AAJI Daily News - 10 Juli 2020


Tanggal terbit (10 / 07 / 2020)

Jumat, 10 Juli 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Pandemi Percepat Disrupsi Digital
  2. Konsolidasi Menghindari ‘Jiwasraya’ Kedua
  3. Asuransi Bank Danamon Bersama Manulife
  4. Perlindungan untuk Seluruh Anggota Keluarga
  5. Rencana Penutupan Jiwasraya
  6. Salurkan Sumbangan Masker dan Sembako
  7. Asuransi Sinarmas-Bank Sinarmas Akselerasi Pertumbuhan Bisnis
  8. Premi Tumbuh 149%, Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas Pererat Sinergi
  9. Bank Danamon Gandeng Manulife Pasarkan Asuransi Kesehatan
  10. Saksi Sebut Afiliasi Antara Swasta Dengan Direksi Jiwasraya Dugaan Semata
  11. Sidang Lanjutan Dugaan Korupsi Asuransi Jiwasraya
  12. Begini Praktik Investasi Jiwasraya di Saham Gurem & Gorengan
  13. DD Waspada-Sun Life & Sun Life Syariah Bagikan Sembako Sasar 3 Kecamatan di Medan
  14. Utang Jiwasraya Ternyata Rp18 Triliun, Wamen BUMN Geleng-geleng: Antara Nilai Aset dan Liabilitas Hanya Sepertiga
  15. Danamon Gandeng Manulife Hadirkan Produk Asuransi Terjangkau Saat Covid-19
  16. Pacu Pertumbuhan Kinerja, Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas Gulirkan Turnaround Project
  17. Restrukturisasi Polis Jiwasraya
  18. Walau Tersangkut Kasus Jiwasraya, Sinarmas Pastikan Uang Nasabah Aman
  19. Ekonom Nilai Restrukturisasi Jiwasraya Solusi Terbaik Bagi Nasabah
  20. Jiwasraya Ditutup, Nasabah: Apakah Nusantara Life Akan Melunasi Polis?
  21. Tanggapi Pembentukan Nusantara Life, Nasabah Jiwasraya: Kami Ingin Uang Kami Kembali
  22. Perluas pasar, PFI Mega Life luncurkan produk asuransi baru
  23. Sikapi tingginya penggunaan teknologi, Zurich luncurkan welcome video
  24. Unit Syariah SunLife catat kontribusi neto Rp 30,62 miliar pada kaurtal I-2020
  25. OJK Berlakukan Dua Izin Usaha Asuransi
  26. Akselerasi Bisnis, Asuransi dan Bank Sinarmas Perkuat Sinergi Bancassurance
  27. Pemerintah Akan Suntik Mati Jiwasraya, Bagaimana Nasib Nasabahnya
  28. Kejelian Sun Life Garap Asuransi Syariah Keluarga Saat Pandemi
  29. Nasabah Jiwasraya Ingin Uangnya Balik, Singgung Dana Rp 60 Triliun sampai Soal Jokowi Marah-marah
  30. Pengakuan Mantan Bagian Pengembangan Dana Soal Afiliasi PT Asuransi Jiwasraya dengan Pihak Swasta
  31. Asuransi Jiwa Syariah mampu kalahkan kinerja asuransi konvensional saat pandemi
  32. Asuransi Jiwa Syariah mampu kalahkan kinerja asuransi konvensional saat pandemi
  33. Asuransi Jiwa Syariah Mengungguli Asuransi Konvensional
  34. OJK Catat Rasio Modal Asuransi Jiwa Turun Jadi 627% per Mei 2020
  35. Asuransi Jiwa Syariah Mengungguli Asuransi Konvensional

TENTANG AAJI

Pandemi Percepat Disrupsi Digital

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menyatakan, selama pandemi Covid-19 perusahaan-perusahaan asuransi, terutama jiwa, tidak melakukan penjualan secara tatap muka. Mereka mengandalkan penjualan secara digital melalui web dan tenaga pemasaran melakukan komunikasi telepon. Togar menerangkan, AAJI belum bisa melihat efektivitas penjualan melalui digital karena strategi ini sesuatu yang baru diterapkan. Perkembangannya kemungkinan baru bisa diketahui pada kuartal III tahun ini.

Sindonews.com / 09-07-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Konsolidasi Menghindari ‘Jiwasraya’ Kedua

Demi menghindari terulangnya mimpi buruk Jiwasraya, Kementerian BUMN berencana melakukan konsolidasi terhadap aset dana pensiun pelat merah, yang dana kelolaanya mencapai sekitar Rp115 triliun. Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, pengelolaan investasi dapen harus menghindari iming-iming hasil tinggi seperti yang terjadi pada pengelolaan JS Saving Plan dari Jiwasraya. Aset-aset yang menjadi instrumennya pun tak boleh berkualitas rendah.

Bisnis Indonesia / 10-07-2020 Hal. 17

Asuransi Bank Danamon Bersama Manulife

PT Bank Danamon Tbk bekerja sama dengan Manulife Indonesia meluncurkan dua produk asuransi di masa pandemi yaitu Proteksi Prima Sehat Global (PPSG) dan Proteksi Prima Medika (PPME). PPME menghadirkan perlindungan asuransi kesehatan berupa santunan tunai, manfaat harian ICU, serta manfaat no claim bonus sebesar 105% dari total premi yang dibayarkan selama lima tahun. PPSG dapat digunakan di seluruh dunia, kecuali AS dengan manfaat tidak ada batasan hari rawat inap dan Batasan per penyakit, full cover biaya dokter.

Kontan / 10-09-2020 Hal. 9

Perlindungan untuk Seluruh Anggota Keluarga

Mendukung masyarakat Indonesia melalui solusi perlindungan finansial. PT Sun Life Financial Indonesia memperkenalkan produk Syariah terbarunya Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh bagi empat orang anggota keluarga sekaligus dalam satu polis. Menjadi jenis produk proteksi lengkap yang diperuntukkan bagi keluarga Indonesia, kehadiran Asuransi Salam Anugerah mengukuhkan misi perusahaan untuk terus membantu keluarga Indonesia mencapai kenyamanan finansial.

Koran Sindo / 10-07-2020 Hal. 15

Rencana Penutupan Jiwasraya

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan, PT Asuransi Jiwasraya akan ditutup sebagai bagian dari proses restrukturasi polis nasabah. Sebagai gantinya, pemerintah mengusulkan pembentukan perusahaan baru bernama Nusantara Life. Perusahaan itu nantinya akan membawa polis yang telah direstrukturasi. Kartika mengatakan, Kementerian BUMN saat ini sedang mengusulkan opsi pemindahan tersebut kepada DPR.

Gatra / 9-15-07-2020 Hal. 7

Salurkan Sumbangan Masker dan Sembako

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berusaha meringankan beban masyarakat dengan memberi donasi berupa paket sembako dan masker nonmedis. Donasi diberikan kepada masyarakat di sejumlah kota di Indonesia, lewat program CSR bernama Allianz Community for Neighbourhood and Society (Actions). Program itu mendukung para karyawan dan tenaga pemasar yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjadi relawan dan melakukan kegiatan CSR secara mandiri di lingkungan terdekat mereka.

Nova / Ed. 1960 Hal. 19

Asuransi Sinarmas-Bank Sinarmas Akselerasi Pertumbuhan Bisnis

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) dan PT Bank Sinarmas Tbk (Bank Sinarmas) memulai turnaround project sebagai proyek transformasi kerja sama bancassurance. Sinergi ini dilakukan memandang pentingnya strategi untuk semakin mengakselerasi kinerja kerja sama bancassurance yang telah terjalin. Direktur Sinarmas MSIG Life Gideon mengatakan pengimplementasian turnaround project yang diinisiasi ini didukung sinergi solid yang terbina antara Sinarmas MSIG Life dengan Bank Sinarmas.

Medcom.id / 08-07-2020

Premi Tumbuh 149%, Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas Pererat Sinergi

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) menyampaikan perolehan premi tahunan ekuivalen (annual premium equivalent/APE) per Juni 2020 yang mengalami pertumbuhan hingga 149%. Sementara secara bulanan, APE pada Juni 2020 mengalami pertumbuhan 112% dibanding Mei 2020. Direktur Sinarmas MSIG Life Gideon mengatakan, pertumbuhan APE yang signifikan merupakan berkat dari kerja sama Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas pada kanal bancasurrance.

Beritasatu.com / 09-07-2020

Bank Danamon Gandeng Manulife Pasarkan Asuransi Kesehatan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. bekerja sama dengan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia memasarkan asuransi kesehatan yang terjangkau di tengah pandemi Covid-19. Bancassurance Head Bank Danamon Paulus Budihardja mengatakan terdapat keinginan dan kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan. Namun, masyarakat yang akhirnya memiliki perlindungan asuransi kesehatan masih tergolong rendah.

Bisnis.com / 09-07-2020

Saksi Sebut Afiliasi Antara Swasta Dengan Direksi Jiwasraya Dugaan Semata

Mantan Bagian Pengembangan Dana PT Asuransi Jiwasraya (Persero) periode 2008-2011 Lusiana mengaku afiliasi swasta dengan Direksi Jiwasraya hanya dugaan. Hal ini disampaikan Lusiana menanggapi pertanyaan penasehat hukum Mantan Direksi PT Asuransi Jiwasraya periode 2008-2018 Dion Pongkor dalam sidang lanjutan kasus Jiwasraya yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pada Pengadilan Negeri Klas 1A Khusus Jakarta Pusat, Rabu (8/7).

Bisns.com / 09-07-2020

Sidang Lanjutan Dugaan Korupsi Asuransi Jiwasraya

Fraud yang terjadi di Jiwasraya sudah terdeteksi sejak lama, tepatnya pada tahun 2018. Ini terungkap dalam sidang lanjutan kasus megaskandal dugaan korupsi Asuransi Jiwasraya yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Fadian Dwiantara yang sebelumnya menjabat sebagai Tim Audit Internal Jiwasraya menyatakan, pada 2018 saat tim audit internal menemukan beberapa penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh tim pengelola investasi Jiwasraya yang menyalahi aturan pedoman investasi Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com / 09-07-2020

Begini Praktik Investasi Jiwasraya di Saham Gurem & Gorengan

Salah satu mantan auditor internal Jiwasraya hadir menjadi saksi mengungkapkan modus korupsi yang merugikan perusahaan hingga Rp 13 triliun. Disebut adanya penyalahgunaan wewenang manajemen dari hasil audit interal periode 2014 hingga 2018. Terjadi penempatan investasi besar pada saham dengan kinerja keuangan yang kurang bagus dan tidak sesuai pedoman investasi. Selain itu juga ditemukan investasi saham yang tidak likuid dan tidak didukung analisis fundamental.

Cnbcindonesia.com / 09-07-2020

DD Waspada-Sun Life & Sun Life Syariah Bagikan Sembako Sasar 3 Kecamatan di Medan

Dompet Dhuafa (DD) Waspada dan Sun Life membagikan paket sembako kepada masyarakat kota Medan di tiga Kecamatan, yakni di Kecamatan Medan Baru, Medan Area dan Medan Polonia. Pembagian 90 paket sembako ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 6-7 Juli 2020. Proses pembagian paket sembako ini dilakukan dengan mengantarkan secara langsung ke masing-masing rumah warga. Pembagian sembako ini memang sengaja diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang berada disekitar kantor Sun Life.

Industry.co.id / 09-07-2020

Utang Jiwasraya Ternyata Rp18 Triliun, Wamen BUMN Geleng-geleng: Antara Nilai Aset dan Liabilitas Hanya Sepertiga

Kementerian BUMN, mengungkapkan bahwa kondisi utang PT Asuransi Jiwasraya (persero) per 31 Mei 2020, berdasarkan utang klaim kepada nasabah mencapai Rp18 triliun atau naik dari utang sebelumnya sebesar Rp16 triliun. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan terkait sisanya sebesar Rp600 miliar merupakan klaim asuransi tradisional korporasi yang belum terbayar. Sedangkan untuk korporasi ritel sekitar Rp200 miliar dan Rp700 miliar sehingga jika ditotal mencapai Rp1,5 triliun.

Industry.co.id / 09-07-2020

Danamon Gandeng Manulife Hadirkan Produk Asuransi Terjangkau Saat Covid-19

Bank Danamon bekerja sama dengan Manulife Indonesia menghadirkan dua produk asuransi untuk menjawab kebutuhan namun terjangkau bagi masyarakat di masa pandemi ini yaitu Proteksi Prima Sehat Global (PPSG) dan Proteksi Prima Medika (PPME). Hanya dengan premi mulai dari Rp80,000 per bulan, Proteksi Medika (PPME) menghadirkan perlindungan asuransi kesehatan dengan premi yang sangat terjangkau untuk semua lapisan masyarakat namun menawarkan proteksi yang menyeluruh.

Infobanknews.com / 09-07-2020

Pacu Pertumbuhan Kinerja, Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas Gulirkan Turnaround Project

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) menyampaikan perolehan premi tahunan ekuivalen (APE) per Juni 2020 yang mengalami pertumbuhan hingga 149%. Sementara secara bulanan, Annual Premium Equivalent pada Juni 2020 mengalami pertumbuhan 112% dibanding Mei 2020. Direktur Sinarmas MSIG Life Gideon mengatakan pertumbuhan APE yang signifikan berkat kerja sama Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas pada kanal bancasurrance.

Investor.id / 09-07-2020

Restrukturisasi Polis Jiwasraya

Kementerian BUMN dan manajemen Jiwasraya mengajukan opsi restrukturisasi polis nasabah sebagai langkah penyehatan keuangan jangka panjang. Restrukturisasi untuk mencegah penggelembungan utang klaim saving plan yang terus membesar. Rencananya, Kementerian BUMN akan membentuk perusahaan asuransi jiwa baru bernama Nusantara Life di bawah naungan induk holding asuransi PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI).

Investor.id / 09-07-2020

Walau Tersangkut Kasus Jiwasraya, Sinarmas Pastikan Uang Nasabah Aman

PT Sinarmas Asset Management (SAM) telah mengembalikan seluruh kerugian yang terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya Selasa lalu (7/7). Mereka menegaskan bahwa pengembalian itu tidak akan memengaruhi produk investasi milik nasabah yang telah disimpan di PT SAM. Jumlah yang dikembalikan mencapai Rp 77 miliar. Itu terdiri atas Rp 3 miliar yang telah dititipkan kepada penyidik pada 11 Maret 2020 secara langsung dari PT SAM.

Jawapos.com / 09-07-2020

Ekonom Nilai Restrukturisasi Jiwasraya Solusi Terbaik Bagi Nasabah

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berencana merestrukturisasi polis asuransi, baik tradisional maupun JS Saving Plan. Rencana tersebut dinilai sebagai solusi terbaik untuk pemegang polis dan perusahaan. Presiden Direktur Centre for Banking Crisis (CBG) Achmad Deni Daruri menyebut langkah itu bisa menjamin pengembalian uang pemegang polis asuransi.

Katadata.co.id / 09-07-2020

Jiwasraya Ditutup, Nasabah: Apakah Nusantara Life Akan Melunasi Polis?

Nasabah pemegang polis Jiwasraya, Machril SE mengeluh karena beragam opsi maupun solusi untuk mengembalikan uangnya selalu tidak ada satupun yang terealisasi. Dia pun mempertanyakan kemampuan Nusantara Life, perusahaan asuransi baru di bawah holding asuransi PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) (Persero), untuk membayar polis-polis nasabah Jiwasraya.

Kompas.com / 09-07-2020

Tanggapi Pembentukan Nusantara Life, Nasabah Jiwasraya: Kami Ingin Uang Kami Kembali

Nasabah pemegang polis Asuransi Jiwasraya, Machril SE meminta pemerintah fokus untuk mengembalikan dana nasabah korban PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dia menilai, penggiringan nasabah ke Nusantara Life hanya membuang-buang waktu dan tenaga. Nasabah hanya ingin dananya kembali secepatnya. Kendati demikian, jika pemerintah memiliki solusi baru dengan Nusantara Life, Machril mempersilakan selama dananya bisa kembali.

Kompas.com / 09-07-2020

Perluas pasar, PFI Mega Life luncurkan produk asuransi baru

PT PFI Mega Life kini hadirkan produk baru untuk melayani kebutuhan nasabah. Melalui produk Mega Investa, perusahaan menyediakan perlindungan dan investasi berbasis kebutuhan yang terjangkau. Untuk menjalankan misi We Protect Dreams, produk ini merupakan wujud kolaborasi sempurna antara PFI Mega Life dengan Bank Mega. Dengan hadirnya Mega Investa Link, perusahaan berharap setiap masyarakat dapat mewujudkan impiannya melalui investasi dengan pengalaman baru, yakni pembayaran premi dengan menggunakan Dollar,

Kontan.co.id / 09-07-2020

Sikapi tingginya penggunaan teknologi, Zurich luncurkan welcome video

Zurich Indonesia, meluncurkan video selamat datang (welcome video) untuk memberikan pengalaman yang mudah dan nyaman bagi nasabah dalam mempelajari Polis baru mereka.  Welcome Video ini memberikan informasi spesifik penting mengenai polis yang baru dibeli oleh nasabah asuransi jiwa, dan menggantikan panggilan telepon yang umumnya dilakukan oleh Zurich Customer Care Center bagi nasabah yang baru membeli asuransi jiwa.

Kontan.co.id / 09-07-2020

Unit Syariah SunLife catat kontribusi neto Rp 30,62 miliar pada kaurtal I-2020

PT Sun Life Financial Indonesia mampu mengoptimalisasi kinerja unit Syariah pada masa pandemi. Merujuk laporan keuangan SunLife mencatat pendapatan kontribusi (premi) neto senilai Rp 30,62 miliar hingga Maret 2020. Nilai itu tumbuh 2,31% year on year dibandingkan dengan kontribusi neto senilai Rp 29,93 miliar pada Maret 2019.

Kontan.co.id / 09-07-2020

OJK Berlakukan Dua Izin Usaha Asuransi

OJK memberlakukan dua izin usaha asuransi setelah melakukan perubahan nama. Keduanya adalah PT FWD Insurance Indonesia dan PT Asuransi Perisai Listrik Nasional. Pemberlakuan izin usaha FWD Insurance Indonesia direstui Anggota Dewan Komisioner OJK di bidang asuransi jiwa sehubungan perubahan nama PT Commonwealth Life menjadi PT FWD Insurance Indonesia lewat Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-76/NB.1/2020 pada 24 Juni 2020,

Medcom.id / 09-07-2020

Akselerasi Bisnis, Asuransi dan Bank Sinarmas Perkuat Sinergi Bancassurance

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) dan PT Bank Sinarmas Tbk (Bank Sinarmas) memulai turnaround project sebagai proyek transformasi kerja sama bancassurance. Direktur Sinarmas MSIG, Life Gideon mengatakan, pengimplementasian turnaround project yang diinisiasi ini didukung sinergi solid yang terbina antara Sinarmas MSIG Life dengan Bank Sinarmas.

Merdeka.com / 09-07-2020

Pemerintah Akan Suntik Mati Jiwasraya, Bagaimana Nasib Nasabahnya

Rencana ditutupnya asuransi plat merah ini disampaikan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bakal ditutup. Hal ini lantaran kementerian bakal membuat perusahaan asuransi baru, yaitu Nusantara Life. Selain itu, Tiko mengharapkan semua pemegang polis asuransi Jiwasraya mau memindahkan polisnya ke Nusantara Life. Tentu saja, dengan berbagai negosiasi yang perlu disepakati bersama.

Pikiran-rakyat.com / 09-07-2020

Kejelian Sun Life Garap Asuransi Syariah Keluarga Saat Pandemi

Sun Life Indonesia menghadirkan produk syariah terbarunya Asuransi Salam Anugerah Keluarga, produk dengan manfaat perlindungan menyeluruh bagi empat orang anggota keluarga sekaligus dalam satu polis. Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life, menjelaskan kondisi pandemi nyatanya berdampak bukan hanya pada sektor kesehatan, tapi juga sosial dan ekonomi. Kondisi ini mendorong terjadinya peningkatan kesadaran dan kebutuhan akan pengelolaan keuangan dan proteksi yang baik di tengah masyarakat.

Swa.co.id / 09-07-2020

Nasabah Jiwasraya Ingin Uangnya Balik, Singgung Dana Rp 60 Triliun sampai Soal Jokowi Marah-marah

Nasabah pemegang polis Asuransi Jiwasraya, Machril SE meminta pemerintah fokus mengembalikan dana nasabah korban PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dia menilai, penggiringan nasabah ke Nusantara Life hanya membuang-buang waktu dan tenaga. Kendati demikian, jika pemerintah memiliki solusi baru dengan Nusantara Life, Machril mempersilakan selama dananya bisa kembali.

Tribunnews.com / 09-07-2020

Pengakuan Mantan Bagian Pengembangan Dana Soal Afiliasi PT Asuransi Jiwasraya dengan Pihak Swasta

Mantan Bagian Pengembangan Dana PT Asuransi Jiwasraya (Persero) periode 2008-2011, Lusiana memberikan keterangan di sidang perkara dugaan korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya. Di persidangan, Lusiana, tidak menjawab secara jelas soal afiliasi antara pihak swasta dengan Direksi Jiwasraya. Dia mengaku afiliasi PT Asuransi Jiwasraya dengan pihak swasta hanya sebatas dugaan dan perlu dibuktikan.

Tribunnews.com / 09-07-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Asuransi Jiwa Syariah mampu kalahkan kinerja asuransi konvensional saat pandemi

Kinerja industry asuransi jiwa syariah mampu mengalahkan kinerja asuransi jiwa konvensional. Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Maret 2020 kontribusi (premi) bruto asuransi jiwa Syariah mencapaiRp 3,31 triliun. Nilai itutumbuh 5,08% year on year (yoy) dibandingkan kuarta lpertama 2019 senilaiRp 3,15 triliun.

Kontan.co.id/ 08-07-2020

Asuransi Jiwa Syariah mampu kalahkan kinerja asuransi konvensional saat pandemi

Kinerja industry asuransi jiwa syariah mampu mengalahkan kinerja asuransi jiwa konvensional. Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Maret 2020 kontribusi (premi) bruto asuransi jiwa Syariah mencapaiRp 3,31 triliun. Nilai itutumbuh 5,08% year on year (yoy) dibandingkan kuarta lpertama 2019 senilaiRp 3,15 triliun.

Today.line.me/ 08-07-2020

Kinerja Asuransi Jiwa Syariah Mengungguli Asuransi Konvensional

Kinerja industry asuransi jiwa syariah mampu mengalahkan kinerja asuransi jiwa konvensional. Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Maret 2020 kontribusi premi bruto asuransi jiwa Syariah mencapai Rp 3,31 triliun.Nilai itu tumbuh 5,08% year on year (yoy) dibandingkan kuartal pertama 2019 senilai Rp 3,15 triliun. Sedangkan asuransi jiwa konvensional mengalami penurunan.

Kontan.co.id / 09-07-2020

OJK Catat Rasio Modal Asuransi Jiwa Turun Jadi 627% per Mei 2020

OJK mencatat indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi atau Rick Based Capital (RBC) mengalami perubahan. Per Mei 2020, RBC perusahaan asuransi jiwa tercatat mengalami penurunan 24 poin dari posisi April 2020. RBC asuransi jiwa turun dari 651 persen jadi 627 persen. Realisasi RBC pada Mei 2020 ini melanjutkan tren penurunan yang sudah terjadi sejak awal tahun 2020.

Tirto.id / 09-07-2020

Asuransi Jiwa Syariah Mengungguli Asuransi Konvensional

Kinerja industry asuransi jiwa syariah mampu mengalahkan kinerja asuransi jiwa konvensional. Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Maret 2020 kontribusi premi bruto asuransi jiwa Syariah mencapai Rp 3,31 triliun.Nilai itu tumbuh 5,08% year on year (yoy) dibandingkan kuartal pertama 2019 senilai Rp 3,15 triliun. Sedangkan asuransi jiwa konvensional mengalami penurunan.

Today.line.me/ 09-07-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.395

IHSG (per 09 Juli  2020)

   5.052,79

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kontan, Koran Sindo, Gatra, Nova, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Industry.co.id, Infobanknews.com, Investor.id, Jawapos.com, Katadata.co.id, Kompas.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Merdeka.com, Pikiran-rakyat.com, Sindonews.com, Swa.co.id, Tribunnews.com, Today.line.me, Tirto.id.

 

DOWNLOAD PDF