AAJI Daily News - 10 Desember 2020


Tanggal terbit (10 / 12 / 2020)

Kamis, 10 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Kinerja unitlink diproyeksi tumbuh positif di tahun depan, ini sebabnya
  2. Genjot kinerja unitlink, ini strategi investasi asuransi jiwa di tahun depan
  3. Nasabah Gugat Asuransi Jiwasraya
  4. Jiwasraya Diminta Umumkan Program Restrukturisasi Polis
  5. Nasabah Siap Menggugat Perdata Kasus Jiwasraya
  6. Waspada Saat Saham Terkait Kasus Jiwasraya Meroket
  7. IFG life Bidik Pasar Domestik
  8. Beri Kepastian, Anggota DPR Minta Jiwasraya Umumkan Program Restrukturisasi Polis
  9. IFG Life Andalkan Basis Nasabah Jiwasraya & Ekosistem BUMN
  10. Siap Beroperasi di 2021, Ini Racikan Bisnis IFG Life
  11. Dorong Digitalisasi, AIA & Gojek Hadirkan Asuransi Jiwa Terjangkau
  12. Ratusan nasabah Korsel segera gugat Bank Keb Hana akibat kasus Jiwasraya
  13. OJK Diminta Kawal Proses Restrukturisasi Jiwasraya
  14. Restrukturisasi Jiwasraya Dimulai, Nasabah Senang?
  15. Nasabah Jiwasraya Ajukan Gugatan karena Tolak Skema Restrukturisasi
  16. Kecewa, nasabah saving plan bakal layangkan class action ke Jiwasraya hingga OJK
  17. Ini strategi BRI Life tingkatkan premi unitlink di tahun depan
  18. OJK Jadi Salah Satu Kunci Realisasi Restrukturisasi Jiwasraya
  19. IFG Life Menargetkan Bisa Beroperasi Tahun Depan
  20. IFG Life Perlu Optimalkan Pasar Baru Asuransi Jiwa Domestik
  21. Simak Berbagai Kondisi saat Haruskan Punya Asuransi Jiwa
  22. Strategi Memacu Asuransi

TENTANG AAJI

Kinerja unitlink diproyeksi tumbuh positif di tahun depan, ini sebabnya

AAJI memproyeksi kinerja unitlink akan tumbuh positif pada tahun depan. Beberapa faktor turut mendukung pertumbuhan asuransi berbasis investasi ini: akses masyarakat menjadi lebih luas karena adanya relaksasi dalam Paydi, situasi pasar modal yang membaik, adanya program pemulihan ekonomi nasional, industri asuransi jiwa senantiasa berinovasi dan lebih berorientasi kepada masyarakat dengan menghadirkan produk dan layanan yang mengoptimalkan teknologi digital dan komitmen pemerintah untuk pemberian vaksin Covid-19 juga memberi sinyal positif.

Kontan.co.id / 09-12-2020

Genjot kinerja unitlink, ini strategi investasi asuransi jiwa di tahun depan

AAJI memproyeksi kinerja unitlink akan tumbuh positif seiring membaiknya kondisi pasar modal. Guna meningkatkan kinerja unitlink tahun depan, beberapa strategi telah dipersiapkan pemain asuransi jiwa. Secara umum, industri akan menyesuaikan investasi dengan kondisi pasar serta memperhatikan kebutuhan masyarakat, mengutamakan prinsip kehati-hatian, manajemen risiko serta tata kelola yang baik. Selain itu, perusahaan juga melakukan berbagai analisis secara mendalam, Lalu menerapkan strategi investasi ketat.

Kontan.co.id / 09-12-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Gugat Asuransi Jiwasraya

Seorang nasabah, Oerianto Guyandi mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena menolak skema restrukturisasi polis yang ditawarkan Jiwasraya. Kuasa Hukum Oerianto, Ebeneser Ginting menyebut, pihaknya memandang penjualan produk saving plan Jiwasraya sebagai perbuatan melawan hukum karena sejak awal produk ini bermasalah tapi tetap dipasarkan. Saat ini, gugatan sudah masuk tahap duplik yaitu jawaban atau tanggapan dari pihak Jiwasraya. Namun sudah beberapa kali mediasi belum menemukan titik temu.

Kontan / 09-12-2020 Hal. 10

Jiwasraya Diminta Umumkan Program Restrukturisasi Polis

Anggota Komisi VI DPR Adisatrya Suryo Sulisto minta agar manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) segera mengumumkan program restrukturisasi polis untuk memberikan kepastian bagi nasabah Jiwasraya. Menurut dia, dalam pengumuman tersebut tentu juga harus dijelaskan secara rinci mengenai bagaimana skema restrukturisasi yang akan dilakukan.

HE Neraca / 10-12-2020 Hal. 5

Nasabah Siap Menggugat Perdata Kasus Jiwasraya

Welly, salah seorang nasabah Jiwasraya menyatakan sedang berdiskusi dengan beberapa anggota terkait rencana class action. Ia merasa kecewa, lantaran merasa pemerintah telah lalai terhadap rakyatnya dan pemerintah tidak hadir dalam kasus ini. Ia juga berencana mengajukan gugatan kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero). Lantaran ia ditawari oleh bank pelat merah tersebut membeli produk Saving Plan sebagai produk deposito.

Kontan / 10-12-2020 Hal. 10

Waspada Saat Saham Terkait Kasus Jiwasraya Meroket

Saham-saham yang sempat tersangkut kasus penyelewengan dana investasi Jiwasraya, bergerak liar di Desember ini. Saham-saham tersebut adalah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, PT Pool Advistas Finance Tbk, PT Alfa Energi Investamam Tbk, dan PT Prima Cakrawala Abadi Tbk. Analis Panin Sekuritas William Hartanto menuturkan, belum diketahui penyebab saham-saham ini bullish. Secara teknikal, saham-saham tersebut masuk fase uptrend. Tidak tertutup kemungkinan, saham-saham ini naik seiring perkembangan restrukturisasi polis Jiwasraya.

Kontan / 10-12-2020 Hal. 4

IFG life Bidik Pasar Domestik

IFG resmi ditetapkan sebagai holding BUMN perasuransian dan penjaminan. Dengan konsolidasi aset sebesar Rp72,5 triliun per Maret 2020, IFG memiliki sembilan anggota holding. IFG juga mendirikan IFG Life, perusahaan asuransi yang berfokus ke layanan asuransi jiwa dan kesehatan. Pemerintah Bersama Komisi VI DPR pada Senin (30/11) lalu telah menyetujui rencana PMN senilai Rp22 triliun ke IFG untuk mendirikan IFG Life.

Republika / 10-12-2020 Hal. 9

Beri Kepastian, Anggota DPR Minta Jiwasraya Umumkan Program Restrukturisasi Polis

Anggota Komisi VI DPR Adisatrya Suryo Sulisto meminta agar manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) segera mengumumkan program restrukturisasi polis untuk memberikan memberikan kepastian bagi nasabah Jiwasraya. Menurut dia, dalam pengumuman tersebut tentunya juga harus dijelaskan secara rinci mengenai bagaimana skema restrukturisasi yang akan dilakukan.

Bisnis.com / 08-12-2020

IFG Life Andalkan Basis Nasabah Jiwasraya & Ekosistem BUMN

Direktur Bisnis Indonesia Financial Group, Pantro Pander Silitonga memastikan bahwa modal Rp 27 triliun yang akan dimiliki oleh IFG Life sudah mencukupi untuk mendorong restrukturisasi polis nasabah Jiwasraya. Restrukturisasi ini disebut Pantro juga akan memberikan benefit kepada IFG Life karena dapat langsung memiliki nasabah, selain itu nasabah di lingkungan BUMN juga menjadi peluang bagi pengembangan nasabah IFG LIfe.

Cnbcindonesia.com / 08-12-2020

Siap Beroperasi di 2021, Ini Racikan Bisnis IFG Life

Anak Usaha Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan IFG dibidang asuransi jiwa, kesehatan dan pengelolaan dana pensiun, IFG Life ditargetkan mendapatkan izin usaha, produk dan pengalihan portofolio produk di awal 2021. Direktur Bisnis Indonesia Financial Group, Pantro Pander Silitonga, menyebutkan saat ini persiapan IFG Life sudah dalam tahap akhir dengan modal yang sudah diinjeksikan mencapai Rp 150 miliar dan akan ditambah dengan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 12 triliun serta tambahan surat utang 10 triliun dan 4,7 triliun dan fund rising IFC.

Cnbcindonesia.com / 08-12-2020

Dorong Digitalisasi, AIA & Gojek Hadirkan Asuransi Jiwa Terjangkau

PT AIA Financial (AI) berkolaborasi dengan Gojek menghadirkan program layanan AIA1dapat4 dan Share The Love. Layanan tersebut dapat diakses langsung melalui aplikasi Gojek. Program AIA1dapat4 merupakan layanan proteksi keluarga yang bisa didapatkan pengguna aplikasi Gojek. Hanya dengan membeli satu polis untuk produk asuransi tertentu, maka konsumen akan mendapatkan perlindungan dari risiko COVID-19 untuk empat keluarga sekaligus yang tertera dalam kartu keluarga (KK). Biaya polis berkisar mulai dari Rp 1 juta per bulan.

Detik.com / 08-12-2020

Ratusan nasabah Korsel segera gugat Bank Keb Hana akibat kasus Jiwasraya

Ratusan nasabah asal Korea Selatan berencana menggugat Bank Keb Hana Indonesia sebagai penyalur produk Saving Plan milik Jiwasraya. Salah seorang nasabah, Lee Kang Hyun memperkirakan ada sekitar 200 nasabah yang akan mengajukan gugatan ke pengadilan. Sebelum mengajukan gugatan, kuasa hukum yang ditunjuk sedang mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Menurutnya, bank tersebut membohongi para nasabah dengan menyebut produk Saving Plan. Terlebih, OJK juga melarang Hana Bank untuk bertanggung jawab.

Kontan.co.id / 08-12-2020

OJK Diminta Kawal Proses Restrukturisasi Jiwasraya

Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto menjelaskan, secara detail, OJK perlu mendukung langkah-langkah dari manajemen IFG Life untuk bisa segera mendapatkan izin usaha, izin produk, dan izin pengalihan portofolio. Menurut Adisatrya, dukungan dari OJK sendiri dapat berupa pengawalan yang bersifat intensif terhadap proses pengajuan izin yang dilakukan oleh pihak IFG Life, sehingga prosesnya bisa berjalan lebih cepat.

Liputan6.com / 08-12-2020

Restrukturisasi Jiwasraya Dimulai, Nasabah Senang?

Beberapa waktu lalu, panja dan Komisi VI DPR RI telah merestui skema restrukturisasi Asuransi Jiwasraya. Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Jiwasraya Mahelan Prabantarikso mengungkapkan flying team ini bertujuan untuk mewakili manajemen saat berkomunikasi dengan seluruh pemegang polis Jiwasraya. Skema tersebut disambut beragam oleh para nasabah. Ada yang setuju ada juga yang mengaku pasrah. Salah seorang nasabah Asuransi Jiwasraya Achmad Fachrodji mengapresiasi dan menyambut baik keputusan tersebut. Asal jelas waktu pengembalian dananya.

Detik.com / 09-12-2020

Nasabah Jiwasraya Ajukan Gugatan karena Tolak Skema Restrukturisasi

Seorang nasabah, Oerianto Guyandi mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena menolak skema restrukturisasi polis yang ditawarkan Jiwasraya. Kuasa Hukum Oerianto, Ebeneser Ginting menyebut, penekanan gugatan ini dalam bentuk berbuatan melawan hukum. Kami memandang penjualan produk saving plan Jiwasraya sebagai perbuatan melawan hukum karena sejak awal produk ini bermasalah tapi tetap dipasarkan.

Kompas.com / 09-12-2020

Kecewa, nasabah saving plan bakal layangkan class action ke Jiwasraya hingga OJK

Welly, salah seorang nasabah Jiwasraya menyatakan sedang berdiskusi dengan beberapa anggota terkait rencana class action. Ia merasa kecewa, lantaran merasa pemerintah telah lalai terhadap rakyatnya dan pemerintah tidak hadir dalam kasus ini. Ia juga berencana mengajukan gugatan kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero). Lantaran ia ditawari oleh bank pelat merah tersebut membeli produk Saving Plan sebagai produk deposito.

Kontan.co.id / 09-12-2020

Ini strategi BRI Life tingkatkan premi unitlink di tahun depan

PT Asuransi BRI Life telah menyiapkan empat strategi untuk meningkatkan pendapatan premi dari produk unitlink. Strategi tersebut diharapkan akan kerek kinerja perusahaan tahun depan: BRI Life akan melakukan alignment (pengaturan) dalam proses penjualan, mempersiapkan infrastruktur teknologi informasi pendukung, membangun teknologi informasi termasuk pusat kontak telepon yang terpusat untuk memudahkan akses nasabah ke BRI Life, dan mengupayakan pembangunan human capital yang berkompeten.

Kontan.co.id / 09-12-2020

OJK Jadi Salah Satu Kunci Realisasi Restrukturisasi Jiwasraya

Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto meminta OJK untuk mengawal proses restrukturisasi para nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sebagai otoritas, OJK menjadi kunci realisasi program restrukturisasi kali ini, selain manajemen perusahaan. Menurut anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto dukungan dari OJK sendiri dapat berupa pengawalan yang bersifat intensif terhadap proses pengajuan izin yang dilakukan oleh pihak IFG Life, sehingga prosesnya bisa berjalan lebih cepat.

Merdeka.com / 09-12-2020

IFG Life Menargetkan Bisa Beroperasi Tahun Depan

IFG Life menargetkan dapat mulai beroperasi tahun depan. Hal tersebut juga mendapat dukungan dari DPR. Direktur Bisnis IFG Life Pantro Silitonga mengatakan, IFG Life menargetkan dapat beroperasi mulai Januari 2021. IFG Life akan melanjutkan pengelolaan polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi sebelumnya yang mana pelaksanaan Program Restrukturisasi polis Jiwasraya akan mulai disosialisasikan pada Desember 2020 ini. 

Republik.co.id / 09-12-2020

IFG Life Perlu Optimalkan Pasar Baru Asuransi Jiwa Domestik

IFG Life, sebaiknya memprioritaskan pembenahan migrasi nasabah eks Jiwasraya menjadi nasabah IFG Life dalam jangka pendek. Pemberesan data ini akan memudahkan pengaturan tempo terkait tenor jatuh tempo nasabah eks Jiwasraya. Pengamat BUMN Toto Pranoto mengatakan, prioritas lainnya dalam jangka pendek paling tidak mempertahankan pasar yang sudah ada. Toto menilai injeksi ekuitas dari pemerintah juga bisa dipakai sebagai pengembangan tahap awal produk-produk digital dari IFG Life (Insurtech).

Republika.co.id / 09-12-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Simak Berbagai Kondisi saat Haruskan Punya Asuransi Jiwa

Salah satu alasan utama orang yang tidak berlangganan asuransi jiwa adalah karena mereka pikir mereka tidak mampu membelinya. Melansir dari laman Lifehack, berikut beberapa contoh dalam hidup saatnya Anda harus memiliki asuransi jiwa: Pencari nafkah, Memiliki utang, Merawat orang tua yang lanjut usia, Ingin anak-anak berkuliah, Ingin menyerahkan uang tunai kepada ahli waris, Tidak ingin ahli waris membayar pajak dan biaya kekayaan, Memiliki anggota keluarga dengan kebutuhan khusus, dan Ingin biaya pemakaman ditanggung.

Liputan6.com / 08-12-2020

Strategi Memacu Asuransi

Untuk meningkatkan penetrasi asuransi melalui inklusi keuangan dibutuhkan sedikitnya empat prasyarat. Pertama, literasi keuangan yaitu pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap jasa keuangan. Kedua, tersedianya infra­struk­tur digital yang memadai. Terobosan program branchless bank Bank Indonesia mengintegrasikan platform telekomunikasi untuk mengatasi infrastruktur perbankan yang terbatas dan berbiaya tinggi menjadi salah satu upaya meningkatkan inklusi keuangan.

Bisnis.com / 09-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.110

IHSG (per 08 November 2020)

5.944,41

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Kontan, HE Neraca, Investor Daily, Republika, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Republika.co.id.

DOWNLOAD PDF