AAJI Daily News - 11 Maret 2020


Tanggal terbit (11 / 03 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

 Rabu, 11 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Nasabah Jiwasraya Tuntut Realisasi Janji Bayar Klaim
  2. Kementrian BUMN Siapkan Penjualan Aset Jiwasraya
  3. Setelah Bahana Resmi Menjadi Induk Usaha Asuransi
  4. Jaksa Agung Bidik Tersangka Baru Korupsi Jiwasraya
  5. 5 Terpopuler Finansial, Jiwasraya Jual Citos hingga Rp3 Triliun dan DPR Minta Iuran BPJS Kesehatan Dikembalikan
  6. Selamatkan Jiwasraya, BUMN Kaji Bentuk Holding Asuransi
  7. Negara Gagal Hadir dalam Kisruh Bayar Jiwasraya
  8. Melihat Asuransi sebagai Pengalaman Hidup Tanpa Batas Bersama Sheila On 7 dan FWD
  9. Sun Life Syariah Gandeng Baitul Wakaf
  10. Sun Life Lirik Wakaf Tunjang Kemandirian Pangan
  11. Usut Korupsi Jiwasraya, Kejagung Periksa 6 Tersangka dan 27 Saksi
  12. Optimalkan Potensi Dana Wakaf, Sun Life Gandeng Wakaf Al-Azhar dan Baitul Wakaf
  13. Sun Life Jalin Kerja Sama dengan Baitul Wakaf dan Wakaf Al-Azhar
  14. BNI Life Raih Top Digital Company Award 2020
  15. BNI Life Raih Top Digital Company Award 2020
  16. Asuransi Jiwa Nasional Bidik Dana Rp 200 Miliar - Rencanakan Go Publik

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Jiwasraya Tuntut Realisasi Janji Bayar Klaim

Nasabah PT Asuransi Jiwasraya berharap pemerintah dan DPR segera merealisasikan pembayaran tunggakan klaim secepatnya sesuai yang dijanjikan Kementerian BUMN. "Lebih cepat lebih bagus karena kami sudah menunggu 1 tahun 6 bulan tidak ada kabar berita. Sekarang, sudah dapat angin segar akan dibayar sesuai janji Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) saat rapat Panja pertama Januari 2020. Pak Erick Thohir juga sudah menjanjikan akhir Maret 2020," kata salah seorang nasabah PT Asuransi Jiwasraya, Machril. Ia mengapresiasi Panja Jiwasraya DPR yang telah bekerja keras untuk membela nasabah. Untuk membayar klaim, nasabah merupakan prioritas pertama kemudian persetujuan penjualan aset. Pada Senin, 9 Maret 2020, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan sudah menyiapkan skema dan dana pembayaran untuk Jiwasraya pada bulan Maret 2020, jika telah mendapatkan persetujuan dari Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya DPR RI.

Koran Jakarta / 11-03-2020 Hal. 5

Kementrian BUMN Siapkan Penjualan Aset Jiwasraya

Kementerian BUMN memetakan aset-aset properti potensial milik PT Asuransi Jiwasraya yang bisa segera dijual kepada investor. “Sumber pambayaran itu dari efisiensi dan mekanisme bisnis Jiwasraya. Kami perkirakan cukup untuk menutup kebutuhan tahap pertama,” kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Salah satu aset yang akan dilepas adalah Cilandak Town Square yang nilainya kurang lebih Rp2-3 triliun. Aset Jiwasraya ini tercatat dikerjasamakan dengan PT Graha Megaria Raya melalui perjanjian penyewaarn tanah-bangun-kelola-serahkan selama 20 tahun hingga 30 November 2022. Hari ini, 11 Maret 2020, Menteri BUMN Erick Thohir akan menggelar rapat tentang Jiwasraya. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pembayaran kewajiban tahap pertama nasabah Jiwasraya lebih dulu ditujukan kepada nasabah pemegang polis tradisional. Jumlahnya sekitar Rp401,1 miliar dan akan diberikan kepada 3.587 pemegang polis.

Koran Tempo / 11-03-2020 Hal. 2

Setelah Bahana Resmi Menjadi Induk Usaha Asuransi

PT Bahana Pembiayaan Usaha Indonesia (BPUI) resmi menjadi induk usaha (holding) perusahaan BUMN di bidang keuangan dan investasi. Adapun anggota holding, yakni PT Jasa Raharja, PT Asuransi Jasa Indonesia, PT Asuransi Kredit Indonesia, dan PT Jamkrindo terus mempersiapkan diri sembari menunggu teknis penggabungan serta operasional holding. “Kami masih menunggu ketentuan terkait dengan operasional seperti penyetoran modal dan lainnya,” kata Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo. Seluruh rangkaian pembentukan holding ini masuk dalam skema utama penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya. Saat ini, jumlah tunggakan klaim Jiwasraya kepada nasabah mencapai Rp16 triliun. Adapun kebutuhan penambahan modal untuk memenuhi RBC melonjak menjadi 120 persen sebesar Rp28 triliun. 

Koran Tempo / 11-03-2020 Hal. 4

Jaksa Agung Bidik Tersangka Baru Korupsi Jiwasraya

Kejaksaan Agung membuka peluang menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. “Yang pasti ada tersangka baru, kami kembangkan dulu,” kata Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. Senin lalu, Kejaksaan Agung sudah merampungkan tiga berkas tersangka dan melimpahkannya ke penuntut umum. Menurut hitungan BPK, total kerugian negara yang diakibatkan dugaan korupssi Jiwasraya ialah sebesar Rp16,9 triliun. Total aset yang sudah disita Kejaksaan Agung sebesar Rp13,1 triliun, kata Ketua BPK Agung Firman Sampurna.

Koran Tempo / 11-03-2020 Hal. 5

5 Terpopuler Finansial, Jiwasraya Jual Citos hingga Rp3 Triliun dan DPR Minta Iuran BPJS Kesehatan Dikembalikan

Terdapat lima berita terpopuler finansial, diantaranya: PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menjual Cilandak Town Square atau Citos dalam waktu dekat, Kementerian Keuangan belum menentukan sikap terkait putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan kenaikan iuran BPJS per 1 Januari 2020, Aset yang dimiliki PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menjadi perhatian, PT CIMB Niaga Auto Finance meluncurkan penggunaan logo baru menjadi CIMB Niaga Finance dan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dewi Aryani menyatakan pemerintah wajib mengembalikan iuran BPJS Kesehatan.

Bisnis.com / 10-03-2020

Selamatkan Jiwasraya, BUMN Kaji Bentuk Holding Asuransi

Kementerian BUMN mengaku tengah mengkaji berbagai skema penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan panitia kerja (panja) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi VI dan Komisi XI. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menuturkan sub holding asuransi tersebut berpeluang untuk membeli aset Jiwasraya.

Cnnindonesia.com / 10-03-2020

Negara Gagal Hadir dalam Kisruh Bayar Jiwasraya

Dalam kasus Jiwasraya, masyarakat bisa jadi melihat negara gagal melindungi rakyatnya dalam berinvestasi. Bagi penulis, revaluasi aset Jiwasraya hanya untuk dapat menyelesaikan solvabilitas namun tidak menyelesaikan kebutuhan likuiditas produk Saving Plan. Oleh karena itu, pemerintah bersama DPR harus bersikap ekstra hati hati dalam memutuskan opsi pembayaran yang direncanakan akhir Maret.

Cnnindonesia.com / 10-03-2020

Melihat Asuransi sebagai Pengalaman Hidup Tanpa Batas Bersama Sheila On 7 dan FWD

FWD melalui FWD Life baru saja menggelar ulang tahun yang ketujuh dengan rangkaian kampanye bertajuk FWD Life Unstoppable Passion. Kampanye ini bertujuan untuk memperkenalkan asuransi dengan pendekatan yang lebih menarik. Melalui FWD Unstoppabel Music bersama Sheila On 7, FWD Life ingin mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

Fimela.com / 10-03-2020

Sun Life Syariah Gandeng Baitul Wakaf

Sun Life Financial Indonesia kembali mengumumkan kerja sama terbaru untuk meningkatkan penghimpunan wakaf melalui wakaf polis asuransi dengan menggandeng Baitul Wakaf selaku nazhir wakaf. Dengan kerja sama ini, diharapkan pertumbuhan dana yang terhimpun melalui wakaf bisa terus meningkat.

Hidayatullah.com / 10-03-2020

Sun Life Lirik Wakaf Tunjang Kemandirian Pangan

Sun Life Financial Indonesia kembali mengumumkan kerjasama terbaru untuk meningkatkan penghimpunan wakaf melalui wakaf polis asuransi dengan menggandeng Baitul Wakaf selaku nazhir wakaf. Dengan kerjasama ini diharapkan pertumbuhan dana yang terhimpun melalui wakaf bisa terus meningkat sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi dan manfaat yang dihasilkan bagi masyarakat juga bisa lebih besar.

Industry.co.id / 10-03-2020

Usut Korupsi Jiwasraya, Kejagung Periksa 6 Tersangka dan 27 Saksi

Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) masih terus mengusut kasus dugaan korupsi pengelolaan dana PT Jiwasraya. Hal itu diketahui dari adanya proses pemeriksaan enam tersangka dan 27 saksi. Adapun tersangka yang diminta keterangan dalam pemeriksaan lanjutan kali ini antara lain, Hendrisman Rahim (HR), Harry Prasetyo (HP), Syahmirwan (SYM), Benny Tjokrosaputro (BT), Heru Hidayat (HH) dan Joko Hartono Tirto (JHT).

Okezone.com / 10-03-2020

Optimalkan Potensi Dana Wakaf, Sun Life Gandeng Wakaf Al-Azhar dan Baitul Wakaf

PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Indonesia) mengumumkan komitmen kerja sama terbarunya bersama dua pengelola aset wakaf (nazhir) terpercaya Wakaf Al-Azhar dan Baitul Wakaf. Sebagai pionir di industri asuransi syariah tanah air, Sun Life berkomiten untuk terus memberikan layanan dan produk asuransi berbasis syariah yang lengkap, serta memfasilitasi masyarakat dalam melakukan ibadah wakaf.

Sindonews.com / 10-03-2020

Sun Life Jalin Kerja Sama dengan Baitul Wakaf dan Wakaf Al-Azhar

Sebagai pionir di industri asuransi syariah tanah air, Sun Life berkomiten untuk terus memberikan layanan dan produk asuransi berbasis syariah yang lengkap, serta memfasilitasi masyarakat dalam melakukan ibadah wakaf.

Sindonews.com / 10-03-2020

BNI Life Raih Top Digital Company Award 2020

PT BNI Life Insurance (BNI Life) berhasil mendapatkan penghargaan Top Digital Company Award 2020 untuk kategori Asuransi Jiwa (total aset Rp 10-20 triliun) di ajang Top Digital Company Award 2020 yang diadakan Majalah Marketing. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bedie Roesnadi, Chief Investment Officer BNI Life di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bedie dalam keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa penghargaan yang diterima BNI Life pada ajang Top Digital Company Award 2020 ini merupakan bentuk keberhasilan BNI Life dalam melakukan transformasi digital khususnya di perindustrian asuransi jiwa berdasarkan Majalah Marketing yang bekerjasama dengan pelaksana riset Survey One dan Frontier Tech. Untuk menerima penghargaan ini BNI Life juga menempuh beberapa prosedur diantaranya kuesioner, presentasi dan wawancara dihadapan para juri independen. “Di samping itu kami juga dapat dijangkau secara dekat melalui akun sosial media BNILIFEID yang selalu memberikan informasi tentang BNI Life termasuk tips dan artikel yang bermanfaat untuk para nasabah setia kami dan masyarakat,” jelas Eben Eser Nainggolan, Direktur Keuangan BNI Life.

Investor.id / 10-03-2020

BNI Life Raih Top Digital Company Award 2020

PT BNI Life Insurance (BNI Life) mendapatkan penghargaan Top Digital Company Award 2020 untuk kategori Asuransi Jiwa, dengan total aset Rp 10-20 triliun, di ajang Top Digital Company Award 2020, yang diadakan Majalah Marketing. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bedie Roesnadi, Chief Investment Officer BNI Life, di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bedie menjelaskan, penghargaan yang diterima BNI Life merupakan bentuk keberhasilan dalam melakukan transformasi digital, khususnya dalam perindustrian asuransi jiwa berdasarkan Majalah Marketing, yang bekerja sama dengan pelaksana riset Survey One dan Frontier Tech. Para auditor mengevaluasi tingkat keberhasilan transformasi digital perusahaan berdasarkan 5 dimensi utama, yaitu Product Awareness, Customer Touchpoints, Organizational Initiatives, Strategic Initiatives & Process Quality.

Suara.com / 10-03-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Asuransi Jiwa Nasional Bidik Dana Rp 200 Miliar - Rencanakan Go Publik

Salah satu perusahaan yang akan menjajal peruntungnya di pasar modal dalam waktu dekat ini adalah PT Asuransi Jiwa Nasional. Direktur Utama Jasa Utama Kapital Sekuritas, Deddy Suganda Widjaja mengatakan sedang mempersiapkan propektus IPO berdasarkan laporan keuangan telah audit periode yang berakhir 31 Oktober 2019. Rencananya, melalui aksi korporasi tersebut akan mengincar dana Rp200 miliar dengan melepas 2 miliar saham atau setara dengan 30% modal ditempatkan disetor penuh.

Neraca.co.id / 10-03-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.352

IHSG (per 10 Maret 2020)

   5.220,83

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Koran Jakarta, Koran Tempo, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Fimela.com, Hidayatullah.com, Industry.co.id, Okezone.com, Sindonews.com, Investor.id, Nerava.co.id, Suara.com.

DOWNLOAD PDF