AAJI Daily News - 15 Mei 2020


Tanggal terbit (15 / 05 / 2020)

Jumat, 15 Mei 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Hutama Karya Bisa Tersenggol Kasus Jiwasraya
  2. Selangkah Lagi, Tersangka Jiwasraya Masuk Pengadilan
  3. Bhinneka Life Raih IPRA 2020
  4. Beckham dan Spurs Gaungkan Gaya Hidup Sehat
  5. Kasus Jiwasraya, Pengacara Benny Tjokro: Kedepankan Asas Disparitas
  6. Kejagung Periksa 3 Pejabat OJK soal Pengawasan Jiwasraya
  7. Marak Covid-19, Direktur Astra Life: Kami Berikan Perpanjangan Masa serta Perubahan Jumlah Pembayaran Premi Demi Perlindungan Nasabah
  8. AIA Gandeng David Beckham dan Tim Tottenham Hotspur FC Kampanyekan Hidup Sehat, Hidup Lama dan Hidup Lebih Baik
  9. Gagal Bayar KSP Indosurya Disebut karena Imbas Asuransi Jiwasraya
  10. Kejaksaan Periksa Pejabat OJK untuk Dalami Bukti Kasus Jiwasraya
  11. David Beckham Bongkar Sendiri Rahasia Penting Kesuksesannya
  12. Akhirnya, berkas lima tersangka kasus Jiwasraya dinyatakan lengkap
  13. Taspen Life kantongi premi Rp 204 miliar di kuartal I 2020
  14. AIA Membawa Ambassador Global, David Beckham, dan Partner, Tottenham Hotspur, Bersama-sama Mengkampanyekan Hidup Sehat
  15. Jurus Kelola THR di Tengah Pandemi Corona
  16. David Beckham Puji Cara Spurs Menjaga Kesehatan Pemain
  17. David Beckham dan Spurs Dukung Kampanye Hidup Sehat AIA
  18. Bawa Ambassador David Beckham dan Tottenham Hotspur, Asuransi AIA Rilis Video Hidup Lebih Sehat
  19. Bisnis Asuransi Jiwa Kian Sulit
  20. Nelayan Dilindungi lewat Asuransi

INDUSTRI & ASURANSI

Hutama Karya Bisa Tersenggol Kasus Jiwasraya

Skandal korupsi Asuransi Jiwasraya memasuki babak baru. Kabar terbaru, salah satu perusahaan milik negara, PT Hutama Karya, tersenggol kasus tersebut dan berpotensi menderita kerugian. Hutama Karya diketahui membeli aset tanah, yang belakangan bermasalah karena tersangkut kasus Jiwasraya. Aset tersebut adalah milik PT Harvest Time, salah satu entitas cucu PT Hanson International Tbk (MYRX).

Kontan / 15-05-2020 Hal. 1

Selangkah Lagi, Tersangka Jiwasraya Masuk Pengadilan

Kejagung telah melimpahkan berkas lima tersangka kasus dugaan korupsi Asuransi Jiwasraya ke Jaksa Penuntut Umum pada Selasa (12/5). Berkas kelimanya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat formil maupun materiil untuk dilimpahkan ke Pengadilan. Penyidik akan segera melakukan pelimpahan perkara tahap II atau serah terima tersangka dan barang bukti dari penyidik ke penuntut umum.

Kontan / 15-05-2020 Hal. 10

Bhinneka Life Raih IPRA 2020

Implementasi strategi komunikasi perusahaan yang diambil di tengah Covid-19, membawa PT Bhineka Life Indonesia meraih penghargaan IPRA 2020 di kategori Popular Life Insurance Company Form Inform Activity Strategy Category Life Insurance. Selain menerapkan WFH dan pengajuan Asuransi Jiwa selama masa Pembatasan Sosial (PAJ-PS), melalui strategi komunikasinya, Bhineka Life terus mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona kepada karyawan, nasabah, tenaga pemasar dan masyarakat Indonesia.

Suara Pembaruan / 15-05-2020 Hal. 7

Beckham dan Spurs Gaungkan Gaya Hidup Sehat

Mantan kapten Timnas Inggris, David Beckham, dan tim sepakbola Liga Utama Inggris, Tottenham Hotspur, bersama perusahaan asuransi AIA mengkampanyekan gaya hidup sehat lewat sebuah tayangan video yang dirilis pekan ini. Presiden Direktur PT AIA Financial, Sainthan Satyamoorthy mengaku senang bisa berkolaborasi dengan David Beckham dan Spurs untuk meluncurkan serial ini pada saat begitu banyak orang mencari cara praktis guna meningkatkan kesehatan mereka.

Beritasatu.com / 14-05-2020

Kasus Jiwasraya, Pengacara Benny Tjokro: Kedepankan Asas Disparitas

Kejagung diminta mengedepankan asas disparitas dalam menyidik kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Artinya, penetapan tersangka harus sesuai porsinya. kuasa hukum Benny Tjokrosaputro (BT), Bob Hasan menilai, BT seharusnya diperlakukan sama seperti pengendali emiten-emiten lain yang sahamnya dipegang Jiwasraya, baik langsung maupun tak langsung.

Bisnis.com / 14-05-2020

Kejagung Periksa 3 Pejabat OJK soal Pengawasan Jiwasraya

Tiga orang pejabat OJK diperiksa tim penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) soal perannya dalam mengawasi penjualan saham PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagug, Hari Setiyono mengatakan, ketiga pejabat OJK yang diperiksa tersebut, di antaranya Direktur Eksekutif Pasar Modal pada OJK, Agus Saptarina.

Gatra.com / 14-05-2020

Marak Covid-19, Direktur Astra Life: Kami Berikan Perpanjangan Masa serta Perubahan Jumlah Pembayaran Premi Demi Perlindungan Nasabah

Windawati Tjahjadi, Direktur Astra Life mengatakan bahwa Astra Life memastikan akan memberikan perlindungan menyeluruh termasuk penyakit yang disebabkan oleh COVID-19 sesuai ketentuan polis, melalui produk-produk Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan Kumpulan (Group), Asuransi dengan Manfaat Rawat Inap dan Pembedahan, dan Asuransi dengan Manfaat Santunan Rawat Inap Rumah Sakit.

Industry.co.id / 14-05-2020

AIA Gandeng David Beckham dan Tim Tottenham Hotspur FC Kampanyekan Hidup Sehat, Hidup Lama dan Hidup Lebih Baik

AIA, sebagai perusahaan asuransi jiwa terbesar di Asia Pasifik yang terdaftar di bursa saham, hari ini meluncurkan video serial konten terbaru (pembuatan film dilakukan sebelum pandemi Covid-19) dalam kemitraannya dengan Global Ambassador David Beckham dan mitra Tottenham Hotspur Football Club ("Spurs" atau "the Club"). Inisiatif ini didukung oleh AIA yang bertujuan untuk membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik.

Industry.co.id / 14-05-2020

Gagal Bayar KSP Indosurya Disebut karena Imbas Asuransi Jiwasraya

Pengacara HS, Junifer Girsang mengatakan, permasalahan yang dialami oleh KSP Indosurya karena terkena efek domino dari situasi yang dialami di sistem keuangan Indonesia, yakni kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Dia menyebut, kasus-kasus gagal bayar yang menimpa Jiwasraya mendorong kepanikan dari nasabah KSP Indosurya, yang kemudian banyak yang menarik dananya.

Katadata.co.id / 14-05-2020

Kejaksaan Periksa Pejabat OJK untuk Dalami Bukti Kasus Jiwasraya

Kejaksaan Agung kembali memeriksa petinggi OJK dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Pejabat OJK tersebut diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi bukti tersangka Joko Hartono Tirto alias JHT. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Hari Setiyono mengatakan dengan pemeriksaan tersebut, diharapkan seluruh bukti-bukti perkara ini dapat segera terkumpul untuk dilimpahkan ke pengadilan.

Katadata.co.id / 14-05-2020

David Beckham Bongkar Sendiri Rahasia Penting Kesuksesannya

Bersama pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho, pemain Lucas Moura, Song Heung-Min, Harry Winks Japhet Tanganga, serta tim kepelatihan klub, Beckham berkolaborasi membuat video bertemakan gaya hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik. merujuk pada program sukses AIA #OneMoreHour, yang meningkatkan kesadaran akan manfaat tidur bagi fisik dan mental. David Beckham mengakui, rata-rata ia tidur antara 6,5 jam hingga 7 jam. Kebiasaan lain yang tetap dilakukannya sebelum tidur adalah minum teh chamomile.

Kompas.com / 14-05-2020

Akhirnya, berkas lima tersangka kasus Jiwasraya dinyatakan lengkap

(Kejagung) telah melimpahkan berkas lima tersangka kasus dugaan korupsi Asuransi Jiwasraya ke jaksa penuntut umum pada Selasa (12/5). Berkas kelimanya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat formil maupun materiil untuk dilimpahkan ke pengadilan (P-21). Penyidik akan segera melakukan pelimpahan perkara tahap II atau serah terima tersangka dan barang bukti dari penyidik ke penuntut umum.

Kontan.co.id / 14-05-2020

Taspen Life kantongi premi Rp 204 miliar di kuartal I 2020

Sampai kuartal I 2020, PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) kantongi pendapatan premi Rp 204 miliar. Jumlah tersebut meningkat 33% dari realisasi tahun sebelumnya. Dengan realisasi itu, Taspen Life akan memaksimalkan penambahan jumlah agen untuk meningkatkan pendapatan premi di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, perusahaan juga akan menyesuaikan produk asuransi yang memberikan perlindungan akibat Covid-19.

Kontan.co.id / 14-05-2020

AIA Membawa Ambassador Global, David Beckham, dan Partner, Tottenham Hotspur, Bersama-sama Mengkampanyekan Hidup Sehat

AIA, sebagai perusahaan asuransi jiwa terbesar di Asia Pasifik yang terdaftar di bursa saham, hari ini meluncurkan video serial konten terbaru (pembuatan film dilakukan sebelum pandemi Covid-19) dalam kemitraannya dengan Global Ambassador David Beckham dan mitra Tottenham Hotspur Football Club ("Spurs" atau "the Club"). Inisiatif ini didukung oleh AIA yang bertujuan untuk membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik.

Kontan.co.id / 14-05-2020

Jurus Kelola THR di Tengah Pandemi Corona

Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Dimas Ardhinugraha memberikan tips mengelola dana THR di tengah pandemi seperti berikut; Tunaikan kewajiban membayar THR orang lain dan zakat, Lunasi utang, Isi pos dana darurat, Sisihkan untuk mudik dan Investasikan.

Liputan6.com / 14-05-2020

David Beckham Puji Cara Spurs Menjaga Kesehatan Pemain

Legenda Sepak Bola Inggris David Beckham menyatakan kekagumannya terhadap Tottenham Hotspur. Menurut Beckham yang juga Global Ambassador AIA, Spurs menerapkan pendekatan luar biasa dalam menjaga kesehatan pemain. Informasi itu sangat bernilai harganya. Ada begitu banyak ilmu dan pemikiran baru dalam permainan sepak bola sejak dirinya menjadi pesepak bola. Akan tetapi hal-hal sederhana seperti melakukan rutinitas hidup yang teratur dan tidur nyenyak masih sangat penting dalam menjaga kesehatan.

Mediaindonesia.com / 14-05-2020

David Beckham dan Spurs Dukung Kampanye Hidup Sehat AIA

David Beckham bersama perusahaan asuransi AIA dan tim sepakbola Tottenham Hotspur meluncurkan video serial konten terbaru yang menyampanyekan Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama, Lebih Baik. Mantan bintang sepakbola asal Inggris itu terlibat dalam video tersebut karena perannya sebagaiglobal ambassador AIA. Presiden Direktur PT AIA Financial, Sainthan Satyamoorthy mengungkapkan, video serial kampanye ini sejalan dengan komitmen AIA membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup Lebih Sehat, Lebih Lama, Lebih Baik.

Sindonews.com / 14-05-2020

Bawa Ambassador David Beckham dan Tottenham Hotspur, Asuransi AIA Rilis Video Hidup Lebih Sehat

AIA, sebagai perusahaan asuransi jiwa terbesar di Asia Pasifik yang terdaftar di bursa saham meluncurkan video serial konten terbaru (pembuatan film dilakukan sebelum pandemi Covid-19). Pembuatan film itu terkait dalam kemitraannya dengan Global Ambassador David Beckham dan mitra Tottenham Hotspur Football Club ("Spurs" atau "the Club"). Inisiatif ini didukung oleh AIA yang bertujuan untuk membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik.

Tribunnews.com / 14-05-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Bisnis Asuransi Jiwa Kian Sulit

PT Asuransi Jiwa Generali menyatakan dampak kebijakan PSBB terhadap kinerja asuransi baru akan dirasakan pada kuartal kedua tahun ini. PT Asuransi Jiwa Taspen menyatakan ikut merasakan dampak penyebaran virus corona di Tanah Air, sehingga pendapatan premi perseroan mengalami penurunan mulai April lalu. Melly Eka Chandra Head of Corporate Secretary Taspen Life menjelaskan kinerja perseroan pada triwulan pertama masih positif, namun memasuki kuartal kedua, dampak Covid-19 kian terasa.

Bisnis Indonesia / 14-05-2020 Hal. 19

Nelayan Dilindungi lewat Asuransi

Potensi perikanan di Berau pun sangat melimpah dan menjadi salah satu sumber pencaharian masyarakat. Pemerintah Kabupaten Berau pun memberikan perhatian kepada para nelayan ini melalui perlindungan asuransi kesehatan dan jiwa. Kepala Dinas Perikanan Berau, Tentram Rahayu menjelaskan, asuransi ini untuk nelayan tidak mampu. Setiap nelayan mendapatkan Rp 175 ribu. Jadi total anggaran yang disediakan senilai Rp 140 juta.

Prokal.co / 14-05-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.885

IHSG (per 14 Mei  2020)

   4.513,83

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kontan, Suara Pembaruan, Beritasatu.com, Bisnis.com, Gatra.com, Industry.co.id, Katadata.co.id, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Mediaindonesia.com, Sindonews.com, Tribunnews.com, Prokal.co.

DOWNLOAD PDF