AAJI Daily News - 21 Oktober 2020


Tanggal terbit (21 / 10 / 2020)

Rabu, 21 Oktober 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Titik Terang Nasib Nasabah Jiwasraya
  2. IFG Life Siap Jajakan Proteksi
  3. Pandemi Covid-19 Buat Kesadaran Masyarakat Berasuransi Meningkat
  4. Menata Ulang Bisnis Asuransi Pelat Merah
  5. Setelah Jiwasraya Bersalin Rupa
  6. OJK Setop Fit & Proper Test Direksi Bumiputera, Bakal Pidana?
  7. 'Diselamatkan' IFG Life, Bagaimana Nasib Polis Nasabah Jiwasraya?
  8. Mengupas Strategi Bisnis Asuransi Jiwa Penerus Jiwasraya
  9. Produk Baru, AIA Tawarkan Asuransi Jiwa dengan Premi Rp 50.000
  10. Kecemasan Meningkat, Asuransi Tawarkan Produk Inovatif
  11. 224 Korporasi setujui restrukturisasi polis Jiwasraya
  12. Berlarut-larut, Penanganan Nasib Bumiputera Butuh Langkah Cepat
  13. Polis Jiwasraya Akan Dipindahkan ke Perusahaan Asuransi Baru IFG Life
  14. Penanganannya Berlarut-larut, Nasib Jutaan Nasabah AJB Bumiputera Terombang-ambing

TENTANG AAJI

Titik Terang Nasib Nasabah Jiwasraya

Setelah mendapat restu dari OJK, IFG Life akan menampung liabilitas dari polis nasabah Jiwasraya hasil restrukturasi. Kelahiran IFG Life ini jadi harapan baru bagi nasabah Jiwasraya yang saat ini menunggu pengembalian dana polis mereka tentu dengan imbal hasilnya. Saat ini persiapan pembentukan IFG Life terus dilakukan, ditargetkan seluruhnya selesai pada akhir tahun ini. Kepercayaan yang besar diberikan pemerintah terhadap IFG. Hal ini dibuktikan dengan besarnya bail-in yang dikucurkan untuk pembentukan IFG Life mencapai Rp22 triliun yang akan digelontorkan dalam dua tahap.

Koran Sindo / 21-10-2020 Hal. 6

IFG Life Siap Jajakan Proteksi

IFG Life menyatakan kesiapannya menjajakan produk proteksi murni guna memotori penanganan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Direktur Bisnis IFG Pantro Pander Silitonga menjelaskan bahwa IFG Life akan memiliki model bisnis yang berbeda dari kecenderungan industri saat ini. Perusahaan itu akan fokus mengembangkan produk-produk proteksi murni dalam bentuk asuransi jiwa, Kesehatan dan dana pensiun. Strategi perseroan menjajakan produk tradisional merupakan upaya mengembalikan marwah asuransi jiwa, yakni perlindungan.

Media Indonesia / 21-10-2020 Hal. 19

INDUSTRI & ASURANSI

Pandemi Covid-19 Buat Kesadaran Masyarakat Berasuransi Meningkat

PT AIA Financial menyatakan pandemic Covid-19 membuat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi mulai meningkat. Maka, dibutuhkan inovasi optimal agar asuransi dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat Indonesia. Presiden Direktur AIA Financial Sainthan Satyamoorthy mengatakan, salah satu inovasi yang dilakukan perseroan dengan meluncurkan program Share The Love, perlindungan jiwa berkonsep buy one get one free. Produk ini memberikan jaminan perlindungan terhadap risiko finansial akibat meninggal dunia dengan uang pertanggungan hingga Rp50 juta.

Koran Sindo / 21-10-2020 Hal. 6

Menata Ulang Bisnis Asuransi Pelat Merah

Holding asuransi dan penjaminan siap beroperasi dibawah komando IFG. Holding ini mendapat mandate untuk mengkonsolidasi bisnis anak usahanya: menyediakan layanan jasa keuangan nonbank yang meliputi asuransi, investasi, dan penjaminan. Direktur Utama IFG Robertus Billitea menjelaskan, sebagai holding, IFG berperan dan bertanggungjawab pada aspek strategis, finansial, manajemen risiko serta operasional para anggotanya.

Koran Tempo / 21-10-2020 Hal. 9

Setelah Jiwasraya Bersalin Rupa

Kementerian BUMN menyiapkan IFG Life sebagai perusahaan asuransi jiwa yang diberi mandate untuk menjadi penampung polis milik nasabah PT Asuransi Jiwasraya. Lima bulan bersiap, IFG Life kini tengah dalam proses permohonan perizinan di Kementerian BUMN dan OJK. Sementara itu, Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko meminta nasabah tak khawatir karena proses restrukturasi dan migrasi ke IFG Life bakal dilakukan dengan hati-hati dan bertanggung jawab.

Koran Tempo / 21-10-2020 Hal. 10

OJK Setop Fit & Proper Test Direksi Bumiputera, Bakal Pidana?

OJK akhirnya menghentikan proses fit and proper test dua direktur AJB Bumiputera 1912. Mereka adalah Direktur Pemasaran Bumiputera S. Gatot Subagyo dan Direktur Kepatuhan Bumiputera Wirzon Sofyan. Asisten Direktur Pemasaran Bumiputera Jaka Irwanta mengatakan alasan pemberhentian ini lantaran proses tersebut dinilai tidak sesuai dengan aturan dalam PP yang ditetapkan. Selain itu, dua nama tersebut ditetapkan oleh Badan Perwakilan Anggota (BPA) yang tak resmi dan juga memiliki indikasi terlibat dengan pelanggaran hukum pada masa jabatannya sebelumnya.

Cnbcindonesia.com / 20-10-2020

'Diselamatkan' IFG Life, Bagaimana Nasib Polis Nasabah Jiwasraya?

IFG Life akan menjadi 'penyelamat' Jiwasraya melalui proses migrasi polis yang sudah direstrukturisasi. Direktur Utama IFG Robertus Billitea mengungkapkan saat ini sedang dilakukan proses perpindahan polis milik nasabah Jiwasraya. Dia mengungkapkan, setelah polis ini direstrukturisasi maka akan dipindahkan ke IFG Life. Dalam rapat di komisi VI DPR IFG memutuskan untuk menyelamatkan dan memberikan perlindungan kepada para pemegang polis di Jiwasraya melalui restrukturisasi, transfer dan bail in.

Detik.com / 20-10-2020

Mengupas Strategi Bisnis Asuransi Jiwa Penerus Jiwasraya

Direktur Bisnis IFG Pantro Pander Silitonga menjelaskan, memang produk asuransi jiwa di Indonesia memiliki peminat yang besar. Namun ternyata 65% dari asuransi jiwa itu merupakan produk dari bisnis investasi berupa unit link. Berangkat dari data tersebut, IFG yang diberikan mandat memberikan perubahan terhadap industri asuransi, merasa penting untuk mengembalikan marwah asuransi kepada proteksi. Perusahaan ini akan benar-benar fokus memberikan perlindungan kepada masyarakat, khususnya asuransi jiwa, kesehatan, dan mulai memperkenalkan pengelolaan dana pensiun.

Katadata.co.id / 20-10-2020

Produk Baru, AIA Tawarkan Asuransi Jiwa dengan Premi Rp 50.000

PT AIA Financial meluncurkan program Share The Love, yakni perlindungan jiwa berkonsep buy one get one free. Nasabah dapat memberikan satu perlindungan untuk orang tercinta secara gratis. Produk ini memberikan jaminan perlindungan terhadap risiko finansial akibat meninggal dunia dengan uang pertanggungan hingga Rp 50 juta. Adapun preminya hanya Rp 50.000. Program ini juga menjadi gerakan regional karena turut dijalankan di berbagai kawasan operasional AIA di Asia Pasifik.

Kompas.com / 20-10-2020

Kecemasan Meningkat, Asuransi Tawarkan Produk Inovatif

PT AIA Financial meluncurkan program Share The Love, yaitu produk asuransi jiwa dengan premi Rp 50.000 dan berkonsep beli satu gratis satu. Melalui program ini, nasabah dapat memberikan satu perlindungan untuk orang yang diinginkan secara gratis. Produk ini memberikan jaminan perlindungan terhadap risiko finansial akibat meninggal dengan uang pertanggungan hingga Rp 50 juta yang disesuaikan dengan usia nasabah. Diharapkan program ini dapat mendorong peningkatan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia sehingga masyarakat semakin memahami manfaat proteksi.

Kompas.id / 20-10-2020

224 Korporasi setujui restrukturisasi polis Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyebut, hingga 15 Oktober 2020, sebanyak 224 pemegang polis korporasi sepakat mengikuti program restrukturisasi polis Jiwasraya. Korporasi tersebut merupakan pemegang polis asuransi tradisional yang terdiri dari anak BUMN, anak usaha BUMN, BUMD hingga swasta. Dalam waktu dekat, pemerintah bersama manajemen Jiwasraya akan melakukan sosialisasi terkait program penyelamatan polis Jiwasraya kepada pemegang polis tradisional dan bancassurance.

Kontan.co.id / 20-10-2020

Berlarut-larut, Penanganan Nasib Bumiputera Butuh Langkah Cepat

Pengamat industri asuransi Diding S. Anwar mengkritisi penanganan yang berlarut-larut atas nasib jutaan pemilik polis asuransi di AJB Bumiputera. Menurut dia, Organ Pengurus tidak memenuhi syarat UU untuk membentuk Rapat Umum Anggota (RUA). Oleh karena itu dia mendorong agar dilakukan langkah taktis. Menurutnya Pengelola Statuter yang ditunjuk OJK agar ditugaskan untuk membentuk RUA, Dewan Komisioner, dan Direksi sehingga lebih efektif.

Sindonews.com / 20-10-2020

Polis Jiwasraya Akan Dipindahkan ke Perusahaan Asuransi Baru IFG Life

Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesian Financial Group (IFG) Robertus Bilitiea mengatakan, saat ini Jiwasraya tengah melakukan restrukturisasi pemegang polis yang ingin dipindahkan. Kemudian, lanjut Robertus, setelah dipindahkan maka nantinya IFG akan memberikan pelayanan klaim dari pemegang polis Jiwasraya. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis IFG Pantro Pander Silitonga mengungkapkan, saat ini perseroan tengah melakukan finalisasi pembentukkan IFG Life.

Suara.com / 20-10-2020

Penanganannya Berlarut-larut, Nasib Jutaan Nasabah AJB Bumiputera Terombang-ambing

Pengamat industri asuransi Diding S. Anwar mengkritisi penanganan yang berlarut-larut atas nasib jutaan pemilik polis asuransi di AJB Bumiputera. Menurut dia, Organ Pengurus tidak memenuhi syarat UU untuk membentuk Rapat Umum Anggota (RUA). Oleh karena itu dia mendorong agar dilakukan langkah taktis. Menurutnya Pengelola Statuter yang ditunjuk OJK agar ditugaskan untuk membentuk RUA, Dewan Komisioner, dan Direksi sehingga lebih efektif.

Wartaekonomi.co.id / 20-10-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.658

IHSG (per 20 Oktober  2020)

   5.099,84

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Koran Sindo, Koran Tempo, Media Indonesia, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Katadata.co.id, Kompas.com, Kompas.id, Kontan.co.id, Sindonews.com, Suara.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF