AAJI Daily News - 23 Desember 2020


Tanggal terbit (23 / 12 / 2020)

HEADLINE NEWS

  1. Bayar Premi di Bukalapak
  2. Generali Bayarkan Klaim Ke Nasabah Sakit Kritis Rp2,6 Miliar di Jakarta
  3. Produk Asuransi Makin Diminati
  4. Sah! OJK Cabut Izin Usaha Jiwasraya Putra
  5. IFG Life, Calon Pemain Besar Dunia Asuransi dari IFG
  6. Kejagung Sebut Pelaku Kasus Dugaan Korupsi Asabri Sama Seperti Jiwasraya
  7. Prudential Indonesia Asuransi Syariah Terinovatif ASR 2020
  8. AXA Indonesia Gandeng DANA, Beli Ini Itu soal Asuransi Jadi Mudah
  9. Asuransi Jiwa Bhinneka Life Raih Sertifikat Indeks Keamanan Informasi
  10. Astra Life Gandeng Traveloka Perluas Layanan Digital
  11. Aset Jiwasraya Tak Bisa Dialihkan ke Asabri, Kejaksaan Akan Kejar Aset Lain
  12. Siswa Sekolah Diberi Pelatihan Tanggap Pertolongan Pertama dan Pandemi COVID-19

 

INDUSTRI & ASURANSI

  1. Bayar Premi di Bukalapak

PT Asuransi Allianz Life Indonesia bekerjasama dengan Bukalapak meluncurkan fitur Bayar Premi. Melalui fitur ini, pengguna Bukalapak dapat melakukan pembayaran di aplikasi Bukalapak. Direktur Payment, Fintech, and Virtual Products Bukalapak, Victor Lesmana menyampaikan, fitur ini merupakan insiatif Bukalapak memfasilitasi kebutuhan asuransi masyarakat Indonesia di tengah pandemi. Direktur Allianz Life Indonesia, Cui Cui mengungkapkan, pembayaran premi secara digital memberikan kemudahan bagi nasabah memastikan perlindingan yang dimiliki tetap berjalan.

Kontan / 22-12-2020 Hal. 10

  1. Generali Bayarkan Klaim Ke Nasabah Sakit Kritis Rp2,6 Miliar di Jakarta

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia terus membuktikan janji melalui pembayaran klaim.  Pada 6 November 2020 lalu, manajemen Generali menyerahkan bingkisan sehat kepada Edison dan Susi dari Jakarta, yang menjadi nasabah di Generali selama hampir 4 tahun. Di awal tahun 2020, Edison terdiagnosa stroke, sedangkan isterinya sempat mengalami pelengketan dinding Rahim dan penyempitan pembuluh darah. Seluruh biaya pengobatan dan pemulihan yang hingga saat ini mencapai lebih dari Rp2,6 miliar sepenuhnya ditanggung oleh Generali.

Marketing / Ed. December 2020 Hal. 8

  1. Produk Asuransi Makin Diminati

Generali meyakini tahun depan produk asuransi semakin diminati, lantaran pandemi menyadarkan masyarakat akan pentingnya proteksi dari risiko yang semakin tinggi. Hingga Q3-2020, tercatat bisnis Generali bertumbuh baik dengan total GWP lebih dari Rp1,7 triliun. Jelang 2021, Generali telah mempersiapkan beberapa strategi sesuai dengan rencana bisnis yang disesuaikan dengan kondisi pasar saat ini. Adapun tiga hal yang disiapkan adalah teknologi, produk dan layanan, serta sumber daya manusia (SDM).

Marketing / Ed. December 2020 Hal. 48-49

  1. Sah! OJK Cabut Izin Usaha Jiwasraya Putra

OJK telah mencabut izin usaha Jiwasraya Putra. Rencana pembentukan anak usaha PT Asuransi Jiwasraya (Persero) itu pun secara resmi dihentikan. Menurut Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko, hal ini karena sejumlah pertimbangan dari manajemen dan pemegang saham, yakni Kementerian BUMN. Otoritas memberikan lampu hijau terkait skema penyehatan polis melalui IFG Life. Pembentukan Jiwasraya Putra yang dapat mendatangkan dana segar bagi Jiwasraya pun tidak akan dilanjutkan, dan skemanya berganti dengan restrukturisasi polis.

Bisnis.com / 22-12-2020

  1. IFG Life, Calon Pemain Besar Dunia Asuransi dari IFG

BPUI telah resmi menjadi BUMN Holding Asuransi dan Penjaminan. BPUI kemudian bertransformasi menjadi Indonesia Financial Group (IFG) dengan anggota holding berjumlah 9 perusahaan. Perusahaan dengan konsolidasi aset mencapai Rp72,5 triliun itu akan menyediakan layanan industri keuangan nonbank melalui produk-produk asuransi umum, asuransi jiwa, investasi, serta penjaminan. Saat ini, IFG bersiap meluncurkan IFG Life yang diprediksi akan jadi pemain besar dalam industri asuransi jiwa dan kesehatan. IFG telah mengantongi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp22 triliun.

Cnnindonesia.com / 22-12-2020

  1. Kejagung Sebut Pelaku Kasus Dugaan Korupsi Asabri Sama Seperti Jiwasraya

Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima Menteri BUMN Erick Thohir di kantornya, Selasa (22/12) pagi. Erick melaporkan kasus dugaan korupsi di PT Asabri (Persero) kepada Kejaksaan Agung untuk kemudian ditangani lebih lanjut. Burhanuddin mengatakan, alasan masalah Asabri ini diserahkan kepada Kejaksaan Agung tidak lain karena pihak yang terlibat dalam kasus ini diduga masih sama dengan kasus Jiwasraya. Dengan pengalaman menangani kasus Jiwasraya dan koordinasi dengan pihak Kepolisian, Burhanuddin yakin pihaknya bisa segera menuntaskan kasus ini.

Liputan6.com / 22-12-2020

  1. Prudential Indonesia Asuransi Syariah Terinovatif ASR 2020

Anugerah Syariah Republika 2020 menobatkan Prudential Life Assurance sebagai Asuransi Syariah Terinovatif kelompok Asuransi Syariah. Sharia, Government Relations, and Community Investment Director PT Prudential Life Assurance, Nini Sumohandoyo mengucapkan syukur atas penghargaan tersebut.  Ia menambahkan, kedepannya ada tiga hal yang  menjadi fokus Prudential Indonesia dalam mengembangkan layanan. Pertama adalah inovasi produk dan layanan, kedua adalah inovasi, dan yang ketiga adalah kolaborasi dengan berbagai pihak.

Republika.co.id / 22-12-2020

  1. AXA Indonesia Gandeng DANA, Beli Ini Itu soal Asuransi Jadi Mudah

AXA Financial Indonesia dan Mandiri AXA General Insurance bekerja sama dengan DANA. Melalui kerja sama dengan DANA ini, AXA Financial Indonesia memasarkan produk asuransi jiwa AXA Sahabat Jiwa yang memberikan manfaat santunan meniggal dunia dengan premi mulai dari Rp25.000. Sedangkan Mandiri AXA General Insurance melalui aplikasi DANA memasarkan produk Santunan Tunai Rawat Inap dengan premi kurang dari Rp50.000 per bulan melalui program DANA Siaga.

Sindonews.com / 22-12-2020

  1. Asuransi Jiwa Bhinneka Life Raih Sertifikat Indeks Keamanan Informasi

Bhinneka Life berhasil meraih sertifikat Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari BSSN setelah melalui serangkaian proses assessment Indeks Kemanan Informasi (Indeks KAMI) periode Oktober – November 2020. Direktur utama Bhinneka Life, Wiroyo Karsono menyatakan bahwa dalam menjalankan seluruh operasional dan bisnis proses perusahaan, Bhinneka Life berkomitmen untuk selalu menerapkan tatanan perusahaan yang baik berdasarkan nilai korporasi sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan juga ketentuan yang berlaku khususnya dari POJK, PP, ISO dan juga Indeks KAMI.

Suara.com / 22-12-2020

  1. Astra Life Gandeng Traveloka Perluas Layanan Digital

Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) bersama Traveloka Protect menghadirkan produk perlindungan jiwa dan kesehatan di aplikasi Traveloka. Sinergi ini menyatukan konsep love life melalui perlindungan jiwa yang diusung Astra Life dengan life experience yang ditawarkan oleh Traveloka. Sri Agung Handayani, Direktur Astra Life mengatakan, proses pembelian produk ini simpel dan mudah, seperti membeli tiket pesawat di Traveloka. Harapannya melalui kerja sama ini, kita dapat memastikan semua masyarakat Indonesia aman kemana aja dengan tetap menjaga protokol Kesehatan.

Swa.co.id / 22-12-2020

  1. Aset Jiwasraya Tak Bisa Dialihkan ke Asabri, Kejaksaan Akan Kejar Aset Lain

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan aset yang sudah disita dari kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tak bisa dialihkan untuk kasus dugaan korupsi PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau PT Asabri (Persero). Meski begitu, Burhanuddin meyakini masih ada aset-aset lain dari pelaku kasus Asabri yang dapat disita. Ia mengatakan akan terus mengejar aset tersebut.

Tempo.co / 22-12-2020

  1. Siswa Sekolah Diberi Pelatihan Tanggap Pertolongan Pertama dan Pandemi COVID-19

Sebanyak seribu siswa sekolah dasar di wilayah Jakarta dan Depok akan diberi pelatihan kesiapsiagaan anak terhadap Pertolongan Pertama serta pencegahan COVID-19 secara daring. Program ini diinisiasi Prudential Indonesia bekerja sama dengan PMI. Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, menjelaskan melalui edukasi ini, pihaknya ingin mempersiapkan anak menghadapi berbagai skenario darurat yang dapat terjadi sewaktu-waktu, khususnya cedera pada tubuh.

Tribunnews.com / 22-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.205

IHSG (per 22 Desember 2020)

   6.023,29

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Kontan, Marketing, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Liputan6.com, Republika.co.id, Sindonews.com, Suara.com, Swa.co.id, Tempo.co, Tribunnews.com

DOWNLOAD PDF