AAJI Daily News - 26 Maret 2020


Tanggal terbit (26 / 03 / 2020)

Kamis, 26 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Awal Tahun Premi Asuransi Jiwa Tertekan
  2. [Foto] Perubahan Susunan Direksi
  3. [Foto] Investasi Industri Asuransi
  4. Mengatasi TBC dengan Asuransi
  5. Jejak Karir Farid Azhar, Bos Baru Jiwasraya Pengelola Defisit Rp28 Triliun
  6. Mengenal tiga direktur baru Jiwasraya, siapa saja mereka?
  7. Konsistensi Allianz Indonesia Terhadap Kelestarian Lingkungan melalui Program CSR Bank Sampah Gusling
  8. Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Fasilitasi Program Bank Sampah
  9. Pemerintah Bayar Klaim Jiwasraya Senin Depan
  10. PP Keluar, Holding Siap Jalan
  11. Holding Asuransi Resmi Terbentuk, BPUI: Semua Anggota Ubah Anggaran Dasar

TENTANG AAJI

Awal Tahun Premi Asuransi Jiwa Tertekan

Berdasarkan data OJK pendapatan premi asuransi jiwa pada Januari 2020 senilai Rp 15,25 triliun. Nilai itu menurun 0,65% dibanding pendapatan premi di Januari 2019 senilai Rp 15,35 triliun. Penurunan di awal tahun tampaknya belum mencerminkan dampak virus corona. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai hal ini berpotensi pada penurunan pendapatan premi industri jiwa.

Kontan / 26-03-2020 Hal. 10

INDUSTRI & ASURANSI

[Foto] Perubahan Susunan Direksi

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) belum lama ini mengalami perubahan susunan direksi dengan masuknya tiga nama baru yang dinilai akan membuat eksekusi pekerjaan lebih baik.

Bisnis Indonesia / 26-03-2020 Hal. 14

[Foto] Investasi Industri Asuransi

Industri asuransi jiwa sukses mencatatkan pertumbuhan hasil investasi signifikan tahun ini. Pemilihan portofolio investasi menjadi kunci para pemain asuransi bertahan ketika market tertekan. Menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), sampai 2019 hasil investasi industri asuransi mencapai Rp 34,19 triliun atau tumbuh 336,8% secara year on year.

Investor Daily / 26-03-2020 Hal. 24

Mengatasi TBC dengan Asuransi

Virus corona semakin rentan terhadap orang yang berisiko tinggi. Salah satunya penderita Tuberkulosis (TBC). Perusahaan asuransi juga memberikan perlindungan TBC melalui produk asuransi kesehatan. BNI Life misalnya memiliki produk kesehatan bertajuk Maksima Sehat yang memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit termasuk TBC.

Kontan / 26-03-2020 Hal. 10

Jejak Karir Farid Azhar, Bos Baru Jiwasraya Pengelola Defisit Rp28 Triliun

Kementerian BUMN pada Rabu (18/3/2020) lalu merombak jajaran direksi PT Asuransi Jiwa Jiwasraya. Salah satunya Farid Azhar Nasution sebagai Direktur Keuangan dan Investasi. Sebelum ditunjuk Kementerian BUMN dalam RUPS Jiwasyara merupakan Direktur Treasury dan Direktur Hubungan Internasional Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Ia juga tercatat sebagai Co Head Debt Capital Market di Bahana Securities. Jauh ke belakang, Farid juga sempat menjadi auditor di Itjen Kementerian Keuangan.

Bisnis.com / 24-03-2020

Mengenal tiga direktur baru Jiwasraya, siapa saja mereka?

Kementerian BUMN baru saja merombak jajaran direksi PT Asuransi Jiwasraya. Terdapat tiga nama baru yang mengisi posisi strategis di Jiwaraya. Mereka adalah Angger P. Yuwono sebagai Direktur Teknik Jiwasraya, R. Mahelan Prabantarikso sebagai Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia Jiwasraya dan Farid Azhar Nasution sebagai Direktur Keuangan dan Investasi Jiwasraya. Ketiganya adalah nama-nama yang tidak asing dalam industri keuangan.

Kontan.co.id / 24-03-2020

Konsistensi Allianz Indonesia Terhadap Kelestarian Lingkungan melalui Program CSR Bank Sampah Gusling

Allianz Indonesia memfasilitasi diadakannya pelatihan pilah sampah, komposting dan manajemen bank sampah serta membentuk kepengurusan bank sampah. Pembentukan Bank Sampah Gusling (Guntur Sadar Lingkungan) ini bertujuan membantu masyarakat sekitar Kelurahan Guntur mengurangi penumpukan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat.

Kontan.co.id / 24-03-2020

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Fasilitasi Program Bank Sampah

Allianz Indonesia memfasilitasi diadakannya pelatihan pilah sampah, komposting dan manajemen bank sampah serta membentuk kepengurusan bank sampah. Pembentukan Bank Sampah Gusling (Guntur Sadar Lingkungan) ini bertujuan membantu masyarakat sekitar Kelurahan Guntur mengurangi penumpukan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat.

Nova.grid.id / 24-03-2020

Pemerintah Bayar Klaim Jiwasraya Senin Depan        

Pemerintah menyatakan akan mulai membayar klaim PT Asuransi Jiwasraya (Persero) senilai Rp 400 miliar pada Senin pekan depan, 30 Maret 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Rabu, 25 Maret 2020 seperti dikutip dari Bisnis.com. Dia menjelaskan bahwa hal tersebut sejalan dengan target pemerintah untuk memulai pembayaran klaim pada akhir Maret 2020.

Tempo.co / 26-03-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

PP Keluar, Holding Siap Jalan

Holding asuransi dan penjaminan pelat merah siap tancap gas setelah resmi terbentuk seiring dengan terbitnya regulasi penyertaan modal negara ke PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan bahwa penyertaan modal negara dilakukan kepada BPUI selaku induk dari holding asuransi dan penjaminan. Penyuntikan ini menandai telah terbentuknya holding secara resmi.

Bisnis Indonesia / 26-03-2020 Hal. 19

Holding Asuransi Resmi Terbentuk, BPUI: Semua Anggota Ubah Anggaran Dasar

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI menyatakan bahwa seluruh anggota holding asuransi dan penjaminan akan melakukan perubahan anggaran dasar seiring dengan pembentukan holding tersebut. Direktur Utama BPUI Robertus Bilitea menjelaskan bahwa saat ini setiap anggota holding sedang menyiapkan perubahan anggaran dasar.

Bisnis.com / 25-03-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

16.500

IHSG (per 24 Maret 2020)

   3.937,63

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Bisnis.com, Kontan.com, Nova.grid.id, Tempo.co.

DOWNLOAD PDF