AAJI Daily News - 4 Agustus 2020


Tanggal terbit (04 / 08 / 2020)

Selasa, 4 Agustus 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Kala Bumiputera Kena Semprit Lagi
  2. Pandemi Mengajarkan Banyak Hal, Lindungi Finansial Keluarga Salah Satunya
  3. Simak, Strategi Manajemen AJB Bumiputera 1912 Memperbaiki Struktur Investasi
  4. Hasil investasi Taspen Life tembus Rp 148,56 miliar
  5. Asuransi Simas Jiwa kantongi pendapatan Rp 10,65 triliun di triwulan II 2020
  6. 3 Saksi Diperiksa dalam Sidang Lanjutan Kasus Jiwasraya
  7. Dewan Setujui Penyertaan Modal Jiwasraya
  8. 3 Saksi Diperiksa dalam Sidang Lanjutan Kasus Jiwasraya
  9. Lunasi Bayar Klaim, Kresna Life Tunjuk Tim Penyelesaian
  10. Direktur CBA Uchok Sky Khadafi: OJK Wajib Di Minta Pertanggungjawaban Atas Kasus Membelit Jiwasraya
  11. Ini Skema Penyelesaian Polis Nasabah Kresna Life dengan Premi di Atas Rp 50 Juta

INDUSTRI & ASURANSI

Kala Bumiputera Kena Semprit Lagi

OJK meminta direksi Bumiputera mengklarifikasi pelaksanaan Sidang Luar Biasa (SLB) Badan Perwakilan Anggota Bumiputera pada Senin (29/6). Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2A OJK Ahmad Nasrullah menilai pelaksanaan sidang itu tidak sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) 87/2019 tentang Perusahaan Asuransi Berbentuk Usaha Bersama. Penyelenggara sidang harus berdasarkan persetujuan OJK dan peserta sidang terlebih dahulu harus menemui otoritas.

Bisnis Indonesia / 04-08-2020 Hal. 15

Pandemi Mengajarkan Banyak Hal, Lindungi Finansial Keluarga Salah Satunya

Pandemi yang sudah berlangsung selama beberapa bulan belakangan ini banyak memberikan pelajaran berharga. Salah satu yang paling utama adalah lebih aware tentang kesehatan keluarga. Saatnya menghindari risiko keuangan di masa depan akibat pengeluaran biaya kesehatan darurat. PRUSolusi Sehat Syariah dapat memberikan perlindungan yang dibutuhkan. Dengan prinsip Syariah, yaitu saling tolong menolong lewat Dana Tabarru dari para peserta, PRUSolusi Sehat Syariah menjadi perlindungan kesehatan yang tepat untuk keluarga muslim masa kini.

Dream.co.id / 03-08-2020

Simak, Strategi Manajemen AJB Bumiputera 1912 Memperbaiki Struktur Investasi

AJB Bumiputera berjanji akan mencicil pembayaran klaim senilai Rp 5,3 triliun mulai September 2020. Salah satunya, melalui optimalisasi aset investasi. Langkah ini diharapkan dapat melunasi utang antara 35%-40% dari total klaim. Direktur Utama AJB Bumiputera, Faizal Karim mengatakan, investasi AJB Bumiputera juga tersebar di reksadana penyertaan terbatas (RDPT), Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA), Dana Investasi Real Estate Kontrak Investasi Kolektif (DIRE-KIK) dan lainnya.

Kontan.co.id / 03-08-2020

Hasil investasi Taspen Life tembus Rp 148,56 miliar

PT Asuransi Jiwa (Taspen Life) mencatatkan kinerja yang menggembirakan. Hingga Juni 2020, hasil investasi Taspen Life capai Rp 148,56 miliar atau naik 16,41% dibandingkan realisasi tahun lalu yakni Rp 127,61 miliar. Menguntip laporan keuangan perusahaan, Senin (3/88), peningkatan hasil investasi dibarengi kenaikan total investasi. Taspen Life tercatat, meningkatkan jumlah investasi 21,13% yoy menjadi Rp 4,47 triliun hingga Juni 2020.

Kontan.co.id / 03-08-2020

Asuransi Simas Jiwa kantongi pendapatan Rp 10,65 triliun di triwulan II 2020

PT Asuransi Simas Jiwa berhasil mengantongi pendapatan Rp 10,65 triliun hingga triwulan II 2020. Jumlah tersebut meningkat 25,14% secara year on year (yoy) menjadi Rp 10,65 triliun. Mengutip laporan keuangan perusahaan, Senin (3/8), kenaikan pendapatan berkat kontribusi terbesar dari pendapatan premi Rp 9,23 triliun, hasil investasi Rp 1,41 triliun, premi reasuransi Rp 4,23 miliar dan pendapatan lain Rp 3,74 miliar.

Kontan.co.id / 03-08-2020

3 Saksi Diperiksa dalam Sidang Lanjutan Kasus Jiwasraya

Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat kembali menggelar sidang lanjutan kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Kali ini agenda sidang mendengarkan keterangan saksi atas salah satu terdakwa utama dalam kasus ini, Benny Tjokrosaputro.  Dalam sidang hari ini diperkirakan seharusnya ada empat orang saksi yang menjalani pemeriksaan, namun hanya tiga yang hadir atas nama Juniah dan Jani masing-masing adalah sekretaris dari Benny Tjokro. Kemudian Rina Mariatna yang merupakan karyawan bagain administrasi dan finance PT Bumi Nusa Jaya Abadi.

Metrotvnews.com / 03-08-2020

Dewan Setujui Penyertaan Modal Jiwasraya

Komisi VI DPR merestui rencana Kementrian BUMN dan Kementerian Keuangan untuk menerbitkan penanaman modal negara (PMN) bagi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada tahun buku 2021. PMN tersebut akan digunakan untuk menyehatkan kondisi likuiditas Jiwasraya serta memenuhi kewajiban terhadap nasabah JS Saving Plan. Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung mengatakan, pihaknya mendorong pemberian PMN kepada Jiwasraya melalui PT Bahana Pembiayaan Usaha Indonesia (BPUI) yang merupakan holding BUMN keuangan.

Republika.co.id / 03-08-2020

3 Saksi Diperiksa dalam Sidang Lanjutan Kasus Jiwasraya

Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat kembali menggelar sidang lanjutan kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Kali ini agenda sidang mendengarkan keterangan saksi atas salah satu terdakwa utama dalam kasus ini, Benny Tjokrosaputro.  Dalam sidang hari ini diperkirakan seharusnya ada empat orang saksi yang menjalani pemeriksaan, namun hanya tiga yang hadir atas nama Juniah dan Jani masing-masing adalah sekretaris dari Benny Tjokro. Kemudian Rina Mariatna yang merupakan karyawan bagain administrasi dan finance PT Bumi Nusa Jaya Abadi.

Today.line.me / 03-08-2020

Lunasi Bayar Klaim, Kresna Life Tunjuk Tim Penyelesaian

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) mengklaim segera menyelesaikan kewajibannya kepada para pemegang polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna (PIK). Kresna Life secara resmi menunjuk konsultan independen untuk membantu proses penyelesaian klaim para pemegang polis. Sementara hampir 90% polis dengan nominal premi sebesar Rp50 juta telah dibayarkan, dan hingga saat ini proses pembayaran masih terus berjalan.

Wartaekonomi.co.id / 03-08-2020

Direktur CBA Uchok Sky Khadafi: OJK Wajib Di Minta Pertanggungjawaban Atas Kasus Membelit Jiwasraya

Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wajib diminta pertanggungjawaban atas kasus yang membelit Asuransi Jiwasraya. Pasalnya, lembaga superbody inilah yang diberi amanah oleh Undang-Undang (UU) untuk mengawasi segala sektor jasa keuangan di Indonesia. “Saya kira, OJK pihak yang paling bertanggung jawab atas kondisi PT Asuransi Jiwasraya,” ujar Uchok Sky Khadafi dalam keterangannya di Jakarta.

Indeksnews.com / 3-08-2020

Ini Skema Penyelesaian Polis Nasabah Kresna Life dengan Premi di Atas Rp 50 Juta

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) akhirnya mengumumkan jadwal penyelesaian polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna (PIK) dengan nominal premi di atas Rp 50 juta. Rencana penyelesaian kewajiban ini akan dilakukan secara bertahap dengan penyelesaian pertama sebesar Rp 50 juta per polis. Penyelesaian berikutnya akan dibayarkan sesuai dengan jadwal rencana penyelesaian dengan nominal premi masing-masing. Penyelesaian diprioritaskan untuk pemegang polis yang berada dalam kondisi sakit, lanjut usia (lansia), dan sangat membutuhkan (urgent condition), berdasarkan prosedur verifikasi yang ditetapkan lebih lanjut oleh perusahaan.

Kompas.com / 4-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.630

IHSG (per 3 Agustus 2020)

   5.006,22

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Detik.com, Dream.co.id, Kontan.co.id, Metrotvnews.com, Republika.co.id, Tagar.id, Today.line.me, Wartaekonomi.co.id., Indeksnews.com

DOWNLOAD PDF