AAJI Daily News - 5 Juni 2020


Tanggal terbit (05 / 06 / 2020)

Jumat, 5 Juni 2020  

HEADLINE NEWS

Pelaku IKNB Bisa Dilebur

  1. Aset Asuransi Jiwa Merosot, Terseret Kinerja IHSG
  2. Unit Link Bisa Jadi Pilihan Investasi Jangka Panjang di Tengah Pandemi
  3. Prudential Siapkan 260.000 Pemasar untuk Penjualan Produk Secara Virtual
  4. Aset Sitaan Kasus Jiwasraya Sudah Setara Nilai Kerugian Negara
  5. Prudential Optimis Garap Potensi Indonesia
  6. Persiapan Digital Prudential
  7. Eks Bos Jiwasraya Mencicipi Hadiah
  8. Prudential siap lakukan penjualan produk asuransi secara virtual
  9. Bos Besar Ganti, Pejabat Eks Ping An Insurance Kini di AIA
  10. Kasus Jiwasraya Mulai Disidang, Terkuak Dugaan Pencucian Uang
  11. Lee Yuan Siong Jabat Chief Executive and President AIA Group
  12. Benny Tjokro dan Heru Beri Miliaran Uang ke Eks Petinggi Jiwasraya
  13. Grup Asuransi AIA Tunjuk CEO Baru
  14. Sidang Kasus Jiwasraya, Dakwaan Rugikan Negara hingga Terkuaknya Nama Samaran
  15. Prudential sambut positif penjualan asuransi secara online
  16. Lee Yuan Siong resmi jadi group chief executive and President AIA Group
  17. Skandal Jiwasraya Diduga Rugikan Negara Rp 16,8 Triliun
  18. Allianz Life Perkenalkan Unit Link Terbaru untuk Nasabah Affluent
  19. Lee Yuan Siong Ditunjuk Jadi Pimpinan Baru AIA
  20. Kasus Jiwasraya, Eks Direktur Keuangan Terima Hadiah 2 Mobil Mewah Ini
  21. Lee Yuan Siong Didapuk Jadi Bos Baru AIA Group
  22. Di Tengah Pandemi, OJK Pantau Sektor Jasa Keuangan Tumbuh Positif

TENTANG AAJI

Pelaku IKNB Bisa Dilebur

Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswinandi menjelaskan bahwa otoritas sedang menyusun peraturan terkait peleburan perusahaan di sector IKNB. Peraturan itu disiapkan untuk mengamankan keberlangsungan dan kualitas industry keuangan. Kebijakan tersebut akan berbentuk Peraturan OJK (POJK).

Bisnis Indonesia / 05-06-2020 Hal. 15

Aset Asuransi Jiwa Merosot, Terseret Kinerja IHSG

Berdasarkan Statistik IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK), industri asuransi mencatatkan total aset Rp529,2 triliun pada Maret 2020. Total aset industri asuransi jiwa pada kuartal pertama tahun ini menurun 10,4 persen (year-to-date/ytd) dibandingkan dengan posisi akhir Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun. Catatan aset pada Maret 2020 pun menurun 7,2 persen yoy jika dibandingkan dengan Maret 2019, yang senilai Rp570,6 triliun.

Bisnis.com / 04-06-2020

Unit Link Bisa Jadi Pilihan Investasi Jangka Panjang di Tengah Pandemi

Unit link merupakan jenis asuransi dengan manfaat investasi yang memiliki masa perlindungan sangat panjang dan bukan untuk tujuan konsumtif. Berinvestasi di unit link juga tidak dapat dipastikan, sebab dananya ditempatkan di reksadana, nilainya pun sangat dipengaruhi oleh fluktuasi investasi di pasar. Cakupan pertanggungan asuransi yang sangat panjang itulah yang membuat produk unit link menjadi cocok untuk masyarakat dengan kebutuhan tertentu, yang dapat melihat produk ini menjadi investasi jangka panjang.

Jawapos.com / 04-06-2020

Prudential Siapkan 260.000 Pemasar untuk Penjualan Produk Secara Virtual

AAJI telah meminta OJK untuk mengizinkan penjualan PAYDI dijual secara daring. PT Prudential Life Assurance (Prudential) menegaskan kesiapannya untuk segera menerapkan kebijakan stimulus lanjutan di sektor industri keuangan nonbank dengan memberikan penyesuaian pelaksanaan teknis pemasaran PAYDI. Lebih dari 260.000 tenaga pemasar dari perusahaan siap mendukung pemanfaatan teknologi, serta melayani penjualan produk asuransi melalui tatap muka secara virtual.

Trenasia.com / 04-06-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Aset Sitaan Kasus Jiwasraya Sudah Setara Nilai Kerugian Negara

Nilai aset yang telah disita penyidik Kejaksaan Agung dari enam terdakwa kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diperkirakan mencapai Rp 17 triliun atau setara dengan nilai kerugian negara dalam kasus tersebut berdasarkan pemeriksaan BPK sebesar Rp 16,807 triliun. Akan tetapi, persoalannya menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono, nilai aset itu bisa saja turun saat putusan pengadilan keluar.

Kompas / 05-06-2020 Hal. 2

Prudential Optimis Garap Potensi Indonesia

Pendapatan kontribusi bruto Rp 3,7 triliun dibukukan unit Syariah PT Prudential Life Insurance pada 2019. Aset per akhir tahun 2019 sebesar Rp 9,1 triliun dan tingkat solvabilitas dari dana perusahaan 7.300 persen atau lebih dari 60 kali lipat dari batas minimum yang ditetapkan regulator. Kinerja unit Syariah yang dibentuk 13 tahun lalu itu ditopang 114.000 tenaga pasar atau agen.

Kompas / 05-06-2020 Hal. 10

Persiapan Digital Prudential

PT Prudential Life Assurance (Prudential) menegaskan siap menerapkan kebijakan stimulus lanjutan di sektor industri keuangan non-bank. Presiden Direktur Prudential Indonesia, Jens Reisch menyebutkan, pihaknya melilhat kebijakan relaksasi tersebut dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan kesehatan dan finansial yang meningkat. Menurutnya, kebijakan tersebut sejalan dengan transformasi digital yang telah dilakukan oleh Prudential dalam beberapa waktu terakhir.

Kontan / 05-06-2020 Hal. 10

Eks Bos Jiwasraya Mencicipi Hadiah

Jaksa Penuntut Umum bukan Cuma mengurai kesalahan investasi PT Asuransi Jiwasraya. Dalam dakwaan terhadap para terdakwa pada Rabu (3/6) lalu, jaksa membeberkan aliran dana dan suap yang masuk ke bekas pejabat Jiwasraya. Misalnya mantan Dirut Keuangan Jiwasraya, Hary Prastyo didakwa menerima fasilitas perjalanan dan nonton Coldplay di Melbourne, Australia Bersama isterinya Rahma Libriyanti dari Trimegah Sekuritas, perusahaan sekuritas yang juga bekerja sama dengan Jiwasraya.

Kontan / 05-06-2020 Hal. 10

Prudential siap lakukan penjualan produk asuransi secara virtual

PT Prudential Life Assurance (Prudential) menegaskan kesiapannya untuk segera menerapkan kebijakan stimulus lanjutan di sektor industri keuangan nonbank dengan memberikan penyesuaian pelaksanaan teknis pemasaran PAYDI. Lebih dari 260.000 tenaga pemasar dari perusahaan siap mendukung pemanfaatan teknologi, serta melayani penjualan produk asuransi melalui tatap muka secara virtual.

Antaranews.com / 04-06-2020

Bos Besar Ganti, Pejabat Eks Ping An Insurance Kini di AIA

AIA Group Limited memiliki bos baru. Lee Young Siong, resmi menjabat sebagai Group Chief Executive and President AIA Group Limited per Senin (1/6). Ia menggantikan Ng Keng Hooi, yang telah pensiun. Sebelum bergabung dengan AIA, dirinya merupakan Executive Director Ping An Insurance (Group) Company of China, Ltd. dan juga menjabat sebagai co-CEO and Chief Insurance Business Officer.

Cnbcindonesia.com / 04-06-2020

Kasus Jiwasraya Mulai Disidang, Terkuak Dugaan Pencucian Uang

Sebanyak enam terdakwa dari kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) atau AJS sudah menjalani sidang pertama pada Rabu kemarin (4/6). Keenam tersangka menjalani sidang pada hari yang sama di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Keenamnya didakwa dalam dalam pengelolaan investasi saham dan reksa dana yang tidak transparan dan akuntabel selama 2008 hingga 2018.

Cnbcindonesia.com / 04-06-2020

Lee Yuan Siong Jabat Chief Executive and President AIA Group

Lee Yuan Siong resmi bergabung dengan dewan direksi dan menjabat sebagai Group Chief Executive and President AIA Group pada Senin (1/6). Transisi kepemimpinan ini telah diputuskan pada 22 November lalu, di mana Lee Yuan Siong menggantikan Ng Keng Hooi, yang pensiun dari posisi eksekutif.

Cnnindonesia.com / 04-06-2020

Benny Tjokro dan Heru Beri Miliaran Uang ke Eks Petinggi Jiwasraya

Sidang perdana kasus dugaan korupsi pengelolaan dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengungkap aliran uang yang diterima para mantan petinggi perusahaan asuransi pelat merah tersebut. Uang dan fasilitas diberikan Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dan Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat dengan perantara Direktur PT Maxima Integra Joko Hartomo Tirto. Ketiganya juga menjadi terdakwa untuk kasus yang sama.

Katadata.co.id / 04-06-2020

Grup Asuransi AIA Tunjuk CEO Baru

Grup perusahaan asuransi AIA Group mengumumkan transisi kepemimpinan. Lee Yuan Siong resmi menjabat sebagai Group Chief Executive and President AIA Group Limited. Lee pun secara resmi bergabung dengan Dewan Direksi perusahaan. Lee menggantikan Ng Keng Hooi, yang telah pensiun dari posisi eksekutif di grup asuransi tersebut.

Kompas.com / 04-06-2020

Sidang Kasus Jiwasraya, Dakwaan Rugikan Negara hingga Terkuaknya Nama Samaran

Kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akhirnya sampai pada tahap persidangan. Keenamnya didakwa merugikan negara sebesar Rp 16,8 triliun seperti laporan penghitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dalam menjalankan aksinya, JPU mengungkap lima terdakwa menggunakan nama samara yang digunakan saat berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp ketika membahas transaksi jual beli saham yang akan dilakukan perusahaan pelat merah tersebut.

Kompas.com / 04-06-2020

Prudential sambut positif penjualan asuransi secara online

PT Prudential Life Assurance (Prudential) menegaskan siap untuk menerapkan kebijakan stimulus lanjutan di sektor industri keuangan non-bank. President Director Prudential Indonesia Jens Reisch menyebutkan, kebijakan itu disambut positif oleh Prudential. Tak hanya itu, komitmen transformasi digtial juga telah dilakukan sejalan dengan misi Prudential, sebagai mitra masyarakat untuk mencapai kualitas kesehatan yang baik. Hal itu diwujudkan melalui Pulse by Prudential.

Kontan.co.id / 04-06-2020

Lee Yuan Siong resmi jadi group chief executive and President AIA Group

Lee Yuan Siong hari ini resmi menjabat sebagai Group Chief Executive and President AIA Group Limited dan bergabung dengan dewan direksi perusahaan. Lee Yuan Siong menggantikan Ng Keng Hooi, yang telah pensiun dari posisi eksekutif di perusahaan.

Kontan.co.id / 04-06-2020

Skandal Jiwasraya Diduga Rugikan Negara Rp 16,8 Triliun

Sidang dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya akhirnya dimulai di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rabu (3/6). Tim jaksa di kasus ini menyebutkan, enam terdakwa kasus Jiwasraya terlibat korupsi yang mengakibatkan negara rugi senilai Rp 16,8 triliun. Bima Suprayoga, salah satu tim jaksa, menyatakan, angka kerugian negara tersebut berdasarkan perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengelolaan keuangan dan dana investasi Jiwasraya dari tahun 2008 -2018.

Kontan.co.id / 04-06-2020

Allianz Life Perkenalkan Unit Link Terbaru untuk Nasabah Affluent

PT Asuransi Allianz Life Indonesia atau Allianz Life memperkenalkan produk asuransi jiwa unit link terbaru untuk segmen nasabah affluent yang didistribusikan melalui mitra perbankan. Produk dengan fitur premium ini akan memberikan manfaat perlindungan optimal dan potensi nilai investasi yang menyesuaikan dengan tujuan finansial yang dimiliki nasabah.

Medcom.id / 04-06-2020

Lee Yuan Siong Ditunjuk Jadi Pimpinan Baru AIA

AIA Group menunjuk Lee Yuan Siong sebagai Group Chief Executive and President dalam Dewan Direksi. Lee Yuan Siong menggantikan Ng Keng Hooi, yang telah pensiun dari posisi eksekutif di perusahaan. Independent Non-Executive Chairman AIA Edmund Tse mengatakan, Lee Yuan Siong memiliki catatan prestasi yang luar biasa di seluruh pasar asuransi Asia sehingga menjadikannya pemimpin yang ideal untuk meneruskan keberhasilan Ng Keng Hooi dan menjadi bagian penting dari sejarah AIA.

Medcom.id / 04-06-2020

Kasus Jiwasraya, Eks Direktur Keuangan Terima Hadiah 2 Mobil Mewah Ini

Kasus dugaan korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang melibatkan para petinggi kini memasuki tahap persidangan. Persidangan yang dilakukanpada Rabu (3/6) dihadiri oleh 6 terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Salah satu petinggi PT Asuransi Jiwasraya, Harry Prasetyo terciduk diberi hadiah mobil mewah berupa Mercedes-Benz E Class lansiran tahun 2009 dari Joko Hartono. Tak cuma satu, Harry juga kedapatan menerima hadiah mobil berupa Toyota Harrier dari PT Inti Agri Resources.

Suara.com / 04-06-2020

Lee Yuan Siong Didapuk Jadi Bos Baru AIA Group

AIA Group menunjuk Lee Yuan Siong sebagai Group Chief Executive and President dalam Dewan Direksi. Lee Yuan Siong menggantikan Ng Keng Hooi, yang telah pensiun dari posisi eksekutif di perusahaan. Independent Non-Executive Chairman AIA Edmund Tse mengatakan, Lee Yuan Siong memiliki catatan prestasi yang luar biasa di seluruh pasar asuransi Asia sehingga menjadikannya pemimpin yang ideal untuk meneruskan keberhasilan Ng Keng Hooi dan menjadi bagian penting dari sejarah AIA.

Wartaekonomi.co.id / 04-06-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Di Tengah Pandemi, OJK Pantau Sektor Jasa Keuangan Tumbuh Positif

OJK terus memantau dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor jasa keuangan dan menyebut bahwa kondisi stabilitas sistem keuangan masih tetap terjaga dengan kinerja intermediasi yang tumbuh positif selama April 2020 di berbagai indikator dan profil risiko. Kredit perbankan tumbuh sebesar 5,73% yoy. Sementara itu, piutang pembiayaan perusahaan pembiayaan tercatat tumbuh sebesar 0,8% yoy.

Detik.com / 04-06-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.095

IHSG (per 5 Juni 2020)

   4.916,70

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kompas, Kontan, Antaranews.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Jawapos.com, Katadata.co.id, Kompas.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Suara.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF