AAJI Daily News - 9 Maret 2020


Tanggal terbit (09 / 03 / 2020)

Senin, 9 Maret 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. AAJI Minta Kejagung Tak Blokir Semua Rekening Investasi
  2. Geger Jiwasraya & Corona, Nasabah Asuransi Jangan Panik Ya!
  3. Catat! BPJS Kesehatan Tak Tanggung Pasien Positif Corona
  4. AAJI: Himbauan Kepada Nasabah Asuransi Jiwa dan Usulan Reformasi Industri Keuangan Non-Bank
  5. Nasabah Diimbau Tak Panik Ada Asuransi Jiwa Gagal Bayar
  6. Faisal Basri Nilai OJK Tak Becus Tangani Kasus Jiwasraya
  7. FWD Life Bidik Segmen G
  8. Alur Skandal Jiwasraya Segera Terbuka
  9. Aviva Hengkang
  10. ASII Kuasai 100% Astra Life
  11. PPATK Berharap Pengusutan Sampai TPPU
  12. Patgulipat Audit Jiwasraya
  13. Bakrie Dirunut, Audit Terbelah
  14. Faisal Basri: Jiwasraya Lebih Baik Dimatikan Saja!
  15. Rahasia Sukses Bos Bhinneka Life: Jangan Lupa Bersyukur!
  16. Faisal Basri Kritik Keras OJK Terkait Kasus Jiwasraya
  17. Jaga Pertumbuhan, Bhinneka Life Sasar Masyarakat Kelas Menengah
  18. Strategi Astra (ASII) Setelah Aviva Undur Diri dari Asuransi Astra Life
  19. Jual Astra Life, Aviva Keluar dari Indonesia
  20. Aviva Hengkang dari Indonesia, Bisnis Asuransi Jiwa Masih Menarik?
  21. FWD Life Luncurkan Manfaat Khusus untuk COVID-19
  22. Praktisi Hukum Singgung Soal Kebijakan Penyebab Kerugian Jiwasraya
  23. Sequis Life beri manfaat tambahan perlindungan Covid-19
  24. FWD Life berikan manfaat khusus untuk nasabah yang positif corona
  25. Ini alasan OJK tidak mencabut izin Jiwasraya walau sudah mendapat SP3

TENTANG AAJI

AAJI Minta Kejagung Tak Blokir Semua Rekening Investasi

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) meminta pemblokiran rekening perusahaan asuransi tidak diberlakukan kepada seluruh rekening investasi yang dikelola perusahaan dalam proses pemeriksaan/penyidikan permasalahan gagal bayar klaim. Namun, pemblokiran hanya terhadap dana yang perlu diverifikasi.

Cnnindonesia.com / 06-03-2020

Geger Jiwasraya & Corona, Nasabah Asuransi Jangan Panik Ya!

AAJI menghimbau kepada seluruh nasabah Asuransi Jiwa serta masyarakat umum untuk tetap tenang dan tidak perlu panik selama proses pemeriksaan dan verifikasi, selalu mengingat tujuan berasuransi dan sifat produk Asuransi jiwa yang adalah untuk jangka panjang dan disarankan untuk memilih produk yang menawarkan hasil investasi yang wajar.

Cnbcindonesia.com / 07-03-2020

Catat! BPJS Kesehatan Tak Tanggung Pasien Positif Corona

BPJS Kesehatan tidak menanggung pasien yang positif terkena COVID-19 atau virus corona. Penyakit Corona tidak dicover BPJS Kesehatan karena masuk ke penyakit yang menimbulkan wabah. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01/07/MENKES/104/2020.

Cnbcindonesia.com / 07-30-2020

AAJI: Himbauan Kepada Nasabah Asuransi Jiwa dan Usulan Reformasi Industri Keuangan Non-Bank

AAJI menghimbau kepada seluruh nasabah Asuransi Jiwa serta masyarakat umum untuk tetap tenang dan tidak perlu panik selama proses pemeriksaan dan verifikasi, selalu mengingat tujuan berasuransi dan sifat produk Asuransi jiwa yang adalah untuk jangka panjang dan disarankan untuk memilih produk yang menawarkan hasil investasi yang wajar.

Industry.co.id / 07-03-2020

Nasabah Diimbau Tak Panik Ada Asuransi Jiwa Gagal Bayar

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengatakan industri asuransi memiliki komitmen kepada nasabah sepanjang 2019 dan mengimbau agar nasabah tidak perlu panik. Terkait informasi yang beredar mengenai pemblokiran beberapa rekening, AAJI mengimbau agar proses verifikasi dan klarifikasi atas rekening-rekening perusahaan asuransi jiwa yang diblokir ini dapat secepatnya terselesaikan.

Medcom.id / 07-03-2020

Faisal Basri Nilai OJK Tak Becus Tangani Kasus Jiwasraya

Kinerja OJK dalam menangani kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya dinilai buruk. Sebagai regulator di sektor investasi keuangan, OJK dianggap tidak mampu menjalankan fungsi pengawasan sebagaimana mestinya. Ekonom senior Faisal Basri pun meminta agar pemerintah perlu mengawasi dan mengevaluasi kinerja OJK.

Minews.id / 07-03-2020

INDUSTRI & ASURANSI

FWD Life Bidik Segmen G

Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke- 7, PT FWD Life Indonesia menggelar FWD #UnstopablePassion Music yang dimeriahkan oleh Sheila on 7. FWD memulai kampanye ini untuk para nasabah yang memiliki passion di musik. Karena itulah menggunakan pendekatan lifestyle untuk membantu nasabah menikmati hidup tanpa batas dan melalui passion mereka.

Jawa Pos / 07-03-2020 Hal. 12

Alur Skandal Jiwasraya Segera Terbuka

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional BPK Selvia Vivi Devianti mengatakan bahwa laporan perhitungan kerugian negara terkait kasus korupsi Asuransi Jiwasraya, sudah rampung. Hanya saja, BPK masih perlu melakukan diskusi atas beberapa poin hasil audit sebelum diumumkan ke publik dan diserahkan ke tim penyidik Kejagung.

Bisnis Indonesia / 09-03-2020 hal. 8

Aviva Hengkang

Aviva Plc, raksasa asuransi dari Inggris mengumumkan keluar dari Indonesia dengan menjual kepemilikan sahamnya di PT Asuransi Astra Aviva Life atau Astra Life. Selanjutnya PT Astra Internasional akan menggenggam 100% saham perusahaan asuransi jiwa tersebut.

Bisnis Indonesia / 09-03-2020 Hal. 14

ASII Kuasai 100% Astra Life

Akhirnya, PT Astra International Tbk (ASII) memiliki 100% saham PT Astra Aviva Life setelah Aviva Plc menjual seluruh saham Astra Aviva Life. Penjualan saham tersebut merupakan bagian kesepakatan Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) dengan Aviva pada 5 Maret 2020.

Kontan / 09-03-2020 Hal. 20

PPATK Berharap Pengusutan Sampai TPPU

PPATK berharap pengusutan kasus asuransi Jiwasraya tidak hanya sampai pada perbuatan pidana asal. Pengusutan harus tuntas dan lengkap, yaitu sampai pada Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin menjelaskan, hal tersebut dilakukan agar tidak terulang lagi di masa mendatang.

Suara Pembaruan / 09-03-2020 Hal. 4

Patgulipat Audit Jiwasraya

Pemerintah harus menuntaskan penyelesaian kasus PT Asuransi Jiwasraya baik dari sisi hukum maupun penyelamatan perusahaan negara tersebut. Untuk dua perkara itu, peran BPK sangat penting: menghitung kerugian negara, menunjuk siapa saja yang diduga terlibat, dan hasil auditnya akan menjadi acuan penyelamatan Jiwasraya.

Tempo / 9-15-Mar-2020 Hal. 27

Bakrie Dirunut, Audit Terbelah

Kejaksaan sebetulnya sudah menyinggung adanya investasi Jiwasraya di salah satu Grup Bakrie di Jiwasraya. Tiga sumber auditor dan penegak hukum yang mengetahui detail pemeriksa kasus ini mengungkapkan, investasi Jiwasraya tersangkut di sedikitnya sepuluh perusahaan kelompok Bakrie.

Tempo / 9-15-Mar-2020 Hal. 74-76

Faisal Basri: Jiwasraya Lebih Baik Dimatikan Saja!

Ekonom senior Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menegaskan opsi terbaik bagi penanganan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan beban gagal bayar mencapai Rp 16 triliun ialah likuidasi, sebagaimana termasuk dalam satu dari tiga skema penyelamatan Jiwasraya yang sempat diajukan pemerintah ke DPR.

Cnbcindonesia.com / 06-03-2020

Rahasia Sukses Bos Bhinneka Life: Jangan Lupa Bersyukur!

PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) berhasil keluar dari lubang jarum di 2019. Di 2019, aset Bhinneka Life tercatat tumbuh 16% menjadi Rp1,94 triliun dari sebelumnya Rp1,68 triliun. Sementara laba komprehensif (unaudited) naik hampir dari kali lipat dari Rp18 miliar ke Rp35 miliar. Adapun tips sukses dari Direktur Utama Bhinnneka Life Wiroyo Karsono adalah jangan banding-bandingin kita dengan orang lain. Kalau kita membanding-bandingkan, kita jadi tidak pernah bersyukur.

Investing.com / 06-03-2020

Faisal Basri Kritik Keras OJK Terkait Kasus Jiwasraya

Ekonom senior, Faisal Basri kembali mengkritik kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dia meminta Presiden Jokowi untuk mengevaluasi OJK sebagai regulator. Sebab, dalam pandangan Faisal Basri, OJK tidak menjalankan fungsi pengawasan nya dengan baik. Salah satu bukti tak becusnya kinerja OJK yaitu munculnya masalah asuransi Jiwasraya.

Merdeka.com / 06-03-2020

Jaga Pertumbuhan, Bhinneka Life Sasar Masyarakat Kelas Menengah

PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) optimis dapat melanjutkan pertumbuhan bisnisnya di tahun ini, kendati masih ada sejumlah tantangan seperti penyebaran virus Corona. Untuk menjaga momentum pertunbuhan, Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono mengatakan, pihaknya akan tetap fokus menyasar kelas menengah, lantaran masih banyaknya kelas menengah yang belum memiliki dan paham asuransi jiwa.

Wartaekonomi.co.id / 06-03-2020

Strategi Astra (ASII) Setelah Aviva Undur Diri dari Asuransi Astra Life

Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra menyebutkan proses akuisisi tengah berjalan. Menurutnya perusahaan akan menyerap seluruh saham Aviva dalam asuransi jiwa PT Astra Aviva Life (Astra Life). Menurutnya setelah akuisisi rampung, maka Astra akan terus mengembangkan perusahaan untuk memenuhi target yang telah ditetapkan.

Bisnis.com / 08-03-2020

Jual Astra Life, Aviva Keluar dari Indonesia

Aviva Plc, raksasa asuransi yang mencatatkan sahamnya di Inggris mengumumkan menjual kepemilikan sahamnya di Indonesia. Lebih lanjut disebutkan pembeli kepemilikan Aviva adalah Astra Internasional (ASII). Aviva juga memutuskan tidak memperpanjang investasinya di Indonesia. Perusahaan akan keluar dengan seluruh dana yang diraihnya dari penjualan ini.

Bisnis.com / 08-03-2020

Aviva Hengkang dari Indonesia, Bisnis Asuransi Jiwa Masih Menarik?

Keputusan Aviva, grup asal Inggris menjual seluruh sahamnya di PT Asuransi Astra Aviva Life dan hengkang dari Indonesia, dinilai karena kinerja industri asuransi jiwa di tanah air belum semenarik bank. Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Kapler A. Marpaung memaparkan dirunut dalam 5 tahun terakhir data industri asuransi di Indonesia memang tumbuh. Meski begitu, jika dibedah per perusahaan, data yang tersaji akan jauh berbeda.

Bisnis.com / 08-03-2020

FWD Life Luncurkan Manfaat Khusus untuk COVID-19

PT FWD Life Indonesia meluncurkan Manfaat Khusus tanpa biaya premi tambahan untuk nasabah polis asuransi individu FWD Life yang positif terdiagnosis dan terinfeksi oleh Novel Coronavirus (COVID-19). Manfaat khusus ini menunjukkan bagaimana pendekatan kami yang berfokus pada nasabah dan bagaimana asuransi sebagai sumber kekuatan untuk merayakan hidup bagi nasabah

Industry.co.id / 08-03-2020

Praktisi Hukum Singgung Soal Kebijakan Penyebab Kerugian Jiwasraya

Para tersangka dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya tengah menjalani pemeriksaan dan pemberkasan jelang pelimpahan kasus ke pengadilan. Beberapa hari yang lalu usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung, Benny sempat menyinggung soal kepemilikan saham Jiwasraya di PT Hanson International tidak sampai 2 persen. Praktisi hukum Benny sendiri menilai bahwa peran Benny di sini tidak signifikan karena penurunan saham yang terjadi bukan atas kemauannya.

Jawapos.com / 08-03-2020

Sequis Life beri manfaat tambahan perlindungan Covid-19

Vice President Head of Corporate Branding, Marketing, and Communications Sequis Felicia Gunawan menyatakan produk Sequis Q Infinite MedCare (SQIMC) dengan X Booster memberikan manfaat tambahan untuk perawatan terkait virus corona, yaitu 20% cashback hingga maksimal Rp 10 juta. Sequis juga memberikan 10% cashback hingga maksimal Rp 5 juta dari total klaim yang dibayarkan Sequis maupun penanggung lain.

Kontan.co.id / 08-03-2020

FWD Life berikan manfaat khusus untuk nasabah yang positif corona

PT FWD Life Indonesia meluncurkan manfaat khusus tanpa biaya premi tambahan untuk nasabah polis asuransi individu FWD Life yang positif terdiagnosis dan terinfeksi virus corona. Apalagi saat ini pemerintah Indonesia telah mengumumkan terdapat enam orang positif mengidap Covid-19.Mulai dari manfaat tunai harian sebesar Rp 1 juta diberikan maksimal hingga 30 hari.

Kontan.co.id / 08-03-2020

Ini alasan OJK tidak mencabut izin Jiwasraya walau sudah mendapat SP3

Meski telah diberikan banyak sanksi namun OJK belum mencabut izin usaha Jiwasraya dan memilih mempertahankan hingga saat ini. Kepala Pengawasan Departemen IKNB 2A OJK Ahmad Nasrullah mengatakan, OJK lebih mengupayakan penyehatan dan pemulihan kerugian dari sisi pemegang polis. Menurutnya, jika Jiwasraya ditutup atau izin usahanya dicabut akan menimbulkan huru-hara apalagi ini menyangkut reputasi badan usaha milik negara (BUMN) dan pemerintah.

Kontan.co.id / 08-03-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.243

IHSG (per 6 Maret 2020)

   5.498,54

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:  Bisnis Indonesia, Jawa Pos, Kontan, Suara Pembaruan, Tempo, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Cnbcindonesia.com, Industry.co.id, Investing.com, Medcom.id, Minews.id, Merdeka.com, Jawapos.com, Kontan.co.id,  Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF