AAJI Daily News - 2 Desember 2020


Tanggal terbit (02 / 12 / 2020)

Rabu, 2 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Unit-Linked Jadi Pilihan Saat Koreksi
  2. Momentum Pelemahan Bursa jadi Alasan Masyarakat Beli Unit-Linked
  3. BNI Life
  4. Premi Unit Link jadi Penyumbang Terbesar Pendapatan Premi Asuransi Jiwa
  5. Jangan Berlarut, Segera Selesaikan Kasus Jiwasraya!
  6. Polis Hasil Restrukturisasi Jiwasraya Mulai Dibayarkan Tahun Depan
  7. Jiwasraya Yakin Bisa Lunasi Klaim Nasabah
  8. Skema Penyelesaian Jiwasraya Potensial Ditolak Nasabah
  9. Saham dalam Portofolio Jiwasraya Menguat
  10. [Foto] Penyelamatan Polis Jiwasraya
  11. Erick Berkomitmen Selamatkan Jiwasraya
  12. Adaptasi Baru Manulife Indonesia Layani Nasabah di Era Pandemi
  13. Sepanjang Pandemik COVID-19, Manulife Bayar Klaim Hingga Rp54,5 Miliar
  14. Jiwasraya Tawarkan 4 Opsi Restrukturisasi, Pembayaran Dicicil 15 Tahun
  15. Pembayaran cicilan polis Jiwasraya mulai Juli 2021, ini timeline restrukturisasinya
  16. Nasabah Jiwasraya tolak cicilan restrukturisasi polis Jiwasraya selama 15 tahun
  17. Restrukturisasi Jadi Opsi Terbaik untuk Selamatkan Jiwasraya
  18. Perkara Jiwasraya, Erick Thohir: Hukum Tidak Tumpul

TENTANG AAJI

Unit-Linked Jadi Pilihan Saat Koreksi

AAJI mencatat pada Oktober 2020, kontribusi produk paydi menyentuh 63,9% dari total portofolio industri. Produk tersebut mengungguli polis tradisional yang tidak memiliki muatan investasi. Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu menjelaskan bahwa melemahnya kinerja pasar modal memicu masyarakat untuk menempatkan investasi di unit-linked. Nilai yang ada di titik rendah membuat masyarakat tertarik untuk mengambil cuan saat kondisi ekonomi berangsur pulih. Motif itu pun memengaruhi masyarakat untuk membeli unit-linked karena bisa proteksi sekaligus investasi.

Bisnis Indonesia / 02-12-2020

Momentum Pelemahan Bursa jadi Alasan Masyarakat Beli Unit-Linked

Peningkatan porsi unit-linked terhadap total polis di industri asuransi jiwa dinilai turut dipengaruhi oleh melemahnya kinerja pasar modal, sehingga menjadi momentum untuk memulai investasi atau time to buy. AAJI mencatat bahwa pada Oktober 2020, PAYDI mencakup 63,9 persen dari total portofolio industri. Berdasarkan data OJK per Oktober 2020, perolehan premi asuransi jiwa mencapai Rp139,35 triliun. Premi unit-linked berada di kisaran Rp89,04 triliun atau 63,9 persen dari portofolio industri.

Bisnis.com / 01-12-2020

BNI Life

Produk unitlink masih menjadi andalan industri asuransi jiwa dalam mencetak premi di tengah pandemi Covid-19. AAJI mencatat, produk asuransi berbalut investasi (Paydi) berkontribusi 63,9% terhadap total pendapatan premi hingga kuartal III 2020. Namun Wiroyo Karsono, Ketua Bidang Marketing & Komunikasi AAJI menjelaskan, kontribusi unitlink per kuartal III tahun ini mencapai 63,9% terhadap total pendapatan premi. Sementara asuransi tradisional menyumbang sisa kontribusi yakni 36,1%. Kontribusi unitlink juga naik jika dibandingkan dengan kuartal II tahun ini yang sebesar 61,6%.

Kontan.co.id / 01-12-2020

Premi Unit Link jadi Penyumbang Terbesar Pendapatan Premi Asuransi Jiwa

Berdasarkan data AAJI, premi ini menjadi andalan perusahaan asuransi jiwa, dan telah berkontribusi sebesar 63,9 persen bagi pendapatan premi hingga kuartal III 2020. Produk asuransi yang juga investasi ini sebenarnya mengalami perlambatan 4,8 persen yoy. Namun kontribusinya mencapai 63,9 persen mengalahkan pendapatan premi dari asuransi tradisional sebesar 36,1 persen. Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI, Wiroyo Karsono mengatakan, pendapatan premi dari 58 perusahaan asuransi jiwa di Indonesia mencapai Rp133,99 triliun hingga bulan September lalu.

Mediabumn.com / 01-12-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Jangan Berlarut, Segera Selesaikan Kasus Jiwasraya!

Ketua Panja Jiwasraya Komisi VI DPR RI Aria Bima mengatakan persoalan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) harus diselesaikan secepatnya melalui skema restrukturisasi, karena hingga 31 Oktober 2020 ekuitas perusahaan sudah negatif Rp38,5 triliun. Skema restrukturisasi yang dibuat telah mencantumkan secara detail nilai nominal, jangka waktu cicilan dari IFG Life dan bisa dikembalikan 100 persen, namun waktunya lebih panjang.  Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menyampaikan dalam waktu dekat akan menyosialisasikan mengenai restrukturisasi.

HE Neraca / 02-12-2020 Hal. 1

Polis Hasil Restrukturisasi Jiwasraya Mulai Dibayarkan Tahun Depan

Pemerintah dan DPR menyepakati penyelamatan polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dilakukan melalui opsi restrukturisasi, polis dialihkan ke perusahaan baru IFG Life. Pembayaran polis hasil restrukturisasi akan dicicil pada Juli-Oktober 2021. Sepanjang Oktober 2020, proses pra-restrukturisasi sudah dilakukan, sekaligus telah diterimanya pernyataan tidak berkeberatan atas RPK berdasarkan surat OJK Nomor S-449/NB.2/20202. Pada saat yang sama IFG Life pun resmi didirikan. Berlanjut pada 13 November 2020, IFG Life mengajukan izin operasional ke OJK.

Investor Daily / 02-12-2020 Hal. 23

Jiwasraya Yakin Bisa Lunasi Klaim Nasabah

Manajemen PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menilai opsi restrukturisasi dan pemindahan portofolio nasabah merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan. Jiwasraya memastikan untuk menyelesaikan pembayaran seluruh klaim nasabah, baik polis tradisional maupun saving plan, dengan menawarkan sejumlah skema. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan, opsi restrukturisasi, transfer dan bail in melalui IFG merupakan langkah terbaik untuk menyelesaikan permasalahan dengan nasabah.

Kompas / 02-12-2020 Hal. 10

Skema Penyelesaian Jiwasraya Potensial Ditolak Nasabah

Rencana penyelesaian polis PT Asuransi Jiwasraya yang tertunggak pada nasabah produk saving plan telah disetujui Komisi VI DPR dan Kementerian BUMN, Senin (30/11). Untuk membayar cicilan, pada Maret sampai Juni 2021, IFG Life akan mendapat PMN dengan total sekurang-kurangnya Rp12 triliun. Setelah itu sejak Juli hingga Oktober 2021, pembayaran cicilan di muka dilakukan. Namun, nasabah menolak rencana restrukturisasi polis dengan skema cicilan hingga 15 tahun. Nasabah juga menolak restrukturisasi itu diselesaikan tanpa bunga dan dipotong nilai tunai.

Kontan / 02-12-2020 Hal. 1

Saham dalam Portofolio Jiwasraya Menguat

Harga saham PT Properti Tbk dan PT Semen Baturaja Tbk masing-masing naik 100% dan 96,79% satu bulan terakhir. Kenaikan tersebut bahkan membuat keduanya menjadi salah satu saham dengan kenaikan tertinggi di beberapa indeks konsitituen di BEI. Menariknya, keduanya merupakan dua dari sekian banyak saham yang dimiliki PT Asuransi Jiwasraya. Karena itu, muncul rumor kenaikan harga saham keduanya terkait restrukturisasi perusahaan tersebut. Namun, Direktur Avere Investama Teguh Hidayat menilai kenaikan itu lebih diakibatkan euphoria kenaikan IHSG belakangan ini.

Kontan / 02-12-2020 Hal. 4

[Foto] Penyelamatan Polis Jiwasraya

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko yang juga Ketua Tim Percepatan Restrukturisasi Polis Jiwasraya menghadiri rapat kerja bersama dengan pemerintah dan Komisi VI DPR RI, Senin (30/11) dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Dalam rapat kerja itu, Panitia Kerja Komisi VI DPR menyetujui pendanaan Rp26,7 triliun untuk penyelamatan polis Jiwasraya hingga akhirnya dipindah ke IFG Life.

Kontan / 02-12-2020 Hal. 10

Erick Berkomitmen Selamatkan Jiwasraya

Kementerian BUMN berkomitmen menyelamatkan semua nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Saat ini Menteri BUMN Erick Thohir memastikan semua proses hukum yang sedang berjalan tidak tumpul ke atas. Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima pun meminta pemerintah untuk menyelesaikan persoalan Jiwasraya dengan transparan dan terbuka. Bima berharap bisa mendapatkan haknya dan keamanannya terlindungi.

Republika / 02-12-2020 Hal. 9

Adaptasi Baru Manulife Indonesia Layani Nasabah di Era Pandemi

Sebagai upaya Manulife Indonesia untuk memberikan layanan yang lebih optimal terutama di era pandemi,              perusahaan  memaksimalkan  langkah-langkah  efektif  yang  sudah  ada, seperti: memanfaatkan layanan non face to    face untuk nasabah. Juga, memperluas  aplikasi  digital  untuk  nasabah  untuk  memudahkan  mereka  dalam mengakses layanan. Contoh, submit klaim, cek polis melalui MiAccount. Selain itu, Manulife Indonesia bekerja sama dengan platform             untuk memperluas jangkauan nasabah seperti dengan Halodoc.

Swa.co.id / 01-12-2020

Sepanjang Pandemik COVID-19, Manulife Bayar Klaim Hingga Rp54,5 Miliar

Pandemik COVID-19 menjadi tantangan bagi bisnis asuransi dalam melayani nasabah. Dalam kondisi tersebut Manulife Indonesia semakin menggalakkan digitalisasi dan memanfaatkan layanan insurance technology (insuretech). Presiden Direktur and CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland mengatakan, pihaknya berkomitmen tetap ingin memberikan layanan penyedia solusi keuangan meskipun sedang terjadi pandemik. Sepanjang pandemik tepatnya per 9 November 2020, Manulife telah melakukan pembayaran klaim terkait COVID-19 sebesar Rp54,5 miliar kepada nasabah.

Idntimes.co.id / 01-12-2020

Jiwasraya Tawarkan 4 Opsi Restrukturisasi, Pembayaran Dicicil 15 Tahun

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan segera melakukan restrukturisasi kepada pemegang polis nasabah ritel dengan menawarkan empat opsi. Salah satu opsi yang ditawarkan, kepada nasabah tradisional maupun produk bancassurance, pembayaran nilai tunai dicicil selama 15 tahun. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Jiwasraya sebagai asuransi milik negara bakal membuat pemberitahuan skema restrukturisasi melalui media massa pada pekan ini.

Katadata.co.id / 01-12-2020

Pembayaran cicilan polis Jiwasraya mulai Juli 2021, ini timeline restrukturisasinya

Komisi VI DPR RI telah menyepakati timeline penyelesaian polis PT Asuransi Jiwasraya dengan Kementerian BUMN. Ketua Panja Asuransi Jiwasaraya Komisi VI DPR RI Aria Bima mengatakan, pada 22 Oktober 2020, IFG Life telah didirikan. Kemudian BPUI/IFG telah pengajuan izin operasional IFG Life yang telah disampaikan kepada OJK pada 13 November 2020. 31 Desember 2020 akan dilakukan cut off nilai tunai polis yang akan direstrukturisasi dan dialihkan ke IFG Life.

Kontan.co.id / 01-12-2020

Nasabah Jiwasraya tolak cicilan restrukturisasi polis Jiwasraya selama 15 tahun

Nasabah produk saving plan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menolak adanya rencana restrukturisasi polis bila dicicil hingga 15 tahun. Para nasabah yang tergabung pada Forum Korban Jiwasraya juga menolak restrukturisasi itu diselesaikan tanpa bunga dan dipotong nilai tunai (haircut). Nasabah mohon agar Jiwasraya atau IFG Life memberikan solusi penyelesaian tuntas, utuh, segera dengan melibatkan mitra 7 bank atas persetujuan dan pengawasan OJK. Ia meminta agar kepastian penyelesaian polis ini segera diumumkan.

Kontan.co.id / 01-12-2020

Restrukturisasi Jadi Opsi Terbaik untuk Selamatkan Jiwasraya

Ketua Panja Komisi VI DPR RI Aria Bima mengatakan ekuitas PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang negatif Rp 38,5 triliun per 31 Oktober perlu segera diselesaikan sebelum persoalan makin membesar. Aria menilai restrukturisasi menjadi penting dilakukan mengingat likuidasi bukan opsi yang tepat. Ia menerangkan skema restrukturisasi yang dibuat telah mencantumkan secara detail nilai nominal, jangka waktu cicilan dari IFG life. Aria optimistis saving plan bisa dikembalikan 100 persen, namun waktunya lebih panjang.

Republika.co.id / 01-12-2020

Perkara Jiwasraya, Erick Thohir: Hukum Tidak Tumpul

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan proses hukum yang menjerat terdakwa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah berlangsung. Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan vonis hukuman seumur hidup kepada empat pelaku. Menurut Erick, keputusan hukum menunjukkan bahwa pemerintah hadir dalam mengusut kasus Jiwasraya. Kasus ini telah merugikan negara hingga Rp 16,807 triliun. Di luar kasus hukum, Erick tengah menyiapkan restrukturisasi polis Jiwasraya melalui IFG Life yang akan berdiri pada Desember ini.

Tempo.co / 01-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.130

IHSG (per 24 November – 1 Desember 2020)

5.724,74

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kompas, Kontan, Republika, Bisnis.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Swa.co.id, Idntimes.co.id, Katadata.co.id, Republika.co.id, Tempo.co.

DOWNLOAD PDF