AAJI Daily News - 7 Agustus 2020


Tanggal terbit (07 / 08 / 2020)

Jumat, 7 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Jiwasraya Perlu Komitmen Pemerintah
  2. Saksi Jiwasraya Keberatan Atas Pemblokiran dan Penyitaan Rekening Efek
  3. PRUCekatan Bisa Didapat Secara Online
  4. Naik Kelas dan Langsung Juara
  5. Mengukir Prestasi Lebih Tinggi
  6. Apresiasi Lebih Tinggi untuk 10 Perusahaan Asuransi
  7. Mengukur Kinerja Perusahaan Asuransi
  8. Strategi Allianz Hadapi Krisis Akibat Pandemi
  9. Kanal Pelayanan Digital Kian Berdaya Guna
  10. Saksi Jiwasraya Keberatan Atas Pemblokiran dan Penyitaan Rekening Efek
  11. Demutualisasi, Asa Terakhir Selamatkan Bumiputera
  12. VIDEO: Saksi Berbelit, Ketua Hakim Kasus Jiwasraya Marah
  13. Merasa Ditipu Puluhan Miliar Oleh Kresna Life, Anggota DPRD DKI Ini Minta OJK dan PPATK Ikut Bertangung Jawab
  14. Penyelesaian Pembayaran Polis Kresna Life Sampai 2026
  15. Rekening Diblokir Imbas Kasus Jiwasraya, Saksi Minta Dikembalikan
  16. Saham Tiga Emiten yang Terseret Kasus Jiwasraya Terancam Delisting
  17. Pengawasan Keuangan Bermasalah, ISPI Laporkan 6 Pejabat Tinggi OJK Ke Ombusman
  18. Jiwasraya tunggu kepastian pendanaan untuk restrukturisasi polis nasabah
  19. Saksi Kasus Jiwasraya Protes Kejagung Sita dan Kosongkan Rekening Miliknya
  20. Bumiputra Cabang Purbalingga Pastikan Klaim Nasabah akan Tetap Dibayarkan
  21. BNI Life Cairkan Klaim Kepada Ahli Waris Nasabah Meninggal Karena Covid-19

INDUSTRI & ASURANSI

Jiwasraya Perlu Komitmen Pemerintah

Restrukturisasi polis Jiwasraya direncanakan segera dimulai pada Agustus 2020. Namun, Jiwasraya baru menyampaikan rencana tersebut ke nasabah korporasi. Direktur Utama Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko mengatakan, sementara untuk nasabah JS Saving Plan masih menunggu komitmen pemegang saham terkait besarnya dana dukungan restrukturisasi. Pemegang saham yang dimaksud adalah pemerintah.

Kontan / 07-08-2020 Hal. 10

Saksi Jiwasraya Keberatan Atas Pemblokiran dan Penyitaan Rekening Efek

Sejumlah saksi yang dihadirkan JPU dalam sidang lanjutan perkara dugaan pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (5/8). Mereka meyakini rekening tersebut tidak terkait dengan perkara korupsi di Jiwasraya. Keberataan salah satunya disampaikan Vice President PT Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Susanto. Ia mengaku memiliki 10 rekening efek yang tercatat atas SID dan 7 diantaranya dikelola sendiri. Ketika diperiksa Kejagung, Anne mengaku telah memohon agar rekening efek yang benar-benar miliknya dikembalikan.

Suara Pembaruan / 07-08-2020 Hal. 4

PRUCekatan Bisa Didapat Secara Online

PT Prudential Life Assurance telah mendapatkan izin dari OJK untuk melakukan pemasaran produk asuransi unit link secara tatap muka virtual. Prudential pun meluncurkan produk PRUCekatan yang singkatan dari Cepat Tanpa Harus Bedekatan. Dengan PRUCekatan, nasabah dan calon nasabah dapat berkonsultasi dengan tenaga pemasar terkait kebutuhan asuransinya dan melakukan pengajuan asuransi jiwa.

Marketeers / Ed July 2020 Hal. 100

Naik Kelas dan Langsung Juara

Asuransi BRI Life menorehkan catatan manis dalam “Rating 105 Asuransi Versi Infobank 2020”. Raihan total skor 95,01% menjadikan BRI Life layak meraih predikat “sangat bagus”. Capaian ini sekaligus menempatkan BRI Life sebagai juara di kelas perusahaan asuransi jiwa berpremi bruto Rp5 triliun ke atas atau kelas teratas dalam rating ini. Kinerja BRI Life pada 2019 ditopang oleh bisnis bancassurance, micro insurance, dan agency yang mulai menunjukkan kinerja positif setelah manajemen melakukan pembenahan serta peremajaan agen-agen yang jumlahnya hampir 2.000 orang.

Infobank / Ed August 2020 Hal. 34-35

Mengukir Prestasi Lebih Tinggi

Dalam rating asuransi versi Infobank, Asuransi Jiwa Taspen berhasil mendapat predikat “sangat bagus”. Berdasarkan data Biro Riset Infobank (birl), kinerja keuangan Asuransi Jiwa Taspen membiru tahun lalu. Pendapatan premi brutonya mengembang 174,98% menjadi Rp1,45 triliun dari Rp528,12 miliar pada 2018. Tahun ini, meski menghadapi tantangan berupa pandemic Covid-19, Asuransi Jiwa Taspen tetap berusaha menumbuhkan bisnisnya dengan tetap memaksimalkan saluran distribusi yang ada seperti agen pemasaran, kantor pemasaran, Taspenssurance dan bancassurance.

Infobank / Ed August 2020 Hal. 36-37

Apresiasi Lebih Tinggi untuk 10 Perusahaan Asuransi

Sepuluh perusahaan asuransi sangat pantas mendapat apresiasi lebih karena mampu mencetak kinerja menawan selama 5 dan 10 tahun tanpa putus. Dan pada rating asuransi veri Infobank, kesepuluh perusahaan itu selalu mendapat predikat “sangat bagus”. Adapun di kelompok perusahaan asuransi umum, predikat “sangat bagus” selama 10 tahun beruntut diraih MSIG Indonesia, BRINS General Insurance, Asuransi Umum BCA dan Asuransi Dayin Mitra.

Infobank / Ed August 2020 Hal. 50

Mengukur Kinerja Perusahaan Asuransi

Untuk melihat bagaimana kinerja industri asuransi, Biro Riset Infoban kembali membuat laporan tentang industri asuransi bertajuk “Rating 105 Asuransi Versi Infobank 2020” dengan kriteria: risk based capital, likuiditas, rasio aset yang diperkenankan terhadap total aset , rasio kecukupan investasi dengan rasio terbaik sama dengan atau diatas 100%, pertumbuhan premi bruto, rasio pendapatan premi bruto terhadap modal sendiri, rasio perimbangan hasil investasi terhadap pendapatan premi neto, beban usaha dan komisi neto terhadap pendapatan premi neto, rasio laba/rugi.

Infobank / Ed August 2020 Hal. 23-27

Strategi Allianz Hadapi Krisis Akibat Pandemi

Merespons berbagai tantangan perubahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19, Allianz Indonesia menempatkan kepedulian dan inovasi sebagai prioritas utama. Hal tersebut diwujudkan dalam tiga langkah utama, yaitu memastikan keamanan dan kesehatan karyawan, memastikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan mitra bisnis, serta tetap melakukan akselerasi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Marketing / Ed August 2020 Hal. 11

Kanal Pelayanan Digital Kian Berdaya Guna

Di masa PSBB, Allianz tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh nasabahnya, antara lain dengan mengoptimalkan kanal layanan digital. Meski begitu, Allianz perlahan mulai “menormalkan” pelayanan di kantor. Untuk nasabah yang ingin dilayani secara konvensional, Allianz secara ketat menerapkan protokol kesehatan dan keamanan nasabah maupun customer service. Sementara untuk pelayanan digital, Allianz menyediakan channel berupa Allianz eAZy Cover, Allianz eAZy Connect, Allianz eAZy Payment, dan Allianz Center.

Marketing / Ed August 2020 Hal. 30-31

Saksi Jiwasraya Keberatan Atas Pemblokiran dan Penyitaan Rekening Efek

Sejumlah saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang lanjutan perkara dugaan pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (5/8). Mereka meyakini rekening tersebut tidak terkait dengan perkara rasuah di perusahaan pelat merah tersebut. Keberataan ini salah satunya disampaikan Vice President PT Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Sutanto.

Beritasatu.com / 06-08-2020

Demutualisasi, Asa Terakhir Selamatkan Bumiputera

AJB Bumiputera adalah asuransi pilihan utama untuk menyiapkan biaya bagi para guru dan pegawai yang populer pada 1990-2000. Seiring perubahan sosial politik dan krisis ekonomi, perusahaan ini mengalami masalah yang serius. Usai krisis 1998, perusahaan menghadapi masalah yang sangat serius yaitu solvabilitas. Namun masalah intinya adalah perusahaan melakukan investasi pada aset yang bermasalah. Masalahnya sudah terlalu berat. Harus ada external fresh money. Harapan paling realistis dan satu-satunya bagi nasabah yaitu de-mutualisasi.

Bisnis.com / 06-08-2020

VIDEO: Saksi Berbelit, Ketua Hakim Kasus Jiwasraya Marah

Rosmina, hakim ketua sidang kasus korupsi jiwasraya dengan terdakwa Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat, marah di tengah pemeriksaan kesaksian Alwi Halim, direktur PT Lotus Andalan Sekuritas. Geramnya Rosmina ini dikarenakan jawaban saksi mengenai aliran dana sekitar 40 miliar rupiah yang masuk ke rekening Alwi terkait dengan kasus ini, dianggap tidak jelas. Alwi pun meminta maaf atas jawaban yang memicu kemarahan hakim tersebut.

Cnnindonesia.com / 06-08-2020

Merasa Ditipu Puluhan Miliar Oleh Kresna Life, Anggota DPRD DKI Ini Minta OJK dan PPATK Ikut Bertangung Jawab

Menurut anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, Inggard Joshua, saat ini dirinya merasa sudah ditipu oleh Ansuransi Kresna Life hingga Rp80 miliar. Pihaknya pun mempertanyakan fungsi tugas OJK dan PPATK yang terkesan diam ketika ada perusahaan ansuransi yang tidak bisa membayar klaim nasabahnya. Inggard mengatakan, dirinya berkeyakinan sebelum menjalankan usaha pembiayaan ansuransi pihak Asuransi Kresna Life mendapat persetujuan OJK. Oleh karenanya pihak OJK harus ikut bertanggungjawab ketika Ansuransi Kresna Life tidak bisa membayar klaim nasabahnya.

Harianterbit.com / 06-08-2020

Penyelesaian Pembayaran Polis Kresna Life Sampai 2026

PT Asuransi Jiwa Kresna menyampaikan rencana skema penyelesaian pembayaran polis kepada para nasabah, dengan ketentuan semakin besar nominal premi maka semakin lama pula pembayaran tunggakan bisa selesai. Menanggapi skema tersebut, nasabah merasa dirugikan karena skema tidak menyertakan bunga, hanya dana pokok yang dibayarkan hingga tenggat paling lama tahun 2026. Pada tahap awal, Kresna Life membayarkan Rp 50 juta kepada setiap kategori nominal polis. Dilanjutkan pembayaran sisa tunggakan yang akan dimulai April 2021 sampai dengan Januari 2026.

Investor.id / 06-08-2020

Rekening Diblokir Imbas Kasus Jiwasraya, Saksi Minta Dikembalikan

Vice President PT Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Sutanto menyesalkan rekening miliknya turut disita dan diblokir oleh Kejaksaan Agung. Dia berdalih, rekening bernilai ratusan miliar yang disita sama sekali tidak terkait dengan perkara Jiwasraya. Anne mengaku, memiliki 10 rekening yang tercatat dalam satu Single Investor Identification (SID). Menurutnya, dari 10 rekening tersebut, tujuh di antaranya dia kelola sendiri. Oleh karena itu, Anne mengaku telah memohon agar rekening efek miliknya dikembalikan. Dia pun menolak Kejagung menyita rekeningnya.

Jawapos.com / 06-08-2020

Saham Tiga Emiten yang Terseret Kasus Jiwasraya Terancam Delisting

Saham tiga perusahaan yang memiliki afiliasi dengan terdakwa kasus Asuransi Jiwasraya (Persero), Heru Hidayat, terancam delisting atau penghapusan pencatatan saham secara paksa oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain terkait dengan kasus Jiwasraya, ketiga saham ini juga masuk dalam portofolio Asuransi Asabri. Ketiga saham tersebut yaitu Inti Agri Resources Tbk. (IIKP), Trada Alam Minera Tbk (TRAM), dan SMR Utama Tbk (SMRU).

Katadata.co.id / 06-08-2020

Pengawasan Keuangan Bermasalah, ISPI Laporkan 6 Pejabat Tinggi OJK Ke Ombusman

Direktur Utama Indonesian Of Social Political Institute, Deni Iskandar menilai, kinerja pengawasan keuangan negara yang dilakukan OJK di sektor swasta dan pemerintahan sangat layak dipertanyakan oleh publik. Dalam menyikapi hal tersebut, Indonesian Of Social Political Institute (ISPI) tambah Deni, telah melaporkan semua oknum-oknum pejabat OJK ke Ombudsman, yang diduga telah melakukan pembiaran atas adanya permasalahan finansial dan management internal, pada perusahaan asuransi Jiwasraya milik Kementerian BUMN itu, sebelum terjadinya skandal korupsi.

Kicaunews.com / 06-08-2020

Jiwasraya tunggu kepastian pendanaan untuk restrukturisasi polis nasabah

Restrukturisasi polis Jiwasraya direncanakan segera dimulai Agustus 2020. Namun hingga saat ini, Jiwasraya mengaku baru menyampaikan rencana restrukturisasi tersebut ke nasabah korporasi. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menjelaskan, komitmen dana tersebut untuk memastikan skenario restrukturisasi polis mana yang lebih dulu dijalankan. Sebab, restrukturisasi produk baru terdapat fitur installment atau pembayaran bertahap.

Kontan.co.id / 06-08-2020

Saksi Kasus Jiwasraya Protes Kejagung Sita dan Kosongkan Rekening Miliknya

Vice President PT Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Sutanto yang dihadirkan sebagai saksi dalam perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengajukan keberatan atas langkah Kejaksaan Agung (Kejagung) yang menyita dan memblokir rekening perusahannya. Pasalnya, menurut Anne, rekening bernilai ratusan miliar yang disita itu sama sekali tidak terkait dengan perkara Jiwasraya. Ketika disidik oleh Kejaksaan Agung terkait kasus ini, Anne mengaku telah memohon agar rekening efek yang benar-benar miliknya dikembalikan.

Liputan6.com / 06-08-2020

Bumiputra Cabang Purbalingga Pastikan Klaim Nasabah akan Tetap Dibayarkan

Kepala Cabang Bumiputra Purbalingga Budi Iwan Satrio memastikan klaim nasabah AJB Bumiputra wilayah Purbalingga akan tetap di bayarkan. Hanya saja, Kata Iwan, dalam hal ini nasabah harus mau bersabar, dan pihaknya juga tidak bisa memastikan kapan waktu pencairan karena harus tunggu antrian. Iwan menjelaskan, selama ini pencairan klaim nasabah AJB Bumiputra Cabang Purbalingga masih terus dilakukan, kendati tidak sesuai dengan jadwal.

Pikiran-rakyat.com / 06-08-2020

BNI Life Cairkan Klaim Kepada Ahli Waris Nasabah Meninggal Karena Covid-19

PT BNI Life Insurance (BNI Life) menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan yang optimal dan terbaik kepada para nasabahnya. BNI Life melakukan penyerahan klaim secara simbolis kepada 2 ahli waris sebesar Rp.735 juta dari nasabah yang meninggal karena Covid-19, penyerahan santunan ini diserahkan langsung oleh Neny Asriani Direktur Bisnis BNI Life kepada M Ghana Mahendra dan Yonna Fitrica (2 anak) dari nasabah di Jakarta pada Rabu (5/8).

Topbusiness.id / 06-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.585

IHSG (per 6 Agustus 2020)

   5.178,27

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Kontan, Suara Pembaruan, Marketeers, Infobank, Marketing, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Harianterbit.com, Investor.id, Jawapos.com, Katadata.co.id, Kicaunews.com, Kontan.co.id,  Liputan6.com, Pikiran-rakyat.com, Swa.co.id, Tempo.co, Topbusiness.id.

DOWNLOAD PDF