AAJI Daily News - 20 Oktober 2020


Tanggal terbit (20 / 10 / 2020)

Selasa, 20 Oktober 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Saving Plan Bagus untuk Penuhi Kebutuhan Pasar
  2. 224 Nasabah Korporasi Sepakati Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya
  3.  [Foto] Lihat Aplikasi FWD MAX
  4. Kejagung Periksa 11 Saksi Kasus Jiwasraya
  5. Kejagung Periksa 11 Saksi Kasus Jiwasraya
  6. Terkuak! Ini Mekanisme 'Goreng Saham' Tersangka Jiwasraya
  7. OJK Hentikan Fit & Proper Test Direksi Bumiputera, Ada Apa?
  8. Jiwasraya Klaim 224 Nasabah Korporasi Sepakat Restrukturisasi
  9. Bhinneka Life Raih Penghargaan Top GRC 2020
  10. Optimalkan pasar untuk masa depan, Allianz Life catat 60,2% agen merupakan milenial
  11. Sang Bos Jadi Tersangka Kasus Jiwasraya, Begini Kata Manajemen HADE
  12. Alasan Utama Memiliki Asuransi di Masa Pandemi
  13. Asuransi Perlu Jaga Tata Kelola Agar Bisa Realisasikan Janji
  14. Menggugat Tata Kelola Perusahaan Asuransi Jiwa
  15. Menggugat Tata Kelola Perusahaan Asuransi Jiwa

TENTANG AAJI

Saving Plan Bagus untuk Penuhi Kebutuhan Pasar

Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI, Fauzi Arfan mengemukakan, produk asuransi tradisional endowment, khususnya saving plan sebenarnya bagus untuk memenuhi kebutuhan pasar. Produk tersebut tidak memiliki masalah. Tata kelola perusahaan asuransi pemasar yang membuat saving plan menjadi bermasalah. Produk saving plan, menurut Fauzi Arfan, memiliki ciri tingkat bunga investasi sepenuhnya digaransikan oleh perusahan asuransi pemasar. Fauzi memaparkan, sampai akhir 2018 kontribusi produk saving plan terhadap penjualan seluruh produk asuransi hampir 20%.

Investor.id / 19-10-2020

INDUSTRI & ASURANSI

224 Nasabah Korporasi Sepakati Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya

Manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyatakan hingga 15 Oktober 2020 sebanyak 224 pemegang polis dari kategori korporasi sepakat mengikuti program restrukturasi Jiwasraya. Sekretaris Perusahaan Jiwasraya Kompyang Wibisana mengatakan, sejak diumumkan pada Agustus 2020, jumlah pemegang polis korporasi yang mengikuti program restrukturisasi terus meningkat. Dalam waktu dekat, pemerintah bersama manajemen baru Jiwasraya akan melakukan sosialisasi terkait program penyelamatan polis Jiwasraya kepada pemegang polis tradisional dan bancassurance.

Investor Daily / 20-10-2020 Hal. 24

[Foto] Lihat Aplikasi FWD MAX

Direktur Utama FWD Life Anantharaman Sridharan bersama Chief Marketing Officer FWD Life Maika Randini saat memperkenalkan aplikasi e-services sebagai inovasi terbaru aplikasi FWD MAX di Jakarta, Kemarin.

Rakyat Merdeka / 20-10-2020 Hal. 9

Kejagung Periksa 11 Saksi Kasus Jiwasraya

Kejagung Kembali melakukan pemeriksaan 11 orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung, Hari Setiyono menjelaskan, pemeriksaan kali ini dilakukan terhadap saksi perkara dengan tersangka korporasi dan tersangka pribadi (Pieter Rasiman).

Suara Pembaruan / 20-10-2020 Hal. 4

Kejagung Periksa 11 Saksi Kasus Jiwasraya

Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali melakukan pemeriksaan 11 (sebelas) orang saksi terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (persero). Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono, menjelaskan, pemeriksaan kali ini dilakukan terhadap saksi perkara dengan tersangka Korporasi dan tersangka pribadi (Pieter Rasiman).

Beritasatu.com / 19-10-2020

Terkuak! Ini Mekanisme 'Goreng Saham' Tersangka Jiwasraya

Direktorat Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung menetapkan tersangka baru yakni Piter Rasiman, Direktur Utama PT Himalaya Energi Perkasa Tbk (HADE). Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengatakan penetapan itu lantaran bersangkutan bersama-sama melakukan tidak pidana korupsi dengan Joko Hartono Tirto, Direktur PT Maxima Integra. Dugaan keterlibatan PR adalah tersangka membuat perusahaan untuk digunakan pengaturan investasi yang dilakukan oleh para terdakwa dengan menggunakan uang yang  dari Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com / 19-10-2020

OJK Hentikan Fit & Proper Test Direksi Bumiputera, Ada Apa?

OJK menghentikan proses uji fit and proper test dua direktur Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 lantaran proses tersebut dinilai tidak sesuai dengan aturan dalam Peraturan Pemerintah yang ditetapkan. Dua direktur yang dihentikan proses fit and proper test di OJK adalah Direktur Pemasaran Bumiputera S. Gatot Subagyo dan Direktur Kepatuhan Bumiputera Wirzon Sofyan. Asisten Direktur Pemasaran Bumiputera Jaka Irwanta mengatakan penghentian ini lantaran dua nama tersebut ditetapkan oleh Badan Perwakilan Anggota (BPA) yang tak resmi.

Cnbcindonesia.com / 19-10-2020

Jiwasraya Klaim 224 Nasabah Korporasi Sepakat Restrukturisasi

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyatakan sebanyak 224 pemegang polis dari kategori korporasi sepakat mengikuti program restrukturisasi Jiwasraya hingga 15 Oktober 2020. Sekretaris Perusahaan Jiwasraya Kompyang Wibisana mengatakan, sejak diumumkan pada Agustus 2020, jumlah pemegang polis korporasi yang mengikuti program restrukturisasi terus meningkat. Dalam waktu dekat, pemerintah bersama manajemen baru Jiwasraya akan melakukan sosialisasi terkait program penyelamatan polis Jiwasraya kepada pemegang polis tradisional dan bancassurance.

Cnnindonesia.com / 19-10-2020

Bhinneka Life Raih Penghargaan Top GRC 2020

PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) meraih penghargaan TOP GRC 2020 dengan predikat Baik dalam ajang penghargan TOP GRC (Governance, Risk, and Compliance) Award 2020. Penghargaan tersebut diberikan karena perseroan dinilai selalu berkomitmen mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik dan profesional. Pada ajang penghargaan ini, Bhinneka Life berhasil memperoleh index Bintang 3 yang artinya berpredikat baik di kategori TOP GRC 2020 setelah melalui tahapan penjurian dan penilaian yang dilakukan secara objektif dan independen

Investor.id / 19-10-2020

Optimalkan pasar untuk masa depan, Allianz Life catat 60,2% agen merupakan milenial

PT Asuransi Allianz Life Indonesia terus fokus dan konsisten pada program pengembangan entrepreneurship melalui program I’m A LifeChanger. Program ini memungkinkan bagi milenial menjadi agen asuransi Allianz Life sebagai antisipasi dan mengoptimalkan pertumbuhan pasar di masa depan. Saat ini, tercatat 60,2% dari total agen adalah generasi milenial. Allianz memberikan kesempatan bagi milenial untuk mewujudkan aspirasinya, dengan membangun bisnis yang dapat membawa perubahan positif juga bermanfaat bagi diri sendiri dan sesamanya.

Kontan.co.id / 19-10-2020

Sang Bos Jadi Tersangka Kasus Jiwasraya, Begini Kata Manajemen HADE

Direktur Utama PT Himalaya Energi Perkasa Tbk (HADE) Piter Rasiman resmi ditetapkan sebagai tersangka baru dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya pada Senin, 12 Oktober 2020. Perseroan mengetahui adanya penangkapan terhadap Piter  Rasiman dari pemberitaan di media massa. Mengenai dampak perkara hukum tersebut terhadap perseroan, sampai saat ini mengaku belum ada dampak hukum terhadap perseroan dan operasional perseroan berjalan normal seperti biasanya.

Okezone.com / 19-10-2020

Alasan Utama Memiliki Asuransi di Masa Pandemi

Asuransi seakan telah menjadi kebutuhan di saat darurat, terlebih masa pandemi seperti sekarang. Dengan memiliki asuransi, Anda bisa dapat lebih tenang dan terjamin lantaran ada pencegahan dan perlindungan dari risiko yang merugikan. Berikut 3 manfaat utama jika memiliki asuransi: 1. Mengurangi potensi kerugian, 2. Tabungan atau investasi, 3. Mengatur keuangan. Sebelum memilih asuransi kesehatan, penting untuk memperhatikan premi asuransi, menyesuaikan dengan pengeluaran bulanan, proses klaim yang cepat, kredibel, dan mudah diakses.

Cnnindonesia.com / 19-10-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Asuransi Perlu Jaga Tata Kelola Agar Bisa Realisasikan Janji

Industri asuransi perlu menjaga tata kelola dengan baik, khususnya pada manajemen aset dan liabilitas agar janji-janji kepada para pemegang polis bisa direalisasikan. Di samping itu, kondisi krisis yang disebabkan pandemic Covid-19 saat ini bisa menjadi momentum bagi industri asuransi untuk kembali meraih kepercayaan masyarakat. Berdasarkan data OJK, sampai September 2020 terdapat 134 perusahaan asuransi di Tanah Air, terbagi atas 54 perusahaan asuransi jiwa, 74 perusahaan asuransi umum, dan enam perusahaan reasuransi. Dari jumlah itu, penetrasi asuransi stagnan di level 3,0%.

Investor.id / 19-10-2020

Menggugat Tata Kelola Perusahaan Asuransi Jiwa

Hari Asuransi, 18 Oktober 2020 dirayakan pada saat pandemic Covid-19 sedang meningkat dan megaskandal Asuransi Jiwasraya membetot perhatian publik. Penetrasi dan densitas asuransi jwia di Indonesia masih sangat rendah. Jumlah penduduk Indonesia yang memiliki polis asuransi jiwa baru 17,4 juta orang yang jika ditambah asuransi kumpulan menjadi 30,2 juta. Pandemi Covid-19 ini dijadikan momentum oleh perusahaan asuransi untuk melakukan sosialisasi dan edukasi. Semua janji perlu direalisasikan. Tidak boleh ada kesan asuransi hanya memberikan harapan semu.

Beritasatu.com / 19-10-2020

Menggugat Tata Kelola Perusahaan Asuransi Jiwa

Hari Asuransi, 18 Oktober 2020 dirayakan pada saat pandemic Covid-19 sedang meningkat dan megaskandal Asuransi Jiwasraya membetot perhatian publik. Penetrasi dan densitas asuransi jwia di Indonesia masih sangat rendah. Jumlah penduduk Indonesia yang memiliki polis asuransi jiwa baru 17,4 juta orang yang jika ditambah asuransi kumpulan menjadi 30,2 juta. Pandemi Covid-19 ini dijadikan momentum oleh perusahaan asuransi untuk melakukan sosialisasi dan edukasi. Semua janji perlu direalisasikan. Tidak boleh ada kesan asuransi hanya memberikan harapan semu.

Investor.id / 19-10-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.708

IHSG (per 19 Oktober 2020)

   5.126,33

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Investor Daily, Kontan, Rakyat Merdeka, Suara Pembaruan, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonessia.com, Cnnindonesia.com, Investor.id, Kontan.co.id, Okezone.com.

DOWNLOAD PDF