLearn, ia bisa belajar kapan saja dan di mana saja.

Media Indonesia / 16-01-2020 Hal. 10

30. Agen Pemasar Asuransi Kini Lebih Efisien

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat setiap tahun pengguna internet di Indonesia tumbuh 10,2% atau 27 juta jiwa. Hingga Juni 2019 tercatat sudah 171 juta jiwa pengguna internet di Indonesia. MiLearn merupakan aplikasi pelatihan digital yang sangat berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist Manulife. Mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan mengakses aplikasi itu setiapsaat, melalui gadget. Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland di Jakarta pekan lalu mengatakan kehadiran MiLearn diharapkan dapat memudahkan tenaga pemasar menjalankan peran mereka memberi solusi perencanaan keuangan profesional dan berkualitas kepada seluruh nasabah. Manfaat aplikasi MiLearn sangat dirasakan para agen Manulife. “Saya semakin percaya diri setelah menggunakanMiLearn,” ujar Goppy Hutasoit yang menjadi agen Manulife sejak 1 Juli 2005. Ia mengakui aplikasi MiLearn sangat membantu pekerjaannya. Lewat aplikasi MiLearn, ia bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Dia dapat mengikuti semua materi pelatihan dan mengulanginya kembali jika diperlukan tanpa harus bertatap muka dengan trainer di ruang kelas.

Pikiran Rakyat / 16-01-2020 Hal. 11

31. Mau Garap Asabri, KPK Masih Nunggu Audit BPK

Dua kasus kakap yang jadi sorotan rakyat, Jiwasrayagate, diduga merugikan negara 13 triliun digarap Kejaksaan Agung. Dugaan korupsi di Asabri yang merugikan negara 10 triliun digarap kepolisian. Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan saat ini pihak BPK sedang melakukan pembahasan hasil audit di tataran internal terkait dugaan korupsi ini. Besok, KPK dan BPK akan duduk bersama membahas dugaan korupsi ini setelah ada hasil audit. Ketua KPK, Firli Bahuri memastikan bahwa pihaknya siap untuk menindaklanjuti dugaan korupsi yang ditaksir merugikan negara hingga Rp16 triliun ini. Namun, lembaga antirasuah itu masih menunggu hasil pembahasan di tataran internal BPK untuk menindaklanjuti kasus ini. Menter BUMN Erick Thohir memastikan kondisi keuangan PT Asabri tidak terganggu meski sedang dilanda dugaan korupsi. Hal ini berbeda dengan kondisi aset Jiwasraya yang juga dilanda kasus sama.

Rakyat Merdeka / 16-01-2020 Hal. 1&9

32. Nasdem Desak Uang Nasabah Dikembalikan

Ketua DPP Nasdem Saan Mustopa mengatakan pemerintah harus menyelesaikan kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya dengan mengembalikan uang nasabah. Untuk mendorong kasus ini dituntaskan, Nasdem berpendapat harus melibatkan banyak pihak terkait. Nasdem lebih setuju pada Panitia Khusus karena memiliki segi perlindungan kepentingan rakyat banyak.

Rakyat Merdeka / 16-01-2020 Hal. 5

33. Erick Berharap Nama Jiwasraya Bisa Pulih

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi kinerja Jaksa Agung menangkap lima orang tersangka kasus Jiwasraya. Kejagung ikut memulihkan kepercayaan publik terhadap Jiwasraya. Erick mengatakan, tindakan tegas dan tak pandang bulu pada kasus Jiwasraya sangat penting dalam mencapai keadilan, sekaligus mengembalikan kepercayaan publik pada korporasi. Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan lima orang tersangka terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya. Kejagung juga melakukan penahanan terhadap lima orang tersangka tersebut. Adapun yang menjadi tersangka, yaitu; Direktur Utama PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputro, Mantan Direktur Keuangan dan Investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hary Prasetyo, dan Presiden Komisaris PT Trada Alam Mineral Tbk (TRAM) Heru Hidayat.

Rakyat Merdeka / 16-01-2020 Hal. 14

34. DPR Bentuk Panja Kasus Jiwasraya

Komisi VI DPR memutuskan membentuk panitia kerja (panja) untuk menelusuri kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Hal tersebut diputuskan dalam rapat internal yang digelar pada Rabu (15/1/2020). Rapat dipimpin Wakil Ketua Komisi VI Fraksi Golkar, Gde Sumarjaya Linggih. Tidak hanya Panja Jiwasraya, rapat memutuskan membentuk Panja Perdagangan Komoditas dan Panja BUMN Energi. Anggota Fraksi PDIP itu menyebut, proses hukum harus tetap berjalan tanpa menunggu keputusan politik di DPR. Rieke meminta, PPATK untuk menelusuri aset pihak yang terlibat dugaan korupsi asuransi Jiwasraya. "Dengan keputusan internal Komisi VI tersebut, maka khususnya terkait PT Asuransi Jiwasraya Persero diharapkan dapat lebih jelas peta masalah dan dapat ditemukan solusi yang tepat," ujar anggota Komisi VI, Rieke Diah Pitaloka. Anggota Fraksi PDIP itu menyebut, proses hukum harus tetap berjalan tanpa menunggu keputusan politik di DPR. Rieke meminta, PPATK untuk menelusuri aset pihak yang terlibat dugaan korupsi asuransi Jiwasraya.

Suara Pembaruan / 16-01-2020 Hal. 4

35. MiLearn Dorong Agen Manulife Kian Produktif

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat setiap tahun pengguna internet di Indonesia tumbuh 10,2% atau 27 juta jiwa. Hingga Juni 2019 tercatat sudah 171 juta jiwa pengguna internet di Indonesia. MiLearn merupakan aplikasi pelatihan digital yang sangat berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist Manulife. Mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan mengakses aplikasi itu setiap saat, melalui gadget. Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland di Jakarta pekan lalu mengatakan kehadiran MiLearn diharapkan dapat memudahkan tenaga pemasar menjalankan peran mereka memberi solusi perencanaan keuangan profesional dan berkualitas kepada seluruh nasabah. Manfaat aplikasi MiLearn sangat dirasakan para agen Manulife. “Saya semakin percaya diri setelah menggunakan MiLearn,” ujar Goppy Hutasoit yang menjadi agen Manulife sejak 1 Juli 2005. Ia mengakui aplikasi MiLearn sangat membantu pekerjaannya. Lewat aplikasi MiLearn, ia bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Dia dapat mengikuti semua materi pelatihan dan mengulanginya kembali jika diperlukan tanpa harus bertatap muka dengan trainer di ruang kelas.

Suara Pembaruan / 16-01-2020 Hal. 9

36. Bahaya Kasus Jiwasraya

Penyelesaian kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menjadi pertaruhan besar bagi kredibilitas industri jasa keuangan di negeri ini. Bermuara di pasar modal, dugaan terjadinya tindak pidana pada pengelolaan dana investasi berbalut asuransi Jiwasraya bisa menggerus kepercayaan investor terhadap sektor finansial. Padahal sektor ini sekarang amat dibutuhkan untuk menopang perekonomian dalam negeri. Jiwasraya memang benar-benar ironi tersendiri di industri keuangan. Sewindu terakhir, perusahaan milik negara ini menyabet belasan penghargaan sebagai perusahaan asuransi dengan kinerja keuangan terbaik saban tahun. JS Saving Plan, produk simpanan dengan manfaat perlindungan atas kecelakaan yang diluncurkan pada 2013, laris manis. Pada masa jayanya, produk ini berhasil mendongkrak aset dan laba perseroan. Porsi kesalahan terbesar harus ditimpakan pada OJK. Lembaga ini gagal mengendus dan membongkar lebih dini dugaan praktik lancung di Jiwasraya. Padahal, sejak 2016, hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan telah membeberkan sederet kejanggalan pada pengelolaan investasi Jiwasraya tahun buku 2014-2015.  

Tempo / 13-19-01-2020 Hal. 22

37. Sigi Mengalir Sampai Pengawas

Audit investigasi kasus Jiwasraya dimulai. Para pengawas lembaga keuangan dan badan usaha milik negara turut menjadi sasaran pemeriksaan. Komisi Keuangan DPR telah melayangkan permintaan audit investigasi. Audit ini merupakan lanjutan dari dua pemeriksaan BPK sebelumnya. Menurut Ketua BPK Agung Firman Sampurna, kasus ini bisa berdampak sistemik karena transaksinya menyangkut 17,000 investor dan 7,7 juta nasabah. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan juga dilibatkan dalam upaya membongkar skandal ini. Komisioner OJK yang juga Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank 2021 - 2017 Firdaus Djaelani pernah membenarkan informasi bahwa produk JS Saving Plan diluncurkan atas izinnya. Menteri BUMN Erick Thohir memastikan kementeriannya siap mendampingi BPK dan Kejaksaan Agung dalam penyelesaian kasus Jiwasraya. Erick menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menggelontorkan dana talangan kepada Jiwasraya tetapi juga tidak akan membangkrutkannya.

Tempo / 13-19-01-2020 Hal. 80-83

38. Dana Menyimpang Lama

Mencuat pada 2018, dugaan penyimpangan dalam pengelolaan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya sebenarnya telah lama terendus oleh BPK, Setahun setelah Jiwasraya meluncurkan produk investasi berbalut asuransi, JS Saving Plan, manajemen tampak agresif menempatkan dana di portofolio saham. BPK pada 2016 menemukan banyak indikasi pelanggaran dalam sejumlah transaksi investasi yang berpotensi merugikan perseroan. Banyak di antara transaksi itu melibatkan perusahaan milik sejumlah orang yang kini dicegah bepergian ke luar negeri.

Tempo / 13-19-01-2020 Hal. 84-85

39. Duo Di Investasi Portofolio

BPK menyoroti transaksi Jiwasraya pada saham yang terafiliasi dengan Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat. Tahir, bos Grup Mayapada, mengatakan B enny mengaku pernah berurusan dengan Jiwasraya ketika perusahaannya PT Hanson International Tbk menerbitkan MTN senilai Rp700 miliar pada akhir 2015. Pada 17 Desember 2019, Hanson mengumumkan rencana PT Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO), bagian Grup Mayapada, membeli saham anak usaha PT Mandiri Mega Jaya. Selain itu, MPRO akan mengambil alih sebagian saham PT Hokindo Properti Investama yang juga dimiliki keluarga Tjokrosaputro. Seorang lainnya yang juga dicekal kejaksaan adalah Heru Hidayat. Masalah Heru berawal dari PT Trada Alam Minera Tbk.  

Tempo / 13-19-01-2020 Hal. 86-87

40. House to form teams in Jiwasraya probe

DPR akan membentuk panitia kerja untuk menginvestigasi dugaan kasus korupsi di Asuransi Jiwasraya setelah perusahaan mengalami gagal bayar polis yang jatuh tempo tahun lalu. Juru bicara DPR dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjadi salah satu yang pertama kali mewacanakan hal ini. Jiwasraya kini sedang diselidiki oleh Kejaksaan agung dan BPK setelah perseroan gagal membayar polis Rp12,4 triliun yang mengarah pada ketidakbecusan investasi. Sufmi menambahkan bahwa komisi DPR juga akan menangani kasus serupa yang dialami Asabri.

The Jakarta Post / 16-01-2020 Hal. 1

41. Generali Luncurkan Produk Asuransi i-PRO

Mengawali tahun baru 2020, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) bersama PT Bank Mestika Dharma, Tbk. (Bank Mestika) menghadirkan kolaborasi produk bancassurance terbaru, i-PRO 100. Selain perlindungan untuk keluarga, i-PRO 100 juga memberikan keamanan finansial saat nasabah memasuki usia lanjut melalui adanya dana tambahan sebesar 100 persen uang pertanggungan, serta fitur pengembalian premi apabila tidak terjadi klaim. i-PRO 100 juga menawarkan pilihan masa bayar yang singkat mulai dari 5-20 tahun dengan masa proteksi hingga usia 100 tahun. Hal ini mendorong para single milenial atau keluarga bebas menentukan kebutuhan dana untuk perlindungan masa depan mereka.

Beritasatu.com / 15-01-2020

42. Resmikan Kantor Baru, Manulife Perluas Nasabah Surabaya

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) ingin memperluas nasabah potesial di Kota Surabaya dengan meresmikan kantor baru di gedung Pakuwon Tower Lantai 9, Tunjungan Plaza Surabaya. Chief Agency Officer Manulife Indonesia, Jeffrey Kie mengatakan dengan keberadaan kantor baru ini, Manulife tidak memiliki target peningkatan secara khusus. Namun pihaknya meyakini dengan pelayanan yang mudah dan terjangkau maka otomatis dapat menarik nasabah maupun calon nasabah. Soal kinerja premi Manulife, Jeffery mengatakan saat ini masih dalam proses rekapitulasi. Namun dalam laporan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AJJI), kinerja Manulife Indonesia pada 2019 mengalami pertumbuhan positif dan memiliki market yang sangat bagus.

Bisnis.com / 15-01-2020

43. Perjalanan Karir Hendrisman Yang Berujung Tersangka Kasus Jiwasraya

Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Asuransi Jiwasraya (Persero) (Jiwasraya) Hendrisman Rahim telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan tindak pidana Jiwasraya oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Hendrisman bersama empat tersangka lainnya sejak kemarin malam telah ditahan oleh pihak Kejagung setelah menjalani pemeriksaan secara intensif. Dari data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Hendrisman memiliki total harta sebesar Rp17,3 miliar di akhir masa jabatannya, tepatnya pada 2018.  

Infobanknews.com / 15-01-2020

44. Genjot Penjualan, Manulife Hadirkan Aplikasi Pelatihan untuk Tenaga Pemasar

Kecepatan dan kebebasan mengakses informasi di mana dan kapan saja pun menjadi kebutuhan mendasar. Tak kecuali bagi mereka yang bergerak di bidang agensi asuransi. Agen asuransi tidak hanya dituntut mampu menjual produk asuransi, tetapi juga harus piawai dan bergaul erat dengan dunia digital agar tidak tertinggal. Berangkat dari fakta itu, pada awal tahun ini PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia meluncurkan aplikasi MiLearn. MiLearn merupakan aplikasi pelatihan digital yang sangat berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist Manulife.  

Kompas.com / 15-01-2020

45. Gandeng Bank Mestika, Generali luncurkan produk bancassurance i-PRO 100

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia  bersama PT Bank Mestika Dharma Tbk. (Bank Mestika) meluncurkan produk bancassurance bertajuk i-PRO 100. Edy Tuhirman, CEO Generali Indonesia mengatakan, pihaknya menghadirkan i-PRO 100, sebuah inovasi asuransi jiwa sekaligus family lifestyle protector dengan total perlindungan yang sangat tinggi mencapai 300%. Selain itu produk ini menawarkan pilihan masa bayar yang singkat mulai dari 5-20 tahun dengan masa proteksi hingga usia 100 tahun.

Kontan.co.id / 15-01-2020

46. Bhinneka Life gelar roadshow agen pemasaran di delapan kota

Mengawali tahun 2020, perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) kembali menggelar event Agency Kick Off 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini serangkaian program Agency Kick Off 2020 diselenggarakan di delapan kota yaitu Bandung, Semarang, Lampung, Medan, Denpasar, Balikpapan, Makassar dan Jayapura. Di samping itu, program Agency Kick Off 2020 juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada agen pemasaran dalam upaya mencapai target-target yang telah dicanangkan perusahaan selama tahun 2020. Bukan cuma itu. Bhinneka Life juga meluncurkan berbagai layanan berbasis aplikasi digital seperti BLAT (Bhinneka Life Agency Tools) yang dapat digunakan oleh seluruh agen pemasaran untuk memperoleh update informasi program perusahaan dan perkembangan produksi agen.

Kontan.co.id / 15-01-2020

47. Jamin Masa Depan Nasabah, Generali Luncurkan i-PRO

Mengawali tahun 2020, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia bekerja sama dengan PT Bank Mestika Dharma, Tbk meluncurkan kolaborasi produk bancassurance i-PRO 100 pada Selasa (14/01/2020) di Medan. Produk ini menjadi pembuka ragam produk asuransi dari Generali Indonesia pada tahun ini. i-PRO 100 merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan untuk keamanan finansial keluarga saat nasabah menghadapi risiko hidup meninggal dunia. Asuransi ini menjamin keluarga nasabah untuk bisa tetap menjalani gaya hidup yang sama seperti ketika nasabah masih hidup.  

Marketeers.com / 15-01-2020

48. WanaArtha Life Buka Akses Terbitkan 3.570 Akta Lahir

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) menerbitkan 3.570 akta lahir dan 119 akta nikah bagi masyarakat kurang mampu di berbagai daerah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Head of Corporate Marketing and Communications WanaArtha Life Mahal Mark Rivero mengatakan ada enam kabupaten di Kalimantan Selatan yang diberikan akta lahir dan akta nikah. WanaArtha Life meyakini dengan melakukan program ini mampu membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan hak sipil dasarnya. Maka dari itu WanaArtha Life melalui WanaArtha Foundation terus berupaya membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan hak dasar tersebut.

Medcom.id / 15-01-2020

49. i-PRO 100 dari Generali, 300% Lindungi Gaya Hidup Keluarga

Mengawali tahun baru 2020, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) bersama PT Bank Mestika Dharma, Tbk. (Bank Mestika) menghadirkan kolaborasi produk bancassurance terbaru, i-PRO 100. i-PRO 100 merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan tinggi hingga 3 kali lipat uang pertanggungan (UP) untuk keamanan finansial keluarga saat nasabah menghadapi risiko hidup meninggal dunia. Dengan perlindungan yang tinggi, keluarga bisa tetap menjalani gaya hidup (lifestyle) yang sama seperti ketika tertanggung masih hidup. Selain perlindungan untuk keluarga, i-PRO 100 juga memberikan keamanan finansial saat nasabah memasuki usia lanjut melalui adanya dana tambahan sebesar 100% UP, serta fitur pengembalian premi apabila tidak terjadi klaim.

Mediaindonesia.com / 15-01-2020

50. Generali Luncurkan Bancassurance Dengan Bank Mestika

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) meluncurkan produk bancassurance terbaru bersama PT Bank Mestika Dharma, Tbk. (Bank Mestika) pada awal 2020. Edy Tuhirman, CEO Generali Indonesia mengatakan produk ini menghadirkan total perlindungan hingga mencapai 300% uang pertanggungan. Selain perlindungan untuk keluarga, produk ini juga memberikan keamanan finansial saat nasabah memasuki usia lanjut melalui adanya dana tambahan sebesar 100% uang pertanggungan, serta fitur pengembalian premi apabila tidak terjadi klaim.

Bisnis.com / 16-01-2020

51. Berkat MiLearn, Kerja Agen Manulife Kian Produktif

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) menghadirkan aplikasi MiLearn untuk pelatihan digital yang berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist. Melalui MiLearn, tenaga pemasar dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan mengakses aplikasi tersebut setiap saat. Manfaat MiLearn sangat dirasakan para agen, salah satunya Goppy Hutasoit yang mengakui aplikasi MiLearn sangat membantu pekerjaanya dan secara waktupun lebih efisien. Goppy menambahkan jika aplikasi itu juga meningkatkan kinerjanya dalam pemasaran produk

Bisnis.com / 16-01-2020

52. Kesadaran Asuransi di Indonesia Masih Merendah

Kesadaran akan pentingnya asuransi jiwa bagi masyarakat Indonesia masih rendah, dimana tercatat baru 6% dari seluruh warga Indonesia yang memanfaatkan asuransi. Chief Agency Officer Manulife Indonesia Jeffrey Kie menerangkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya penetrasi asuransi dimana salah satunya anggapan bahwa asuransi berarti biaya bagi sebagian orang. Jeffrey mengatakan, peresmian kantor baru yang letaknya sangat strategis, di gedung Pakuwon Tower Lantai 9, Tunjungan Plaza Surabaya ini bertujuan untuk memudahkan nasabah maupun agen-agen Manulife yang datang ke kantor jika ada urusan dengan Manulife.

Sindonews.com / 16-01-2020

Berita Foto

53. [Foto] Kualitas Agen Manulife Membaik

Presiden Direktur dan CEO PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Ryan Charland (kiri) bersama Direktur dan Chief Operating Officer Hans de Waal (kanan) berbincang dengan agen Manulife Goppy Hutasoit (kedua kiri) dan Fenny Nurhayati saat peluncuran aplikasi Milearn, di Jakarta Rabu (15/1). Sejak aplikasi MiLearn diluncurkan, secara bertahap kualitas 7.000 agen Manulife kian baik dan layanan bagi 2,5 juta nasabah makin responsif. Per November 2019, Manulife Indonesia telah membayarkan klaim senilai Rp5,3 triliun.

Bisnis Indonesia / 16-01-2020 Hal. 14

54. [Foto] Irawan Diperiksa sebagai Saksi

PT Pan Arcadia Capital Irawan Gunari meninggalkan ruangan seusai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung. Irawan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Kompas / 16-01-2020 Hal. 2

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.695

IHSG (per 15 Januari 2020)

   6.283,37

BI Rate

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Harian Terbit, HE Neraca, Indopos, Investor, Investor Daily, Jawa Pos, Kompas, Kontan, Koran Jakarta, Koran Sindo, Koran Tempo, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, Rakyat Merdeka, Sindo Weekly, Suara Pembaruan, Tempo, The Jakarta Post, Beritasatu.com, Bisnis.com, Infobanknews.com, Cnbcindonesia, Detik.com, Kompas.com, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Marketeers.com, Medcom.id, Mediaindonesia.com, Republika.co.id, Sindonews.com, Viva.co.id.

DOWNLOAD PDF