AAJI Daily News - 12 Juni 2020


Tanggal terbit (12 / 06 / 2020)

Jumat, 12 Juni 2020 

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

  1. Aset Industri Asuransi Jiwa Menurun
  2. Aset Industri Asuransi Jiwa Menurun
  3. Gelar Virtual Pruride Indonesia 2020
  4. Sun Life Dorong Penjualan UnitLink Lewat Sun Connect
  5. (Foto) Sinarmas MSIG Life Rilis Asuransi Tambahan SMEX
  6. Sequis Life Bayar Klaim Covid-19 Rp 5,36M
  7. Asuransi Menyiapkan Digital
  8. Benny Tjokro Bongkar Kasus
  9. Sun Life Indonesia Luncurkan Sun Connect, Solusi Berasuransi Baru
  10. (Foto) Smile Medical Extra
  11. Allianz Luncurkan Allianz eAZy Cover
  12. Permudah Akses di Tengah Pandemi, Prudential Indonesia Siap Implementasikan PAYDI
  13. Berikan Proteksi dari Rumah Saja, Allianz Luncurkan Allianz eAZy Cover
  14. Pacu Kinerja di Masa Pandemi, Taspen Optimalkan Platform MyTaspenLife
  15. Asuransi Allianz Luncurkan Pemasaran Unit-Linked Tatap Muka Digital
  16. Kasus Asuransi Jiwasraya : Benny Tjokro Membela Diri
  17. Allianz Indonesia Luncurkan Allianz eAZy Cover
  18. Allianz Indonesia manfaatkan solusi digital untuk tawarkan asuransi di masa pandemi
  19. Prudential catat pendapatan premi Rp 3,7 triliun dari unit syariah di 2019
  20. Sinarmas MSIG Life rilis asuransi tambahan SMEX
  21. Benny Tjokro Bongkar Keanehan Dakwaan Jaksa di Sidang Kasus Korupsi Jiwasraya
  22. Tingkatkan kinerja, perusahaan asuransi jiwa maksimalkan layanan digital
  23. Allianz Indonesia Proteksi Asuransi via Tatap Muka Digital
  24. Sequis Kucurkan Rp3 Miliar Bantu Tenaga Kesehatan Covid-19
  25. Terdakwa Kasus Jiwasraya Nilai Tuduhan JPU tak Konsisten
  26. Kelanjutan Kasus Asuransi Jiwasraya, Benny Tjoko Sebut Ada Buzzer Jelekkan Dirinya
  27. Trafik Asuransi Astra Life Meningkat 3 Kali Lipat
  28. Allianz Luncurkan eAZy Cover, Proteksi Asuransi dari Rumah Saja
  29. Pengunjung Asuransi Online Astra Life Naik 3 Kali Lipat Selama Pandemi
  30. Sequis Beri Dana Perlindungan Rp 3 Miliar Ke 1000 Tenaga Kesehatan Pejuang Covid-19
  31. Benny Tjokro: Jiwasraya Sudah Rugi Sejak 2006, Saya Korban

TENTANG AAJI

Aset Industri Asuransi Jiwa Menurun

Berdasarkan data OJK pada Maret 2020 industri asuransi mencatatkan total aset sebesar Rp529,2 triliun pada kuartal pertama tahun ini, total aset industri asuransi jiwa tersebut menurun 10,4 persen ytd dibandingkan dengan posisi akhir pada Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun serta menurun 7,2 persen yoy jika dibandingkan dengan Maret 2019 senilai Rp570,6 triliun.

HE Neraca / 12-06-2020 Hal. 5

Aset Industri Asuransi Jiwa Menurun

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2020 industri asuransi mencatatkan total aset sebesar Rp529,2 triliun pada kuartal pertama tahun ini, total aset industri asuransi jiwa tersebut menurun 10,4 persen (year-to-date/ytd) dibandingkan dengan posisi akhir pada Desember 2019 senilai Rp590,7 triliun serta menurun 7,2 persen yoy jika dibandingkan dengan Maret 2019 senilai Rp570,6 triliun.

Neraca.co.id / 11-06-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Gelar Virtual Pruride Indonesia 2020

Masa pandemi tidak membatasi gerak dan langkah Prudential Indonesia untuk mengajak masyarakat hidup sehat, lewat acara gowes virtual bertajuk PRURide Indonesia 2020 tanggal 20-23 Agustus 2020. Dengan mengikuti protocol kesehatan pemerintah, event ini akan menjadi event lomba bersepeda pertama yang dijalani secara virtual.

NOVA / Ed 1686 Hal. 19

Sun Life Dorong Penjualan UnitLink Lewat Sun Connect

PT Sun Life Financial Indonesia meluncurkan Sun Connect untuk memenuhi kebutuhan nasabah sekaligus memasarkan produk asuransi secara digital. Melalui Sun Connect ini bisa menjadi solusi untuk menjembatani kebutuhan nasabah akan asuransi, selain itu juga dapat membantu agen dalam melakukan pemasaran produk asuransi secara virtual.

HE Neraca / 12-06-2020 Hal. 5

(Foto) Sinarmas MSIG Life Rilis Asuransi Tambahan SMEX

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk pada 30 Mei 2020 merilis SmiLE Medical Extra, asuransi tambahan yang membantu mempertahankan kualitas fisik prima. SMEX diluncurkan untuk memenuhi preferensi masyarakat Indonesia yang ingin memperoleh penanganan kesehatan di rumah sakit terpercaya.

Investor Daily / 12-06-2020 Hal. 23

Sequis Life Bayar Klaim Covid-19 Rp 5,36M

PT Asuransi Jiwa Sequis Life telah membayarkan klaim terkait virus corona sebesar Rp 5,36 miliar sampai 8 Juni 2020. Perseroan turut memberi santunan dana kepada 1.000 tenaga kesehatan senilai  Rp 3 miliar melalui program Sequis Peduli yang bekerja sama dengan tiga rumah sakit (RS) rujukan pemerintah di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUP Persahabatan, RS Pelni, dan RSUD Cengkareng.

Investor Daily / 12-06-2020 Hal. 23

Asuransi Menyiapkan Digital

Perusahaan asuransi jiwa terus memperkuat saluran digital untuk berjualan produk. PT Sun Life memperkuat saluran digital melalui Sun Connect. Nantinya proses pengisian data, pengumpulan dokumen serta penandatanganan dilakukan melalui video call. Perusahaan ini berharap, layanan tersebut dapat memudahkan nasabah maupun agen pemasar. Sementara Chief Marketing Officer PT Asuransi Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen menyebutkan untuk menggenjot unitlink, pihaknya meluncurkan eAZy Cover.

Kontan / 12-06-2020 Hal. 10

Benny Tjokro Bongkar Kasus

Salah satu terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro dalam eksepsi pribadinya menyebutkan terdapat sejumlah hal-hal yang aneh dalam surat dakwaan jaksa. Benny mempertanyakan, apa benar 124 saham yang disebut dalam dakwaan jaksa digoreng olehnya.

Kontan / 12-06-2020 Hal. 15

Sun Life Indonesia Luncurkan Sun Connect, Solusi Berasuransi Baru

PT Sun Life Financial Indonesia meluncurkan Sun Connect, sebuah solusi berasuransi baru yang memaksimalkan penggunaan teknologi, di Jakarta kemarin. Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia menyatakan bahwa sejak lama, Sun Life telah berfokus pada teknologi dalam mendukung produktivitas karyawan dan tenaga pemasar sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah melalui pengolahan data yang tepat.

Rakyat Merdeka / 12-06-2020 Hal.10

(Foto) Smile Medical Extra

SMilLe Medical Extra (SMEX) diluncurkan untuk memenuhi preferensi masyarakat Indonesia yang ingin memperoleh penanganan kesehatan di rumah sakit terpercaya sehingga cenderung memilih berobat ke luar negeri. Dengan fasilitas “cashless”, SMEX merupakan satu-satunya produk di Indonesia yang memberikan fasilitas “cashless” tanpa deposit untuk pengobatan rawat inap di luar negeri.

Suara Pembaruan / 12-06-2020 Hal. 7

Allianz Luncurkan Allianz eAZy Cover

Di masa pandemic Covid-19, Allianz meluncurkan sebuah inovasi baru Allianz eAZy Cover untuk memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya. Layanan ini diluncurkan untuk memberikan perlindungan asuransi kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia.

Suara Pembaruan / 12-06-2020 Hal. 7

Permudah Akses di Tengah Pandemi, Prudential Indonesia Siap Implementasikan PAYDI

Jelang penerapan kebijakan stimulus lanjutan di sektor industri keuangan non-bank terkait pemasaran Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI), PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menegaskan kesiapannya. Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengatakan, Prudential Indonesia menyambut baik kebijakan OJK terkait penyesuaian pelaksanaan teknis pemasaran Paydi.

Akuratnews.com / 11-06-2020

Berikan Proteksi dari Rumah Saja, Allianz Luncurkan Allianz eAZy Cover

Di masa pandemic Covid-19, Allianz meluncurkan sebuah inovasi baru Allianz eAZy Cover untuk memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya. Layanan ini diluncurkan  untuk memberikan perlindungan asuransi kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia.

Beritasatu.com / 11-06-2020

Pacu Kinerja di Masa Pandemi, Taspen Optimalkan Platform MyTaspenLife

PT Asuransi Jiwa Taspen saat ini mendorong penggunaan platform digital MyTaspenLife guna meningkatkan kinerja perseroan meski di tengah pandemi Covid-19 yang belum reda. Dengan adanya aplikasi MyTaspenLife, Direktur Pemasaran Taspen Life Arijanti Erfin menilai platform tersebut sudah sangat tepat digunakan sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus dan mematuhi protokol kesehatan serta menjaga jarak aman.

Bisnis.com / 11-06-2020

Asuransi Allianz Luncurkan Pemasaran Unit-Linked Tatap Muka Digital

PT Asuransi Allianz Life Indonesia meluncurkan pemasaran produk unit-linked secara online dengan nama Allianz eAZy Cover. Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier menjelaskan melalui Allianz eAZy Cover, perusahaan dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Bisnis.com / 11-06-2020

Kasus Asuransi Jiwasraya: Benny Tjokro Membela Diri

Benny Tjokro membacakan sendiri nota bantahannya di depan majelis hakim. Eksepsi Benny Tjokro setebal 12 lembar dan terbagi menjadi lima hal bantahan. Eksepsi Benny Tjokro disebutnya sebagai bagian dari keseimbangan informasi. Menurutnya, sejak kasus itu bergulir banyak sekali informasi yang kurang tupat karena hanya berasal dari pihak Kejaksaan.

Bisnis.com / 11-06-2020

Allianz Indonesia Luncurkan Allianz eAZy Cover

Dengan dukungan OJK melalui kebijakan terkait penyesuaian teknik pemasaran penjualan produk asuransi yang terkait investasi (PAYDI), Allianz semakin berkomitmen untuk memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya dengan meluncurkan sebuah inovasi baru bernama, Allianz eAZy Cover. Allianz eAZy Cover memungkinkan Nasabah membeli perlindungan asuransi dengan tatap muka digital.

Gatra.com / 11-06-2020

Allianz Indonesia manfaatkan solusi digital untuk tawarkan asuransi di masa pandemic

Allianz semakin berkomitmen untuk memberikan proteksi asuransi melalui proses yang mudah dan terpercaya dengan meluncurkan sebuah inovasi baru bernama, Allianz eAZy Cover. Allianz eAZy Cover memungkinkan Nasabah membeli perlindungan asuransi dengan tatap muka digital. Melalui Allianz eAZy Cover, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Indotelko.com / 11-06-2020

Prudential catat pendapatan premi Rp 3,7 triliun dari unit Syariah di 2019

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mencatat pendapatan kontribusi bruto Rp 3,7 triliun dari unit syariah di 2019. Ini membuat Prudential berada di urutan teratas di pasar asuransi sosial. Prudential Indonesia juga mampu mempertahankan total aset yang stabil, yakni mencapai Rp 9,1 triliun. Tak hanya itu, Dana Tabarru tercatat meningkat dari Rp 770 miliar di 2018 menjadi Rp 887 miliar di 2019, dengan pertumbuhan mencapai 15%.

Kontan.co.id / 11-06-2020

Sinarmas MSIG Life rilis asuransi tambahan SMEX

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) pada tanggal 30 Mei 2020 merilis SmiLe Medical Extra (SMEX),untuk memenuhi preferensi masyarakat Indonesia yang ingin memperoleh penanganan kesehatan di rumah sakit terpercaya sehingga cenderung memilih berobat ke luar negeri dengan pertimbangan pelayanan kesehatan yang dilakukan segera, dokter dan staf medis yang berpengalaman serta fasilitas dan teknologi medis yang canggih.

Kontan.co.id / 11-06-2020

Benny Tjokro Bongkar Keanehan Dakwaan Jaksa di Sidang Kasus Korupsi Jiwasraya

Salah satu terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro (Benny Tjokro) menumpahkan emosinya saat menjalani sidang di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, Rabu (10/6) seperti: Benny Tjokro mempertanyakan, apa benar 124 saham yang tersebut dalam dakwaan jaksa digoreng olehnya dan Benny Tjokro tidak mengenal para Direksi PT Asuransi Jiwasraya, kecuali Harry Prasetyo, mantan Direktur Keuangan Jiwasraya yang pernah ditemuinya sekitar tahun 2015.

Kontan.co.id / 11-06-2020

Tingkatkan kinerja, perusahaan asuransi jiwa maksimalkan layanan digital

Perusahaan asuransi jiwa terus memperkuat saluran digital untuk berjualan produk. PT Sun Life memperkuat saluran digital melalui Sun Connect. Nantinya proses pengisian data, pengumpulan dokumen serta penandatanganan dilakukan melalui video call. Perusahaan ini berharap, layanan tersebut dapat memudahkan nasabah maupun agen pemasar.

Kontan.co.id / 11-06-2020

Allianz Indonesia Proteksi Asuransi via Tatap Muka Digital

Allianz memproteksi asuransi melalui proses yang mudah dengan meluncurkan sebuah inovasi bernama Allianz eAZy Cover yang memungkinkan nasabah membeli perlindungan asuransi dengan tatap muka digital. Melalui Allianz eAZy Cover, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Medcom.id / 11-06-2020

Sequis Kucurkan Rp3 Miliar Bantu Tenaga Kesehatan Covid-19

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis) memberikan dana sebesar Rp3 miliar untuk 1.000 tenaga kesehatan yang ociale positif covid-19 melalui program Sequis Peduli. Program ini bekerja sama dengan tiga rumah sakit rujukan pemerintah di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUP Persahabatan, RS Pelni, dan RSUD Cengkareng.

Medcom.id / 11-06-2020

Terdakwa Kasus Jiwasraya Nilai Tuduhan JPU tak Konsisten

Para terdakwa dugaan korupsi dan pencucian uang (TPPU) PT Asuransi Jiwasraya meminta Majelis Hakim membatalkan dakwaan jaksa penuntut umum. Terdakwa Benny Tjokrosaputro dalam eksepsinya menyatakan, tuduhan jaksa terhadapnya, tak konsisten. Benny Tjokro, dalam persidangan kedua pembacaan eksepsi di PN Tipikor Jakarta, pada Rabu (10/6) mengatakan, ada pengkaburan waktu dalam tuduhan.

Republika.co.id / 11-06-2020

Kelanjutan Kasus Asuransi Jiwasraya, Benny Tjoko Sebut Ada Buzzer Jelekkan Dirinya

Benny Tjokro membacakan sendiri nota bantahan dalam kasus Jiwasraya di depan majelis hakim. Eksepsi Benny Tjokro disebutnya sebagai bagian dari keseimbangan informasi kasus Jiwasraya. Menurut dia, sejak kasus itu bergulir banyak sekali informasi yang kurang tepat karena hanya berasal dari sumber dari pihak Kejaksaan. Bahkan, menurutnya, ada oknum buzzer di media sosial yang disebutnya disponsori. Oknum itu ikut memfitnah dan menjelekkan nama dirinya.

Solopos.com / 11-06-2020

Trafik Asuransi Astra Life Meningkat 3 Kali Lipat

Asuransi Online Astra Life mencatatkan kenaikan pengunjung ke laman asuransi hampir 3 kali lipat sejak masa pandemi dan mencapai 7 kali lipat sejak pertama diluncurkan pada April 2019. Direktur Astra Life, Sri Agung Handayani, mengatakan, pemberlakuan physical distancing memberikan pengaruh besar terhadap perilaku konsumen. Sehingga perusahaannya pun melakukan inovasi terutama memantapkan digitalisasi.

Swa.co.id / 11-06-2020

Allianz Luncurkan eAZy Cover, Proteksi Asuransi dari Rumah Saja

Allianz Indonesia meluncurkan produk baru yaitu Allianz eAZy Cover, perlindungan asuransi dengan tatap muka digital di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Melalui Allianz eAZy Cover, Allianz dapat memberikan penawaran dan menjual produk secara digital kepada calon nasabah dengan mudah dan aman.

Tirto.id / 11-06-2020

Pengunjung Asuransi Online Astra Life Naik 3 Kali Lipat Selama Pandemi

Meningkatnya minat masyarakat pada produk asuransi jiwa online dapat dilihat dari kenaikan kunjungan di laman ilovelife.co.id yang naik hampir 3 kali lipat sejak masa pandemi dan mencapai 7 kali lipat sejak dibukanya laman ini pada April 2019.

Tribunnews.com / 11-06-2020

Sequis Beri Dana Perlindungan Rp 3 Miliar Ke 1000 Tenaga Kesehatan Pejuang Covid-19

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis) kembali melakukan kegiatan kemanusian di masa pandemi covid-19, dengan memberikan dana santunan senilai total Rp3 miliar untuk 1.000 tenaga kesehatan yang diagnosa positif covid-19 melalui program Sequis Peduli. Program ini bekerja sama dengan 3 RS rujukan pemerintah yang merawat pasien covid-19 di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUP Persahabatan, RS Pelni, dan RSUD Cengkareng.

Tribunnews.com / 11-06-2020

Benny Tjokro: Jiwasraya Sudah Rugi Sejak 2006, Saya Korban

Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro mengatakan PT Asuransi Jiwasraya (AJS) sudah merugi sejak 2006 sehingga tidak adil bila kerugian tersebut ditimpakan kepada dirinya. Benny juga mempertanyakan mengapa Menteri BUMN sebagai pemegang saham mayoritas Jiwasraya masih tetap mempertahankan direksi yang sudah merugikan negara sejak 2006 dan malah patut diduga sudah memberikan akta Acquit Et De Charge (Akta Membebaskan Dari Gugatan Hukum) kepada Direksi Jiwasraya pada 2018 lalu.

Wartaekonomi.co.id / 11-06-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.020

IHSG (per 11 Juni 2020)

   4.854,75

BI Rate

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Nona, HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Rakyat Merdeka, Suara Pembaruan, Akuratnews.com, Beritasatu.com, Bisnis.com, Gatra.com, Indotelko.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Neraca.co.id, Republika.co.id, Solopos.com, Swa.co.id, Tirto.id, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF