AAJI Daily News - 29 Desember 2020


Tanggal terbit (29 / 12 / 2020)

Selasa, 29 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Kresna Life Baru Mencicil Rp283 Miliar
  2. Outstanding Klaim Bumiputera Tembus Rp 12 T, Gimana Bayarnya?
  3. AIA Hadirkan HONNE pada Peluncuran AIA Vitality
  4. Kresna Life baru bayar klaim nasabah Rp 283,60 miliar
  5. Berstatus PKPU, Kresna Life: Kami akan bertanggung jawab selesaikan kewajiban nasabah
  6. Jiwasraya Memaksa Nasabah Ikut Restrukturisasi
  7. Premi Tahunan Avrist Prime Protection Melonjak 51 Persen
  8. In Picture: Unjukrasa Nasabah Asuransi Jiwasraya
  9. Pengamat: Restrukturisasi Mampu Tekan Kerugian Nasabah Jiwasraya

INDUSTRI & ASURANSI

Kresna Life Baru Mencicil Rp283 Miliar

Polemik gagal bayar Kresna Life masih terus berlanjut. Penyelesaian kasus ini memang harus melewati mekanisme PKPU di pengadilan. Meski begitu Kresna Life ternyata sudah membuat persetujuan perjanjian kesepakatan bersama dari 8.055 polis atau 77,61% dari total polis. Kresna Life mulai melakukan pembayaran kewajiban kepada pemegang polis senilai Rp283,60 miliar dari 5.672 polis. Pembayaran itu harus tertunda karena Kresna Life berstatus PKPU.

Kontan / 29-12-2020 Hal. 10

Outstanding Klaim Bumiputera Tembus Rp 12 T, Gimana Bayarnya?

Manajemen Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) 1912 menegaskan tengah berupaya menyelesaikan klaim dana nasabah pemegang polis sebanyak 3 juta peserta di seluruh Indonesia, dengan total mencapai Rp 10 triliun-Rp 12 triliun. Direktur Utama AJB Bumiputera, Faizal Karim mengatakan jika pihaknya hadir di sini ada 3 pilar, yang pertama, outstanding claim harus diselesaikan. Kedua, amankan Bumiputera dengan segenap karyawannya dan segenap agen agennya. Ketiga, jangan sampai pemerintah/OJK malu di industri.

Cnbcindonesia.com / 28-12-2020

AIA Hadirkan HONNE pada Peluncuran AIA Vitality

PT AIA Financial (AIA) mengumumkan bahwa HONNE akan tampil untuk merayakan peluncuran AIA Vitality. Program AIA Vitality mencakup empat pilar utama untuk membantu nasabah fokus dalam mencapai hidup yang lebih sehat, lebih lama, lebih baik; Eat Well, Move Well, Think Well dan Plan Well. AIA dan HONNE berharap penampilan ini akan membawa energi yang positif untuk menyambut 2021, memotivasi banyak orang untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat menuju hidup yang lebih sehat, lebih lama, lebih baik.

Indopos.co.id / 28-12-2020

Kresna Life baru bayar klaim nasabah Rp 283,60 miliar

Sampai 18 Desember 2020, Kresna Life telah kantongi persetujuan perjanjian kesepakatan bersama dari 8.055 polis atau 77,61% dari total polis. Nilai kewajiban ribuan polis tersebut mencapai Rp 3,85 triliun, 55,76% dari total kewajiban. Kresna Life mulai melakukan pembayaran kewajiban kepada pemegang polis senilai Rp 283,60 miliar dari 5.672 polis. Sayangnya, pembayaran itu harus tertunda karena Kresna Life berstatus PKPU. OJK kemudian meminta perusahaan melakukan upaya hukum terhadap putusan pengadilam tesebut.

Kontan.co.id / 28-12-2020

Berstatus PKPU, Kresna Life: Kami akan bertanggung jawab selesaikan kewajiban nasabah

Kresna Life menghormati dan tunduk kepada putusan PKPU yang ditetapkan Pengadilan Niaga, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Direktur Utama Kresna Life Kurniadi Sastrawinata mengatakan, atas dikabulkannya permohonan PKPU yang diajukan pemohon, maka Kresna Life adalah satu-satunya pihak yang berkewajiban dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajiban kepada seluruh pemegang polis. Selain itu, Kresna Life menyatakan akan senantiasa memberikan rencana perdamaian yang terbaik bagi seluruh pemegang polis.

Kontan.co.id / 28-12-2020

Jiwasraya Memaksa Nasabah Ikut Restrukturisasi

PT Asuransi Jiwasraya memastikan, proses restrukturisasi polis nasabah terus berjalan, meski ada penolakan dari nasabah.  Pada tahap pertama banyak nasabah dari korporasi ikut restrukturisasi. Pada tahap selanjutnya, Jiwasraya akan mencoba merangkul nasabah ritel.

Kontan.co.id / 28-12-2020

Premi Tahunan Avrist Prime Protection Melonjak 51 Persen

PT Avrist Assurance, semakin mengukuhkan strategi bisnis yang berfokus pada produk asuransi tradisional, baik untuk perlindungan jiwa maupun kesehatan. Strategi ini terbukti efektif, karena tercatat hingga per bulan November 2020, produk perlindungan jiwa murni Avrist Prime Protection mengalami lonjakan pertumbuhan sebesar 51 persen dengan total APE (Annual Premium Equivalent) atau premi tahunan ekuivalen sebesar Rp 44,7 miliar.

Republika.co.id / 28-12-2020

In Picture: Unjukrasa Nasabah Asuransi Jiwasraya

Nasabah pemegang polis Jiwasraya Saving Plan yang tergabung dalam Forum Korban Jiwasraya menggelar aksi di depan kantor PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Jakarta, Senin (28/12). Dalam aksinya mereka menyampaikan tanggapan atas skema restrukturisasi polis dimana salah satunya skema tersebut tidak dijelaskan secara gamblang kepada pemegang polis dan narasi komunikasi Jiwasraya dianggap tidak persuasif bahkan terkesan intimidatif.

Republika.co.id / 28-12-2020

Pengamat: Restrukturisasi Mampu Tekan Kerugian Nasabah Jiwasraya

Pengamat BUMN Toto Pranoto menilai, skema restrukturisasi polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero), menjadi solusi yang mampu menekan nilai kerugian para nasabah ketimbang skema lainnya. Menurutnya, skema lainnya yakni; likuidasi, akan menyebabkan ketidakpastian dan kerugian yang besar bagi nasabah. Dan yang terpenting, restrukturisasi polis akan memberi kepastian waktu pengembalian manfaat investasi bagi nasabah. Karena itu, Toto mengingatkan para nasabah untuk bertindak bijak dalam menyikapi skema restrukturisasi.

Wartaekonomi.co.id / 28-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.155

IHSG (per 28 Desember 2020)

   6.093,55

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Kontan, Cncbindonesia.com, Indopos.co.id, Kontan.co.id, Republika.co.id, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF