AAJI Daily News - 25 September 2020


Tanggal terbit (25 / 09 / 2020)

Jumat, 25 September 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

  1. Pandemi Menyadarkan Orang Akan Pentingnya Gaya Hidup Berasuransi
  2. Soal Wanaartha, Kejagung: Yang Disita Cuma Saham Bentjok!
  3. Benny Tjokro Jalani Pembantaran
  4. Joko Hartono Tirto Dituntut Seumur Hidup
  5. Nasib Nasabah Tetap Terkatung-katung
  6. Positif Covid-19, Benny Tjokro Batal Jalani Tuntutan
  7. Sidang Tuntutan Benny Dan Heru Ditunda
  8. Mantan Eksekutif Jiwasraya Menghadapi Hukuman Penjara Berat
  9. Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro Jalani Sidang Tuntutan Hari Ini
  10. Bui 20 Tahun & Seumur Hidup Terdakwa Jiwasraya, Ringan kah?
  11. Kejagung: Asuransi Wanaartha Gagal Bayar Sejak Oktober 2019
  12. Terdakwa Jiwasraya Joko Hartono Dituntut Penjara Seumur Hidup
  13. DPR Tagih Kejelasan Suntikan Negara ke BPUI Demi Jiwasraya
  14. Benny Tjokro dkk Jalani Sidang Tuntutan Kasus Korupsi Jiwasraya Hari Ini
  15. Eks Dirkeu Jiwasraya Susul Akil di Daftar Sejarah Tuntutan Tertinggi Kasus Korupsi
  16. Penyidik Kejaksaan Agung Periksa 12 Saksi Terkait Kasus AJS
  17. Mantan bos Jiwasraya dituntut penjara, nasabah: Yang penting klaim cepat dibayar
  18. Benny Tjokro Jalani Sidang Tuntutan Kasus Jiwasraya Hari Ini
  19. Eks Pejabat Jiwasraya Dituntut Seumur Hidup
  20. Pertemuan Agen Asuransi
  21. Agen Asuransi Jiwa Didorong Raih Pencapaian Terbaiknya
  22. Simak pengertian asuransi jiwa dan jenis-jenisnya sesuai kebutuhan
  23. Agen Asuransi Jiwa Didorong Raih Pencapaian Terbaik Tahun 2020

TENTANG AAJI

Pandemi Menyadarkan Orang Akan Pentingnya Gaya Hidup Berasuransi

AAJI mencatat, pandemi Covid-19 membuat tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk asuransi jiwa meningkat. Hal ini mengacu dari survei Nielsen yang mengatakan, kesadaran untuk memiliki produk asuransi jiwa di kota besar Indonesia meningkat menjadi 24 persen. Bahkan tingkat kesadaran ini disebut hampir sama dengan Singapura yang berada di angka 26 persen. Walaupun kesadaran naik, penetrasi asuransi jiwa masih jauh tertinggal dibandingkan negara lain. Tingkat penetrasi dari rasio premi terhadap nilai produk domestik bruto baru sebesar 1,8 persen di 2019.

Kompas / 25-09-2020 Hal. 9

Soal Wanaartha, Kejagung: Yang Disita Cuma Saham Bentjok!

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Ali Mukartono mengatakan pihaknya menegaskan bahwa Kejaksaan tidak pernah menyita uangnya para nasabah Wanaartha. Yang disita oleh Kejaksaan adalah saham atau reksa dananya Benny Tjokro yang ada di Wanartha. Setelah demo dari pihak nasabah Wanaartha, oleh pihak Wanaartha sudah dilakukan pembicaraan dengan para pemegang polis itu menyatakan kejaksaan tidak salah menyita semacam itu,

Cnbcindonesia.com / 24-09-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Benny Tjokro Jalani Pembantaran

Sidang tuntutan terhadap terdakwa Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat dalam perkara dugaan korupsi penempatan dana investasi milik PT Asuransi Jiwasraya ditangguhkan lantaran terdakwa Benny Tjokrosaputro terkonfirmasi positif Covid-19 dan harus menjalani perawatan di RS Adhyaksa. Ketua Majelis Hukum Rosmina meminta JPU untuk membuat surat pembantaran terhadap Benny Tjokro selama terdakwa menjalani perawatan di rumah sakit.

Bisnis Indonesia / 25-09-2020 Hal. 8

Joko Hartono Tirto Dituntut Seumur Hidup

Direktur PT Maxima Integra Tbk Joko Hartono Tirto dituntut pidana seumur hidup dalam kasus dugaan korupsi terkait pengelolaan dana PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Joko dinilai JPU terbukti membuat Jiwasraya merugi hingga Rp 16,8 triliun. Selama persidangan, jaksa tak menemukan alasan pembenar dan pemaaf yang dapat meringankan perbuatan Joko. Hal yang memberatkan ialah Joko tidak mendukung upaya pemerintah memberantas korupsi.

Kompas / 25-09-2020 Hal. 2

Nasib Nasabah Tetap Terkatung-katung

Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Agung menuntut tiga mantan petinggi asuransi Jiwasraya hukuman penjara selama 18 tahun hingga penjara seumur hidup. Lee Kang Hyun, seorang nasabah Polis Jiwasraya Saving Plan menanggapi tidak peduli, karena itu urusan kejaksaan dan BUMN. Ia ingin secepatnya dana sitaan yang mereka makan dikembalikan kepada korban-korban.

Kontan / 25-09-2020 Hal. 10

Positif Covid-19, Benny Tjokro Batal Jalani Tuntutan

Sidang pembacaan tuntutan dengan terdakwa Benny Tjokrosaputro dalam perkara korupsi pengelolaan keuangan dan investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang dijadwalkan kemarin ditunda lantaran Benny terkonfirmasi positif Covid-19. Terdakwa lain, Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat juga dinyatakan positif. Meski demikian, Majelis hukum pengadilan Tipikor Jakarta tetap menggelar persidangan dengan agenda pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Joko Hartono Tirto yang dituntut hukuman penjara seumur hidup.

Media Indonesia / 25-09-2020 Hal. 4

Sidang Tuntutan Benny Dan Heru Ditunda

Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menunda sidang tuntutan terhadap dua terdakwa utama kasus korupsi dana PT Asuransi Jiwasraya, Bennt Tjokrosaputro dan Heru Hidayat. Penundaan tersebut terkait status Benny yang dinyatakan positif Covid-19 dan Heru yang masih dirawat karena sakit. Kepada JPU, hakim Rosmina meminta agar dibuatkan surat pembantaran untuk Benny.

Republika / 25-09-2020 Hal. 2

Mantan Eksekutif Jiwasraya Menghadapi Hukuman Penjara Berat

Jaksa menuntut hukuman seumur hidup dan denda Rp 1 miliar (US $ 67.256) untuk mantan direktur keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo, 20 tahun dan denda Rp 1 miliar untuk mantan direktur utama Hendrisman Rahim, dan 18 tahun dan denda Rp 1 miliar untuk mantan keuangan dan kepala divisi investasi Syahmirwan. JPU menyebut ketiga terdakwa tersebut terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan dana negara sebesar Rp 16,8 triliun.

The Jakarta Post / 25-09-2020 Hal. 3

Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro Jalani Sidang Tuntutan Hari Ini

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akan menggelar sidang lanjutan terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya dengan agenda penuntutan pada Kamis (24/9). Hari ini sidang dilanjutkan dengan agenda penuntutan terhadap terdakwa Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro, Heru Hidayat Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram), dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto.

Bisnis.com / 24-09-2020

Bui 20 Tahun & Seumur Hidup Terdakwa Jiwasraya, Ringan kah?

Jaksa Penuntu Umum menjatuhkan tuntutan pidana kepada Hendrisman Rahim, Direktur Utama Jiwasraya periode 2008-2018 dengan pidana penjara selama 20 tahun dan denda senilai Rp 1 miliar dan subsider 6 bulan kurungan. Hary Prasetyo, Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013-2018 pidana penjara seumur hidup, denda Rp 1 miliar, barang sitaan dirampas untuk negara. Sedangkan Syahmirwan, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Jaksa menuntut hukuman pidana penjara selama 18 tahun dan denda senilai Rp 1 miliar.

Cnbcindonesia.com / 24-09-2020

Kejagung: Asuransi Wanaartha Gagal Bayar Sejak Oktober 2019

Kejagung menyebutkan PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau WanaArtha Life sudah mengalami gagal bayar kepada nasabah sejak Oktober 2019, sebelum Kejagung melakukan penyidikan perkara PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya) pada Desember 2019. Penyidikan Jiwasraya tersebut akhirnya berujung pada pemblokiran sekitar 800 sub rekening efek (SRE) saham dan penyitaan aset terkait dengan proses penyelidikan kasus Jiwasraya, yang juga menyeret rekening efek milik WanaArtha Life.

Cnbcindonesia.com / 24-09-2020

Terdakwa Jiwasraya Joko Hartono Dituntut Penjara Seumur Hidup

JPU menuntut Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto dengan pidana penjara seumur hidup. Ia dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama atas kasus pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya. Selain itu, jaksa juga meminta majelis hakim menghukum Joko dengan pidana denda sebesar Rp1 miliar subsidair 6 bulan kurungan. Dalam pertimbangan, jaksa menyebut hal yang memberatkan Joko adalah perbuatannya tak mendukung program pemerintah dalam penyelenggaraan negara yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Cnnindonesia.com / 24-09-2020

DPR Tagih Kejelasan Suntikan Negara ke BPUI Demi Jiwasraya

Anggota Komisi XI DPR Rudi Hartono Bangun menagih kejelasan soal skema suntikan negara kepada PT BPUI dalam menyelesaikan masalah gagal bayar PT Asuransi Jiwsraya (Persero). Rudi menuturkan PMN ke BPUI juga dimaksudkan untuk memperkuat struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas industri perasuransian, termasuk penjaminan. Karenanya, ia mengingatkan jangan sampai ada kesalahan ketika Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menyuntikkan modal Rp20 triliun itu ke BPUI.

Cnnindonesia.com / 24-09-2020

Benny Tjokro dkk Jalani Sidang Tuntutan Kasus Korupsi Jiwasraya Hari Ini

Komisaris PT Hanson International, Benny Tjokrosaputro hari ini akan menghadapi sidang tuntutan JPU yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Kamis (24/9). Selain Benny, jaksa juga akan membacakan surat tuntutan terdakwa lainnya yakni Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram) Heru Hidayat dan Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto. Ketiganya didakwa memberi suap kepada mantan petinggi PT Asuransi Jiwasraya serta memperkaya diri melalui transaksi pembelian dan penjualan saham dengan sejumlah pejabat Jiwasraya.

Detik.com / 24-09-2020

Eks Dirkeu Jiwasraya Susul Akil di Daftar Sejarah Tuntutan Tertinggi Kasus Korupsi

Mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo, dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman penjara seumur hidup. Ini merupakan tuntutan tertinggi di sejarah kasus korupsi di Indonesia. Sebelum Hary, ada sejumlah nama seperti Akil Mochtar yang juga dituntut penjara seumur hidup karena kasus korupsi. Jaksa juga menuntut Hary didenda Rp 1 miliar dan memerintahkan agar majelis hakim merampas beberapa barang bukti milik Hary. Barang bukti akan dirampas untuk negara dalam hal ini diserahkan ke Kementerian Keuangan RI.

Detik.com / 24-09-2020

Penyidik Kejaksaan Agung Periksa 12 Saksi Terkait Kasus AJS

Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI, Rabu (23/9) kembali melakukan pemeriksaan 12 orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Kterangan para saksi dianggap perlu untuk mengungkap sejauhmana peran para saksi dalam menjalankan perusahaannya dan kaitannya dengan jual beli saham dari pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) yang terjadi di BEI.

Industry.co.id / 24-09-2020

Mantan bos Jiwasraya dituntut penjara, nasabah: Yang penting klaim cepat dibayar

Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Agung menuntut tiga mantan petinggi asuransi Jiwasraya hukuman penjara selama 18 tahun hingga penjara seumur hidup. Lee Kang Hyun, seorang nasabah Polis Jiwasraya Saving Plan menanggapi tidak peduli, karena itu urusan kejaksaan dan BUMN. Ia ingin secepatnya dana sitaan yang mereka makan dikembalikan kepada korban-korban.

Kontan.co.id / 24-09-2020

Benny Tjokro Jalani Sidang Tuntutan Kasus Jiwasraya Hari Ini

Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan membacakan tuntutan dalam sidang lanjutan kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya dengan terdakwa Komisaris PT Hanson International, Benny Tjokrosaputro. Sidang rencananya dimulai pukul 11.00 WIB di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Selain Benny, terdakwa lainnya yang menghadapi sidang tuntutan adalah Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto. Benny Tjokro dan kawan-kawan sebelumnya didakwa telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 16,8 Triliun.

Liputan6.com / 24-09-2020

Eks Pejabat Jiwasraya Dituntut Seumur Hidup

Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013-2018 Hary Prasetyo dituntut penjara seumur hidup karena dinilai terbukti melakukan korupsi yang merugikan keuangan negara senilai Rp 16,807 triliun. Sementara, Direktur Utama Jiwasraya periode 2008-2018, Hendrisman Rahim dituntut 20 tahun penjara dan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya 2008-2014 Syahmirwan dituntut 18 tahun penjara.  Tuntutan itu dibacakan secara terpisah oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung Yanuar Utomo dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (23/9).

Republika.co.id / 24-09-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Pertemuan Agen Asuransi

Agen asuransi professional yang tergabung dalam Million Dollar Round Table (MDRT) menyelenggarakan seminar MDRT Day Indonesia 2020 secara virtual yang diikuti oleh para agen asuransi professional. Melalui seminar tahunan ini, diharapkan para agen asuransi anggota MDRT mendapatkan pengalaman baru untuk meningkatkan produktivitas dan profesionalisme sebagai financial planner sektor asuransi.

Kontan / 25-09-2020 Hal. 10

Agen Asuransi Jiwa Didorong Raih Pencapaian Terbaiknya

Agen asuransi profesional yang tergabung dalam wadah MDRT mendorong para agen asuransi mencapai pencapaian terbaiknya di tahun 2020. Mulai dari UpClimb yaitu agar para agen asuransi diharapkan dapat mencapai MDRT, yang sudah mencapai MDRT bisa mencapai COT dan bagi yang telah mencapai COT dapat mencapai ke level TOT. Sedangkan UpGrade para agen asuransi dapat mengupgrade dirinya baik skill maupun knowledge danUpScale yaitu para agen asuransi Indonesia diharapkan bukan hanya jagoan di Indonesia saja tapi juga mampu menjadi agen kelas dunia.

Suara Pembaruan / 25-09-2020 Hal. 7

Simak pengertian asuransi jiwa dan jenis-jenisnya sesuai kebutuhan

Ada jenis-jenis asuransi jiwa yang harus diketahui oleh masyarakat. Khusus di Indonesia, terdapat empat jenis asuransi jiwa yang bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan, yakni; 1) asuransi jiwa berjangka, merupakan bentuk dasar dari sebuah asuransi jiwa. 2) asuransi jiwa seumur hidup, menawarkan perlindungan maksimal sepanjang usia sang nasabah, dengan batas usia tertinggi hingga 100 tahun. 3) asuransi jiwa unit link, bagi nasabah yang sekaligus ingin berinvestasi. 4) asuransi jiwa dwiguna, produk asuransi jiwa dengan manfaat tambahan tabungan.

Kontan.co.id / 24-09-2020                                                                             

Agen Asuransi Jiwa Didorong Raih Pencapaian Terbaik Tahun 2020

Agen asuransi profesional yang tergabung dalam wadah MDRT mendorong para agen asuransi mencapai pencapaian terbaiknya di tahun 2020. Mulai dari UpClimb yaitu agar para agen asuransi diharapkan dapat mencapai MDRT, yang sudah mencapai MDRT bisa mencapai COT dan bagi yang telah mencapai COT dapat mencapai ke level TOT. Sedangkan UpGrade para agen asuransi dapat mengupgrade dirinya baik skill maupun knowledge danUpScale yaitu para agen asuransi Indonesia diharapkan bukan hanya jagoan di Indonesia saja tapi juga mampu menjadi agen kelas dunia.

Industry.co.id / 24-09-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.890

IHSG (per 24 September 2020)

   4.842,76

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Kompas, Kontan, Media Indonesia, Republika, Suara Pembaruan, The Jakarta Post, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Industry.co.id, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Liputan6.com, Medcom.id, Republika.co.id.

DOWNLOAD PDF