AAJI Daily News - 16 April 2020


Tanggal terbit (16 / 04 / 2020)

Kamis, 16 April 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Status Bencana Tak Mengubah Bisnis Asuransi
  2. Industri Asuransi Jiwa Menanti Jawaban Permohonan Relaksasi Unit-Linked
  3. Berstatus bencana nasional, klaim Covid-19 tetap dibayar pemerintah
  4.  [Foto] Penyerahan Asuransi Jiwa Tenaga Medis
  5. Prudential Berikan Perlindungan Jiwa untuk Tenaga Kesehatan Covid-19
  6. Sengkarut Asuransi Bumiputera, Begini Sikap Serikat Pekerja
  7. Prudential Indonesia Catat Performa Kuat di 2019 di Tengah Ketidakpastian
  8. Avrist Perkuat Jalur Distribusi Asuransi Kumpulan
  9. BNI Life Sebut Klaim Dari Saluran Digital Naik Hingga 219%
  10. Premi Prudential Life Tahun 2019 Tembus 25 Triliun
  11. Raup Pendapatan Premi Rp25 triliun, Presdir Prudential: Kami Kembali Pimpin Pasar Industri Asuransi Jiwa
  12. Prudential Bagikan Asuransi Corona Gratis, Simak Cara Dapatnya
  13. Produk Prudential Perkuat Posisi sebagai Pemimpin Pasar 2019
  14. Perlindungan bagi Karyawan Picu Motivasi Kerja Majukan Perusahaan
  15. Target Masuk Top 15 Asuransi di 2021, Avrist Perkuat Jalur Distribusi Kumpulan
  16. Dukung Pelaksanaan PSBB, BNI Life Mobile Apps Lebih Dipermudah
  17. Avrist Bidik Masuk 15 Besar Asuransi Jiwa
  18. Klaim Digital BNI Life Melonjak 219%
  19. Prudential Bagikan Asuransi Corona Gratis, Simak Cara Dapatnya
  20. Prudential Kantongi Pendapatan Premi Rp25 Triliun

TENTANG AAJI

Status Bencana Tak Mengubah Bisnis Asuransi

Pemerintah telah menetapkan Covid-19 sebagai bencana nasional non alam. Industri asuransi menegaskan semua hak dan kewajiban perjanjian asuransi tetap berjalan normal. Asuransi sebagai penanggungjawab tetap wajib membayarkan klaim. Pun pemegang polis sebagai pihak tertanggung wajib bayar premi.

Kontan / 156-04-2020 Hal. 10

Industri Asuransi Jiwa Menanti Jawaban Permohonan Relaksasi Unit-Linked

Industri asuransi jiwa masih menunggu perkembangan dari permohonan kepada OJK untuk memperbolehkan penjualan produk unit-linked dengan memanfaatkan teknologi digital. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon menjelaskan pihaknya mengajukan permohonan relaksasi penjualan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-linked sebagai bentuk pelaksanaan physical distancing.

Bisnis.com / 15-04-2020

Berstatus bencana nasional, klaim Covid-19 tetap dibayar pemerintah

Pemerintah telah menetapkan wabah Covid-19 sebagai bencana nasional non alam. AAJI melihat status ini tidak akan mempengaruhi kinerja perusahaan asuransi jiwa terutama pada lini bisnis kesehatan. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menyatakan, sesuai dengan keputusan pemerintah, biaya perawatan Covid-19 ditanggung negara sejak pasien ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

Kontan.co.id / 15-04-2020

INDUSTRI & ASURANSI

[Foto] Penyerahan Asuransi Jiwa Tenaga Medis

CEO Bank Mandiri Jakarta IV Harry Gale bersama Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp. THT-KL, MARS secara simbolis menyerahkan dana klaim asuransi jiwa AXA Mandiri kepada orang tua perawat RSPAD yang meninggal saat melayani pasien COVID-19 di Jakarta. Penyerahan dana ini sebagai tindak lanjut dari komitmen Bank Mandiri Group dalam pemberian asuransi jiwa kepada 35.000 tenaga medis penanganan Covid-19 dengan uang pertanggungjawaban hingga Rp.1 triliun.

Kontan / 16-04-2020 Hal. 10

Prudential Berikan Perlindungan Jiwa untuk Tenaga Kesehatan Covid-19

Melalui kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak lebih dari 500 relawan dan tenaga kesehatan yang tengah berjuang di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran akan mendapatkan perlindungan berupa asuransi jiwa dari Prudential Indonesia untuk membantu meringankan beban pikiran mereka ketika bertugas dan menyelamatkan nyawa pasien.

Suara Pembaruan / 16-04-2020 Hal. 5

Sengkarut Asuransi Bumiputera, Begini Sikap Serikat Pekerja

Rizky Yudha, Ketua Umum Serikat Pekerja Niaga Bank dan Asuransi (SP NIBA) AJB Bumiputera menuturkan saat ini meskipun berhembus kondisi AJB Bumiputera 1912 sedang tidak sehat, namun sebagai satu satunya perusahaan asuransi berbentuk usaha bersama di Indonesia, eksistensi perusahaan patut dipertahankan. Usaha bersama sejalan dengan semangat gotong royong serta kekeluargaan dan sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945.

Bisnis.com / 14-04-2020

Prudential Indonesia Catat Performa Kuat di 2019 di Tengah Ketidakpastian

Prudential Indonesia kembali mempertahankan kepemimpinannya di industri asuransi jiwa Indonesia, tercermin dari total pendapatan premi sebesar Rp. 25 triliun, didukung oleh pertumbuhan solid dari premi bisnis baru yang kuat sebesar 15% yang didorong oleh pertumbuhan dari saluran distribusi bisnis baru; agensi dan bancassurance. Perusahaan juga mencatatkan total dana kelolaan sebesar Rp. 74,5 triliun dan total aset sebesar Rp. 80,7 triliun di 2019.

Kontan.co.id / 14-04-2020

Avrist Perkuat Jalur Distribusi Asuransi Kumpulan

PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) mantap melangkah menjadi 15 perusahaan terbaik di Indonesia pada 2021. Salah satu upaya mencapai target tersebut, Avrist Assurance fokus memperluas kemitraan dan meningkatan kualitas pelayanan jalur distribusi employee benefits division (EBD), yang merupakan jalur distribusi yang menangani asuransi kumpulan.

Beritasatu.com / 15-04-2020

BNI Life Sebut Klaim Dari Saluran Digital Naik Hingga 219%

BNI Life mencatat adanya lonjakan proses klaim melalui BNI Life Mobile Apps sebesar 219% mulai Februari, dan sejak ditetapkannya status pandemik oleh Presiden pada 15 Maret 2020. Neny Asriany, Direktur Bisnis BNI Life, menjelaskan layanan klaim digital ini hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk klaim reimbursement, dengan syarat dan ketentuan serta dengan kondisi dokumen lengkap.

Bisnis.com / 15-04-2020

Premi Prudential Life Tahun 2019 Tembus 25 Triliun

Pendapatan premi PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) tembus Rp25 triliun. Kinerja ini didukung oleh pertumbuhan solid sebesar 15% dari premi saluran distribusi bisnis baru, yakni agensi dan bancassurance. President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch mengatakan erusahaan terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat berkat kepercayaan nasabah yang kian meningkat serta fundamental yang solid.

Gatra.com / 15-04-2020

Raup Pendapatan Premi Rp25 triliun, Presdir Prudential: Kami Kembali Pimpin Pasar Industri Asuransi Jiwa

Menurut Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia  Prudential Indonesia kembali mempertahankan kepemimpinannya di industri asuransi jiwa Indonesia. Hal tersebut tercermin dari total pendapatan premi sebesar Rp. 25 triliun serta didukung oleh pertumbuhan solid dari premi bisnis baru yang kuat sebesar 15% yang didorong oleh pertumbuhan dari saluran distribusi bisnis baru, agensi dan bancassurance.

Industry.co.id / 15-04-2020

Prudential Bagikan Asuransi Corona Gratis, Simak Cara Dapatnya

PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia membagikan asuransi gratis khusus virus corona (Covid-19) kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) hingga 30 April 2020 mendatang. Corporate Communications & Sharia Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo mengatakan, masyarakat cukup mengunduh aplikasi Pulse by Prudential di Play Store,  mendaftar dan masuk ke aplikasi Pulse dan klik gambar corona warna merah di bagian tengah. Selanjutnya, isi data yang diminta dengan benar dan klik submit.

Kompas.com / 15-04-2020

Produk Prudential Perkuat Posisi sebagai Pemimpin Pasar 2019

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) pada Selasa (14/4) mengumumkan performa keuangan yang kuat di 2019. Menurut President Director Prudential Jens Reisch, hal ini didukung oleh fundamental perusahaan yang kokoh dan juga keberadaan inovasi yang diluncurkan tahun lalu. Prudential Indonesia menanamkan investasi ke dalam berbagai inovasi, termasuk inovasi dalam penerapan teknologi canggih, untuk memperluas layanan kepada nasabah dan masyarakat Indonesia

Mediaindonesia.com / 15-04-2020

Perlindungan bagi Karyawan Picu Motivasi Kerja Majukan Perusahaan

Head of Employee Benefit Division PT Avrist Assurance, J Alvin Panjaitan mengatakan, Karyawan adalah bagian penting dari perusahaan yang harus diberi perlindungan, salah satunya dengan Program EBD Avrist Assurance. Program tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan dalam memberikan perlindungan bagi karyawannya.

Mediaindonesia.com /15-04-2020

Target Masuk Top 15 Asuransi di 2021, Avrist Perkuat Jalur Distribusi Kumpulan

PT Avrist Assurance memasang target masuk 15 perusahaan terbaik di Indonesia pada 2021. Salah satu upaya mencapai target tersebut, Avrist fokus memperluas kemitraan dan meningkatan kualitas pelayanan jalur distribusi Employee Benefits Division (EBD), jalur distribusi yang menangani asuransi kumpulan.

Rmco.id / 15-04-2020

Dukung Pelaksanaan PSBB, BNI Life Mobile Apps Lebih Dipermudah

Neny Asriany, Direktur Bisnis BNI Life mengatakan untuk mendukung kegiatan #DiRumahAja, Layanan secara Online dan/atau Digital tetap aktif. Selain itu, untuk menfasilitasi nasabah yang ingin tetap klaim dari rumah, BNI Life Mobile Apps mempunyai fitur Digi Claim, sehingga nasabah tetap aman dan nyaman melakukan proses klaim.

Sindonews.com / 15-04-2020

Avrist Bidik Masuk 15 Besar Asuransi Jiwa

Peringkat Avrist Assurance berdasarkan Annual Premium Equivalent (APE) melonjak dari posisi 25 ke 21 secara industri. Dengan pencapaian tersebut, Avrist Assurance mantap melangkah menjadi 15 perusahaan terbaik di Indonesia pada 2021 dengan fokus memperluas kemitraan jalur distribusi EBD, yaitu jalur distribusi yang menangani asuransi kumpulan.

Swa.co.id / 15-04-2020

Klaim Digital BNI Life Melonjak 219%

NI Life merilis klaim melalui digital saat ini kian melonjak sebesar 219%. Lonjakan ini terjadi sejak ditetapkannya status pandemi COVID-19 oleh Presiden Joko Widodo tanggal 15 Maret 2020 dan berlakunya PSBB di beberapa daerah. Jumlah nasabah yang mengunjungi kantor layanan terpantau berkurang secara drastis.

Swa.co.id / 15-04-2020

Prudential Bagikan Asuransi Corona Gratis, Simak Cara Dapatnya

PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia membagikan asuransi gratis khusus virus corona (Covid-19) kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) hingga 30 April 2020 mendatang. Corporate Communications & Sharia Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo mengatakan, masyarakat cukup mengunduh aplikasi Pulse by Prudential di Play Store,  mendaftar dan masuk ke aplikasi Pulse dan klik gambar corona warna merah di bagian tengah. Selanjutnya, isi data yang diminta dengan benar dan klik submit.

Today.line.me / 15-04-2020

Prudential Kantongi Pendapatan Premi Rp25 Triliun

PT Prudential Life Assurance (PRU) mencatat pendapatan premi sebesar Rp25 triliun pada 2019 yang didukung oleh premi bisnis baru sebesar 15%, yakni agensi dan bancassurance. Presiden Direktur PRU Jens Reisch mengatakan perusahaan juga mencatatkan total dana kelolaan Rp74,5 triliun dan total aset Rp80,7 triliun pada 2019.

Trenasia.co / 15-04-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.575

IHSG (per 15 April 2020)

   4.625,91

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:  Kontan, Suara Pembaruan, Bisnis.com, Beritasatu.com, Gatra.com, Industry.co.id, Kontan.co.id, Kompas.com, Mediaindonesia.com, Metrapolitan.id, Rmco.id, Sindonews.com, Swa.co.id, Today.line.me, Trenasia.co.

DOWNLOAD PDF