AAJI Daily News - 6 November 2020


Tanggal terbit (06 / 11 / 2020)

Jumat, 6 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Pentingnya Miliki Asuransi Kesehatan Sejak Dini
  2. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Capai RP 1,03 Triliun
  3. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Capai Rp 1,03 Triliun
  4. Kewajiban Jiwasraya Naik Jadi Rp 54,5 T
  5. Sudah Rp 1 T Lebih Polis Jiwasraya 'Diselamatkan'
  6. Prudential Luncurkan Plan Cermat
  7. Program Solusi Perlindungan Allianz Indonesia Diganjar Penghargaan Insurance Asia Awards 2020
  8. Sun Life Hadir di Masa Pandemi
  9. Pelajaran Berharga dari Pandemi
  10. Ada IFG Life, Nasabah Korporasi Jiwasraya Mau Ikuti Restrukturisasi
  11. Hingga September 2020, Jiwasraya tercatat punya utang jatuh tempo Rp 19,1 triliun
  12. Jadi induk holding BUMN asuransi, IFG bakal disuntik Rp 22 triliun
  13. Prudential Indonesia Lindungi Lebih Banyak Masyarakat Indonesia dengan Menghadirkan Plan Cermat
  14. Wana Artha Life Diminta Cairkan Dana Nasabah

TENTANG AAJI

Pentingnya Miliki Asuransi Kesehatan Sejak Dini

Pandemi COVID-19 memberikan dampak di setiap sendi kehidupan masyarakat. Tingkat kesadaran masyarakat terhadap perencanaan kesehatan pun meningkat. AAJI melaporkan pertumbuhan pembayaran klaim dan manfaat industri asuransi jiwa sebesar 4,1 persen, menjadi Rp35,92 Triliun pada kuartal I 2020. Berbeda dengan Freddy Tuor, ia telah peduli akan kesehatan dirinya dan keluarga jauh sebelum COVID-19 dan memilih asuransi kesehatan, AXA Mandiri. Baginya, asuransi kesehatan bisa menjadi proteksi dalam menghadapi tantangan dan risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Pasificpos.com / 04-11-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Restrukturisasi Polis Jiwasraya Capai RP 1,03 Triliun

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat pelaksanaan program penyelamatan atau restrukturisasi polis mencapai Rp1,03 triliun. Nilai tersebut dicatatkan oleh 282 pemegang polis korporasi. Sekretaris Perusahaan Jiwasraya Kompyang Wibisana menyampaikan, jumlah pemegang polis dari kategori korporasi yang berkenan direstrukturisasi terus meningkat sejak diumumkan pada Agustus 2020. Hal itu dilatarbelakangi keyakinan mereka terhadap rencana kerja dan upaya penyelamatan polis Jiwasraya yang disusun Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan.

HE Neraca / 06-11-2020 Hal. 5

Restrukturisasi Polis Jiwasraya Capai Rp 1,03 Triliun

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat pelaksanaan program penyelamatan atau restrukturisasi polis mencapai Rp1,03 triliun. Nilai tersebut dicatatkan oleh 282 pemegang polis korporasi. Sekretaris Perusahaan Jiwasraya Kompyang Wibisana menyampaikan, jumlah pemegang polis dari kategori korporasi yang berkenan direstrukturisasi terus meningkat sejak diumumkan pada Agustus 2020. Hal itu dilatarbelakangi keyakinan mereka terhadap rencana kerja dan upaya penyelamatan polis Jiwasraya yang disusun Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan.

Investor Daily / 06-11-2020 Hal. 24

Kewajiban Jiwasraya Naik Jadi Rp 54,5 T

Hingga kuartal tiga 2020, Jiwasraya mengumumkan kalau liabilitas perusahaan berada di angka Rp54,5 tirliun. Nilai itu bertambah dari sebelumnya per 31 Mei 2020 lalu kewajiban Jiwasraya Rp52,9 triliun. Sementara utang Jiwasraya yang jatuh tempo hingga September juga sudah menyentuk Rp19,1 triliun. Di sisi lain, Jiwasraya mencatatkan aset Cuma Rp16 triliun. Dengan kondisi ekuitas Jiwasraya berada di posisi minus Rp38,5 trilun. Kondisi keuangan yang karut marut ini bakal berusaha diperbaiki oleh pemerintah dengan membentuk IFG Life sebagai perusahaan pengganti Jiwasraya.

Kontan / 06-11-2020 Hal. 10

Sudah Rp 1 T Lebih Polis Jiwasraya ‘Diselamatkan’

Manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah melakukan program penyelamatan polis atau restrukturisasi sebesar Rp 1,03 triliun. Program ini dimulai dari pemegang polis kategori korporasi. Sekretaris Perusahaan Asuransi Jiwasraya, Kompyang Wibisana mengungkapkan restrukturisasi ini berasal dari 282 pemegang polis korporasi yang menyetujui penawaran program penyelamatan polis Jiwasraya. Kompyang menyebutkan manajemen baru Jiwasraya optimis penyelamatan polis ini bisa diikuti seluruh peserta.

Detik.com / 05-11-2020

Prudential Luncurkan Plan Cermat

PT Prudential Life Assurance meluncurkan plan perlindungan baru, ‘Plan Cermat’ pada produk populernya, PRUPrime Healthcare Plus dan PRUPrime Healthcare Plus Syariah. President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch mengatakan, isu kesehatan merupakan tantangan dari dinamika kehidupan, seperti yang terjadi saat ini. Meski kita sedang dilanda pandemi Covid-19, ancaman penyakit lain yang juga tidak kalah berbahaya juga mengintai. Sementara itu sebanyak 65% konsumen Indonesia mengaku pendapatan rumah tangga mereka terdampak oleh pandemi.

Gatra.com / 05-11-2020

Program Solusi Perlindungan Allianz Indonesia Diganjar Penghargaan Insurance Asia Awards 2020

Dua program Allianz Indonesia, “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan “Allianz Uang Duka” diganjar penghargaan Insurance Initiative of the Year dalam acara “Insurance Asia Awards 2020”. Program tersebut menyediakan akses solusi perlindungan asuransi yang mudah dan terjangkau. Masyarakat akan mendapatkan manfaat proteksi sebagai bentuk implementasi dari strategi perusahaan memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia. Penghargaan ini memperkuat komitmen perusahaan untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia.

Investor.id / 05-11-2020

Sun Life Hadir di Masa Pandemi

PT Sun Life Financial Indonesia hadir untuk membantu para nasabah di masa pandemi Covid-19 melalui berbagai inovasi dan inisiatif. Perseroan juga telah siap masuk lebih dalam pada kanal pemasaran digital. Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty mencontohkan upaya Sun Life Indonesia untuk membangun infrastruktur Sun Connect. Berkat persiapan yang lebih dulu dimulai sebelum pandemi, kebijakan OJK terkait relaksasi PAYDI bisa cepat dimanfaatkan. Elin mengatakan, para agen pemasar menyambut antusias kehadiran Sun Connect pada Juni lalu.

Investor.id / 05-11-2020

Pelajaran Berharga dari Pandemi

Presiden Direktur PT Sun Life Indonesia Elin Waty, mengungkapkan bahwa pihaknya mendapat pelajaran berharga berkat adanya pandemi Covid-19. Survei Kantar-Covid Indonesia Pulse (April 2020) menyebutkan bahwa hampir seluruh masyarakat merasa terjadi disrupsi terhadap kehidupan mereka, terutama perhatian terhadap keamanan finansial. Perencanaan keuangan yang lebih matang seharusnya bisa membuat masyarakat melewati pandemi dengan lebih tenang. Karena itu, pihaknya terus mendorong warga Indonesia lebih bijak merencanakan keuangannya.

Investor.id / 05-11-2020

Ada IFG Life, Nasabah Korporasi Jiwasraya Mau Ikuti Restrukturisasi

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menawarkan program restrukturisasi kepada para pemegang polis korporasi. Hingga saat ini sebanyak 282 pemegang polis korporasi dengan nilai Rp 1,03 triliun menyetujui penawaran Jiwasraya. Sejak Jiwasraya menawarkan program pada Agustus 2020, terjadi peningkatan jumlah pemegang polis dari kategori korporasi yang mengikuti program restrukturisasi Jiwasraya. Sekretaris Perusahaan Jiwasraya, Kompyang Wibisana menjelaskan, peningkatan ini karena nasabah optimistis dengan program penyelematan yang disusun Kementerian BUMN.

Katadata.co.id / 05-11-2020

Hingga September 2020, Jiwasraya tercatat punya utang jatuh tempo Rp 19,1 triliun

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus berupaya merestrukturisasi polis nasabah. Kendati demikian, perseroan mencatatkan utang jatuh tempo Jiwasraya yang belum terbayar hingga September 2020 telah menyentuh Rp 19,1 triliun. Adapun posisi liabilitas atau kewajiban Jiwasraya per kuartal ketiga 2020 berada di angka Rp 54,5 triliun, dengan aset Rp 16,0 triliun. Dengan kondisi ini ekuitas Jiwasraya pun telah berada di posisi negatif atau minus Rp 38,5 triliun. Pemerintah pun telah menyetujui adanya PMN sebesar RP 22 triliun yang akan diberikan ke IFG.

Kontan.co.id / 05-11-2020

Jadi induk holding BUMN asuransi, IFG bakal disuntik Rp 22 triliun

Kementerian BUMN meluncurkan Indonesia Financial Group (IFG) yang berfokus pada bidang perasuransian dan penjaminan. Sebenarnya IFG merupakan perubahan brand dari PT BPUI sebagai induk holding perusahaan asuransi dan penjaminan milik BUMN. Pemerintah telah menyetujui untuk menyuntikkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 22 triliun kepada IFG. Suntikan modal itu akan diberikan dengan dua tahap, yakni sebesar Rp 12 triliun pada 2021 dan Rp 10 triliun pada tahun berikutnya.

Kontan.co.id / 05-11-2020

Prudential Indonesia Lindungi Lebih Banyak Masyarakat Indonesia dengan Menghadirkan Plan Cermat

Masih dalam rangkaian selebrasi ulang tahun ke-25, PT Prudential Life Assurance kembali berinovasi dengan meluncurkan plan perlindungan baru yang cerdas dan hemat yaitu ‘Plan Cermat’ pada produk populernya, PRUPrime Healthcare Plus dan PRUPrime Healthcare Plus Syariah. Kini masyarakat Indonesia yang kebutuhannya semakin beragam memiliki lebih banyak pilihan plan untuk memastikan mereka terus terlindungi. Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, menjelaskan pihaknya ingin selalu bersama masyarakat Indonesia, melindungi mereka di tengah kondisi yang tidak pasti.

Kontan.co.id / 05-11-2020

Wana Artha Life Diminta Cairkan Dana Nasabah

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wana Artha Life diminta untuk mencairkan dana nasabah yang tidak kunjung direalisasikan sejak Maret 2020 lalu. Hal itu disampaikan NG Cui Cing didampingi kuasa hukumnya, Rustam Hamonangan Tambunan SH, Rabu (4/11) siang. Menurutnya, kliennya sebagai nasabah dengan Nomor Polis 9717071174 merasa keberatan atas tidak diterimanya imbal hasil investasi produk wall invest setiap bulan sejak Maret 2020. Akibat tidak adanya kejelasan membuat NG Cui Cing akan menarik seluruh dana investasinya sebesar Rp1,030 milliar.

Medanbisnisdaily.com / 05-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.380

IHSG (per 05 November 2020)

   5.260,33

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Akurat.co, Detik.com, Gatra.com, Investor.id, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Medanbisnisdaily.com, Pasificpos.com.

 

DOWNLOAD PDF