AAJI Daily News - 5 Agustus 2020


Tanggal terbit (05 / 08 / 2020)

Rabu, 5 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

  1. OJK Ulur Relaksasi
  2. AAJI: Industri Asuransi Juga Perlu Perpanjangan Relaksasi
  3. Nasabah Tolak Skema Penyelesaian Polis Kresna Life
  4. Nasib Nasabah Kresna Life
  5. Strategi Allianz Hadapi Krisis Akibat Pandemi
  6. Asuransi Sequis Hadirkan MiPROTECTION Yang Memiliki Manfaat Perlindungan Untuk Gangguan Mental
  7. Kresna Life Umumkan Jadwal Rencana Penyelesaian Polis PIK dan K-LITA Kepada Nasabah
  8. Pedoman Lengkap Memahami Perbedaan Masalah Jiwasraya dan AJB Bumiputera
  9. Naik 80 Persen dalam Sebulan, Ada Apa dengan Saham PCAR?
  10. Dear Nasabah, Kresna Life Cicil Bayar Polis Mulai Agustus
  11. Terseret Kasus Jiwasraya, Saham TRAM Bakal Didepak Bursa
  12. Bentjok Pinjam Nama Sekretaris sebagai Komisaris Perusahaan untuk Beli Tanah, Gaji Rp34 Juta
  13. Dipailitkan Mantan Mitra Bisnisnya, AIA: Klaim Sepihak
  14. Aduan Nasabah AJB Bumiputera Diserahkan ke Sekertariat Komisi XI, Anis PKS: Ini Amanat
  15. Anis Harap Ada Pertemuan Nasabah Bumiputera dengan DPR
  16. Kasus Jiwasraya, Kejagung Kembali Periksa 12 Saksi Untuk Tersangka Perusahaan Manajer Investasi
  17. Kresna Life Umumkan Jadwal Rencana Klaim Polis PIK dan K-LITA
  18. OJK sebut pertumbuhan premi asuransi terkontraksi
  19. Premi Asuransi Terkontraksi 10%, OJK Klaim Kesehatan Industri Masih Baik
  20. Pertumbuhan Premi Asuransi Terkontraksi
  21. Wimboh: Tren Pertumbuhan Premi Asuransi Kuartal II-2020 Melambat
  22. Tren Pertumbuhan Premi Asuransi Melambat pada Kuartal II 2020
  23. OJK Catat Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa Minus 10% di Juni 2020

TENTANG AAJI

OJK Ulur Relaksasi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengulur masa pemberian restrukturisasi pembiayaan akibar non performing financing atau NPF memecahkan rekor baru dalam 5 tahun terakhir yang mencapai 5,11% pada Juni 2020. Berdasarkan data OJK, sejak Desember 2016 hingga Maret 2020, tren NPF cenderung turun. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan bahwa pandemi corona membawa dampak besar bagi industri jasa keuangan, antara lain naiknya risiko pembiayaan. Berdasarkan data OJK per 28 Juli 2020, outstanding restrukturisasi mencapai Rp151,01 triliun dari 4,74 juta kontrak permohonan. Presiden Direktur PT Federal International Finance Group (FIF Group) Margono Tanuwijaya mendukung wacana perpanjangan masa relaksasi kendati jumlah pemohon keringanan terbatas. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu, mengatakan pemulihan kondisi pandemi membuat industri asuransi jiwa memerlukan masa pemberian stimulus yang lebih panjang. Saat ini industri asuransi jiwa mendapatkan sejumlah relaksasi seperti perpanjangan waktu penyampaian laporan keuangan, izin penjualan unit linked secara langsung melalui platform digital dan perhitungan modal minimum berbasis risiko sebagai bagian dari perhitungan risk based capital.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 05-08-2020

AAJI: Industri Asuransi Juga Perlu Perpanjangan Relaksasi

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menjelaskan bahwa semua lini bisnis pasti memerlukan relaksasi dalam kondisi pandemi ini. Relaksasi bagi sektor jasa keuangan pun telah dikeluarkan OJK melalui aturan kebijakan countercyclical. Menurut Togar, pemulihan kondisi pandemi yang belum menunjukkan sinyal positif membuat industri asuransi jiwa memerlukan stimulus lebih lama. Relaksasi yang sudah ada pun dinilai perlu diperpanjang oleh otoritas, guna menjaga kinerja asuransi yang masih melemah.

Bisnis.com / 04-08-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Tolak Skema Penyelesaian Polis Kresna Life

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) akhirnya mengumumkan jadwal rencana penyelesaian polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna (PIK) dengan nominal premi di atas Rp50 juta. Rencana penyelesaian kewajiban ini akan dilakukan secara bertahap dengan penyelesaian pertama sebesar Rp50 juta per polis. Manajemen Kresna Life mengklaim bahwa proses pembayaran premi dengan nominal Rp50 juta hampir selesai dan terus berjalan sampai saat ini. Sebagian nasabah menyatakan tidak setuju dan menolak rencana penyelesaian Polis PIK dan K-LITA yang dibuat PT Asuransi Jiwa Kresna secara sepihak. Para nasabah akan mendatangi kantor Kresna Life di SBCD pada Jumat (7/8) mendatang.

Kontan, hal. 10 / 05-08-2020

Nasib Nasabah Kresna Life

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) akhirnya mengumumkan jadwal rencana penyelesaian polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna (PIK) dengan nominal premi di atas Rp50 juta. Rencana penyelesaian kewajiban ini akan dilakukan secara bertahap dengan penyelesaian pertama sebesar Rp50 juta per polis. Penyelesaian diprioritaskan untuk pemegang polis yang berada dalam kondisi sakit, lansia, dan sangat membutuhkan (urgent condition) berdasarkan prosedur verifikasi yang ditetapkan lebih lanjut oleh perusahaan.  

Kontan, hal. 15 / 05-08-2020

Strategi Allianz Hadapi Krisis Akibat Pandemi

Merespons tantangan perubahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19, Allianz Indonesia menempatkan kepedulian dan inovasi sebagai prioritas utama. Hal ini diwujudkan dalam tiga langkah utama yaitu memastikan keamanan dan kesehatan karyawan, memastikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan mitra bisnis, dan tetap melakukan akselerasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia memastikan bahwa perusahaan akan selalu memberikan prioritas dan perhatian bagi para karyawan, nasabah, dan mitra bisnis. Di tengah pandemi, Allianz Indonesia secara aktif mendukung pemanfaatan perangkat digital seperti Allianz eAZy Connect untuk memfasilitasi interaksi nasabah dan mitra bisnis dengan perusahaan.

Marketing, hal. 15 / 05-08-2020

Asuransi Sequis Hadirkan MiPROTECTION Yang Memiliki Manfaat Perlindungan Untuk Gangguan Mental

Branding and Communication Strategist MiPOWER by Sequis, Ivan Christian Winatha mengatakan, asuransi Sequis melalui MiPOWER by Sequis mendukung milenial untuk hidup sehat, fisik maupun mental dengan menyediakan asuransi kesehatan MiPROTECTION yang memiliki manfaat perlindungan untuk gangguan mental, seperti OCD, Bipolar, dan Skizofrenia. Asuransi ini mencakup kesehatan, mental, kecelakaan, disabilitas, penyakit kritis, dan jiwa yang berlaku di seluruh dunia serta memiliki fasilitas no claim discount dan renewal discount.

Jakartakita.com / 03-08-2020

Kresna Life Umumkan Jadwal Rencana Penyelesaian Polis PIK dan K-LITA Kepada Nasabah

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) mengumumkan Jadwal Rencana Penyelesaian Polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna (PIK) dengan nominal premi di atas Rp50.000.000,00. Penyelesaian berikutnya akan dibayarkan sesuai dengan Jadwal Rencana Penyelesaian sesuai dengan nominal premi masing-masing. Penyelesaian diprioritaskan untuk Pemegang Polis yang berada dalam kondisi sakit, lanjut usia dan sangat membutuhkan, berdasarkan prosedur verifikasi yang ditetapkan lebih lanjut oleh Perusahaan.

Bisnis.com / 04-08-2020

Pedoman Lengkap Memahami Perbedaan Masalah Jiwasraya dan AJB Bumiputera

Jiwasraya kini mencatatkan utang klaim Rp18 triliun, terdiri Rp16,5 triliun utang polis saving plan dan Rp1,5 triliun utang polis tradisional. Sementara Bumiputera mengalami gagal bayar dalam dua tahun terakhir, dan pada awal 2020 utang klaimnya mencapai Rp6,3 triliun. Pada penghujung tahun ini jumlah tersebut diperkirakan akan melonjak menjadi Rp9,6 triliun, prediksi itu pun belum memperhitungkan dampak Covid-19. Masalah keuangan Jiwasraya berasal dari produk JS Saving Plan. Sementara AJB Bumiputera gagal bayar klaim karena adanya mismatch antara aset dan liabilitas.

Bisnis.com / 04-08-2020

Naik 80 Persen dalam Sebulan, Ada Apa dengan Saham PCAR?

Laju saham PT Prima Cakrawala Abadi Tbk. Bangkit dari mati suri karena naik secara signifikan. Sebanyak 25 saham Prima Cakrawala Abadi tercatat dimiliki PT Asabri. Berdasarkan data Bloomberg harga saham emiten berkode saham PCAR itu meroket hingga 80,37 persen dalam sebulan terakhir. Direktur Utama Prima Cakrawala Abadi Raditya Wardhana mengatakan tidak mengetahui penyebab kenaikan harga saham perseroan secara signifikan. Pasalnya, perseroan tidak memiliki rencana aksi korporasi dalam 3 bulan terakhir yang dapat mempengaruhi harga saham. PCAR merupakan portofolio yang dimiliki oleh PT Jiwasraya dan PT Asabri. Saat ini Jiwasraya tidak lagi menjadi pemilik saham mayoritas.

Bisnis.com / 04-08-2020

Dear Nasabah, Kresna Life Cicil Bayar Polis Mulai Agustus

Manajemen PT Asuransi Jiwa Kresna (AJK) menyatakan akan mulai menyelesaikan polis yang sebelumnya sempat tertunda untuk pemegang polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-Lita) dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna (PIK). Dalam surat yang disampaikan manajemen AJK kepada nasabah, pembayaran polis ini akan dilakukan secara bertahap dengan penyelesaian pertama per polis sebesar Rp 50 juta. Penyelesaian untuk premi terendah, atau di rentang Rp 50 juta – 100 juta, akan selesai dalam 8 bulan dan premi di atas Rp 1 miliar akan selesai selama 60 bulan.

Cnbcindonesia.com / 04-08-2020

Terseret Kasus Jiwasraya, Saham TRAM Bakal Didepak Bursa

Bertambah lagi satu perusahaan yang berpotensi didepak paksa atau force delisting dari papan pencatatan BEI. Kali ini giliran PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) yang sahamnya sudah dihentikan sejak 23 Januari 2020 terkait dengan pemeriksaan kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dalam Pengumuman Potensi Delisting yang disampaikan pada Selasa (4/8), BEI menegaskan saham TRAM telah disuspensi selama 6 bulan dan masa suspensi akan mencapai 24 bulan pada 23 Januari 2022.

Cnbcindonesia.com / 04-08-2020

Bentjok Pinjam Nama Sekretaris sebagai Komisaris Perusahaan untuk Beli Tanah, Gaji Rp34 Juta

Sidang lanjutan perkara Tipikor di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kembali digelar Senin (3/8) dengan agenda mendengarkan kesaksian para sekretaris terdakwa Benny Tjokrosaputro; Djumiah, Janny Irniawati, dan Rina Mariatna. Sebelum pemeriksaan saksi, jaksa penuntut umum (JPU) bertanya pada Janny mengenai keberadaan 16 foto dan KTP untuk akun nominee. Menurutnya semua berkas yang dilengkapi dengan KTP tersebut telah ditandatangani oleh Bentjok. Foto dan KTP tersebut Janny dapatkan dari Devi Henita (Direktur Independen PT Armidian Karyatama Tbk/ARMY).

Gresnews.com / 04-08-2020

Dipailitkan Mantan Mitra Bisnisnya, AIA: Klaim Sepihak

PT AIA Financial angkat suara atas dugaan gagal gagar bayar AIA. Para pemohon mengaku haknya tidak dibayarkan oleh pihak AIA Financial dengan total nilai Rp67,8 miliar. AIA pun menegaskan bahwa jumlah klaim tersebut sepihak. Di mana hal tersebut dilakukan oleh pemohon yang merupakan mantan tenaga pemasar AIA, yakni Jethro sebagai Leader, Kenny Leonara Raja sebagai Agent dan mantan karyawan Surianta Tarigan.

Okezone.com / 04-08-2020

Aduan Nasabah AJB Bumiputera Diserahkan ke Sekertariat Komisi XI, Anis PKS: Ini Amanat

Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati akhirnya menyerahkan surat aduan nasabah AJB Bumiputera kepada Sekertariat Komisi XI DPR RI. Menurut politikus PKS ini, persoalan tersebut merupakan amanah dari para nasabah yang telah melakukan audiensi beberapa waktu lalu kepada dirinya. Anis berharap Ketua Komisi XI bisa menyelesaikan persoalan uang nasabah yang belum dibayar oleh pihak AJB Bumiputera.

Pojoksatu.id / 04-08-2020

Anis Harap Ada Pertemuan Nasabah Bumiputera dengan DPR

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Byarwati menyampaikan surat dari nasabah PT Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera kepada Sekretariat Komisi XI DPR. Kepada Kepala Sub Bagian Rapat (Kasubag Rapat) Komisi XI DPR, surat yang disampaikan Anis berisikan tentang permohonan perwakilan nasabah AJB Bumiputera kepada pimpinan Komisi XI untuk dimediasi dan dipertemukan dengan manajemen AJB Bumiputera dengan para nasabah.

Tagar.id / 04-08-2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Kembali Periksa 12 Saksi Untuk Tersangka Perusahaan Manajer Investasi

Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) kembali memeriksa 12 orang saksi terkait perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Selasa (4/8). Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono mengatakan saksi yang dihadirkan kali ini diperiksa untuk 7 perusahaan manajer investasi yang ditetapkan sebagai tersangka kasus Jiwasraya.

Tribunnews.com / 04-08-2020

Kresna Life Umumkan Jadwal Rencana Klaim Polis PIK dan K-LITA

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) mengumumkan Jadwal Rencana Penyelesaian Polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna (PIK) dengan nominal premi di atas Rp50.000.000,00. Penyelesaian berikutnya akan dibayarkan sesuai dengan Jadwal Rencana Penyelesaian sesuai dengan nominal premi masing-masing. Penyelesaian diprioritaskan untuk Pemegang Polis yang berada dalam kondisi sakit, lanjut usia dan sangat membutuhkan, berdasarkan prosedur verifikasi yang ditetapkan lebih lanjut oleh Perusahaan.

Wartaekonomi.co.id / 04-08-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

OJK sebut pertumbuhan premi asuransi terkontraksi

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan pertumbuhan premi asuransi mengalami kontraksi pada kuartal II 2020 akibat pandemi COVID-19. Wimboh merinci untuk premi asuransi jiwa terkontraksi hingga 10 persen, sementara premi asuransi umum dan reasuransi juga turun sebesar 2,3 persen pada kuartal II tahun ini. Meski demikian, terdapat peningkatan pada pertambahan premi asuransi di kuartal II tahun ini yaitu terlihat dari premi asuransi jiwa yang tumbuh 13,07 persen dibandingkan kuartal I-2020.

Antaranews.com / 04-08-2020

Premi Asuransi Terkontraksi 10%, OJK Klaim Kesehatan Industri Masih Baik

OJK mencatatkan adanya kontraksi hingga minus 10% pada pertumbuhan premi asuransi jiwa hingga kuartal II-2020. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, penurunan kinerja industri asuransi ini cukup membaik walau terlihat melanjutkan tren penurunan yang terjadi pada Maret 2020 lalu atau per kuartal I 2020. Dimana pertumbuhan premi asuransi jiwa per Maret 2020 minus 13,8%. Terlebih pada Desember 2019 lalu hanya minus 0,38%. Meski begitu, OJK mengklaim kesehatan industri asuransi masih mengalami berbaikan dan dalam kondisi sehat.

Infobanknews.com / 04-08-2020

Pertumbuhan Premi Asuransi Terkontraksi

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan pertumbuhan premi asuransi mengalami kontraksi pada kuartal II 2020 akibat pandemi COVID-19. Wimboh merinci untuk premi asuransi jiwa terkontraksi hingga 10 persen, sementara premi asuransi umum dan reasuransi juga turun sebesar 2,3 persen pada kuartal II tahun ini. Meski demikian, terdapat peningkatan pada pertambahan premi asuransi di kuartal II tahun ini yaitu terlihat dari premi asuransi jiwa yang tumbuh 13,07 persen dibandingkan kuartal I-2020.

Koran-jakarta.com / 04-08-2020

Wimboh: Tren Pertumbuhan Premi Asuransi Kuartal II-2020 Melambat

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan bahwa pandemi covid-19 telah menyebabkan adanya penurunan pertumbuhan premi asuransi. Menurutnya, pertumbuhan premi asuransi khususnya di kuartal II-2020 mengalami tren melambat, bahkan bisa dikatakan telah mengalami kontraksi. Meskipun demikian, di kuartal II-2020 ini pertambahan premi asuransi mulai meningkat. Hal tersebut terlihat dari premi asuransi jiwa yang tumbuh 13,07% dibandingkan kuartal I-2020, begitu pula dengan premi asuransi umum dan reasuransi yang tumbuh 7,93%.

Mediaindonesia.com / 04-08-2020

Tren Pertumbuhan Premi Asuransi Melambat pada Kuartal II 2020

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan pertumbuhan premi asuransi mengalami kontraksi pada kuartal II 2020 akibat pandemi COVID-19. Wimboh merinci untuk premi asuransi jiwa terkontraksi hingga 10 persen, sementara premi asuransi umum dan reasuransi juga turun sebesar 2,3 persen pada kuartal II tahun ini. Meski demikian, terdapat peningkatan pada pertambahan premi asuransi di kuartal II tahun ini yaitu terlihat dari premi asuransi jiwa yang tumbuh 13,07 persen dibandingkan kuartal I-2020.

Tempo.co / 04-08-2020

OJK Catat Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa Minus 10% di Juni 2020

OJK mencatat pertumbuhan premi asuransi jiwa mengalami kontraksi pada Juni 2020. Nasib premi asuransi umum dan reasuransi juga sama mengalami kontraksi meski tak sebesar asuransi jiwa. Pertumbuhan premi asuransi juga terlihat terkontraksi sebesar 10 persen year on year (yoy). Premi asuransi umum dan reasuransi terkontraksi sebesar 2,3 persen (yoy). Pemburukan kinerja industri asuransi ini melanjutkan penurunan yang sudah terjadi pada Maret 2020 lalu atau per kuartal I 2020.

Tirto.id / 04-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.625

IHSG (per 4 Agustus 2020)

   5.075,00

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kontan, Marketing, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Gresnews.com, Indeksnews.com, Infobanknews.com, Jakartakita.com, Koran-jakarta.com,  Kompas.com, Mediaindonesia.com, Okezone.com, Pojoksatu.id, Tagar.id, Tribunnews.com, Tempo.co, Tirto.id, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF