AAJI Daily News - 4 September 2020


Tanggal terbit (04 / 09 / 2020)

Jumat, 4 September 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. SP AJB Bumiputera Cari Keadilan Lewat Jalur Konstitusional
  2. Allianz Indonesia Gelar Program eAZy di Rumah Aja
  3. Legislator Kuatir Pailit Perusahaan Benny Rugikan Nasabah Jiwasraya
  4. Mantan Dirkeu Heran Jiwasraya Alami Gagal Bayar Pada 2018
  5. Mantan Dirkeu Klaim Heru Hidayat Berniat Bantu Jiwasraya
  6. Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa Dirut PT Treasure Fund Investama
  7. Nasabah Kresna Life Terbelah Soal Skema Pembayaran Polis
  8. Allianz Indonesia Sebut 93 Persen Nasabah Manfaatkan Pengajuan Polis Online
  9. Klaim Segunung! Ini Head to Head Kinerja Jiwasraya-Bumiputera
  10. Wow! PPATK Temukan Aliran Transaksi Jiwasraya Tembus Rp 100 T
  11. Jiwasraya vs Bumiputera, Begini Perbandingan Kinerjanya
  12. Kasus Jiwasraya: Niat Heru Hidayat Membantu Krisis Keuangan
  13. AIA Hadirkan AIA Power Pro Life dengan Premi Mulai dari Rp 300 Ribu dan Perlindungan Terhadap Risiko Pandemi
  14. Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2020, Allianz Indonesia Gelar Program Eazy di Rumah Aja
  15. Saksi Sebut Keuangan Asuransi Jiwasraya Masih Sangat Baik hingga Akhir 2017
  16. Lanjutan Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa 8 Saksi dari Perusahaan Manajer Investasi
  17. Sempat Tertekan Pandemi Corona, Perusahaan Asuransi Jiwa Mulai Bergeliat
  18. Manfaat Asuransi Jiwa di Tengah Covid-19 dan Ancaman Resesi

TENTANG AAJI

SP AJB Bumiputera Cari Keadilan Lewat Jalur Konstitusional

Serikat Pekerja (SP) Niaga, Bank, Jasa, dan Asuransi (NIBA) AJB Bumiputera 1912 menggugat OJK. Mereka menilai OJK lalai karena telah melakukan pembiaran terhadap kondisi Bumiputera yang terlunta-lunta memenuhi kewajibannya pada pemegang polis. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat SP AJB Bumiputera 1912, Rizky Yudha mengatakan, kelalaian OJK dikategorikan sebagai tindakan maladministras, yakni penundaan berlarut, penyalahgunaan wewenang, penyimpangan prosedur, dan pengabaian kewajiban hukum.

Rmco.id / 03-09-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Allianz Indonesia Gelar Program eAZy di Rumah Aja

Allianz Indonesia menggelar serangkaian program untuk nasabah sejak pertengahan bulan Agustus sampai Oktober 2020. Untuk kemudahan akses dan transaksi, Allianz Indonesia mengajak seluruh nasabah mengoptimalkan layanan digital tanpa harus meninggalkan rumah dengan program eAZy di Rumah Aja. Meskipun saat ini seluruh dunia tengah menghadapi tantangan masa pandemi, Allianz Indonesia tetap menjaga komitmen untuk selalu memberikan perlindungan dan layanan terbaik bagi nasabah.

Investor Daily / 04-09-2020 Hal. 23

Legislator Kuatir Pailit Perusahaan Benny Rugikan Nasabah Jiwasraya

Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan menilai putusan pailit terhadap PT Hanson International Ybk yang dipimpin Benny Tjokro dapat mengagalkan proses penyitaan aset Benny Tjokro untuk mengganti kerugian para nasabah asuransi Jiwasraya. Dia Bersama rekan-rekannya di Komisi III dan Panja Jiwasraya akan mendorong agar Kejagung tetap melakukan penyitaan terhadap aset Benny, meski berstatus pailit.

HE Neraca / 04-09-2020 Hal. 14

Mantan Dirkeu Heran Jiwasraya Alami Gagal Bayar Pada 2018

Mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo mengaku heran perusahaan asuransi Jiwasraya mengalami gagal bayar pada 2018 lantaran kondisi keuangan perseroan sampai akhir 2017 masih sangat baik. Hary menyebut, pada akhir 2017, nilai aset perseroan mencapai Rp45 triliun dengan nominal kas mencapai Rp4 triliun. Tingkat solvabilitas atau RBC bahkan mencapai 200%, padahal, tingkat solvabilitas perusahaan asuransi konvensional baik untuk sektor asuransi iwa maupun umum minimum sebesar 120%.

Suara Pembaruan / 04-09-2020 Hal. 4

Mantan Dirkeu Klaim Heru Hidayat Berniat Bantu Jiwasraya

Pada periode 2008 – 2018, Heru Hidayat turut membantu Asuransi Jiwasraya. Namun, ditegaskan, hasil kinerja perseroan pada periode itu tidak semata-mata merupakan hasil bantuan dari Heru Hidayat. Secara umum kinerja tata kelola investasi Asuransi Jiwasraya berada di tangan divisi investasi dan dipantau oleh komite investasi perseroan. Direksi, memberikan diskresi kepada manajer investasi atau untuk melakukan pengelolaan investasi dengan berdasar pada prosedur yang berlaku.

Beritasatu.com / 03-09-2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa Dirut PT Treasure Fund Investama

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono mengemukakan Gideon M Lapiran telah diperiksa sebagai saksi untuk tersangka korporasi PT Treasure Fund Investama dalam kasus tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Alasan tim penyidik memeriksa Gideon yaitu untuk mendalami sejauh mana peran dan pengetahuan Gideon dalam menjalankan perusahaannya dan jual - beli saham antara PT Treasure Fund Investama dengan PT Asuransi Jiwasraya.

Bisnis.com / 03-09-2020

Nasabah Kresna Life Terbelah Soal Skema Pembayaran Polis

Sebagian nasabah gagal bayar PT Asuransi Jiwa Kresna belum sepakat dengan skema penyelesaian pembayaran polis yang diungkapkan oleh pihak manajemen. Hal ini diungkap Retna, salah satu perwakilan nasabah yang berdialog dengan Michael Steven, Founder dan Direktur Utama PT Kresna Graha Investama Tbk atau Grup Kresna dan pihak OJK, Rabu (2/9). Dalam pertemuan tersebut pihak Kresna mengklaim sudah ada 5.000 nasabah yang sudah setuju dengan skema yang ditawarkan, sehingga meminta Retna dan beberapa nasabah lain yang masih menolak untuk ikut sepakat.

Bisnis.com / 03-09-2020

Allianz Indonesia Sebut 93 Persen Nasabah Manfaatkan Pengajuan Polis Online

Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Indonesia menjelaskan, di tengah era new normal, Allianz Indonesia telah menyediakan ekosistem layanan digital untuk kemudahan nasabah dan mitra bisnis mulai dari proses pengajuan polis, informasi dan transaksi polis, pengajuan klaim asuransi kesehatan, sampai ke informasi nilai investasi dan transaksi fund investasi. Sampai akhir bulan Juli 2020, Allianz Indonesia mencatatkan sebanyak 93% pengajuan polis menggunakan digital sales tool, 42% polis diterbitkan secara elektronik dan 90% komunikasi ke nasabah dilakukan melalui email.

Bisnis.com / 03-09-2020

Klaim Segunung! Ini Head to Head Kinerja Jiwasraya-Bumiputera

AJB Bumiputera 1912 dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menjadi dua perusahaan asuransi jiwa yang mengalami kesulitan likuiditas, terutama kesulitan membayar kewajiban manfaat kepada pemegang polisnya. Total kebutuhan likuiditas penyelesaian JS Saving Plan dalam waktu dekat mencapai Rp 16,13 triliun. Adapun soal Bumiputera, manajemen baru dari AJB Bumiputera 1912 saat ini sedang berjibaku menyelesaikan tunggakan klaim tahun 2020 jumbo Rp 5,3 triliun dari sebanyak 365.000 pemegang polis di seluruh Indonesia.

Cnbcindonesia.com / 03-09-2020

Wow! PPATK Temukan Aliran Transaksi Jiwasraya Tembus Rp 100 T

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan menyatakan aliran dana yang terkait PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sangatlah besar, mencapai Rp 100 triliun. Hal ini diungkapkan Kepala PPATK, Dian Ediana Rae dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi III DPR terkait pengungkapan aliran dana dan traksaksi yang mencurigakan terkait Kasus Jiwasraya. Menurut Dian, aliran dana ini meliputi transaksi baik melalui saham, reksa dana dan pihak lain yang terhitung sejak tahun 2008 sampai dengan Agustus 2020.

Cnbcindonesia.com / 03-09-2020

Jiwasraya vs Bumiputera, Begini Perbandingan Kinerjanya

AJB Bumiputera 1912 dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menjadi dua perusahaan asuransi jiwa yang mengalami kesulitan likuiditas, terutama kesulitan membayar kewajiban manfaat kepada pemegang polisnya. Total kebutuhan likuiditas penyelesaian JS Saving Plan dalam waktu dekat mencapai Rp 16,13 triliun. Adapun soal Bumiputera, manajemen baru dari AJB Bumiputera 1912 saat ini sedang berjibaku menyelesaikan tunggakan klaim tahun 2020 jumbo Rp 5,3 triliun dari sebanyak 365.000 pemegang polis di seluruh Indonesia.

Cnbcindonesia.com / 03-09-2020

Kasus Jiwasraya: Niat Heru Hidayat Membantu Krisis Keuangan

Mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Harry Prasetio menegaskan bahwa Heru Hidayat berniat membantu PT Asuransi Jiwasraya (Persero) agar pengelolaan investasi dan likuiditas perusahaan asuransi jiwa milik pemerintah tersebut tetap terjaga dengan baik. Menurut Harry bahwa secara umum Heru mengetahui kondisi insolvensi yang dialami Asuransi Jiwasraya pada 2008. Saat itu, Harry menjelaskan bahwa pemerintah sama sekali tidak memberikan dana talangan atau penyertaan modal negara (PMN) kepada asuransi pelat merah atau BUMN tersebut.

Gatra.com / 03-09-2020

AIA Hadirkan AIA Power Pro Life dengan Premi Mulai dari Rp 300 Ribu dan Perlindungan Terhadap Risiko Pandemi

PT AIA Financial (AIA) meluncurkan produk asuransi terbarunya yakni AIA POWER PRO LIFE. Produk ini dihadirkan oleh AIA untuk memberikan perlindungan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia melalui produk asuransi yang lengkap dengan premi terjangkau. Melalui AIA Power Pro Life, AIA ingin menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki proteksi jiwa yang lengkap dengan premi yang terjangkau, mulai dari Rp300 ribu per bulan dengan nilai perlindungan jiwa 1 miliar bagi nasabah yang berusia 30 tahun.

Kontan.co.id / 03-09-2020

Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2020, Allianz Indonesia Gelar Program Eazy di Rumah Aja

Menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh setiap tanggal 4 September, Allianz Indonesia menggelar serangkaian program untuk nasabah sejak pertengahan bulan Agustus sampai bulan Oktober 2020. Meskipun tengah menghadapi tantangan masa pandemi, Allianz Indonesia tetap menjaga komitmennya untuk selalu memberikan perlindungan dan layanan asuransi terbaik bagi nasabah. Untuk kemudahan akses dan transaksi, Allianz Indonesia mengajak seluruh nasabah mengoptimalkan layanan digital tanpa harus meninggalkan rumah dengan program eAZy di Rumah Aja.

Kontan.co.id / 03-09-2020

Saksi Sebut Keuangan Asuransi Jiwasraya Masih Sangat Baik hingga Akhir 2017

Harry Prasetio mengaku heran PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengalami gagal bayar pada 2018 lantaran kondisi keuangan perseroan sampai akhir 2017 masih sangat baik. Pada akhir 2017, sambung Harry, nilai aset perseroan mencapai Rp45 triliun dengan nominal kas mencapai Rp 4 triliun. Tingkat solvabilitas atau risk based capital (RBC) bahkan mencapai 200 persen. Kondisi itu jauh berbeda dengan kinerja perseroan pada 2008 atau ketika Harry Prasetyo pertama kali bergabung dengan asuransi jiwa pelat merah tersebut.

Tribunnews.com / 03-09-2020

Lanjutan Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa 8 Saksi dari Perusahaan Manajer Investasi

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI memeriksa 8 orang saksi terkait perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (persero). Kali ini, pemeriksaan saksi perkara yang dihadirkan berasal dari tersangka Korporasi dan oknum pejabat OJK.

Tribunnews.com / 03-09-2020

Sempat Tertekan Pandemi Corona, Perusahaan Asuransi Jiwa Mulai Bergeliat

Sales Director FWD, Andy Ardiyanto menuturkan, adanya pandemi berdampak pada pertumbuhan iklim asuransi khususnya asuransi jiwa. Namun sejak adanya pelonggaran aktivitas terhitung mulai Agustus, bisnis asuransi mulai merangkak naik secara perlahan. Ia menuturkan, dulunya calon nasabah tidak pernah ada yang datang ke kantor. Kini, calon nasabah mulai banyak yang datang untuk menanyakan produk asuransi.

Tribunnews.com / 03-09-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Manfaat Asuransi Jiwa di Tengah Covid-19 dan Ancaman Resesi

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, dalam situasi seperti ini, asuransi kesehatan seperti BPJS penting untuk dimiliki. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu pada kesehatan selama pandemi, sehingga bisa tercover oleh BPJS Kesehatan. Saat pandemi seperti ini minimal asuransi yang harus dimiliki adalah kesehatan. Jika memang sudah berkeluarga dan memiliki uang lebih, bisa juga mulai memiliki asuransi jiwa.

Okezone.com / 03-09-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.778

IHSG (per 03 September 2020)

   5.280,81

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Investor Daily, HE Neraca, Suara Pembaruan, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Gatra.com,  Okezone.com, Kontan.co.id, Rmco.id, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF