AAJI Daily News - 20 November 2020


Tanggal terbit (20 / 11 / 2020)

Jumat, 20 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Resensi Buku: Robohnya Asuransi Kami
  2. Kejaksaan Periksa 4 Saksi Kasus Korupsi Jiwasraya
  3. Talkshow Online
  4. Ekonomi Syariah untuk Negeri
  5. Transformasi perusahaan poin penting penyelamatan polis Jiwasraya
  6. Pakar puji Kejagung kerja secara maraton usut kasus Jiwasraya
  7. Kucurkan PMN PT Jiwasraya, Anis: Itu Pengalihan Tanggungjawab Kepada Rakyat
  8. KPK Siap Dalami Rentetan Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan
  9. Pandemi Bisa jadi Kesempatan Emas bagi Industri Asuransi. Ini Alasannya
  10. Suntikan Pemerintah untuk Bereskan Jiwasraya, Rp20 Triliun atau Rp22 Triliun?
  11. Transformasi Jadi Kunci Sukses Penyelamatan Polis Jiwasraya
  12. Kejagung Sita Tanah Dirut Himalaya Energi Perkasa Terkait Kasus Jiwasraya
  13. Pakar Hukum Prediksi PT Perkuat Putusan Perkara Jiwasraya
  14. Tumbuh di Tengah Pandemi
  15. Allianz Indonesia: Kekuatan Ekonomi Syariah Bisa Jadi Solusi Di Tengah Pandemi
  16. Lewat Pulse, Prudential Berkomitmen Merevolusi Gaya Hidup Sehat Masyarakat
  17. Ini Kata Prudential Setelah Disebut dalam Kasus Raibnya Uang Milik Winda Earl
  18. KPK Pastikan Siap Dalami Skandal Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan
  19. Cara dan Motifnya Terbongkar, Kacab Maybank Akui Kendalikan Rekening Winda Lunardi dan Ayahnya
  20. KPK Siap Dalami Skandal Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan
  21. Generali Dukung Borobudur Marathon 2020
  22. Anggota DPR RI, Wihadi Wiyanto, Dorong KPK Bongkar Kebobrokan Industri Keuangan
  23. Penjualan Produk Unitlink
  24. Ini alasan OJK minta asuransi hati-hati kelola risiko asuransi kredit

INDUSTRI & ASURANSI

Resensi Buku: Robohnya Asuransi Kami

Buku Robohnya Asuransi Kami sedikit banyak telah memotret perkembangan asuransi di Indonesia. Dikatakan sedikit karena buku ini terfokus pada perkembangan perusahaan asuransi AJB Bumiputera 1912 saja. Namun dalam aspek lain, perkembangan AJB Bumiputera 1912 yang dibahas dalam buku ini juga merupakan potret dunia asuransi yang ada di Tanah Air, khususnya tentang sengkarut di perusahaan plat merah. Buku ini sendiri memang cukup fenomenal karena membahas tentang BUMN asuransi yang menjadi salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia.

HE Neraca / 20-11-2020 Hal. 21

Kejaksaan Periksa 4 Saksi Kasus Korupsi Jiwasraya

Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung RI pada Kamis (19/11), kembali melakukan pemeriksaan terhadap empat orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pindana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Keterangan dari empat saksi tersebut dianggap perlu untuk mengungkap sejauh mana peran para saksi dalam peristiwa yang dialami dalam jual beli saham dari pengelolaan keuangan dan dana investasi yang terjadi di BEI.

Investor Daily / 20-11-2020 Hal. 14

Talkshow Online

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia Yogya Prasetyo, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta Jaharuddin, Pakar Ekonomi Syariah M. Gunawan Yasni dan Entrepreneur Syariah Farida Aryani Sihotang, saat talkshow online, belum lama ini yang berjudul Ekonomi Syariah Untuk Negeri. Unit usaha Syariah PT Asuransi Allianz Indonesia Life Indonesia aktif memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang ekonomi maupun asuransi Syariah melalui program kegiatan, salah satunya talkshow online.

Investor Daily / 20-11-2020 Hal. 23

Ekonomi Syariah untuk Negeri

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia Yogya Prasetyo, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta Jaharuddin, Pakar Ekonomi Syariah M. Gunawan Yasni dan Entrepreneur Syariah Farida Aryani Sihotang, saat webinar Allianz Indonesia dengan tema “Ekonomi Syariah Untuk Negeri” di Jakarta, baru-baru ini.

Suara Pembaruan / 20-11-2020 Hal. 8

Transformasi perusahaan poin penting penyelamatan polis Jiwasraya

Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso mengatakan, selain menyiapkan sumber pendanaan yang menjadi solusi fundamental Jiwasraya, transformasi perusahaan menjadi poin penting dalam penyelamatan seluruh polis Jiwasraya. Mahelan menjelaskan sejak Januari 2019 terdapat sejumlah transformasi atau pembenahan yang dilakukan manajemen baru Jiwasraya.

Antaranews.com / 19-11-2020

Pakar puji Kejagung kerja secara esehata usut kasus Jiwasraya

Pakar Hukum Pidana dan Tindak Pidana Pencucian Uang, Yenti Garnasih memuji Kejagung karena bekerja secara maraton dalam mengusut kasus korupsi pengelolaan dana investasi PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Meski begitu, Yenti menilai Kejagung masih perlu melanjutkan koordinasi dengan kepolisian dalam perburuan aset-aset di luar negeri milik terpidana Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat sebagai upaya penelusuran apakah benar dugaan terpidana juga terlibat pada pembobolan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau PT Asabri (Persero).

Antaranews.com / 19-11-2020

Kucurkan PMN PT Jiwasraya, Anis: Itu Pengalihan Tanggungjawab Kepada Rakyat

PMN kepada delapan BUMN yang mengakibatkan invetasi membengkak dalam RAPBN 2021 di sorot politisi senior Dr Hj Anis Byarwati dalam RDP Komisi XI DPR dengan Dirjen Kekayaan Negara (DJKN) dan Direksi Penerima Penyertaan Modal Negara (DPMN). Secara khusus, Anis menyinggung tentang kasus Jiwasraya. Menurut Anis, kebijakan pemerintah atas kasus Jiwasraya Gate memberi preseden buruk terkait penyelesaian yang dilakukan melalui PMN. Ia menilai bukan negara yang harus menanggung pembayaran dana nasabah, tetapi pihak-pihak yang terlibatlah yang harus bertanggung jawab.

Beritalima.com / 19-11-2020

KPK Siap Dalami Rentetan Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan

Rentetan kasus gagal bayar di industri keuangan, baik koperasi, hingga asuransi saat ini sedang menjadi perhatian khusus aparat penegak hukum. Kejagung dan Polri sudah turun tangan mengusut sejumlah kasus gagal bayar asuransi, seperti kasus Jiwasraya, Asabri dan lainnya. Ketua KPK, Firli Bahuri mengapresiasi masukan dari berbagai pihak mengenai pentingnya peran serta lembaga antikorupsi terkait kasus gagal bayar asuransi. Firli memastikan kesiapan KPK untuk ikut turun tangan. Salah satunya dengan mendalami berbagai informasi yang berkembang soal skandal kasus gagal bayar.

Beritasatu.com / 19-11-2020

Pandemi Bisa jadi Kesempatan Emas bagi Industri Asuransi. Ini Alasannya

Chief Marketing Officer Allianz Karin Zulkarnaen menilai bahwa situasi saat ini merupakan momentum yang tepat bagi perusahaan-perusahaan asuransi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap proteksi. Salah satu produk yang dapat ditonjolkan yakni asuransi kesehatan. Perseroan tercatat berhasil meningkatkan perolehan premi asuransi kesehatan selama pandemi Covid-19 ini. Pada kuartal III/2020, perolehan premi asuransi kesehatan sebesar Rp496 miliar meningkat 42,3 persen (yoy) dibandingkan dengan kuartal III/2019 senilai Rp348,5 miliar.

Bisnis.com / 19-11-2020

Suntikan Pemerintah untuk Bereskan Jiwasraya, Rp20 Triliun atau Rp22 Triliun?

Kementerian BUMN menyatakan bahwa pemerintah akan menyuntikkan dana ke PT BPUI. Pada Kamis (1/10), Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyatakan bahwa besaran suntikan dana itu mencapai Rp22 triliun. Meskipun begitu, dalam rapat Komisi XI DPR pada Selasa (17/11) Direktur Jenderal Kemenkeu Isa Rachmatarwata menjabarkan bahwa alokasi APBN untuk IFG pada 2021 adalah sebesar Rp20 triliun. Menurutnya, sampai saat ini pemerintah belum memutuskan berapa nilai PMN kepada IFG yang salah satu tujuannya untuk menyelesaikan kasus keuangan Jiwasraya.

Bisnis.com / 19-11-2020

Transformasi Jadi Kunci Sukses Penyelamatan Polis Jiwasraya

Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso mengatakan, selain menyiapkan sumber pendanaan yang menjadi solusi fundamental Jiwasraya, transformasi perusahaan menjadi poin penting dalam penyelamatan seluruh polis Jiwasraya. Mahelan menjelaskan sejak Januari 2019 terdapat sejumlah transformasi atau pembenahan yang dilakukan manajemen baru Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com / 19-11-2020

Kejagung Sita Tanah Dirut Himalaya Energi Perkasa Terkait Kasus Jiwasraya

Kejagung menyita sejumlah luas tanah milik Direktur Utama PT Himalaya Energi Perkasa, Piter Rasiman. Tanah milik tersangka kasus Jiwasraya itu berada di Semarang, Jawa Tengah. Untuk aset Piter Rasiman yang berada di luar negeri Direktur Penyidikan Tipidsus Kejagung Febrie Adriansyah belum bicara banyak. Kejagung masih melakukan pelacakan. Piter Rasiman hingga kini belum menjalani persidangan terkait kasus Jiwasraya. Sebab, berkas perkara belum rampung kini.

Detik.com / 19-11-2020

Pakar Hukum Prediksi PT Perkuat Putusan Perkara Jiwasraya

Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta atau tingkat banding diprediksi akan memperkuat putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta kepada para terdakwa perkara korupsi dan pencucian uang terkait pengelolaan keuangan dan dana investasi pada Asuransi Jiwasraya (Persero). Menurut Yenti Garnasih, pakar hukum pidana dan tindak pidana pencucian uang (TPPU), surat edaran Mahkamah Agung (MA) dapat menjadi acuan hakim dalam mengambil keputusan. Surat tersebut menekankan untuk mengurangi disparitas pemidanaan antara satu dengan yang lain dalam perkara yang sama.

Gatra.com / 19-11-2020

Tumbuh di Tengah Pandemi

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia Yoga Prasetyo (gambar utama), mengatakan dalam Talk Show “Ekonomi Syariah untuk Negeri”, Allianz Life Syariah masih menunjukkan pertumbuhan sebesar 5 persen di tengah pandemi. Hal ini disebabkan karena perusahaan melakukan pengembangan saluran distribusi dan memberikan layanan berbasis digital baik kepada mitra bisnis dan peserta.

Indopos.co.id / 19-11-2020

Allianz Indonesia: Kekuatan Ekonomi Syariah Bisa Jadi Solusi Di Tengah Pandemi

Kekuatan ekonomi syariah diyakini bisa menjadi solusi bagi ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Pasalnya, ekonomi syariah di Indonesia dinilai memiliki peran besar dalam pemulihan ekonomi, mengingat Indonesia menduduki peringkat pertama dalam pasar keuangan syariah global. Sementara itu, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia Yoga Prasetyo mengatakan, ekonomi syariah di Indonesia memiliki peran besar dalam pemulihan ekonomi. Di tengah pandemi, Allianz Life Syariah masih mencatat pertumbuhan hampir 5%.

Investor.id / 19-11-2020

Lewat Pulse, Prudential Berkomitmen Merevolusi Gaya Hidup Sehat Masyarakat

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), senantiasa mewujudkan komitmennya dalam berinovasi melalui perkenalan sejumlah fitur baru aplikasi Pulse by Prudential (Pulse). Pulse yang pertama kali diperkenalkan pada Februari 2020 di Indonesia, merupakan aplikasi kesehatan all-in-one yang didukung oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan informasi real-time, mendukung pengguna mengelola kesehatan secara proaktif kapan pun dan di mana pun.

Jpnn.com / 19-11-2020

Ini Kata Prudential Setelah Disebut dalam Kasus Raibnya Uang Milik Winda Earl

Kasus raibnya uang miliaran rupiah di rekening Maybank Indonesia milik atlet e-sport Winda D Lunardi alias Winda Earl ikut menyeret Prudential Indonesia. Sebelumnya, tersangka yang juga Kepala Cabang Maybank Cipulir berinisial A, mengaku, adanya aliran uang pembelian asuransi ke Prudential sebesar Rp 6 miliar. Menanggapi hal tersebut, PT Prudential Life Assurance mengaku telah melakukan pengecekan internal dan memberikan informasi kepada pihak berwenang.

Kompas.com / 19-11-2020

KPK Pastikan Siap Dalami Skandal Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri menegaskan, pihaknya bakal turun tangan mendalami skandal kasus gagal bayar di industri keuangan di Indonesia. Firli memastikan akan mendalami setiap informasi adanya dugaan tindak pidana korupsi. Sebelumnya, Komisi III DPR mendesak KPK turun tangan menyelidiki maraknya kasus gagal bayar di sektor industri keuangan. KPK juga diminta untuk menelusuri adanya dugaan konspirasi antara lembaga pengawas OJK kepada para tersangka korupsi di sektor tersebut.

Liputan6.com / 19-11-2020

Cara dan Motifnya Terbongkar, Kacab Maybank Akui Kendalikan Rekening Winda Lunardi dan Ayahnya

Hotman Paris selaku Kuasa Hukum Bank Maybank Indonesia mengungkapkan bahwa ada aliran dana yang dikirim ke Prudential dari rekening Winda D Lunardi sejumlah Rp6 miliar dan satu bulan setelahnya kembali ke rekening ayahnya, Herman Lunardi sejumlah Rp4,8 miliar. Polisi pun telah menemukan bukti baru . Mantan Kepala Cabang Bank Maybank Cipulir berinisial A yang telah ditetapkan sebagai tersangka ini telah mengakui aliran dana untuk pembayaran pembayaran asuransi di PT Prudential Life Assurance.

Pikiran-rakyat.com / 19-11-2020

KPK Siap Dalami Skandal Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan

KPK siap turun tangan mendalami skandal kasus gagal bayar di industri keuangan di Indonesia. Sebelumnya Komisi III DPR RI yang meminta KPK ikut menelisik skandal gagal bayar di industri keuangan. Sebelumnya, Komisi III DPR mendesak KPK turun tangan menyelidiki maraknya kasus gagal bayar di sektor industri keuangan. KPK juga diminta untuk menelusuri adanya dugaan konspirasi antara lembaga pengawas OJK kepada para tersangka korupsi di sektor tersebut.

Reqnews.com / 19-11-2020

Generali Dukung Borobudur Marathon 2020

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) kembali menjadi official insurance partner Borobudur Marathon 2020. CEO Generali Indonesia, Edy Tuhirman mengatakan melalui Borobudur Marathon 2020 Generali mempromosikan gaya hidup positif untuk kesehatan mental dan fisik. Menjawab tantangan transformasi digital, Generali telah meluncurkan iPropose yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses untuk perlindungan asuransi tanpa tatap muka.

Swa.co.id / 19-11-2020

Anggota DPR RI, Wihadi Wiyanto, Dorong KPK Bongkar Kebobrokan Industri Keuangan

Anggota DPR Komisi XI, Wihadi Wiyanto mengatakan, KPK dapat membongkar kekusutan sektor keuangan yang belakangan banyak lembaga asuransi mengalami gagal bayar. Menurut Wihadi, lembaga antirasuah itu dapat masuk untuk mengusut kasus-kasus yang ada dengan memeriksa kebocoran sistem pengawasan OJK.

Tribunnews.com / 19-11-2020

Penjualan Produk Unitlink

OJK mengatakan saat ini masih belum semua perusahaan asuransi bisa melakukan penjualan produk unitlink secara virtual face to face. Jumlah perusahaan yang masih mengantre izin penjualan virtual ini masih cukup Panjang. OJK ingin lebih menegakkan perlindungan konsumen.

Kontan / 20-11-2020 Hal. 10

Regulasi & Makro Ekonomi

Ini alasan OJK minta asuransi hati-hati kelola risiko asuransi kredit

Tingkat kalim asuransi yang tinggi membuat OJK mengingatkan perusahaan asuransi untuk lebih berhati - hati dalam mengelola risiko asuransi kredit. Hingga September 2020, premi asuransi kredit naik 29,1% yoy diikuti klaim 50,9% yoy. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK Riswinandi mengatakan, pemahaman mengenai struktur dan kapasitas kredit perbankan yang di cover asuransi harus dipahami perusahaan asuransi. Tentu mitigasi risiko kredit perbankan jangan hanya dipindah ke asuransi tapi dikelola.

Kontan.co.id / 19-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.155

IHSG (per 19 November  2020)

   5.594,06

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Suara Pembaruan, Akurat.co, Alinea.id, Antaranews.com, Beritalima.com, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Gatra.com, Indopos.co.id, Investor.id, Jpnn.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Pikiran-rakyat.com, Reqnews.com, Swa.co.id, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF