AAJI Daily News - 7 Oktober 2020


Tanggal terbit (07 / 10 / 2020)

Rabu, 7 Oktober 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Hasil Sitaan Diserahkan Ke Negara
  2. OJK Cabut Peringatan Ketiga
  3. Kejagung: Sitaan Aset Terdakwa Kasus Jiwasraya Kembali Ke Negara
  4. Prudential Dorong Penguatan Literasi Anak
  5. Produk Premium AXA
  6. Menyelamatkan Dana Jiwasraya
  7. Asuransi Jiwa Dalam Mata Uang USD
  8. Kejagung: Sitaan aset terdakwa kasus Jiwasraya kembali ke negara
  9. AXA Luncurkan Asuransi dalam Dolar AS, Ini Premi dan Perlindungannya
  10. Nasib Asuransi Bumiputera & Perintah 'Kosong' OJK
  11. OJK Cabut SP3 Bumiputera, Posisi Direksi Sudah Aman?
  12. Sri Mulyani Buka-bukaan soal Suntikan Rp 22 T ke Jiwasraya
  13. Ini Sederet Alasan Negara Rela Suntik Jiwasraya Rp 22 T
  14. Rp 18,4 Triliun Aset Sitaan Kasus Jiwasraya Jadi Milik Negara
  15. Suntikan Rp 22 T ke Jiwasraya, Stafsus Sri Mulyani: Yang Mengatakan Ini "Bail Out", Mungkin Kurang Teliti...
  16. Jiwasraya "Dirampok", KAMI Tolak Jiwasraya Disuntik Dana Negara
  17. Tidak Setuju Suntikan Dana Untuk Jiwasraya, Waketum Gelora: Jangan Tolong BUMN Korup!
  18. Perkumpulan Pemegang Polis Wanaartha Life Mengajukan Surat Ke Mahkamah Agung
  19. AXA Luncurkan Produk Asuransi untuk Kalangan Berdolar
  20. Pemerintah Suntik Rp22 Triliun untuk Selamatkan Jiwasraya

INDUSTRI & ASURANSI

Hasil Sitaan Diserahkan Ke Negara

Kejagung memastikan hasil sitaan dari para terdakwa kasus dugaan korupsi penempatan dana investasi milik PT Asuransi Jiwasraya nilainya mencapai Rp18,4 triliun akan dikembalikan kepada negara. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengatakan bahwa aset para terdakwa itu dikembalikan dalam bentuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Saat ini Kejagung menghentikan terlebih dahulu penyitaan aset mengingat sitaan tersebut telah melebihi catatan kerugian negara dalam kasus Jiwasraya yang dikeluarkan oleh BPK senilai Rp16,8 triliun.

Bisnis Indonesia / 07-10-2020 Hal. 8

OJK Cabut Peringatan Ketiga

OJK menyatakan telah mencabut surat peringatan ketiga terhadap AJB Bumiputera 1912 setelah menerima calon nama direksi untuk mengikuti tes kepatutan. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) II OJK Moch. Ihsanuddin menjelaskan bahwa manajemen Bumiputera telah mengajukan dua orang direksi untuk diuji kelayakan oleh otoritas. Pengajuan nama itu sudah ditangani oleh Deputi Pengawas IKNB I yang membidangi kelembagaan. Proses itu pun membuat Bumiputera lepas dari jeratan sanksi SP3 di pengujung tenggat waktu pemenuhan syaratnya.

Bisnis Indonesia / 07-10-2020 Hal. 15

Kejagung: Sitaan Aset Terdakwa Kasus Jiwasraya Kembali Ke Negara

Kejagung menyatakan hasil sitaan aset para terdakwa kasus dugaan korupsi dan pencucian uang PT Asuransi Jiwasraya (persero) sebesar Rp18,4 triliun akan dikembalikan kepada negara dalam bentuk penerimaan bukan pajak (PNBP). Sebelum dikembalikan kepada negara, barang sitaan tersebut masih harus ditentukan nasibnya dalam proses pengadilan. Kini Kejagung dikatakannya menghentikan penyitaan aset karena barang yang disita telah melebihi catatan kerugian negara senilai Rp16,8 triliun.

Investor Daily / 07-10-2020 Hal. 13

Prudential Dorong Penguatan Literasi Anak

Prudential Indonesia mendorong penguatan literasi lebih dari 200 ribu anak di Indonesia, melalui kolaborasi dengan Kemendikbud, Unicef dan Prestasi Junior Indonesia (PJI), serta berbagai pihak lainnya. President Director Prudential Indonesia Jens Reisch menyampaikan, Pendidikan menjadi salah satu pilar penting yang menjadi komitmen perseroan dalam pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya menguatkan literasi anak sejak dini melalui dua program besar; dukungan Pendidikan berkolaborasi dengan Unicef dan program bersama Cha-Ching bersama PJI.

Investor Daily / 07-10-2020 Hal. 23

Produk Premium AXA

AXA Financial Indonesia menerbitkan produk Maestro Infinite Protection yang menyasar kalangan menengah atas. Produk ini memfasilitasi nasabah yang ingin mendiversifikasikan kekayaan keluarga dalam mata uang dollar Amerika Serikat. Produk ini ditawarkan dengan premi mulai dari US$3.600 per tahun dengan perlindungan jiwa mulai US$100.000. produk ini solusi asuransi jiwa seumur hidup dilengkapi dengan manfaat dana tunai dan solusi investasi. Fitur dari produk terbaru ini kepastian perlingan jiwa dan kecelakaan hingga 100 tahun dan manfaat dana tunai saat usia pensiun 65 tahun.

Kontan / 07-10-2020 Hal. 10

Menyelamatkan Dana Jiwasraya

Keputusan pemerintah untuk bailout Jiwasraya Rp22 triliun menimbulkan pro-kontra di masyarakat. Apabila negara melakukan penjualan aset, akan ada dua kemungkinan; negara menjual rugi atau menjual untung aset tersebut. Ambil contih salah satu aset terbesar Jiwasraya di PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), nilai buku emiten ini Rp186 per saham-tiga kali lipat dari harga pasar sekarang. Artinya harga wajar ELTY mendekati Rp186 saat pandemic dan bisa diatas Rp372 saat normal. Jadi pemerintah seharusnya bisa menjual saham tersebut 7,5 kali lipat dari harga pasar.

Kontan / 07-10-2020 Hal. 15

Asuransi Jiwa Dalam Mata Uang USD

AXA Financial Indonesia meluncurkan Maestro Infinite Protection, asuransi jiwa untuk diversifikasi kekayaan keluarga dan warisan dalam mata uang dolar Amerika Serikat. Direktur Utama AXA Financial Indonesia Niharika Yadav mengatakan, produk ini merupakan solusi asuransi jiwa seumur hidup komprehensif yang dilengkapi manfaat dana tunai dan solusi investasi tepat, sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi nasabah karena terjamin masa depan keluarga.

Warta Kota / 07-10-2020 Hal. 6

Kejagung: Sitaan aset terdakwa kasus Jiwasraya kembali ke negara

Kejagung menyatakan hasil sitaan aset para terdakwa kasus dugaan korupsi dan pencucian uang PT Asuransi Jiwasraya (persero) sebesar Rp18,4 triliun akan dikembalikan kepada negara dalam bentuk penerimaan bukan pajak (PNBP). Sebelum dikembalikan kepada negara, barang sitaan tersebut masih harus ditentukan nasibnya dalam proses pengadilan. Kini Kejagung dikatakannya menghentikan penyitaan aset karena barang yang disita telah melebihi catatan kerugian negara senilai Rp16,8 triliun.

Antaranews.com / 06-10-2020

AXA Luncurkan Asuransi dalam Dolar AS, Ini Premi dan Perlindungannya

PT AXA Financial Indonesia bagian dari AXA Group, meluncurkan Maestro Infinite Protection yang kini tersedia dalam mata uang dolar AS. Niharika Yadav, Direktur Utama AXA Financial Indonesia, berujar produk ini diharapkan memberikan keleluasaan nasabah kelas menengah atas asuransi jiwa yang komprehensif untuk diversifikasi kekayaan untuk membantu keluarga mencapai tujuan finansial jangka dalam mata uang yang kuat dan stabil. Premi mulai dari US$3.600 per tahun dan perlindungan jiwa mulai US$100.000.

Bisnis.com / 06-10-2020

Nasib Asuransi Bumiputera & Perintah ‘Kosong’ OJK

Manajemen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera memilih mengabaikan perintah tertulis No. S-13/D.05/2020 yang diterbitkan OJK pada 16 April 2020 lalu. Perintah tertulis dari OJK ini sendiri memberi tenggat hingga 30 September 2020 bagi organ Rapat Umum Anggota (RUA) untuk melakukan sidang luar biasa menentukan nasib perusahaan. Sidang ini menentukan apakah nasabah yang juga pemilik perusahaan dalam bentuk usaha bersama memilih melanjutkan atau melikuidasi Asuransi Bumiputera.

Bisnis.com / 06-10-2020

OJK Cabut SP3 Bumiputera, Posisi Direksi Sudah Aman?

OJK mencabut surat peringatan ketiga terhadap AJB Bumiputera 1912 seiring adanya pengajuan uji kelayakan atau fit and proper test direksi. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) II OJK Moch. Ihsanuddin menjelaskan bahwa manajemen Bumiputera telah mengajukan dua orang direksi untuk diuji kelayakan oleh otoritas. Pengajuan nama itu sudah ditangani oleh Deputi Pengawas IKNB I yang membidangi kelembagaan. Proses itu pun membuat Bumiputera lepas dari jeratan sanksi SP3 di penghujung tenggat pemenuhan syaratnya.

Bisnis.com / 06-10-2020

Sri Mulyani Buka-bukaan soal Suntikan Rp 22 T ke Jiwasraya

Pemerintah melalui Kementerian BUMN akhirnya memilih skema penyuntikan modal Rp 22 triliun untuk menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Menteri Keuangan Sri mulyani Indrawati mengatakan benar adanya PMN sebesar Rp 20 triliun kepada Bahana. Namun, bantuan yang diberikan ini tidak sepenuhnya untuk membantu masalah yang ada di Jiwasraya. Sebab, anggaran itu diberikan terutama untuk menyelesaikan masalah yang menimpa nasabah tradisional. Ia pun memastikan, penggunaan anggaran PMN akan tetap diawasi melalui publik dengan Kejagung.

Cnbcindonesia.com / 06-10-2020

Ini Sederet Alasan Negara Rela Suntik Jiwasraya Rp 22 T

Manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menegaskan program penyelamatan polis akan menyelamatkan pemegang polis Jiwasraya, khususnya yang mengikuti program pensiun. Hexana Tri Sasongko, Direktur Utama Jiwasraya mengatakan jika peserta program pensiunan Jiwasraya itu ada yang Yayasan Guru dengan peserta 9.000, jika tidak ada program penyelamatan polis, mereka akan sangat terdampak. Arya Sinulingga Stafsus Menteri BUMN mengatakan penyelamatan polis melalui PMN adalah suntikan bail in suntikan pemegang saham bukan bail out dana talangan.

Cnbcindonesia.com / 06-10-2020

Rp 18,4 Triliun Aset Sitaan Kasus Jiwasraya Jadi Milik Negara

Pakar hukum pidana dari Universitas Parahyangan, Agustinus Pohan memperkirakan, pengembalian kerugian negara dari kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan kurang dari satu tahun. Aset dari tangan para koruptor itu nilai mencapai Rp 18,4 triliun. Menurutnya, kasus korupsi merupakan perkara prioritas dalam proses peradilan, terlebih kasus Jiwasraya yang memang menjadi perhatian publik dan merugikan banyak pihak, sehinggga proses peradilan hingga mencapai inkrah akan kurang dari setahun.

Jawapos.com / 06-10-2020

Suntikan Rp 22 T ke Jiwasraya, Stafsus Sri Mulyani: Yang Mengatakan Ini “Bail Out”, Mungkin Kurang Teliti…

Staf Khusus Menteri Keuangan bidang Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi, Masyita Crystallin, membantah bahwa suntikan Rp 22 triliun tersebut merupakan bail-out. Dia menjelaskan, yang mengatakan ini adalah bail-out, mohon maaf, mungkin kurang teliti dalam menyimak. Dalam hal ini yang dilakukan adalah bail in, pemerintah sebagai pemilik modal melakukan PMN ke PT BPUI untuk menyelesaikan persoalan Jiwasraya.

Kompas.com / 06-10-2020

Jiwasraya “Dirampok”, KAMI Tolak Jiwasraya Disuntik Dana Negara

Koordinator Komite Sosial Ekonomi KAMI, M Said Didu mengatakan KAMI menolak keras penggunaan uang rakyat lewat PMN melalui BUMN untuk menutupi kerugian perampokan PT Asuransi Jiwasraya setidaknya ada 6 alasan yang mendasari penolakan KAMI terhadap PMN sebesar Rp 22 triliun untuk menalangi kerugian di kasus PT Asuransi Jiwasraya. Menurutnya, Dari fakta-fakta tersebut KAMI berkeyakinan bahwa kerugian puluhan triliun rupiah di PT Jiwasraya adalah “perampokan” yang berlangsung secara terencana dan sistematis dengan melibatkan banyak pihak.

Minangkabaunews.com / 06-10-2020

Tidak Setuju Suntikan Dana Untuk Jiwasraya, Waketum Gelora: Jangan Tolong BUMN Korup!

Waketum Partai Gelora Indonesia, Fahri Hamzah menyoroti rencana pemerintah untuk memberikan suntikan dana segar senilai total Rp 22 triliun untuk penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada 2021. Menurutnya rencana tersebut dapat membuat kolaps keuangan negara yang sedang masuk jurang Resesi ekonomi akibat penanganan pandemi covid 19. Fahri berpendapat, lebih baik Jiwasraya dibiarkan bangkrut dan tidak perlu untuk diselamatkan. Pasalnya, Jiwasraya merupakan BUMN korup yang menjadi di tempat para penguasa dan pejabat melakukan perampokan uang negara.

Nkriku.com / 06-10-2020

Perkumpulan Pemegang Polis Wanaartha Life Mengajukan Surat Ke Mahkamah Agung

Perkumpulan Pemegang Polis Wanaartha Life (P3W) telah mengajukan surat ke Mahkamah Agung (MA) pada hari Juma’t (2/10). Adapun kedua surat yang telah diajukan itu berisi permohonan kepada Majelis Hakim agar barang bukti sitaan Sub Rekening Efek (SRE) Wanaartha Life dikembalikan, dikarenakan di dalam SRE yang telah disita dan dijadikan barang bukti adalah uangnya para nasabah Wanaartha Life dan uang itu bukanlah uang dari hasil korupsi dan juga bukannya uang Jiwasraya.

Pewarta-indonesia.com / 06-10-2020

AXA Luncurkan Produk Asuransi untuk Kalangan Berdolar

AXA Financial Indonesia meluncurkan Maestro Infinite Protection, asuransi jiwa yang komprehensif untuk diversifikasi kekayaan yang dapat membantu keluarga mencapai tujuan finansial jangka panjang dalam mata uang yang kuat dan stabil. Maestro Infinite Protection kini tersedia dalam dolar ASdengan premi mulai dari USD3.600 per tahun dengan perlindungan jiwa mulai USD 100.000.  Produk ini merupakan solusi asuransi jiwa seumur hidup yang komprehensif, yang dilengkapi dengan manfaat dana tunai dan solusi investasi yang tepat.

Sindonews.com / 06-10-2020

Pemerintah Suntik Rp22 Triliun untuk Selamatkan Jiwasraya

Pemerintah akan menggelontorkan dana Rp22 Triliun untuk menyelamatkan asuransi Jiwasraya dan membayar kewajibannya kepada para pemegang polis. Arya Sinulingga Stafsus Menteri BUMN mengatakan, skema suntikan modal negara ini disebut bail-in karena saham Jiwasraya dimiliki sepenuhnya oleh negara. Dijelaskannya, sebelumnya pemerintah telah menyiapkan tiga opsi penyelamatan asuransi jiwa yakni pembubaran/likuidasi, bail-out dan bail-in.

Voaindonesia.com / 06-10-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.735

IHSG (per 6 September  2020)

   4.999,22

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Warta Kota, Antaranews.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Jawapos.com, Kompas.com, Minangkabaunews.com, Nkriku.com, Pewarta-indonesia.com, Sindonews.com, Voaindonesia.com.

DOWNLOAD PDF